15 Oleh-Oleh Khas Depok yang Awet, Murah, dan Wajib Dibeli Wisatawan

Posted in: Wisata Kuliner

Mau cari oleh-oleh khas Depok? Tenang aja, pilihannya banyak, kok. Ya, meski Depok tidak setenar Jakarta maupun Bandung soal oleh-oleh khas daerah, tapi di Depok kamu masih bisa menemukan beragam oleh-oleh, terutama dalam bentuk makanan dan minuman, yang layak dibawa pulang ke rumah sebagai buah tangan. Mau tau apa aja kira-kira oleh-oleh khas Depok yang terbilang awet, murah, dan wajib dibeli oleh wisatawan? Simak daftarnya di bawah ini, ya.

Daftar Oleh-Oleh Khas Depok yang Awet

1. Dodol Belimbing Rasa Dewa

Depok terkenal dengan agrowisata belimbingnya. Di daerah Depok, banyak terdapat perkebunan belimbing di mana wisatawan bisa datang dan memetik belimbing sendiri langsung dari pohonnya. Saking banyaknya jumlah belimbing yang dihasilkan oleh Depok, gak heran dong kalau sebagian oleh-oleh khas Depok merupakan olahan buah belimbing. Olahan buah belimbing yang paling laris sebagai oleh-oleh khas Depok adalah dodol. Dodol belimbing memiliki rasa manis dan sedikit asam. Teksturnya kenyal dan sangat lezat. Dodol belimbing paling terkenal di Depok bermerek “Rasa Dewa”. Kamu bisa menemukan dodol belimbing ini di toko oleh-oleh di Depok. Harganya berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000 per box-nya. Dodol belimbing memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, lho, antara lain untuk mengatasi kolesterol dan melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

2. Dodol Jambu Biji

Selai dodol belimbing, ada varian dodol lain yang juga laris dibeli sebagai oleh-oleh khas Depok, yaitu dodol jambu biji. Seperti halnya dodol belimbing, dodol jambu biji juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah untuk menurunkan hipertensi, mengobati diare, mencegah sembelit, dan lain sebagainya. Harga dodol jambu biji di toko oleh-oleh juga hampir sama dengan harga dodol belimbing yaitu sekitar Rp. 20.000 per kotaknya.

3. Sirup Belimbing

Olahan lain dari buah belimbing yang cukup terkenal di Depok adalah sirup belimbing. Sirup ini rasanya sangat menyegarkan. Ada rasa manis dan asam yang membuat ketagihan. Larisnya sirup belimbing juga dikarenakan tidak banyak merek sirup botolan dengan varian rasa belimbing yang dijual di toko-toko. Rata-rata harga sirup belimbing per botolnya adalah Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000.

4. Jus Belimbing

Kalau tak mau repot-repot membuat minuman dengan sirup belimbing, kamu bisa juga membeli jus belimbing siap minum kok. Di toko oleh-oleh sekitar Depok banyak ditemui minuman jus belimbing siap minum. Jus sudah dikemas seperti air mineral sehingga gampang dan praktis dibawa dan diminum. Jus belimbing ini biasanya dijual seharga Rp 7.000 per cup/botol kecil.

5. Biskuit Temma

Salah satu oleh-oleh khas Depok yang unik adalah Biskuit Temma. Temma merupakan singkatan tepung tempe dan kurma. Ya, biskuit ini memang berbahan dasar tepung kedelai dan kurma. Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari biskuit ini karena tepung kedelai mengandung banyak zat antioksidan dan protein sedangkan kurma kaya akan vitamin A, vitamin C, zat besi, dan kalsiun. Biskuit ini tinggi protein dan bisa digunakan untuk menambah energi. Biskuit Temma dijual dengan harga sekitar Rp. 17.000 per kemasan (berat 100 gram).

6. Jus Rumput Laut

Selain jus belimbing, ada juga minuman jus lain yang laris sebagai oleh-oleh khas Depok, yaitu jus rumput laut. Jus rumput lain memiliki rasa manis yang sangat menyegarkan, apalagi jika diminum dalam keadaan dingin. Jus rumput laut khas Depok ini memiliki beberapa khasiat untuk tubuh, antara lain untuk menambah kadar antioksidan dalam tubuh. Antioksidan membantu membersihkan tubuh dari berbagai reaksi radikal bebas yang membahayakan tubuh. Harga jus rumput sama seperti jus belimbing yaitu Rp 7.000 per cup.

7. Nastar Belimbing

Kalau biasanya kue nastar diisi dengan selai nanas, di Depok, kebanyakan kreasi kue nastar diisi dengan selai yang terbuat dari buah belimbing. Melimpahnya stok buah belimbing di Depok membuatnya dijadikan bahan baku berbagai makanan khas Depok dan oleh-oleh khas Depok. Nastar dengan selai belimbing memiliki rasa yang unik, cocok dijadikan buah tangan. Makanan khas Depok ini mudah ditemukan di pusat oleh oleh khas kota Depok.

8. Keripik Tempe

Camilan paling laris di Depok adalah keripik tempe. Tempe yang dipotong super tipis, dibumbui dan kemudian digoreng ini memang menyajikan citarasa gurih dan bikin nagih. Kalau kamu bingung mau cari oleh-oleh yang awet, murah, dan jelas disukai, beli keripik tempe aja. Keripik tempe bisa dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh sekitar Depok dan di pasar-pasar tradisional.

9. Kopi Herbal

Salah satu oleh-oleh unik khas Depok adalah kopi herbal. Kopi ini baik untuk kesehatan karena tidak memakai gula sehingga aman juga untuk penderita diabetes. Kopi herbal diproduksi oleh UKM-UKM sekitar Depok. Biasanya, kopi herbal dijual dengan harga Rp. 70.000 untuk satu pak berisi 15 sachet. Cukup murah, kan?

10. Kaos Depok Indonesia

Kalau bosan dengan oleh-oleh khas Depok berupa makanan atau minuman, Depok juga punya oleh-oleh khas berupa barang, kok. Salah satunya adalah berupa kaos. Kaos untuk oleh-oleh Depok biasanya memiliki desain berupa tulisan-tulisan unik dan quote lucu. Kaos unik khas Depok ini biasanya dijadikan souvenir khas Depok dan dijual mulai dari Rp. 85.000 per bijinya.

11. Rujak Cireng

Rujak Cireng  adalah salah satu makanan favorit di Depok. Makanan ini cocok disajikan sebagai camilan di sore hari saat minum teh bersama keluarga atau teman-teman. Rujak Cireng memiliki rasa yang gurih, renyah, dan empuk. Rasanya tambah mantap karena di makanan ini biasa disantap dengan sambal rasa pedas manis. Oleh-oleh ini terbilang awet dan murah karena tahan di suhu luar ruangan sekitar 2-3 hari. Jika disimpan di kulkas, makanan ini awet sekitar 7 hari atau malah sekitar sebulan jika disimpan di freezer. Harganya hanya sekitar Rp. 15,000an saja per bungkusnya. Karena sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Depok, makanan ini tersedia dalam berbagai rasa, tidak hanya original saja. Ada rasa keju, oncom, udang, dan lain-lainnya.

12. Manisan Kolang-Kaling Mamih

Manisan kolang-kaling juga terkenal sebagai oleh-oleh khas Depok dan makanan khas Depok Jawa Barat. Salah satu merek yang terkenal adalah manisan kolang-kaling merek Mamih. Manisan kolang-kaling ini terbuat dari buah kolang-kaling pilihan, gula murni, dan sirup berkualitas baik untuk pewarnaan. Manisan kolang-kaling ini terdiri dari varian rasa cocopandan dan melon. Biasanya harganya sekitar Rp. 15,000 per bungkus. Manisan kolang-kaling ini awet dan tahan lama, cocok untuk oleh-oleh.

13. PeChoc (temPe Chocolate)

Salah satu oleh-oleh khas Depok paling kekinian adalah PeChoc atau tempe coklat. Ya, keripik tempe memang jadi camilan laris di Depok. Tapi, kadang sudah banyak yang bosan dengan citarasa keripik tempe biasa. Makanya, banyak UMKM di Depok yang berinovasi dengan mengembangkan varian rasa keripik tempe, salah satunya adalah dengan memadukan rasa keripik tempe dengan kelezatan coklat. Alhasil, jadilah PeChoc ini. Rasanya unik, campuran antara manis dan gurih. Satu bungkus PeChoc dijual dengan harga sekitar Rp. 12.000an. Murah, kan?

14. Jus Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya adalah salah satu tanaman yang dengan mudahnya dibudidayakan di Kota Depok. Tanaman ini memiliki berbagai manfaat, termasuk untuk dibuat minuman yang segar dan menyehatkan. Jus lidah buaya adalah olahan lidah buaya yang kini paling laris. Jus ini dibuat dengan bahan dasar tanaman lidah buaya yang begitu menyehatkan. Rasanya segar, manis, dan cukup unik. Jus lidah buaya biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 7.000 per botol kecil/ per cup.

15. Emping Melinjo

Emping Melinjo ini merupakan salah satu oleh – oleh khas Kota Depok atau snack yang selalu ditemui di aneka ragam kuliner Depok. Emping yang renyah dan gurih emang cocok banget buat camilan atau pengganti kerupuk. Emping Melinjo Depok terbuat dari biji melinjo pilihan dan bumbu-bumbu khusus sehingga menghasilkan rasa yang sangat enak. Cocok banget buat oleh-oleh.

Itu dia tadi beberapa oleh-oleh khas Depok yang bisa banget kalian beli saat main ke Depok dan pulangnya suruh beli oleh-oleh. Meski daerahnya gak setenar Jakarta atau kota lain, banyak kan makanan atau minuman khas di Depok yang bisa kalian beli sebagai oleh-oleh?

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: