14 Wisata Alam di Bandung Yang Sudah Dibuka Saat Ini

 Bella Carla | Rab, 24 Jun 2020

15 Wisata Alam di Bandung Yang Sudah Dibuka Saat Ini – Memasuki fase new normal, sejumlah tempat wisata alam di Bandung kini sudah mulai dibuka. Sebelumnya, adanya pandemic Covid-19 menyebabkan puluhan obyek wisata alam di Bandung Raya terdampak. Akibatnya sekitar 4 bulan, obyek wisata yang ada di sekitaran Bandung terpaksa harus tutup sementara. Kira-kira apa saja deretan wisata alam di Bandung yang sudah dibuka, cek infonya berikut ini.

Daftar Wisata Alam di Bandung Yang Sudah Dibuka

unsplash.com

Beragam tempat wisata alam di Bandung kini sudah mulai dibuka kembali. Meskipun begitu, tidak semua tempat wisata diperbolehkan untuk dibuka kembali. Sesuai dengan arahan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Barat, harga tiket masuk di beberapa tempat wisata di sekitaran Bandung juga naik sekitar 30 persen dari harga sebelumnya. Pemerintah juga hanya memperbolehkan pengunjung dari Jawa Barat saja yang boleh mengunjungi deretan wisata alam di Bandung yang sudah dibuka ini.

Tak hanya itu saja, Pemda Jawa Barat juga memberikan beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh deretan tempat wisata ala mini. Mulai dari pembatasan kuota kunjungan, wajib menggunakan masker, hingga penyediaan tempat cuci tangan. Nah, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan kamu lima wisata alam di Bandung yang sudah kembali dibuka.

1. Gunung Tangkuban Perahu

3.bp.blogspot.com

Mulai 13 Juni 2020, wisata alam Gunung Tangkuban Perahu akhirnya mulai dibuka kembali. Jika kamu ingin berkunjungi ke tempat wisata yang satu ini, tentunya kamu harus mematuhi sejumlah protokol kesehatan yang ada. Beberapa protokol kesehatan yang perlu diketahui oleh wisatawan, seperti pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan, hingga melakukan physical distancing. Perlu diperhatikan, wisata Gunung Tangkuban Parahu ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Gunung Tangkuban Perahu sendiri merupakan salah satu tempat wisata favorit yang berlokasi di Lembang, Kabupaten Bandung. Berjarak sekitar 20 km menuju ke arah utara Kota Bandung, kamu dapat menikmati kawah dengan pesona yang indah. Destinasi wisata Tangkuban Perahu Bandung menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Indonesia yang mempunyai ketinggian sekitar 2.084 meter dan dilatarbelakangi dengan cerita dongeng yang menarik di dalamnya. Kisah si Sangkuriang dan Ibunya Dayang Sumi, hingga sekarang kisah itu melegenda di Nusantara.

2. The Great Asia Africa Bandung

wisatakaka.com

Tak hanya Gunung Tangkuban Perahu saja yang sudah mulai dibuka pada 13 Juni 2020 lalu, wisata The Great Asia Africa Bandung juga demikian. Tempat wisata yang satu ini untuk sementara sementara dibuka khusus untuk wisatawan dari Jawa Barat dengan maksimal jumlah pengunjung sebanyak 30 persen dari kapasitas keseluruhan. Nantinya akan ada pemeriksaan, mulai dari plat mobil dan KTP, jika bukan dari Jawa Barat wisatawan tidak diperbolehkan masuk. Pengelola The Great Asia Africa Bandung juga menaikkan harga tiket sebesar 30 persen, yang tadinya Rp 50.000 per orang kini naik menjadi Rp 65.000.

The Great Asia Africa Bandung sendiri berlokasi tepat di Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lokasi The Great Asia Africa Bandung ini akan lebih mudah dijangkau jika kamu menggunakan kendaraan pribadi atau ojek dan taksi online. The Great Asia Africa Bandung menyediakan aneka atraksi wisata menarik. Mulai dari replika desa khas Jepang, hingga area kuliner Turki di bantaran sungai. Keseluruhan kawasan wisata alam ini mengangkat tema beberapa negara-negara di Asia Afrika.

3. Lembang Park and Zoo Bandung

infobdg.com

Setelah lebih dari 2 bulan tidak beroperasi, kini Lembang Park and Zoo juga telah kembali dibuka untuk para wisatawan. Sesuai ketentuan dari Bupati Bandung Barat, Lembang Park Zoo hanya menerima wisatawan yang berasal dari Jawa Barat dan wisatawan wajib menunjukkan identitas pribadi ke pihak pengelola. Selain itu, bagi pengunjung dibawah usia 3 tahun, lansia, dan ibu hamil dilarang memasuki destinasi wisata. Harga tiket masuk Lembang Park & Zoo dibanderol dengan biaya sebesar Rp 40.000 untuk weekday (Senin-Jumat), sedangkan untuk weekend (Sabtu-Minggu) dibanderol dengan biaya sebesar Rp 50.000.

Lembang Park and Zoo berlokasi di Jl Kolonel Masturi no 171, Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Untuk ke sini, bisa melalui Jl Kolonel Masturi atau Jl Cihanjuang. Ada beragam jenis satwa yang ada di Lembang Park and Zoo di antaranya bebek, burung, merkat, beruang madu, ikan, ular, buaya, rakoon, kambing, dan beragam hewan lainnya. Tak hanya itu saja, Lembang Park and Zoo juga menyediakan beberapa wahana menarik seperti perahu atau kano.

4. Farm House Lembang

alampriangan.com

Buat kalian yang sudah bertanya-tanya kapan Farm House Lembang buka kembali, perlu diketahui bahwa wisata alam di Lembang yang satu ini sudah beroperasi kembali sejak 13 Juni 2020 lalu. Kamu dapat mengunjungi Farm House Lembang di waktu operasional mulai pukul 09.00 hingga 18.00. Pengunjung yang datang ke Farm House Lembang pun nantinya diimbau untuk menerapkan physical distancing, menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan selalu memakai hand sanitizer.

Farm House Lembang didesain berdasarkan gaya farming di Eropa yang digabung dengan keindahan alam pegunungan tropis. Pengelola wisata yang satu ini sudah menyediakan rumah-rumah bergaya Eropa yang dapat dijadikan spot untuk fotografi. Kamu juga akan merasakan suasana yang nyaman, fresh, dan segar dengan udara yang menyehatkan ketika berkunjung ke Farm House Lembang. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas lelah karena kesibukan sehari-hari.

5. Orchid Forest Cikole

geo-outbound.com

Kamu juga bisa mengunjungi Orchid Forest Cikole yang sudah kembali dibuka sejak Sabtu tanggal 13 Juni 2020 yang lalu. Dikarenakan ada perubahan kebijakan untuk tempat wisata di kabupaten Bandung beserta adanya kewajiban fasilitas preventif Covid-19, maka harga tiket masuk ke Orchid Forest naik menjadi Rp40.000 per orang. Pihak pengelola Orchid Forest Cikole juga sudah menyiapkan seluruh standar prosedur keamanan dan kesehatan dan melakukan pembagian masker limited edition secara gratis. Tak hanya itu saja, pengelola Orchid Forest Cikole juga menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik, walking space dengan penandaan jalur aman, penyedian hand sanitizers hingga gate disinfectant.

Orchid Forest Cikole disebut-sebut merupakan taman anggrek terbesar yang ada di Indonesia. Terdapat lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan dalam lahan seluas 12 hektare ini, di mana bibit anggrek tersebut berasal dari berbagai negara, seperti Venezuela, Amerika Serikat, hingga Peru. Baru satu tahun dibuka, Orchid Forest Cikole kerap disebut sebagai paket wisata lengkap. Mengingat obyek wisata yang satu ini memiliki pemandangan alam asri dengan udara sejuk, instalasi sarana yang aesthethic, berbagai spot foto yang Instagramable, serta fasilitas dan sub destinasi yang beragam.

6. Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda

Tempat Wisata di Bandung - Djuanda Forest Park Salah satu tempat wisata di Bandung yang juga sudah dibuka adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda. Dengan menerapkan protokol kesehatan, tempat wisata yang satu ini merupakan taman hutan raya pertama di Indonesia dan satu-satunya yang diresmikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia. Sebagai kawasan pelestarian alam, koleksi terbesar di Tahura Djuanda adalah aneka jenis tanaman, baik dari dalam maupun luar negeri. Kawasan hutan ini merupakan vegetasi campuran, flora eksotik dari benua Afrika, Amerika, dan Asia tumbuh berdampingan dengan flora dan fauna asli Indonesia.

7. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang Bandung juga sudah kembali beroperasi sejak Juni 2020 lalu. Ada sejumlah protokol kesehatan yang diterapkan oleh Floating Market Lembang Bandung dan harus diikuti oleh seluruh pengunjung. Sebelum membeli tiket, nantinya pengunjung akan diperiksa suhu tubuhnya terlebih dahulu. Pengunjung juga harus berasal dari Jawa Barat dan sudah memakai masker, dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki area tempat wisata.

Seperti yang diketahui, Floating Market Lembang Bandung merupakan pasar terapung yang memadukan alam dan buatan dengan konsep unik dan menarik. Bukan seperti pasar pada umumnya yang berada di darat, pasar ini justru berada di atas air dengan menjajahkan jualannya di atas perahu sehingga mengapung seperti di Thailand. Tidak perlu jauh-jauh ke Thailand, karena Bandung juga punya pasar apung.

Di tengah area Floating Market terdapat danau luas yang bisa dimanfaatkan untuk mendayung perahu atau sekedar mengitari danau. Kamu bisa menggunakan kereta air yang ditarik dengan perahu bermesin atau ingin aktivitas yang lebih mengeluarkan keringat dengan mendayung dan mengayuh sendiri dengan sepeda air, kano, atau perahu. Pengunjung juga bisa menikmati aneka makan di meja-meja yang disediakan atau membeli dan menikmati makanan dari atas perahu sambil mengitari danau.

8. Maribaya Natural Hot Spring Resort & Spa

Maribaya Resort Bandung - Tempat Wisata di Bandung yang Buka Saat Lebaran

Buat kamu yang senang berkunjung ke Maribaya Natural Hot Spring Resort & Spa, kini kamu sudah bisa kembali mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Maribaya Natural Hot Spring Resort & Spa juga sudah dibuka kembali sejak bulan Juni 2020 lalu dengan sejumlah protokol kesehatan yang diterapkan oleh pengelola. Beberapa protokol kesehatan yang perlu diketahui oleh wisatawan, seperti pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan, hingga melakukan physical distancing.

Maribaya Natural Hot Spring Resort & Spa sendiri merupakan salah satu wilayah di Bandung yang sudah lama ternama. Selain menikmati keindahan alam, kawasan ini juga terkenal memiliki banyak spot pemandian air panas alami dari pegunungan. Berbagai aktivitas seru lainnya juga bisa kamu lakukan di sini seperti berendam air panas, bermain dengan binatang lucu, hingga wisata kuliner di restoran dengan pemandangan indah.

9. Gunung Putri

Setelah lama tidak beroperasi, kini Gunung Putri juga telah kembali dibuka untuk para wisatawan. Sesuai ketentuan dari pemerintah setempat, Gunung Putri hanya menerima wisatawan yang berasal dari Jawa Barat dan wisatawan wajib menunjukkan identitas pribadi ke pihak pengelola. Selain itu, pengunjung juga wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan tentunya selalu menggunakan masker selama berada di area Gunung Putri.

Seperti yang kita ketahui, Gunung Putri terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Gunung ini menyimpan pesona yang begitu memukau mata. Kawasan Hutan Gunung Putri Lembang dibina langsung oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara sejak 28 Juni 2016. Waktu terbaik pendakian di Gunung Putri adalah sebelum fajar menyingsing, sekitar jam 04.30 sehabis subuh. Kamu akan disuguhi sensasi sunrise di puncak Gunung dengan durasi pendakian sekitar 30 menit.

10. Fairy Garden By The Lodge

Fairy Garden By The Lodge mengonsep destinasi wisata untuk anak-anak ini pada tahun 2018 lalu. Belum genap satu tahun, Fairy Garden sudah ramai dikunjungi wisatawan. Berbeda dengan destinasi wisata di Lembang lainnya, objek wisata penuh kastil ini dikonsep untuk anak-anak.

Buat kamu yang sudah rindu dengan suasana Fairy Garden By The Lodge, kini kamu sudah bisa kembali mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Sejak Juni lalu, Fairy Garden By The Lodge sudah dibuka kembali dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan. Beberapa protokol kesehatan yang perlu diketahui oleh wisatawan, seperti pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan, hingga melakukan physical distancing.

11.  Kawah Putih

Diketahui sebelumnya, kawasan Kawah Putih ditutup sejak 22 Maret 2020 karena wabah virus corona atau Covid-19. Namun, kini wisatawan bisa kembali berkunjung ke Kawah Putih dan tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selama beroperasi, Kawah Putih juga akan membatasi jam kunjungungan yakni setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Untuk bisa menikmati suasana di Kawah Putih, pengunjung harus membayar tarif tiket masuk sebesar Rp25.000 ribu.

Kawah Putih sendiri adalah salah satu objek wisata yang terletak di kawasan Ciwidey, Bandung. Tempat ini merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha yang berada pada ketinggian lebih dari 2.090 meter di atas permukaan laut. Nama Kawah Putih sendiri berasal dari warna putih yang ada pada kawah tersebut. Kabarnya, kawah tempat wisata yang satu ini dapat berubah-ubah warna menyesuaikan kadar belerang, suhu, dan cuaca yang terjadi.

12. Situ Patenggang

Tempat Wisata di Bandung - Situ Patenggang

Situ Patenggang juga turut menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang kini sudah dibuka kembali. Tentunya pengelola Situ Patenggang juga telah menerapkan sejumlah protokol kesehatan yang harus ditaati oleh seluruh pengunjung. Pengelola Situ Patenggang juga mewajibkan seluruh pengunjung untuk menggunakan masker dan melakukan physical distancing.

Diketahui, Situ Patenggang adalah sebuah danau dengan panorama eksotis yang berada di Bandung Selatan. Untuk bisa menuju Situ Patenggang, rute yang paling diminati adalah dari pusat Kota Bandung. Selama liburan di Situ Patenggang, ada beberapa aktivitas seru yang harus kamu lakukan. Hal utama yang sudah pasti dilakukan adalah menjelajah danau dengan perahu, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan danau dari jarak lebih dekat

13. Glamping Lakeside

Meski sudah kembali dibuka untuk umum, sejumlah protokol kesehatan wajib diterapkan oleh pengunjung yang akan berwisata di Glamping Lakeside. Salah satu protokol kesehatan yang diterapkan di tempat wisata itu adalah para pengunjung maupun pekerja wajib untuk menggunakan masker. Penerapan physical distancing atau jaga jarak juga turut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Penerapan physical distancing ini khususnya akan dilakukan secara ketat di Resto Pinisi yang berada di area Glamping Lakeside.

Tren staycation diprediksi akan menjadi pilihan kegiatan wisata yang digandrungi masyarakat pada era new normal. Saat berkunjung ke Kabupaten Bandung, kamu bisa mampir ke Glamping Lakeside di Jalan Raya Ciwidey-Patengan KM 39, Situ Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Glamping Lakeside sudah buka sejak 13 Juni 2020. Di sana, kamu akan menginap di tengah perkebunan teh. Selain akan dimanjakan dengan wangi teh yang segar, kamu juga bisa menikmati pemandangan danau Situ Patenggang sembari rebahan di dalam penginapan.

14. Emte Highland Resort

Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali KM 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung sudah menyambut kembali wisatawan sejak beberapa waktu lalu. Emte Highland Resort memiliki beberapa atraksi wisata yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah sebuah danau yang dikelilingi oleh rerumputan hijau dan perbukitan.

Di sana, kamu bisa duduk-duduk di pinggir danau sembari menikmati kesejukan udara Kabupaten Bandung. Pemandangan yang ditawarkan pun bisa dijadikan sebagai latar belakang foto yang menarik. Apabila ingin memetik strawberry, kamu juga bisa melakukannya. Ada juga atraksi wisata flying fox dan perahu bebek yang bisa kamu manfaatkan sembari menikmati liburan pada era new normal.

Nah, di atas tadi Mamikos sudah bagikan informasi terkait 5 wisata alam di Bandung yang sudah mulai kembali buka. Meskipun kamu sudah diperbolehkan untuk mengunjungi tempat wisata, Mamikos ingatkan kembali agar kamu selalu mematuhi protokol kesehatan yang ada ya! Jangan lupa kunjungi situs Mamikos untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.