23 Usaha Sampingan yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

23 Usaha Sampingan yang Menjanjikan dengan Modal Kecil – Sudah memiliki pekerjaan bukan berarti kamu tidak ada waktu luang untuk lebih mengebangkan bakat yang dimiliki. Sebagai seorang karyawan atau mungkin mahasiswa, pastinya ada waktu luang yang kamu miliki di sela –sela padatnya aktivitas seharia – hari. Jika ingin lebih maju dan berkembang, ini bisa saja dimanfaatkan untuk melakukan usaha sampingan. Tidak dapat dipungkiri juga kalau saat ini banyak orang yang memiliki satu atau dua usaha sampingan saat sudah mempunyai pekerjaan. Usaha sampingan dengan modal kecil bisa kamu manfaatkan untuk mengisi waktu luang, menambah wawasan, dan menghasilkan uang tambahan.

23 Usaha Sampingan yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Dengan era yang semakin canggih ini, kita semua tahu bahwa masyarakat dengan gaya hidup modern selalu menuntut apa – apa yang serba instan. Meski kamu juga demikian, gunakan juga ini sebagai ide untuk menawarkan kemudahan dengan membangun usaha sampingan yang menjanjikan. Usaha sampingan di rumah pada umumnya memberikan nilai lebih dan tidak ada kata rugi dalam menjalankan usaha ini. Mengapa? Karena usaha sampingan memang hanya pekerjaan untuk mengisi waktu luang saja dan menambah penghasilan. Tidak perlu mengeluarkan uang hingga ratusan juga, karena ternyata ada begitu banyak usaha sampingan yang bisa kamu lakukan di rumah.

Tidak perlu bingung jika ingin membuat usaha sampingan karena ada begitu banyak ide kreatif yang bisa kamu coba. Selain itu peluang pasar juga masih terbuka luas sehingga kamu bisa terus mengembangkan usaha yang dimiliki. Sebenarnya jika kamu mau berfikir kritis dengan keahlian yang kamu miliki, ada lebih dari 23 usaha sampingan yang menjanjikan dengan modal kecil dimana salah satunya pasti cocok dengan keahlian yang kamu miliki.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memulai Usaha Sampingan

Meskipun hanya membutuhkan modal yang tidak begitu besar, tapi selama ini ternyata banyak orang keliru saat akn memulai usaha sampingan. Mungkin karena terlalu mencari laba yang besar sehingga pekerjaan utamanya jadi terbengkalai bahkan tidak bisa balik modal. Nah, apa sajakah kesalahan yang sering dilakukan orang ketika akan memulai usaha sampingan? Jangan sampai kamu juga melakukan kesalahan yang sama ya!

  1. Pertama, terlalu mementingan usaha sampingan sebagai prioritas. Satu hal yang perlu diingat bahwa yang namanya usaha sampingan itu ya hanya sampingan saja. Jangan sampai kamu terlalu berambisi sehingga kamu menjadi lupa bahwa kamu masih seorang karyawan atau mungkin masih sekolah
  2. Kedua, yakni pola pikir yang keliru. Bagaimana kelirunya? Banyak orang gagal menjalankan usaha sampingan karena berfikir bahwa semua yang dijual pasti akan laku. Jangan salah, yang kamu jual tidak akan laku kalau cara kamu memasarkannya tidak dengan rencana dan malang menganggapnya enteng
  3. Ketiga adalah perencanaan bisnis yang kurang matang. Hal ini juga bisa terjadi ketika kamu terlalu berambisi untuk memulai usaha. Bersemangat boleh boleh saja, namun sebelum yakin untuk memulai usaha sampingan siapkan dulu rencana yang matang dan pembagian jadwal antara pekerjaan utama dengan usaha sampingan kamu.

Jika memang jadwal padat, kamu bisa memilih usaha sampingan yang tidak perlu memakan banyak waktu sehingga pekerjaan yang penting tidak akan terbengkalai. Sebagai ide dan contoh, berikut ini adalah 23 usaha sampingan yang menjanjikan dengan modal kecil. Mungkin saja salah satunya bisa mulai kamu garap dan rencanakan mulai dari sekarang hanya dengan belajar dari artikel 23 usaha sampingan yang menjanjikan tersebut.

1. Menjual Minuman Dingin

Daftar pertama pada 23 usaha sampingan yang menjanjikan adalah menjual minuman dingin.  Semua orang pastinya membutuhkan minum setiap hari, apalagi di saat cuaca sedang panas seperti ini. Menjual minuman dingin tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dan  saat ini orang lebih sering beli minuman di luar daripada membawa bekal sendiri. Ini peluang yang bagus untuk dijadikan sebagai usaha sampingan di rumah. Kamu bisa mengatur waktu berjualan setelah kegiatan di kampus atau di kantor selesai. Kalau memang lelah bekerja seharian kamu bisa jualan di depan rumah sembari beristrahat.

2. Produksi Kue dan Roti di Rumah

Selanjutnya pada 23 usaha sampingan yang menjanjikan adalah membuat roti dan kue di rumah. Setelah pulang kerja atau kuliah, pastinya kamu memiliki waktu luang dirumah. Daripada waktumu terbuang sia – sia, lebih baik kamu memproduksi kue atau kering untuk dijdikan sebagai usaha sampingan. Dengan kecanggihan teknologi masa kini, kamu bisa memasarkannya lewat internet seperti instagram dan facebook. Produksi kue atau roti dirumah juga tidak terlalu membutuhkan modal yang besar, jika kamu rajin memasarkan produk dijamin lama kelamaan banyak yang akan memesan.

3. Jual Gorengan

Daftar ketiga pada 23 usaha sampingan yang menjanjikan adalah jual gorengan. Nah, usaha sampingan yang satu ini bisa juga dilakukan oleh anak kost. Bahan yang dibutuhkan dan peralatan yang diperlukan tidak terlalu sulit untuk dijangkau. Sambil santai setelah bekerja kamu bisa membuat gorengan untuk dijual di sekitaran komplek kost atau dititipkan ke penjual makanan di warteg – warteg.

4. Buka Warung Kopi Malam Hari

Jika kamu sudah dari pagi hingga sore bekerja atau kuliah, malam harinya kamu bisa membuka warung kopi. Usaha sampingan ini bisa juga dijalankan bersama teman – teman kamu supaya rasanya tidak terlalu berat .Sekarang ini banyak anak mudah yang suka nongkrong di malam hari, jadi usaha ini memiliki peluang yang bagus ke depannya.

5. Laundry Kiloan

Usaha sampingan selanjutnya yang hanya memerlukan modal kecil adalah membuka laundry kiloan. Modal yang kamu butuhkan hanya sabun, air dan pewangi pakaian. Kalau belum ada mesin cuci kamu bisa mencuci dengan tangan supaya tidak memerlukan modal yang terlalu banyak. Apalagi jika kamu tinggal di perumahan komplek atau dekat kost – kostan, pasti usaha yang kamu jalankan akan membuahkan hasil yang baik. Tawarkan juga jasa siap antar supaya konsumen lebih tertarik dan merasa lebih dimudahkan.

6. Jasa Cuci Motor atau Mobil

Usaha sampingan selanjutnya yang bisa kamu kerjakan di rumah dan tidak memerlukan modal besar adalah dengan menjual jasa cuci motor atau mobil. Di tengah kesibukan masyarakat modern saat ini, banyak yang tidak mau repot – repot atau mungkin tidak sempat mencuci kendaraannya sendiri jadi kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuka usaha sampingan di rumah.

7. Desain Grafis

Bagi kalian yang suka dengan bidang desain dan ilmu komputer, bisa mencoba usaha sampingan sebagai graphic designer. Biasanya pekerjaan ini bisa dikerjakan dimana saja asalkan kamu memiliki laptop, waktu yang diberikan juga fleksibel meski ada beberapa yang memberikan deadline atau batas waktu. Untuk menjalankan usaha sampingan ini, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Hanya butuh skill desain,komputer dan akses internet.

8. Jasa Pengetikan

Usaha untuk membuka jasa pengetikan saat ini juga sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan, mulai dari yang muda seperti pelajar dan orang tua dalam berbagai keperluan. Jasa pengetikan bisa dijalankan di rumah setelah kamu senggang pulang kerja atau kuliah sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama.

9. Penulis Artikel

Di era ini ada banyak sekali perusahaan atau website – website yang membutuhkan jasa penulis artikel untuk mengisi sebagian konten mereka, jadi usaha sampingan untuk menjadi seorang penulis artikel akan sangat laku dan berguna. Penulis artikel juga bisa melampiaskan hobi kedalam bidang yang bermanfaat dan menghasilkan uang. Biasanya kamu akan dibayar untuk setiap artikel yang dituliskan.

10. Penjahit

Dengan keahlian menjahit yang kamu miliki, kamu bisa coba membuka usaha sampingan debagai tukang jahit. Usaha ini biasanya ramai dibutuhkan saat tahun ajaran baru, jadi peluang yang bagus untuk dicoba sebagai usaha sampingan. Jika sudah ahli, menjahit akan jadi hal yang menyenangkan.

11. Penerjemah

Ada satu bahasa asing yang kamu kuasai? Nah, kamu bisa memanfaatkan ini untuk membuka usaha sampingan yang tidak memerlukan modal banyak. Coba pasang iklan di sosial media atau di internet, bisa dimulai dari menerjemahkan artikel, skripsi, dokumen dan tugas – tugas. Kamu bisa memasang tariff mulai dari 50rupiah perkata hingga 100rupiah perkata. Jika dalam waktu sehari kamu menerjemahkan lebih dari 1000kata, sudah berapa banyak keuntungan yang kamu miliki. Meski biasanya menerjemahkan itu ada deadlinennya, tapi dengan selang waktu yang dimiliki baik setelah bekerja atau kuliah, rasanya cukup untuk mengerjakan usaha sampingan ini.

12. Les Privat

Jika kamu memiliki keahlian khusus atau mungkin keahlian apa saja, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka les privat. Misalnya kamu ahli dalam bidang musik, ahli menjahit, ahli membuat karya seni. Bisa dituangkan dengan membuka les privat yang bermanfaat juga untuk orang lain. Jika jadwal kerja sedang padat, kamu bisa mengatur waktu untuk les disaat libur seperti weekend.

13. Online Shop

Saat ini bisnis onlineshop memang sedang marak sekali dan hampir semua orang memiliki usaha sampingan online shop baik itu fashion, beauty atau yang lainnya. Jangan minder, justru kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai usaha sampingan yang berpeluang baik. Bisa dimulai dari hal yang kamu sukai, misalnya kamu suka dengan fashion atau elektronik, jual saja barang – barang yang berhubungan dengan bidang ini. Supaya tidak kalah dengan yang lainnya, untuk beberapa kurun waktu sebaiknya jangan mengambil keuntungan terlalu besar supaya konsumen lebih tertarik dengan barang yang kamu jual.

14. Dropshiper

Sama dengan bisnis online shop yang lainnya namun dropshiper masih mengoper barang dari toko lain. Modal yang diperlukan hanya smartphone dan juga koneksi internet. Kamu juga tidak perlu membeli barang terlalu banyak untuk dijual kalau takut belum pasti laku. Dropshiper juga cukup menguntungkan bagi yang belum memiliki modal besar. Proses penjualannya juga cukup mudah, karena kita hanya perlu menjual barang milik orang lain dan proses pengiriman juga dilakukan oleh reseller. Kamu hanya perlu mencari reseller terpercaya yang menjual barang berkualitas dengan harga yang bersahabat sehingga keuntungan yang kamu dapatkan juga tidak terlalu sedikit.

15. Jual Pulsa Elektrik

Usaha sampingan selanjutnya yang bisa kamu kerjakan dimana saja adalah dengan jualan pulsa elektrik. Seperti yang sudah kita semua ketahui bahwa hampir seluruh masyarakat yang ada di Indonesia memiliki ponsel selular dan membutuhkan pulsa dalam setiap hal yang dilakukan menggunakan ponsel. Apalagi kamu memiliki teman dari kantor atau dari teman kuliah jadi sudah ada yang bisa ditawari pulsa. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar justru keuntungan yang diperoleh lumayan banyak.

16. Service Motor

Suka dengan bidang motor dan punya keahlian dalam memperbaiki motor yang rusak? Nah, ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha di saat waktu luang anda. Apalagi saat ini sudah hampir semua orang mempunyai sepeda motor, jadi kamu tidak perlu takut kehilangan pasar. Service motor tidak membutuhkan modal yang cukup besar dan seiring dengan berjalannya bisnis yang kamu miliki usah service motor kamu akan semakin besar. Dalam menjalankan usaha ini yang penting adalah untuk selalu konsisten.

17. Membuat Blog

Membuat blog saat ini sudah menjadi hal yang biasa, kini ada banyak blogger yang menuangkn hobi kedalam pekerjaan menyenangkan. Kunci untuk menjadi seorang blogger yang sukses adalah banyaknya pembaca dan traffic yang bagus. Untuk memilih usaha sampingan ini, cobala memilih tema blog yang menarik. Misalnya dengan mengangkat hal – hal yang sedang ramai diperbincangkan baik di kehidupan nyata maupun sosial media.

18. Jasa Potong Rambut

Usaha sampingan dengan modal kecil selanjutnya adalah jasa potong rambut. Untuk membuka usaha ini kamu hanya memerlukan gunting, mesin cukur rambut, kursi dan keahlian dalam memotong rambut. Jasa potong rambut juga cukup menjanjikan dan bisa kamu kerjakan saat waktu libur.

19. Ojek

Untuk kamu yang tinggal di kota – kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, atau sebagainya bisa mencoba usaha sebagai tukang ojek. Apalagi saat ini banyak sekali usaha ojek online yang dibuka bagi siapa saja yang berminat. Mungkin saat istirahat makan siang atau sudah pulang dari kantor kamu bisa usaha sampingan sebagai tukang ojek. Sekarang ini banyak yang lebih memlih ojek daripada harus jalan atau menunggu transportasi umum terlalu lama. Usaha ini juga memiliki peluang yang cukup baik serta tidak akan menyita waktu kerja utama dan belajar kamu.

20. Kursus Bahasa Asing

Untuk kamu yang memiliki keahlian satu bahasa asing, selain bisa membuka usaha sebagai penerjemah keahlian ini juga dapat kamu jadikan peluang untuk membuka kursus bahasa asing. Apalagi kini banyak orang baik mahasiswa maupun karyawan yang membutuhkan skill bahasa asing sehingga usaha ini cukup menjanjikan. Usaha sampingan ini bisa dimulai dengan memasang tarif yang lebih murah dengan les privat yang lainnya.

21. Salon Kecantikan

Salon kecantikan juga bisa dijadikan pilihan untuk membuka usaha sampingan. Banyak wanita yang semakin tertarik untuk membuat penampilan menjadi lebih cantik sehingga membutuhkan salon kecantikan. Saat ada orang yang mengadakan acara pernikahan, salon kecantikan biasanya sangat dibutuhkan. Jika ingin lebih dikenal kamu bisa mencoba untuk memasarkan bisnis salon kecantikan dalam dunia digital.

22. Service Komputer atau Alat Elektronik

Jika kamu memiliki skill dalam memperbaiki komputer atau alat elektronik bisa mencoba usaha sampingan sebagai tukang service computer. Dalam membuka usaha ini kamu tidak memerlukan modal yang besar, asalkan ada keahlian yang bisa diandalkan sambil berjalan kamu bisa mengembangkan bisnis ini. Waktu dalam menjalankan bisnis ini juga fleksibel dan tidak akan menganggu prioritas utama kamu.

23. Web Developer

Daftar terakhir dari 23 usaha sampingan yang menjanjikan adalah menjadi seorang web developer. Usaha sampingan yang satu ini juga sudah pernah dibahas dalan contoh pekerjaan via online. Kamu bisa mengerjakannya dimana saja dan modal yang diperlukan tidak begitu mahal. Kamu hanya membutuhkan koneksi internet dan laptop. Usaha sampingan ini juga sangat cocok untuk mahasiswa atau siapa saja yang tertarik dengan dunia website. Dengan membuka usaha sebagai web developer, kamu bisa mengembangkan bakat yang kamu miliki sekaligus mencoba berwirausaha ditengah sibuknya kegiatan sebagai karyawan.

Dari  23 usaha sampingan yang menjanjikan di atas, apakah kamu tertarik untuk membuka usaha sampingan di rumah? Ayo, kamu pasti bisa belajar membuka usaha sampingan sendiri dengan belajar lewat 23 usaha sampingan yang menjanjikan tersebut. Tidak perlu takut karena semua hal besar dimulai dari hal – hal yang kecil dulu bukan? Untuk itu, semoga info ini bisa membantu kamu dalam memulai bisnis usaha sampingan dengan modal yang kecil. Semangat dan selamat mencoba! Baca juga 17 info lowongan Jakarta terbaru , 10 tips cepat dapat kerja untuk freshgraduate hingga pekerjaan yang banyak dicari di tahun 2022.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah