10 Tips Wawancara Kerja yang Bakal Bikin HRD Terkesan

Posted on Posted in CPNS, Loker, Lowongan Kerja, Lowongan Kerja Medan, Lowongan Kerja Terbaru, Surat Lamaran Kerja, Tips Loker

Mencari tips wawancara kerja pastinya dilakukan oleh para job seekers alias pencari kerja. Salah satu langkah untuk bisa diterima masuk ke sebuah perusahaan adalah tahap wawancara kerja atau interview. Di tahap ini, pencari kerja akan dipanggil ke perusahaan yang mereka lamar. Mereka akan bertemu dengan staff HRD (Human Resources Departement) yang notabenenya memang bertanggung jawab soal penerimaan karyawan. Nah, di sini nih pelamar kerja akan dinilai secara langsung oleh staff HDR untuk melihat kepribadian dan potensi yang dimiliki. Setelah wawancara, staff HRD akan memutuskan apakah pelamar kerja tadi layak lolos ke tahap berikutnya dan akhirnya diterima kerja di perusahaan tersebut.

Buat kamu yang saat ini juga baru cari kerja dan akan menghadapi wawancara atau interview dalam waktu dekat, gak perlu takut atau gugup karena semua wawancara kerja bisa dihadapi kok asalkan kamu tau teknik yang tepat. Biar kamu punya gambaran bagaimana cara menghadapi wawancara kerja besok, simak deh 10 tips wawancara kerja di bawah ini. Semua tips wawancara kerja di bawah ini akan membantumu untuk mengesankan staff HRD yang mewawancaraimu dan juga akan memuluskan langkahmu untuk lolos ke tahap seleksi berikutnya. Simak, ya.

Baca juga :  10 Tips Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Baik, Benar, dan Lengkap

1. Cari Tahu Tentang Perusahaan yang Kamu Lamar

Salah satu tips wawancara kerja paling penting adalah mencari tahu tentang perusahaan yang kamu lamar. Banyak sih pencari kerja yang asal aja masuk-masukin lamaran kerja ke berbagai perusahaan. Pas dipanggil wawancara, mereka blank karena gak tau perusahaan apaan nih yang memanggil mereka, saking banyaknya surat lamaran kerja yang kemarin-kemarin mereka kirim. Daripada gak lucu begini, mending sebelum kamu melamar kerja di suatu perusahaan, lakukan riset kecil tentang perusahaan tersebut. Apalagi kalau udah fix mau diwawancara sama perusahaan tersebut, kamu harus tau betul tentang perusahaan itu. Pastikan pas HRD tanya “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?” kamu bisa jawab dan gak cuma bisa pasang tampang blo’on. Hal-hal penting yang harus kamu cari tau antara lain adalah bidang perusahaan, kapan perusahaan didirikan, achievement atau prestasi perusahaan akhir-akhir ini, dan lain-lainnya.

 

2. Perhatikan Body Language/ Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh atau body language adalah salah satu hal yang akan sangat diperhatikan oleh staff HRD ketika mewawancarai calon karyawan. Kalau bahasa tubuh kamu udah slengekan, terkesan cuek dan gak peduli, dijamin deh HRD bukannya terkesan tapi malah bakal BT sama kamu. Makanya, perhatikan body language kamu baik-baik. Kamu harus memperhatikan dan mencari tahu bagainmana cara bersalaman yang baik dan tatapan mata yang meyakinkan. Kalau body language kamu meyakinkan, kesan pertama pewawancara kerja padamu pasti positif kok. Pastikan kamu memberikan senyuman ringan di sela-sela jawaban pertanyaan agar kesannya kamu tetap rileks. Tapi jangan lupa, tetap jaga wibawa dan keseriusan saat wawancara kerja. Kalau pewawancaea kerjanya formal banget, ya udah usahakan jangan memulai untuk bercanda, meski niat kamu adalah untuk mencairkan suasana.

3. Datang Tepat Waktu

Tips wawancara kerja yang paling banyak disepelekan oleh para pencari kerja adalah soal kedisiplinan waktu. Secara, wawancara kerja itu sebenarnya kamu yang butuh. Iya, kan? Yang butuh kerjaan kamu atau staff HRD nya? Makanya, jangan sekali-kali satang terlambat saat dipanggil wawancara kerja. Kalau kamu datang terlambat, kamu akan memberikan kesan yang negatif bahkan sebelum wawancara dimulai. Datang terlambat boleh dibilang adalah bukti bahwa kamu tidak serius dalam menanggapi panggilan wawancara ini. Parahanya, sudah banyak kasus di mana pencari kerja yang terlambat datang saat menjelang interview dianggap oleh pihak perusahaan sebagai orang-orang yang tidak kompeten. Alhasil, pewawancara menjadi ragu untuk meloloskan mereka ke tahap selanjutnya. Kalau dinalar sih iya, kalau pada saat melamar pekerjaan aja sudah tidak tertib, bagaimana jika nanti sudah diterima menjadi pekerja? Mana mau perusahaan menerima karyawan macam ini? Makanya, please jangan telat! Datang paling gak setengah jam sebelum waktu yang ditentukan untuk wawancara kerja.

 

4. Kenakan Pakaian yang Sopan dan Rapi

Meski sekarang banyak perusahaan start-up yang karyawan dan staff-nya kelihatannya santai-santai, seperti pakai kaos dan celana jeans sebagai pakaian kerja sehari-hari, bukan berarti kamu bisa langsung berpakaian seperti itu ya pas wawancara kerja. Kalau kamu memang tau di perusahaan yang kamu lamar dress-code yang berlaku adalah T-shirt dan jeans, tahan dulu deh untuk mengenakannya saat wawancara. Salah satu tips wawancara kerja yang wajib banget diperhatikan adalah menggunakan pakaian yang rapi saat interview. Bagi pria, penggunaan celana kain dan kemeja sangat disarankan untuk interview. Setelan ini terlihat rapi dan formal. Untuk wanita, gunakan celana kain atau rok span yang dikombinasikan dengan blazer kerja. Setelan ini lebih elegan dan formal juga, cocok untuk momen interveiew. Pokoknya jangan sekali-kali pakai pakaian yang kelihatan terlalu cuek, santai, atau norak saat wawancara kerja.

5. Usahakan untuk Tetap Tenang dan Percaya Diri

Wawancara kerja memang sesuatu hal yang tidak boleh dianggap remeh. Momen ini akan menentukan karir dan masa depanmu. Meski demikian, kamu gak boleh juga terlalu ketakutan atau nervous untuk menghadapi wawancara kerja. Salah satu tips wawancara kerja yang harus selalu kamu ingat-ingat adalah untuk tetap tenang dan percaya diri sepanjang interview. Kalau kamu masuk-masuk ruangan interview udah menampakkan tanda-tanda gak tenang, bahkan sampai tremor dan berkeringat dingin, pewawancara pasti tau lho, dan hasilnya mungkin kamu malah akan semakin ditekan dengan deretan pertanyaan. Makanya, be calm and confident. Percaya diri aja. Kamu harus berada di tengah-tengah, sih. Kamu gak boleh terlalu nervous sehingga gak percaya diri sama sekali. Kalau kamu udah terlihat kurang percaya diri, perusahaan-perusahaan juga akan sangsi untuk memberikan pekerjaan padamu. Sebaliknya, kamu juga gak boleh terlalu percaya diri. Percaya diri yang berlebihan akan menimbulkan mimik wajah dan bahasa tubuh menjadi terlalu banyak. Kesannya, kamu akan terlihat sombong dan hal ini gak banget di mata HRD.

Baca juga :  7 Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Disukai oleh Staff HRD

6. Tunjukkan Kemampuan di Depan HRD

Banyak pelamar kerja yang gak sabaran menulis segala kemampuannya di CV atau riwayat hidup yang dikirimkan pada perusahaan. Padahal, hal ini sebenarnya bisa menjebak lho. Bisa saja, misalnya kamu tulis di CV kamu memiliki kemampuan untuk mengetik dengan cepat dan pas wawancara, pihak HRD memintamu untuk menunjukkan kemampuanmu itu. Makanya, tulis yang sebenar-benarnya di CV untuk menghindari malu saat ternyata apa yang kamu tulis gak bisa kamu buktikan. Meski begitu, tips wawancara kerja yang sebenarnya ampuh adalah dengan menunjukkan kemampuan semaksimal mungkin di depan HRD. Jadi, pastikan kamu benar-benar memiliki kemampuan sesuai yang tertulis di CV kamu. Selain itu, meskipun sudah dijelaskan di CV, namun kamu harus tetap jaga-jaga dan merancang cara untuk bisa menunjukkan kemampuan di depan pewawancara. Kalau berhasil, hal ini tentunya akan dapat memperbesar peluangmu untuk dapat diterima di perusahaan tadi.

7. Jangan Malu Bertanya

Staff HRD atau pewawancara kerja sebenarnya lebih suka menghadapi orang yang proaktif, bukannya yang selalu terlihat diam dan malu sepanjang proses wawancara kerja. Makanya, salah satu tips wawancara kerja yang wajib dipraktekkan adalah dengan aktif mengajukan pertanyaan saat wawancara. Jangan malu bertanya, tapi jangan keseringan bertanya juga. Pokoknya, kalau kamu merasa ada yang kurang jelas, jangan malu untuk bertanya pada pewawancara atau staff HRD yang ada di depanmu. Tidak perlu sungkan karena selama jenis pertanyaan masuk akal dan tidak membuat pewawancara bingung, kamu bisa kok mengungkapkannya dan mencari jawabannya saat itu juga. Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya bikin penasaran pencari kerja yang sedang diwawancara adalah pertanyaan tentang jam masuk kerja, dress code, atau kompensasi waktu lembur. Kalau memang pengen tanya, tanya saja, gak usah takut.

 

8. Perhatikan Tata Krama/ Manner

Tata krama atau manner tentu harus diperhatikan saat melakukan wawancara kerja. Dengan memperhatikan tata krama atau manner, kamu akan memberikan kesan baik di mata HRD yang mewawancarainmu. Sikap yang baik untuk seorang pencari kerja, apalagi masih fresh graduate adalah dengan tidak bersikap sok dan sombong. Jangan anggap remeh orang-orang yang mewawancaraimu, soalnya bagaimanapun juga, dari soal pengalaman, kamu masih kalah dibandingkan dengan staff HRD di depanmu dan karyawan-karyawan senior di perusahaan itu. Jadi, meskipun latar belakang pendidikan kamu lebih tinggi, kamu tetap masih junior. Sebaiknya, bersikaplah lebih lembut kepada para senior agar terjalin kerja sama yang baik. Semua itu dimulai ketika wawancara kerja, ya. Jangan sekali-kali meremehkan dan menganggap enteng orang-orang yang mewawancaraimu. Jangan bersikap urakan dan tidak sopan di depan mereka.

 

9. Yakinkan Kenapa Perusahaan Harus Mempekerjakanmu

Karena yang melamar di sebuah perusahaan di posisi yang kamu lamar pasti gak cuma kamu aja, kamu perlu stand out dan meyakinkan perusahaan kenapa mereka harus memilih kamu dan mempekerjakanmu. Tunjukkan keunikan kamu di depan HRD saat wawancara sehingga mereka tau bahwa hanya ada satu orang seperti kamu dan mereka harus mempekerjakanmu. Pastikan kamu punya rasa percaya diri yang tinggi untuk menjelaskan dan meyakinkan para pihak pewawancara bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk diterima kerja di perusahaan. Tunjukkan dengan baik kemampuanmu, baik dari segi prestasi maupun kinerja. Yakinkan pada mereka jika kamu memiliki kemampuan yang akan sangat membantu memajukan perusahaan.

10. Jangan Lupa Bawa CV dan Dokumen yang Diperlukan

Untuk tips wawancara kerja yang terakhir di sini adalah dengan selalun membawa CV dan dokumen-dokumen yang diperlukan di wawancara ini. Meski gak disuruh, surat-surat penting seperti CV, surat lamaran dan dokumen lain seperti foto resmi, fotokopi KTP serta fotokopi ijazah dan sertifikat, dan lain-lainnya wajib kamu bawa. Semua dokumen ini akan sangat membantu ketika perusahaan ingin tau tentang informasi pribadi dan bakatmu tanpa harus banyak bicara. Iya sih, sebelum dipanggil wawancara kerja, pasti kamu udah terlebih dahulu mengirim CV dan lain-lainnya via email atau surat, tapi sebaiknya tetap kamu bawa lagi dan gandakan (setidaknya rangkap tiga) untuk mengantisipasi jumlah interviewer atau pewawancara kerja yang jumlahnya lebih dari satu.

 

Itu dia tadi beberapa tips wawancara kerja yang bisa kamu praktekkan. Yakin deh, kalau kamu mengikuti tips wawancara kerja di atas, HRD akan terkesan padamu dan perjalananmu untuk lolos ke tahap selanjutnya juga makin lancar. Good luck ya gaes!

Dapatkan info kost dan apartemen murah dibawah ini.

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

[sg_popup id=”8″ event=”onload”][/sg_popup]