15 Oleh-Oleh Khas Depok yang Awet, Murah, dan Wajib Dibeli Wisatawan

 Mamikos | Jum, 10 Nov 2017

Mau cari oleh-oleh khas Depok? Tenang aja, pilihannya banyak, kok. Ya, meski Depok tidak setenar Jakarta maupun Bandung soal oleh-oleh khas daerah, tapi di Depok kamu masih bisa menemukan beragam oleh-oleh, terutama dalam bentuk makanan dan minuman, yang layak dibawa pulang ke rumah sebagai buah tangan. Mau tau apa aja kira-kira oleh-oleh khas Depok yang terbilang awet, murah, dan wajib dibeli oleh wisatawan? Simak daftarnya di bawah ini, ya.

 

1. Dodol Belimbing Rasa Dewa

Depok terkenal dengan agrowisata belimbingnya. Di daerah Depok, banyak terdapat perkebunan belimbing di mana wisatawan bisa datang dan memetik belimbing sendiri langsung dari pohonnya. Saking banyaknya jumlah belimbing yang dihasilkan oleh Depok, gak heran dong kalau sebagian oleh-oleh khas Depok merupakan olahan buah belimbing. Olahan buah belimbing yang paling laris sebagai oleh-oleh khas Depok adalah dodol. Dodol belimbing memiliki rasa manis dan sedikit asam. Teksturnya kenyal dan sangat lezat. Dodol belimbing paling terkenal di Depok bermerek “Rasa Dewa”. Kamu bisa menemukan dodol belimbing ini di toko oleh-oleh di Depok. Harganya berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000 per box-nya. Dodol belimbing memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, lho, antara lain untuk mengatasi kolesterol dan melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

 

2. Dodol Jambu Biji

Selai dodol belimbing, ada varian dodol lain yang juga laris dibeli sebagai oleh-oleh khas Depok, yaitu dodol jambu biji. Seperti halnya dodol belimbing, dodol jambu biji juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah untuk menurunkan hipertensi, mengobati diare, mencegah sembelit, dan lain sebagainya. Harga dodol jambu biji di toko oleh-oleh juga hampir sama dengan harga dodol belimbing yaitu sekitar Rp. 20.000 per kotaknya.

 

3. Sirup Belimbing

Olahan lain dari buah belimbing yang cukup terkenal di Depok adalah sirup belimbing. Sirup ini rasanya sangat menyegarkan. Ada rasa manis dan asam yang membuat ketagihan. Larisnya sirup belimbing juga dikarenakan tidak banyak merek sirup botolan dengan varian rasa belimbing yang dijual di toko-toko. Rata-rata harga sirup belimbing per botolnya adalah Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000.

4. Jus Belimbing

Kalau tak mau repot-repot membuat minuman dengan sirup belimbing, kamu bisa juga membeli jus belimbing siap minum kok. Di toko oleh-oleh sekitar Depok banyak ditemui minuman jus belimbing siap minum. Jus sudah dikemas seperti air mineral sehingga gampang dan praktis dibawa dan diminum. Jus belimbing ini biasanya dijual seharga Rp 7.000 per cup/botol kecil.

 

5. Biskuit Temma

Salah satu oleh-oleh khas Depok yang unik adalah Biskuit Temma. Temma merupakan singkatan tepung tempe dan kurma. Ya, biskuit ini memang berbahan dasar tepung kedelai dan kurma. Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari biskuit ini karena tepung kedelai mengandung banyak zat antioksidan dan protein sedangkan kurma kaya akan vitamin A, vitamin C, zat besi, dan kalsiun. Biskuit ini tinggi protein dan bisa digunakan untuk menambah energi. Biskuit Temma dijual dengan harga sekitar Rp. 17.000 per kemasan (berat 100 gram).