5 Wisata Jakarta Yang Sudah Dibuka Cocok Untuk Keluarga

 Bella Carla | Sel, 30 Jun 2020

5 Wisata Jakarta Yang Sudah Dibuka Cocok Untuk Keluarga – Sejak awal diterapkannya masa new normal, sejumlah tempat wisata yang dikelola di bawah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun telah dibuka kembali. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta juga telah mengizinkan beberapa tempat wisata di Jakarta untuk membuka kembali operasional secara bertahap. Bagi kamu warga Jakarta, berikut 6 rekomendasi wisata Jakarta yang sudah dibuka dan cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Deretan Wisata Jakarta Yang Sudah Kembali Dibuka

unsplash.com

Sebelumnya tempat wisata di DKI Jakarta telah ditutup sejak 13 Maret atau 3 bulan lamanya. Kini, Pemprov DKI Jakarta kembali membuka tempat wisata di masa PSBB transisi. Pembukaan tempat wisata tersebut tentu disambut antusias warga Jakarta yang sudah penat berada di rumah saja. Meski demikian, warga yang berwisata harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak.

Di bawah ini ada 5 tempat wisata di Jakarta yang sudah kembali buka dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga:

1. Taman Impian Jaya Ancol

ancol.com

Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu lokasi wisata keluarga di Jakarta yang sudah dibuka kembali. Namun, Ancol menerapkan beberapa aturan baru untuk pengunjung. Anak-anak di bawah usia 4 tahun dan ibu hamil dilarang masuk Ancol. Sementara orang lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun hanya dapat berkunjung di area pantai, Ecopark, dan Pasar Seni dari pukul 06.00-10.00 WIB.

Pengunjung yang bisa masuk Ancol selama masa PSBB transisi juga hanya warga Jakarta saja. Sehingga pengunjung harus memperlihatkan identitas yang menyatakan pengunjung berdomisili di DKI Jakarta. Apabila saat pemeriksaan pengunjung bukan berdomisili Jakarta, pihak Ancol akan meminta calon pengunjung tersebut meninggalkan Ancol. Tak hanya itu, Ancol juga akan mengecek suhu tubuh para pengunjung dan mewajibkan seluruh pengunjung untuk menjaga jarak serta menggunakan masker.

Taman Impian Jaya Ancol sendiri adalah taman rekreasi tematik terbesar dan terlengkap di Jakarta. Terletak di Jakarta Utara berhadapan dengan Laut Jawa, Taman Impian Jaya Ancol merupakan kawasan resor tepi pantai yang berdiri di atas lahan seluas 80 hektar. Taman Impian Jaya Ancol ibaratnya adalah sebuah taman rekreasi yang menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari olahraga air dan pantai, wahana seru, kolam renang, hingga Eco-Park dan pertunjukan spertakuler bertabur bintang kaliber internasional.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

df8r7aly9nid3.cloudfront.net

Setelah ditutup selama 3 bulan terakhir akibat pandemi Covid-19, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kembali dibuka. Manajemen TMII pun telah menyiapkan berbagai aturan dan kebijakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19, salah satunya pengunjung dibatasi maksimal 50 persen. TMII juga memberlakukan aturan tak memperbolehkan anak-anak masuk ke lokasi wisata ini. Selain memberlakukan protokol kesehatan, TMII juga membuka pembelian tiket secara online atau reservasi melalui website resmi TMII.

Akrab disapa dengan TMII, Taman Mini Indonesia Indah merupakan sebuah tempat wisata dengan tema budaya Indonesia. Taman Mini berdiri pada lahan seluas sekitar 150 hektar. Tempat wisata yang satu ini menawarkan rangkuman dari kebudayaan Indonesia dari 26 provinsi. Diantaranya adalah anjungan daerah dengan gaya arsitektur tradisional, bermacam tari daerah, busana daerah atau pakaian adat, dan aneka tradisi yang terdapat di daerah seluruh Indonesia.

3. Kota Tua

mamikos.com

Kota Tua Jakarta merupakan salah satu tempat wisata yang sudah membuka museum menjelang pekan kedua bulan Juni lalu. Namun, pengelola wisata Kota Tua Jakarta tetap membatasi pengunjung, dan mewajibkan setiap pengunjung untuk menggunakan masker, menjaga jarak, dan menerapkan protokol kesehatan lainnya. Kamu pun bisa mengajak anggota keluarga untuk bersantai sejenak di Kota Tua Jakarta.

Seperti yang kita ketahui, Kota Tua Jakarta merupakan sebuah wilayah kecil di kota Jakarta yang kini menjadi destinasi wisata yang menyimpan kenangan dan sejarah Jakarta di masa lampau. Dominasi bangunan-bangunan bergaya kolonial berwarna putih dengan jendela-jendela besarnya adalah ciri khas yang melekat pada kawasan Kota Tua. Sebelum adanya pandemi Covid-19, kawasan ini tampak selalu dipenuhi pengunjung yang ingin melihat sekilas tentang masa lalu Jakarta, menyaksikan kemegahan bangunan-bangunan dan misteri di baliknya, dan mengabadikan keindahannya dalam lensa kamera mereka.

4. Taman Margasatwa Ragunan

static.ussfeed.com

Taman Margasatwa Ragunan juga sudah mulai kembali dibuka bagi wisatawan. Namun, pengunjung Ragunan dibatasi hanya 1.000 orang per hari selama masa PSBB Transisi ini. Para pengunjung juga dianjurkan untuk membeli tiket secara online melalui laman bit.ly/PesantiketTMR. Bagi pengunjung yang tidak mendaftar secara online pada hari sebelumnya, tetap bisa masuk dengan mengisi formulir.

Selama masa PSBB Transisi ini, pengelola Taman Margasatwa Ragunan hanya memperbolehkan pengunjung dari warga DKI. Tak hanya itu saja, pengelola juga melakukan pembatasan kriteria pengunjung yang boleh masuk. Anak-anak di bawah usia 9 tahun, ibu hamil, dan lansia di atas 50 tahun tidak diperbolehkan masuk. Selain itu, pengunjung yang memiliki penyakit bawaan, seperti TBC, gagal ginjal, diabetes, jantung, dan penyakit komplikasi lainnya juga tidak diperkenankan masuk.

Taman Margasatwa Ragunan sendiri merupakan kebun binatang pertama di Indonesia yang usianya sudah mencapai 150 tahun. Dengan ratusan jenis koleksi satwa, Taman Margasatwa Ragunan tak hanya menjadi pilihan wisata murah dan edukatif bagi warga, tetapi juga menjadi pusat penelitian dan pelestarian satwa. Taman Margasatwa Ragunan (TMR) terletak di Jalan Harsono RM 1 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang yang didirikan pada 19 September 1864 ini dulunya hampir tak pernah sepi pengunjung, terlebih pada akhir pekan atau hari libur nasional.

5. Kepulauan Seribu

s3.amazonaws.com

Kamu juga bisa kembali melakukan wisata bahari tepatnya di Kepulauan Seribu bersama anggota keluarga. Pasalnya, wisata Kepulauan Seribu telah buka sejak 13 Juni 2020 lalu. Sama seperti kebijakan tempat wisata yang diizinkan buka, Kepulauan Seribu juga menerapkan pembatasan kunjungan sebanyak 50 persen dan bagi kamu yang ingin melakukan diving di Kepulauan Seribu wajib membawa surat keterangan sehat. Semua pelaku usaha yang memiliki usaha seperti restoran, homestay, dan resort wajib menerapkan pembatasan kunjungan.

Seperti yang kita ketahui, nama resmi dari Kepulauan Seribu adalah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang termasuk dalam kawasan pelestarian alam laut dan terletak sekitar 45 km di sebelah utara Jakarta. Kepulauan Seribu merupakan satu-satunya wisata pulau dan wisata pantai yang terdapat di Jakarta. Beberapa pulau merupakan pemukiman, pulau cagar alam, pulau kosong tak berpenghuni dan pulau yang digunakan sebagai pulau wisata. Kepulauan seribu tidak hanya memiliki keindahan bawah air, tetapi juga memiliki potensi wisata sejarah yang terdapat di beberapa pulau yang berada di kawasan pulau seribu, seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kelor, Pulau Kahyangan, Pulau Tidung, Pulau Panggang, Pulau Kelapa, Pulau Panjang.

Itulah 5 wisata di Jakarta yang sudah dibuka dan cocok untuk berlibur bersama anggota keluarga. Mamikos infokan kembali, deretan tempat wisata di Jakarta sudah dibuka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Jika kamu ingin mengunjungi salah satu dari lima wisata di atas, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Mamikos secara berkala ya!