17 Film Horor Indonesia Terseram. Berani Nonton Sendirian?

17 Film Horor Indonesia Terseram. Berani nonton sendirian? – Kalau menyebut film horror Indonesia, Indonesia termasuk lumayan memiliki selera. Walau masih jauh dari level horror jepang dan Thailand, tapi Indonesia cukup berani unjuk gigi. Apalagi karena hantu-hantu yang ada di legenda Indonesia itu bisa dibilang seram, tapi sutradara-sutradara Tanah Air cukup apik saat membuat film-film horror tersebut. Selain hantu yang seram, Indonesia juga dikelilingi oleh legenda-legenda dari setiap adat-istiadatnya yang beragam. Hal itu membuat cerita-cerita menyeramkan dari Indonesia sangat beragam dan kaya akan unsur etnis.

17 Film Horor Indonesia Terseram. Berani Nonton Sendirian?

Sekitar era 2000-an kualitas dan cerita dari film-film Indonesia bisa dibilang dibuat dengan niat. Secara gambar, cerita yang tidak sekadar mengada-ngada, dan pesan moralnya turut dipikirkan juga. Jika beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan remake Pengabdi Setan besutan Joko Anwar yang berhasil memenangkan pengakuan di mana-mana, maka kita jangan lupa pernah punya masa keemasan luar biasa di era Suzzana. Siapa di sini yang berani nonton filmnya sendirian, kalian sungguh luar biasa!

Film Horor Indonesia Terseram

1. Leak (1981)

Film horor Indonesia yang selanjutnya adalah menceritakan tentang sebuah hal yang menakutkan yang di adaptasi dari novel karya Putra Made dan novel tersebut berjudul Leak Ngakak. Untuk hasil adaptasi yang berupa filmnya di berikan judul Leak atau Mystics In Bali. Tidak hanya di Indonesia saja, film Leak ini juga sangat terkenal di Australia lho teman-teman. Mitos leak di ceritakan dalam film Leak ini dengan sutradara sekaliber Tjut Djalil, rasanya akan membuat penonton lebih tertarik untuk menonton film Leak ini. Ceritanya adalah ada seorang penulis yang berasal dari Amerika Serikat yang ingin sekali untuk menguasai ilmu gaib. Akan tetapi langkahnya tidak berjalan dengan mulus, ada seorang penyihir yang menyesatkan dirinya. Terdapat perang supranatural yang nantinya akan terjadi dalam film Leak ini.

2. Bayi Ajaib (1982)

Berikutnya adalah film yang berjudul Bayi Ajaib yang telah sukses di rilis pada tahun 1982. Apa kalian sudah lahir saat itu teman-teman? Meskipun film jaman dulu, akan tetapi sampai saat ini film Bayi Ajaib ini masih di sukai para pencinta film horor Indonesia lho. Dalam film ini terdapat adegan ilmu sihir yang sangat ekstrim. Beberapa artis yang mendapatkan kesempatan berperan dalam film Bayi Ajaib ini seperti misalkan saja Muni Cader, W.D. Mochtar, Wolly Satinah dan Rina Hassim.

Ceritanya dimulai saat diadakan sebuah pemilihan lurah. Disinilah terjadi sebuah persaingan yang tidak sehat. Istri dari salah satu kandidat lurah dalam film ini kebetulan sedang hamil, karena ilmu mistik dari lawan bayi yang lahir tersebut menjadi seorang bayi yang unik dan aneh. Banyak kejadian aneh dan menyeramkan yang ada dalam film horor Indonesia ini. Dijamin kalau kamu menganggap bahwa bayi lucu, menggemaskan dan bikin senang tidak akan bisa kamu temui di film ini.

3. Modus Anomali (2012)

Tidak seperti daftar film sebelumnya, Modus Anomali ini termasuk masih baru. Jika kamu pernah nonton Janji Joni, maka jangan kaget jika kali ini sutradaranya yakni Joko Anwar kembali menyajikan cerita yang berbeda. Sebenarnya film Modus Anomali ini bergenre Thriller Psychology yang di bintangi oleh Rio Dewanto, Izzati Amara, Marsha Timothy, Hannah Al Rasyid dan masih banyak lagi. Cerita bermula pada adegan John terpisah dengan keluarganya, hal ini terjadi saat John bersama dengan keluarganya sedang berlibur. Bagaimana aksi John menemukan keluarganya lagi? Silahkan tonton film horor Indonesia terbaik yang satu ini. Kamu akan merasa kesal dan kaget saat mengetahui plit twist film ini. Modus Anomali juga menampilkan akting berbeda dari Rio Dewanto.

4. Pengabdi Setan (1980)

Film horor Indonesia terbaik yang selanjutnya dikategorikan sebagai horor terbaik sepanjang masa. Sebab ide dari film Pengabdi Setan tahun 1980 ini lah yang pertama di tonton Joko Anwar dan menjadikannya seorang sutradara dengan ide-ide cemerlang dan berbeda. Jika kamu sudah nonton kedua film Pengabdi Setan, baik yang edisi 1980 atau yang 2017, kamu akan menyadari ada beberapa perbedaan. Namun tidak melenceng dari esensi cerita. Dan buat kamu yang belum nonton, jangan protes ini itu terhadap film ini. Misal tingkat kesereman yang pasti berbeda dengan maksud seram yang ada di versi tahun 2017. Yang jelas dua-duanya tetap film horor terseram.

Beberapa bintang yang telah meramaikan film Pengabdi Setan versi 1980 ini seperti diantaranya saja Ruth Pelupessy, WD Mochtar, Simon Cader, Doddy Sukma dan masih banyak lagi bintang lainnya. Untuk pengarah filmnya di percayakan pada Sisworo Gautama Putra.

5. Pengabdi Setan 2017

Banyak yang memberi penilaian jika film Pengabdi Setan besutan Joko Anwar ini justru jauh lebih seram jika di bandingkan dengan film Pengabdi Setan yang tahun 1980. Tapi mau seraman mana, tetap saja film horor pasti seram, ya. Setelah tayang di Indonesia, ternyata film Pengabdi Setan ini juga di tayangkan di Portugal, Malaysia, Belanda, Thailand, Singapore dan lainnya. Film ini juga mendapat banyak ganjaran dari event penghargaan Internasional lainnya. Film yang dibintangi si cantik Tara Basro ini meraup penghasilan dan jumlah penonton yang fantastis.

Bahkan di Amerika Serikat, film Pengabdi Setan ini mendapatkan kemenangan untuk film terbaik di Overlook Film Festival lho teman-teman. Sepertinya ada kemungkinan besar dalam waktu dekat ini Hollywood akan segera meremake film Pengabdi Setan ini. Tapi apakah hollywood mampu membuat versi yang jauh lebih seram lagi sampai tidak bisa lolos sensor film misalnya? Kita lihat saja.

6. Rumah Dara (2009)

Film horor Indonesia yang satu ini merupakan film yang di produksi oleh The Mo Brothers dan telah di rilis pada tahun 2009 yang lalu. Rumah Dara merupakan film yang tidak hanya populer di Indonesia saja, akan tetapi di kawasan Amerika Serikat dan Eropa. Meskipun di luar negeri mengalami perbedaan judul yaitu Macabre, bukan Rumah Dara. Mau diganti judulnya pun, film ini tetaplah seram.

Film horor Indonesia yang satu ini sebenarnya tidak menceritakan hantu-hantuan atau suatu penampakan, akan tetapi bercerita tentang sebuah keluarga yang awet muda karena makan daging manusia. Film tentang kanibal. Jadi kalau kamu sudah pernah nonton Silence of The Lamb, ya jenisnya sama mungkin. Penampilan Shareefa Daanish dalam film ini patut diacungi jempol karena sangat sukses dan banyak orang yang menilai aktingnya luar biasa. Lewat film ini jugalah, sang bintang utama yakni Shareefa Daanish mendapatkan kemenangan di kategori Aktris Terbaik. Apakah dia yang akan menggantikan posisi Suzzana sebagai ratu horror Indonesia? Kita tunggu saja kelanjutannya.

7. Jelangkung 2001

Film Horror Indonesia terbaik yang satu ini diangkat dari urban legend populer di Indonesia, Jelangkung. Waktu kecil kamu pasti pernah sok-sok mainin permainan ‘horor’ ini karena rasa penasaran. Mengusung judul yang sama, film horror Indonesia ini awalnya tidak dibuat untuk bioskop dan ditayangkan di sakah satu stasiun tv yang waktu itu belum mengudara secara nasional. Kualitasnya kemudian ditingkatkan dan membawa film ini ke layar bioskop dan mendulang kesuksesan.

Jelangkung Bercerita tentang emapat sekawan yang memang tengah berburu tempat-tempat angker guna mendapatkan pengalaman mistis. Sayangnya, hal tersebut tidak mereka dapatkan sampai pada kunjungan mereka ke desa Angkerbatu di Jawa Barat. Singkat cerita, Soni, salah satu dari empat sekawan tersebut memutuskan untuk menggunakan ritual Jelangkung untuk mendapatkan ilmu gaib. Setelah itu, justru malapetaka yang datang menghantui empat sekawan ini.

8. KERAMAT ( SECRED ) ( 2009 )

Keramat merupakan salah satu judul film horror Indonesia yang cukup menyeramkan. Keramat juga disebut sebagai film horror Indonesia terbai. Film horor indonesia ini menggunakan teknik pengambilan gambar subyektif bertemakan Found Footage. Film ini mengisahkan tentang para kru film “Menari Di Atas Angin” beserta para pemainnya yang sedang melakukan perjalanan ke Yogyakarta untuk mencari lokasi syuting dan proses pra-produksi lainnya. Sesampainya di daerah terpecil di Yogyakarta, ternyata banyak terjadi ejadian uang aneh termasuk kejadian Migi, dimana pemeran utama wanita kesurupan lalu hilang dibawa ke alam gaib.

Kabarnya film ini terinspirasi dari sebuah kejadian nyata yang menimpa Yogyakarta pada tahun 2006. Ketika para awak film mengabadikan momen dan melakukan sebuah pelanggaran dan alam menunjukan amarahnya. Rekaman asli kabarnya disimpan di Keraton Yogyakarta dan hanya Sultan yang tahu bagaimana cerita sebenarnya.

9. Kuntilanak (2006)

Film horror Indonesia selanjutnya yang bisa dikategorikan sebagai film horror terbaik yang pernah diproduksi Indonesia adalah Kuntilanak yang dibintangi Julie Estelle. Film ini mengisahkan Samantha, gadis broken home yang memutuskan untuk keluar dari rumah dan pindah ke sebuah kos-kosan misterius. Tak disangka, Samantha ternyata memiliki garis keturunan untuk bisa memanggil Kuntilanak. Ditambah lagi, keluarga pemilik Kos tersebut ternyata pernah melakukan pesugihan kepada Kuntilanak. Keanehan makin terjadi pada Samantha yang didalam kamarnya terdapat cermin keramat, yang menjadi penghubung dunia manusia dan dunia gaib. Bagaimana kelanjutan teror Kuntilanak dalam kehidupan Samantha? Di era itu film horor ini sangat populer. Bukan hanya karena Julie Estelle nya saja namun karena rasa penasaran penonton terhadap cerita dalam film ini.

10. Malam Satu Suro (1988)

Film Malam Satu Suro merupakan salah satu film horor Indonesia yang sangat legendaris nih, pasalnya pemain yang ada dalam film Malam Satu Suro ini adalah sang maestro horor Suzanna. Nampaknya Sisworo Gautama Putra yang merupakan sutradara film horor ini sukses membuat para penikmati filmnya tegang karena kepiawaian akting Suzanna. Uniknya dalam film Malam Satu Suro ini hantu sundel bolong jadi sosok protagonis lho teman-teman, jadi atas kejahatan yang di lakukan oleh sekelompok orang pada dirinya dan keluarganya, hantu sundel bolong itu kemudian melakukan aksi balas dendam.

Awalnya dirinya mati karena sudah dibunuh, setelah itu dirinya menjadi sundel bolong. Dengan paku keramat yang di tancapkan oleh Ki Rengga, akhirnya dirinya kembali menjadi manusia lagi dan di angkat sebagai anak angkat dari Ki Rengga. Bagaimana cerita selanjutnya? Ceritanya lumayan seru plus tegang-tegang gitu. Apalagi pas adegan anaknya nemuin paku di kepala ibunya dan malah dicabut. Ngeri! Tidak hanya Suzzana, di film dibintangi aktor lawas yang sangat populer pada zaman itu, Fendi Pradana.

11. TAKUT ( FACES OF FEAR ) ( 2008 )

Titisan Naya adalah salah satu film pendek yang masuk ke daftar film horror Indonesia yang ada dalam rangkaian antologi film Takut (Faces of Fear). Film horor Indonesia ini disutradarai oleh Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana. Wah, dua sutradara dan produser kawakan Indonesia nih yang pegang. Bercerita tentang Naya (Dinna Olivia) yang adalah anak gadis keturunan Jawa, tapi bersifat independen khas wanita metropolitan yang jauh dari pemikiran kuno. Suatu hari sang Ibu mengajak Naya ke rumah saudaranya untuk upacara pemandian keris.

Bukannya ikut dalam upacara tersebut, Naya malah asik menggoda sepupunya Leo. Leo sudah memperingatkan Naya tapi tak peduli dan ingin bercumbu dengan Leo, disaat itulah sebuah kejadian tak terduga menimpa Naya.

12. Tusuk Jelangkung (2003)

Film horror satu ini disebut tanda bangkitnya perfilman Indonesia karena kualitas cerita, pemain dan lainnya. Tusuk Jelangkung liris tahun 2003 dan mendulang sukses besar. Kemudian disusul oleh Tusuk Jelangkung di tahun 20903. Film horor Indonesia ini menceritakan ketika sekelompok anak muda: Rea (Zalianty), Zacky (Rizantha), Visi (Olivia), Dudung (Wipra), dan Unay (Nawilis) nekat bermain Jelangkung. Zacky sudah memperingatkan bahayanya karena kakaknya, Zul (Bachtiar), pernah kehilangan temannya akibat keisengannya bermain Jelangkung.

Benar saja secara tak sengaja Jelangkung yang dimainkan memanggil arwah Turah yang pernah menghantui Ferdi dan kawan-kawan, teman Zul. Tidak hanya itu, Jelangkung yang mereka mainkan juga membuka pintu dunia alam gaib dengan alam manusia. Sejak saat itu mereka diteror oleh hantu Turah dan tentunya sederet hantu lainnya. Film ini bisa dibilang film horor yang bagus.

13. Ratu Ilmu Hitam (1981)

Berbicara film horror Indonesia terbaik, tetap harus memasukan film yang dibintangi oleh ratu horor Indonesia tentu saja. Suzzana. Ratu Ilmu Hitam dirilis pada 1981 dan menjadi salah satu film Suzzanna terbaik yang berhasil menyabet penghargaan sinematografi terbaik dan nominasi aktris terbaik pada FFI 1982. Keren, kan?!

Film horror Indonesia ini berkisah tentang Murni, gadis desa yang dibakar dan dibuang ke jurang oleh penduduk karena diduga menganggu sang mantan kekasih dengan menggunakan ilmu hitam. Kejam amat, ya. Beruntungnya Murni diselamatkan seorang dukun yang ternyata adalah orang yang menggunakan ilmu hitam tersebut. Dihasut untuk membalas dendam, Murni akhirnya mempelajari berbagai ilmu hitam dari sang dukun hingga dijuluki Ratu Ilmu Hitam. Kelanjutanya bagaimana, tonton saja kalau berani.

14. Bangsal 13 (2004)

Bangsal 13 adalah film horror Indonesia yang bercerita mengenai dua orang sahabat Nat dan Mina yang tak sengaja menabrak seorang gadis bernama Hera. Nat dan Mina kemudian membawa ke rumah sakit untuk mengobati Hera. Sayangnya rumah sakit yang mereka kunjungi penuh sehingga suster terpaksa membuka bangsal yang selama itu tertutup, yaitu Bangsal 13.

Keanehan di Bangsal 13 mulai terasa saat suster memberikan pesan-pesan yang tak masuk akal seperti tidak mengindahkan ketukan dari luar dan juga tidak boleh mengetuk pintu dari dalam. Sayangnya, Nat melanggar kedua hal tersebut dan kengerian mulai meneror mereka di Bangsal 13. Akting Luna Maya dan Endhita lumayan keren di sini.

15. Pocong 2 (2006)

Jadi film yang berjudul Pocong 2 ini pernah di rilis tahun 2006 yang lalu, akan tetapi saking seramnya jadi tidak lolos sensor. Makanya sang film maker, membuat lagi dan memberi judul Pocong 2. Beberapa artis yang bermain dalam film Pocong 2 ini sangat populer di antaranya adalah Agus Ringgo Rahman dan Revalina S. Temat. Pernah membayangkan artis secantik Revalina bermain horor? Kalian bisa saksikan di sini.

16. Mirror (2005)

Film horror Indonesia terbaik selanjutnya adalah Mirror yang dirilis pada 2005. Film horror yang dibintangin  Nirina Zubir ini bercerita mengenai Kikan, anak SMA yang tiba-tiba memiliki kemampuan supranatural untuk melihat kematian seseorang hanya lewat pantulan cermin. Bermula dari tetangga Kikan yang bayangannya tak terlihat di cermin dan kemudian meninggal, Kikan mulai banyak melihat kematian orang-orang terdekatnya. Semua semakin menjadi menyeramkan ketika Kikan tak bisa melihat bayangannya sendiri di cermin. Akankah Kikan selamat dari maut yang mengejarnya? Nirina Zubir tumben mau main film horor, kan?! Jika penasaran sama aktingnya, silakan tonton saja,

17. Malam Jumat Kliwon (1986)

Film horor Indonesia terbaik yang berikutnya masuk daftar yang harus kamu tonton adalah film dengan judul Malam Jumat Kliwon. Pemain utamanya, hoho, tentu saja masih Suzzana. Film yang satu ini juga merupakan film legendaris dan pastinya banyak orang yang tidak bisa lupa dengan film hantu ini setelah menontonnya. Beberapa bintang yang bermain dalm film hantu Indonesia yang satu ini selain Suzanna ada Amith Abidin, Alan Nuari, Rukman Herman dan masih banyak lagi lainnya. Herannya kenapa Suzzana selalu sanggup bikin orang merinding, ya.

Ceritanya adalah Minati merupakan wanita hamil yang akan segera melahirkan, akan tetapi dirinya kena santet dan kadungannya tersebut pindah ke punggung. Anak berhasil hidup, akan tetapi Minati mati dan menjadi sundel bolong. Setiap ada orang yang akan menjahati anak dari Minati yang bernama Ayu, pasti orang tersebut akan mati. Cerita ini sangat sering di putar di stasiun TV Indonesia. Tapi kalau kamu mau nonton streaming juga banyak tersimpan di situs penyedia film kok. Coba saja cari kalau berani nontonnya itu juga.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah