16 Wisata Jogja yang Sudah Mulai Buka Saat New Normal Juli 2020

 Almara Jati | Rab, 08 Jul 2020

16 Wisata Jogja yang Sudah Mulai Buka Saat New Normal Juli 2020 – Di masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah memilih untuk menutup lokasi wisata yang ada di seluruh Indonesia. Pasalnya, lokasi wisata merupakan tempat yang memungkinkan berkumpulnya banyak massa sehingga ditakutkan terjadi penyebaran virus Corona. Setelah berbulan-bulan di tutup, salah satu provinsi yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta berencana akan membuka beberapa lokasi wisata. Berikut adalah daftar lengkap wisata Jogja yang sudah mulai buka saat new normal bulan Juli 2020.

Informasi Terbaru Wisata Jogja yang Sudah Mulai Buka Bulan Juli 2020

unsplash.com

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan bahwa beberapa lokasi wisata akan dibuka secara bertahap pada bulan Juli 2020 di masa new normal. Mengingat bahwa pandemi Covid-19 belum usai, pemerintah memutuskan bahwa di setiap lokasi wisata akan ditambahkan fasilitas kesehatan dan kebersihan. Selain itu, pihak pengelola wisata di setiap kabupaten dan kota diminta untuk menerapkan SOP serta protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Simak informasi seputar wisata Jogja yang sudah mulai buka di bulan Juli 2020 pada masa new normal berikut ini.

Daftar Lengkap Wisata Jogja yang Sudah Mulai Buka Saat New Normal Juli 2020

Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ada 16 lokasi wisata yang tersebar di 5 kota dan kabupaten yang akan dibuka bulan Juli 2020 ini. Ada sejumlah empat lokasi wisata Kabupaten Gunungkidul, lima lokasi di Kabupaten Bantul, empat lokasi di Kabupaten Sleman, satu lokasi di Kota Yogyakarta, dan dua lokasi di Kabupaten Kulon Progo. Apa saja lokasi wisata Jogja yang sudah mulai buka di kelima wilayah tersebut? Simak info selengkapnya di bawah ini.

Wisata Gunungkidul

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

maioloo.com

Lokasi wisata Jogja yang sudah mulai buka pada bulan Juli 2020 di Kabupaten Gunungkidul yang pertama adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Pihak pengelola telah menerapkan prosedur bagi pengunjung mulai dari lokasi parkir, membeli tiket, mendaki, hingga saat kunjungan telah selesai. Pengunjung diwajibkan untuk mencuci tangan dan melakukan pengukuran suhu tubuh setibanya di lokasi tersebut serta menjaga jarak dengan pendaki lain. Selain itu, pengelola hanya akan membuka lokasi wisata ini dari pagi hingga sore saat matahari terbenam.

2. Pantai Baron

nativeindonesia.com

Selain wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, wisatawan juga sudah bisa menikmati beberapa wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul. Salah satu wisata Jogja yang sudah mulai buka di Kabupaten Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Baron. Pengelola hanya membatasi wisatawan untuk datang pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Wisatawan juga diwajibkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku selama berada di kawasan wisatan Pantai Baron.

3. Pantai Kukup

travelblog.id

Selain Pantai Baron, Pantai Kukup juga menjadi salah satu wisata Jogja yang sudah mulai buka di Gunungkidul. Para pedagang baik itu makanan, minuman, ikan, dan oleh-oleh juga sudah menjual kembali barang dagangannya. Tak perlu takut, para pedangang tersebut tetap memakai masker, face shield, hingga mengenakan sarung tangan saat melayani pembeli. Sehingga, keamanan para pengunjung bisa tetap terjaga jika berkunjung ke Pantai Kukup

4. Cave Tubing Kalisuci

kompasiana.com

Jika kamu rindu tubing di dalam gua, maka kerinduanmu akan segera terobati. Pasalnya, cave tubing di Kalisuci menjadi salah satu wisata Jogja yang sudah mulai buka pada bulan Juli 2020 ini. Namun, pengelola memberikan aturan baru bahwa mereka hanya akan menerima 100 pengunjung saja dalam satu hari. Sehingga, untuk kamu yang ingin ke sana disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, ya!

Wisata Bantul

1. Puncak Becici

dakatour.com

Sementara wisata Jogja yang sudah mulai buka di daerah Kabupaten Bantul yang pertama adalah Puncak Becici. Pengelola wisata telah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang penerapan protokol kesehatan seperti penyediaan tempat cuci tangan, penyediaan masker, pendeteksi suhu badan, hingga penggunaan face shield oleh pengelola saat melayani wisatawan. Pengelola juga telah menyediakan posko kesehatan di area wisata Puncak Becici. Selain itu, pengelola juga sudah membenahi beberapa bagian seperti puntu masuk, meningkatkan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, hingga menambah wahana baru.

2. Pinus Pengger

travelingyuk.com

Lokasi wisata Jogja yang sudah mulai buka di Kabupaten Bantul selanjutnya adalah Pinus Pengger. Seperti lokasi wisata di Bantul yang lainnya, jumlah pengunjung akan dibatasi hingga 50 persen dibandingkan dengan kondisi normal. Para pengunjung tentunya juga wajib menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di sana.

3. Seribu Batu

dakatour.com

Seribu Batu atau Seribu Batu Songgo Langit juga akan menjadi salah satu lokasi wisata Jogja yang sudah mulai buka pada bulan Juli 2020 di Kabupaten Bantul. Pengelola tentunya juga akan mewajibkan para wisatawan mengikuti setiap protokol kesehatan yang berlaku. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir karena pengelola akan tetap membuat pengunjung merasa nyaman meskipun ada berbagai protokol kesehatan. Selain itu, tersedia 16 titik tempat cuci tangan bagi pengunjung sebagai salah satu bentuk penerapan protokol kesehatan di Seribu Batu.

4. Pinus Asri

dakatour.com

Salah satu lokasi wisata hutan pinus yang lain di Dlingo adalah Hutan Pinus Asri. Lokasi wisata Jogja yang sudah mulai buka bulan Juli 2020 di Kabupaten Bantul ini akan buka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sehingga, para pengunjung bisa memilih menikmati sejuk udara pagi atau menantikan momen terbenamnya matahari di Hutan Pinus Asri.

5. Pantai Parangtritis

unsplash.com

Pantai terkenal yang menjadi salah satu lokasi wisata Jogja yang sudah mulai buka bulan Juli 2020 adalah Pantai Parangtritis. Pemerintah telah menyiapkan berbagai sarana serta prasarana agar pengunjung bisa menikmati berwisata di Pantai Parangtritis dengan aman. Selain itu, pemerintah juga telah menetapkan beberapa protokol kesehatan yang wajib diterapkan oleh pengunjung. Saat ini, Pantai Parangtritis hanya dibuka selama 12 jam, yaitu mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Wisata Sleman

1. Candi Prambanan

unsplash.com

Lokasi wisata Jogja yang sudah mulai buka di Kabupaten Sleman yang pertama adalah Candi Prambanan. Candi yang berlokasi di perbatasan Jogja dan Jawa Tengah ini secara resmi dibuka kembali pada tanggal 1 Juli 2020. Pengelola menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik di kawasan wisata tersebut. Pengunjung juga dihimbau untuk menggunakan masker, melakukan pengecekan suhu tubuh, dan menerapkan physical distancing.

2. Candi Ratu Boko

unsplash.com

Lokasi wisata Jogja yang sudah mulai buka yang selanjutnya yaitu Candi Ratu Boko. Wisata yang terletak di Kabupaten Sleman ini dibuka bersamaan dengan pembukaan Candi Prambanan yaitu pada tanggal 1 Juli 2020. Protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang serupa dengan Candi Prambanan juga diterapkan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Candi Ratu Boko.

3. Tebing Breksi

tribunnews.com

Apakah kamu rindu melihat keindahan Jogja dari atas Tebing Breksi? Beruntunglah kamu karena Tebing Breksi telah dibuka oleh pemerintah Kabupaten Sleman pada bulan Juli 2020. Pengunjung diwajibkan untuk mengikuti aturan yang berlaku untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pengunjung harus menggunakan masker, melakukan pengecekan suhu tubuh, serta mencuci tangan di tempat-tempat yang sudah disediakan.

4. Kaliadem

slemankab.go.id

Salah satu wisata Jogja yang sudah mulai buka di Kabupaten Sleman adalah Kaliadem. Di lokasi ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan sejuknya udara di lereng Gunung Merapi. Namun, kamu tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di sana. Tetap gunakan masker, mengecek suhu tubuh, dan cuci tanganmu di lokasi yang sudah disediakan.

Wisata Kota Yogyakarta

1. Kebun Binatang Gembira Loka

tempo.co

Setelah berbulan-bulan ditutup karena wabah Covid-19 yang melanda Indonesia, objek wisata Kebun Binatang Gembira Loka akan segera dibuka pada bulan Juli 2020 ini. Manajemen atau pengelola wisata mengatakan bahwa mereka siap melayani para pengunjung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pengelola juga sudah menyediakan wastafel hingga 120 unit untuk cuci tangan para pengunjung. Sebelum dibuka, pihak pengelola akan melakukan simulasi terlebih dahulu dengan para karyawan yang dirumahkan karena pandemi Covid-19.

Wisata Kulon Progo

1. Kalibiru

liputan6.com

Sementara salah satu wisata Jogja yang sudah mulai buka bulan Juli 2020 di Kabupaten Kulon Progo adalah Kalibiru yang telah menutup layanan sejak 24 Maret 2020. Pemerintah menetapkan bahwa pengunjung hanya dibatasi sejumlah 50 persen dari kapasitas pada masa normal. Pemerintah juga akan mengatur pergerakan wisatawan untuk menghindari penumpukan, meminimalisir persinggungan antara wisatawan masuk dan keluar, serta physical distancing wisatawan dan pengelola. Selai itu, baik pengelola maupun wisatawan diwajibkan untuk menaati setiap aturan dan protokol kesehatan yang berlaku.

2. Pulepayung

tribunnews.com

Pulepayung merupakan objek wisata yang bertetangga dengan Kalibiru. Pulepayung juga menjadi salah satu wisata Jogja yang sudah mulai buka bulan Juli 2020 di masa kenormalan baru. Pengelola telah menyiapkan sarana tempat cuci tangan sebanyak 20 unit, pemasangan akrilik pada tempat jual beli tiket, hingga para karyawan yang diwajibkan untuk mengenakan face shield. Para pengunjung juga tetap diwajibkan untuk menerapkan setiap butir protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pengelola maupun pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Nah, itu tadi 16 wisata Jogja yang sudah mulai buka bulan Juli 2020 di masa kenormalan baru. Setelah diam di rumah saja selama berbulan-bulan, kini saatnya kamu menyegarkan pikiran dengan berkunjung ke beberapa objek wisata di atas. Namun, kamu harus tetap mematuhi aturan serta protokol kesehatan yang berlaku, ya! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: