10 Wisata Paling Indah di Jogja Selain HeHa Sky View

10 Wisata Paling Indah di Jogja Selain HeHa Sky View – Jogja merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan tempat wisatanya. Tak tanggung-tanggung, Jogja juga sudah dikenal oleh orang-orang dari dalam maupun luar negeri. Soal wisatanya, Jogja memiliki beragam tempat wisata, mulai dari gunung, perkotaan, hingga pantai yang sangat indah. Kali ini Mamikos akan membagikan beberapa tempat wisata paling indah di Jogja yang wajib kamu datangi saat berkunjung ke Jogja.

Informasi Terbaru Wisata Paling Indah di Jogja

unsplash.com

Salah satu tempat wisata di Jogja yang sedang terkenal saat ini adalah HeHa Sky View di Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya tidak jauh dari Bukit Bintang dan menawarkan pemandangan Jogja yang sangat indah, baik itu pagi, siang, sore, maupun malam hari. Namun, tahukah kamu bahwa ada begitu banyak tempat wisata paling indah di Jogja selain HeHa Sky View? Berikut ini adalah daftar lengkap 10 tempat wisata paling indah di Jogja yang telah Mamikos himpun.

Daftar Lengkap Tempat Wisata Paling Indah di Jogja Selain HeHa Sky View

Sebelum mendatangi Jogja untuk berwisata, ada baiknya kamu menyusun itinerary atau daftar rencana perjalanan terlebih dahulu. Pasalnya, Jogja memiliki tempat wisata yang sangat banyak dan kamu mungkin akan kebingungan harus berkunjung ke mana saja. Kamu mungkin juga ingin berkunjung ke beberapa tempat wisata hits dan viral serta indah seperti HeHa Sky View di Gunungkidul. Sebagai rekomendasi, Mamikos telah menyiapkan 10 rekomendasi tempat wisata paling indah di Jogja yang tak kalah dari HeHa Sky View berikut ini.

1. Kebun Buah Mangunan

unsplash.com

Siapa yang tak kenal tempat wisata bernama Kebun Buah Mangunan di Jogja? Tempat wisata yang satu ini terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan dan tak kalah indah dari HeHa Sky View. Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu tempat wisata paling indah di Jogja yang berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Untuk memaksimalkan pengalaman kamu berwisata ke tempat tersebut, Mamikos merekomendasikan kamu untuk mengunjunginya di pagi atau sore hari.

Pada pagi hari, kamu bisa menikmati pemandangan berupa dengan hamparan bukit yang diselimuti kabut tipis yang semakin terlihat ketika matahari mulai terbit. Pemandangan tersebut akan menimbulkan sensasi seperti kamu sedang berada di atas awan. Pada sore harinya, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam sambil bersantai bersama teman, keluarga, atau pasangan. Tak heran bahwa Kebun Buah Mangunan sering disebut sebagai salah satu tempat wisata paling indah di Jogja.

2. Puncak Becici

pesonajogja.net

Tempat wisata paling indah di Jogja yang juga terletak di Kabupaten Bantul adalah Puncak Becici. Sama seperti HeHa Sky View dan Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici juga menawarkan pemandangan berupa sky view yang menakjubkan. Tempat wisata ini sendiri sebenarnya masuk ke dalam kawasan Hutan Sudimoro I dan lebih didominasi dengan pohon pinus. Kawasan tersebut kemudian dikelola menjadi tempat wisata dan diberi nama Puncak Becici seperti yang sekarang dikenal oleh orang-orang.

Kalau kamu berkunjung ke Puncak Becici, kamu tidak boleh melewatkan spot bernama Gardu Pandang Puncak Becici. Melalui gardu pandang tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan berupa perbukitan hijau di Jogja. Selain itu, kamu juga bisa melihat indahnya Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Perbukitan Menoreh, hingga Pantai Parangtritis jika langit sedang cerah. Waktu yang tepat bagi kamu untuk mengunjungi salah satu tempat wisata paling indah di Jogja ini adalah pada sore hari di mana kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam.

3. Bukit Bintang

travelspromo.com

Tak jauh dari HeHa Sky View terdapat satu tempat wisata paling indah di Jogja yaitu Bukit Bintang yang sudah ada sebelum HeHa Sky View. Awalnya, Bukit Bintang dibuka sebagai kawasan rest area untuk para pengendara yang melintasi Gunungkidul. Akan tetapi, semakin lama kawasan ini semakin terkenal karena pemandangannya yang menakjubkan dan akhirnya dibuka sebagai tempat wisata. Kalau kamu berkunjung ke Bukit Bintang, kamu akan disuguhkan pemandangan berupa hamparan Jogja yang sangat indah.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bukit Bintang adalah sore sampai malam hari. Pada waktu tersebut, kamu akan bisa melihat pemandangan kerlap-kerlip lampu dari bangunan maupun kendaraan yang ada di Jogja. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengunjungi salah satu tempat wisata paling indah di Jogja yang satu ini. Kalau kamu berkunjung pada pagi atau siang hari, kamu tetap bisa menikmati pemandangan Jogja sambil menyantap berbagai kuliner yang disajikan di sana.

4. Bukit Paralayang Watugupit

kompas.com

Satu lagi tempat wisata paling indah di Jogja yang menawarkan pemandangan dari ketinggian yaitu Bukit Paralayang Watugupit yang terletak di Kabupaten Gunungkidul. Di tempat wisata yang satu ini, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di laut selatan, menghadap langsung ke Samudera Hindia. Sebagian besar pengunjung Bukit Paralayang Watugupit adalah anak-anak muda Jogja. Meski begitu, tempat ini memiliki nuansa romantis dan sangat cocok jika kamu ingin mengunjunginya bersama pasangan kamu.

5. Seven Sky

travelingyuk.com

Siapa bilang kamu tidak bisa mendapatkan pemandangan dari ketinggian di tengah Kota Jogja? Seven Sky masuk ke dalam daftar tempat wisata paling indah di Jogja yang letaknya berada di tengah kota atau tepatnya di atas sebuah mall. Ya, Seven Sky pada dasarnya merupakan sebuah foodcourt yang berada di rooftop Lippo Mall Jogja, sebuah mall yang terletak di Jalan Laksda Adisutjipto. Sehingga, kamu bisa menemukan beragam kuliner lezat yang bisa kamu nikmati bersama teman, keluarga, atau pasanganmu.

Beberapa kuliner yang dijajakan di tempat wisata paling indah di Jogja ini seperti jajanan pasar, Chinese food, Japanese food, hingga masakan asli Indonesia. Tidak hanya kuliner yang lezat, Seven Sky juga menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Kamu bisa melihat pemandangan Jogja dengan kerlap-kerlip lampunya ketika malam sudah tiba. Sementara pada pagi dan siang hari, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merapi di bagian utara jika langit sedang cerah.

6. Bukit Pulepayung

jogjaonstage.com

Selanjutnya masih tempat wisata paling indah di Jogja dengan pemandangan dari ketinggian yaitu Bukit Pulepayung yang terletak di Kabupaten Kulon Progo. Kalau kamu berkunjung ke sini, kamu akan bisa menikmati pemandangan Waduk Sermo yang sangat cantik dari ketinggian. Ada pula hamparan Perbukitan Menoreh yang hijau dan sangat memanjakan mata. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai spot berfoto, mulai dari yang santai sampai yang ekstrem.

Untuk spot foto yang santai, kamu bisa coba berfoto di tempat duduk dengan pemandangan Waduk Sermo di belakangnya. Kamu juga bisa mencoba berfoto di jembatan menuju puncak yang menjadi spot foto cukup terkenal di salah satu tempat wisata paling indah di Jogja ini. Kalau kamu ingin menguji keberanian, kamu bisa mencoba berfoto di spot yang ekstrem seperti sepeda langit, kursi gantung, hingga sky swing. Tak perlu takut, pihak pengelola sudah memastikan agar setiap pengunjung terjaga keamanannya saat mencoba spot foto tersebut.

7. Nglanggeran

travelspromo.com

Nah, kalau kamu suka hiking atau mendaki gunung, kamu mungkin juga akan suka dengan salah satu tempat wisata paling indah di Jogja yang satu ini. Gunung Api Purba Nglanggeran adalah salah satu tempat wisata yang cukup terkenal baik itu oleh orang Jogja maupun dari daerah lain. Medannya tidak terlalu terjal dan cukup pendek jika dibandingkan dengan gunung pada umumnya. Sehingga, siapapun bisa mendaki gunung ini dengan mudah.

Sampai di puncak tempat wisata paling indah di Jogja yang satu ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata. Kamu bisa melihat Embung Nglanggeran serta hamparan persawahan Gunungkidul yang berwarna hijau. Sudah selesai mendaki, kamu bisa turun dan mampir untuk berfoto di embung yang sangat cantik. Kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke desa wisata Nglanggeran di mana kamu bisa berjalan-jalan di tengah sawah yang sangat menyejukkan.

8. Taman Bunga Puri Mataram

antaranews.com

Taman Bunga Puri Mataram juga masuk ke dalam daftar tempat wisata paling indah di Jogja karena warna-warni bunga yang ada di sana. Taman bunga tersebut sebenarnya baru dibuka pada tahun 2018, namun sudah mampu menarik minat banyak orang untuk berkunjung. Di tengah taman, kamu dapat menemukan miniatur Tugu Jogja yang berdiri gagah. Saat berkunjung ke sana, kamu tidak boleh lupa untuk berfoto-foto di spot yang telah disediakan agar tidak merusak bunga yang ada.

Kamu bisa berfoto di beberapa spot seperti taman dengan becak. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai macam wahana yang tersedia di salah satu tempat wisata paling indah di Jogja ini. Beberapa di antaranya adalah pedesaan seperti taman kelinci, sepeda di tengah danau, terapi ikan, sampai pasar ndelik. Tempat wisata ini dikelola dan ditata sedemikian rupa dengan kearifan warga desa untuk memanjakan pengunjung.

9. Puncak Kosakora

widyalokawisata.com

Tempat wisata paling indah di Jogja selanjutnya adalah Puncak Kosakora yang merupakan bukit karst di Kabupaten Gunungkidul. Kamu bisa menikmati pemandangan Pantai Ngarumput dari ketinggian 50 meter di atas permukaan laut sambil diterpa angin yang menyejukkan. Untuk melengkapi feed media sosialmu, kamu bisa berfoto di tempat tersebut dengan latar belakang pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Selain itu, kamu juga bisa mencari spot foto yang memperlihatkan barisan bukit karst lainnya di sepanjang pantai.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat wisata paling indah di Jogja yang satu ini adalah sore agar kamu bisa menikmati langit saat matahari terbenam. Langit akan berubah menjadi jingga perlahan-lahan dan kamu bisa menikmatinya sambil ditemani suara deburan ombak. Kamu juga bisa menginap di Puncak Kosakora dengan membawa tenda sendiri untuk berkemah. Setelah kamu terbangun di pagi hari, kamu akan melihat pemandangan yang tak kalah menakjubkan ketika matahari perlahan-lahan terbit.

10. Bukit Turgo

youtube.com

Saat melihat Gunung Merapi, apakah kamu pernah memperhatikan sebuah bukit yang berdiri di bawahnya? Ya, bukit tersebut adalah Bukit Turgo yang sering dijadikan sebagai wisata pendakian. Tempat wisata paling indah di Jogja yang satu ini belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan, namun memiliki pesona yang tak kalah dari tempat wisata lainnya. Kalau kamu ingin melihat Gunung Merapi dari dekat, maka kamu tidak boleh melewatkan untuk mendaki bukit ini.

Medan yang harus kamu lalui selama pendakian di tempat wisata paling indah di Jogja ini adalah berupa jalan setapak yang dikelilingi pohon hijau. Kamu tidak akan merasa kepanasan atau gerah saat mendaki karena cahaya matahari akan terhalang oleh dedaunan. Sampai di puncak, kamu bisa melihat Gunung Merapi dari jarak yang sangat dekat dan pemandangan Jogja yang sangat indah. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan puncak Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet, hingga Gunung Prau.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar 10 rekomendasi tempat wisata paling indah di Jogja selain HeHa Sky View. Jangan lupa masukkan tempat-tempat wisata di atas ke dalam itinerary kamu saat akan berkunjung ke Jogja, ya! Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan di semua tempat, termasuk tempat wisata tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah