23 Tempat Wisata di Semarang yang Kekinian dan Wajib Dikunjungi

 Mamikos | Jum, 10 Nov 2017

Tempat wisata di Semarang – Semarang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah dan masuk sebagai kota metrpolitan terbesar kelima setelah Jakarta, Surabaya, Medan serta Bandung. meskipun Semarang tidak terkenal sebagai kota wisata seperti Bali, Yogyakarta, Bandung atapun Malang, ternyata Semarang menyimpan puluhan tempat wisata menarik yang tidak boleh dilewatkan dan saat ini sudah bermunculan tempat wisata terbaru di sana. Berikut list tempat wisata di Semarang yang wajib Anda kunjungi.

1. Lawang Sewu

Tempat wisata di Semarang - Lawang Sewu
Tempat wisata di Semarang – Lawang Sewu

Ada yang kenal dengan tempat ini? sepertinya sudah bukan pembahasan baru karena tempat ini kerap masuk acara TV hingga dibuatkan film bergenre horor karena keunikan tempat ini yang menyimpan cerita mistis. Bangunan ini merupakan sebuah gedung bersejarah dibandung para tahun 1904 oleh Belanda yang dulunya sempat menjadi kantor perusahaan kereta api Belanda.

Jika dari namanya kita lihat “Lawang Sewu” yang berarti 1000 pintu, tapi dalam kenyataannya pintu atau jendela yang ada tidak sampai berjumlah 1000 namun memang banyak sekali pintu dan jendela terbuka di dalamnya. Dengan bermodalkan 10.000 saja Anda sudah dapat mengelilingi ruang di Lawang Sewu serta berfoto untuk mengabadikan momen.

2. Sam Poo Kong

 

Tempat wisata di Semarang - Sam Poo Kong
Tempat wisata di Semarang – Sam Poo Kong

Tujuan wisata tidak hanya wisata alam saja melainkan wisata religi atau sejarah bisa anda lakukan seperti mengunjungi Sam Poo Kong di Semarang. Klenteng Sam Poo Kong tidak kalah menarik dengan objek wisata lain untuk dikunjungi. Berdasarkan sejarah, tempat ini merupakan tempat singgah pertama Zheng He atau Cheng Ho yang merupakan Laksamana yang memeluk agama Islam.

Tentunya selain menyuguhkan tempat menarik untuk berfoto, tempat ini menarik wisatawan muslim karena latar belakangnya. Tidak hanya wisatawan China, Tionghoa, serta muslim lokal saja, Sam Poo Kong kerap dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

3. Masjid Agung Jawa Tengah

Tempat wisata di Semarang - Masjid Agung Jawa Tengah
Tempat wisata di Semarang – Masjid Agung Jawa Tengah

Tidak lengkap rasanya khususnya bagi muslim saat berlibur ke Semarang tidak singgah di Masjid Agung Jawa Tengah. Tidak seperti masjid di kota-kota lain, Masjid Agung Jawa Tengah memiliki keistimewaan sendiri yaitu adanya Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah di Tower Asmaul Husna yang berada di lantai 2 dan 3. Bahkan tidak sedikit pengunjung atau mereka yang akan beribadah menyempatkan diri berfoto di halaman depan masjid yang dibangun seperti selasar masjidil haram, apalagi jika Anda pandai mengambil angle yang tepat akan terlihat seperti berada di Makkah.

3. Pagoda Buddhagaya Watugong

Tempat wisata di Semarang - Pagoda Buddhagaya Watugong
Tempat wisata di Semarang – Pagoda Buddhagaya Watugong

Masih berada di wisata religi, kali ini Anda bisa kunjungi Vihara Buddhagaya Watugong yang sudah diresmikan sejak tahun 2006 dan menarik minat para wisatasan. Selain tampilan bangunan yang unik, vihara ini menjadi pagoda tertinggi di Indonesia oleh MURI. Salah satu hal menarik dan terkenal adalah Pagoda Avalokitesvara atau biasa disebut sebagai Pagoda Metakaruna. Di sekitar vihara terdapat beragam penginapan sehingga untuk Anda yang berasal dari luar kota tidak perlu bingun mencari penginapan saat berlibur.

4. Candi Gedong Songo

Tempat wisata di Semarang - Candi Gedong Songo
Tempat wisata di Semarang – Candi Gedong Songo

Tidak hanya Yogyakarta dan Magelang saja yang mmiliki objek wisata candi, ternyata Semarang juga memiliki objek wisata Ungaran berupa Candi Gedong Songo yang berada di lereng Gunung Ungaran tepatnya sekitar 1.200 mdpl. Selain megahnya candi Gedong Songo, Anda juga bisa saksikan pemandangan alam yang indah seperti hamparan hutan pinus, mata air yang mengandung belerang dan keindahan alam lain.

Dinamakan Candi Gedong Songo karena sesuai dengan arti namanya yaitu gedong yang berarti gedung dan songo berarti 9. Di lokasi ini memiliki 9 candi dan tersebar di lereng Gunung Ungaran.

5. Taman Lele Semarang

Tempat wisata di Semarang - Taman Lele
Tempat wisata di Semarang – Taman Lele

Berkunjung ke Taman Lele Semarang sangat cocok jika bersama dengan keluarga saat ahir pekan. Taman Lele sudah menjadi andalan wisata keluarga di Semarang sehingga Anda tidak perlu meragukan tempat ini lagi. Kampung Taman Lele menyuguhkan panorama alam asri dilengkapi danau buatan yang bisa digunakan bermain sepeda air. Ada banya fasilitas yang tersedia seperti Kolam renang, taman, kebun binatang mini, berbagai pertunjukan, gazebo, dll.

Setelah berkeliling Anda bisa duduk santai menikmati pemandangan dengan menggelar tikar dilanjutkan makan bersama keluarga akan terasa menyenangkan. Jika ingin mengitari danau buatan, siapkan dana sebesar Rp. 10.000 untuk membayar satu perahu.

6. Umbul Sidomukti

Tempat wisata di Semarang - Umbul Sidomukti
Tempat wisata di Semarang – Umbul Sidomukti

Jika ingin melihat panorama eksotik semarang dari ketinggian, datanglah ke Umbul Sidomukti Semarang. Anda bisa memanjakan mata dengan beragam permainan yang disuguhkan di sana bahkan kolam renang yang ada di atas bukit bisa Anda gunakan. Di sekitar Umbul terdapat beragam penginapan serta fasiltias permainan baru dan hits yang sayang jika dilewatkan bahkan sering digunakan untuk outbound seperti marin bridge, flying fox, rapelin, dll.

7. Pantai Maron

Tempat wisata di Semarang - Pantai Maron
Tempat wisata di Semarang – Pantai Maron

Semarang ternyata memiliki beberapa wisata pantai yang bisa Anda kunjungi seperti Pantai Maron yang menawarkan keindahan panorama pantai. Pantai memang kerap dijadikan sebagai objek wisata untuk menenangkan diri. Maka tidak ada salahnya jika Anda ingin merefresh diri dan pikiran dari penatnya pekerjaan bisa kunjungi Pantai Maron di Semarang.

Ada cerita unik dibalik nama Pantai ini. Banyak sekali masyarakat yang bercerita bahwa nama Maron berasal dari warna merah maron khas baret penerband karena konon pantai ini masih milik penerbangan TNI angkatan darat (penerbad). Selain itu, ada lagi yang menyebutkan bahwa nama Maron diambil dari singkatan Marina Kulon. Penasaran seperti apa panoramanya? langsung datang saja ke Semarang ya.

8. Pantai Marina

Tempat wisata di Semarang - Pantai Marina
Tempat wisata di Semarang – Pantai Marina

Selain Pantai Maron, di sekitar Jalan Yos Sudarso berjarak sekitar 4 km dari Tugu Muda terdapat objek wisata Pantai Marina. Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati seperti kolam renang, ski air, speed biat serta taman bermain anak-anak. Pantai memang cocok digunakan untuk wisata keluarga apalagi jika memiliki buah hati, Anda bisa bermain seru dengannya. Bagi yang tidak suka berenang, di Pantai Marina bisa digunakan sebagai spot untuk jogging.

9. Pantai Tirang

Tempat wisata di Semarang - Pantai Tirang
Tempat wisata di Semarang – Pantai Tirang

Pantai memang selalu menjadi buruan wisatawan karena pesonanya yang begitu memikat. Selain memberikan rileksasi ketenangan, Anda bisa menyaksikan langsung pesona alam yang indah dan menakjubkan hasil ciptaan Tuhan. Semarang menyimpan cukup banyak pantai selain Marina dan Maron, kali ini kita akan ke Pantai Tirang yang tidak kalah menyedot minat para wisatawan.

Saat berkunjung ke Pantai Tirang, Anda akan menyaksikan para nelayan yang membudidayakan rumput laut. Mengajak sang buat hati sangat tepat untuk mengenalkan kepada mereka berbagai kegiatan nelayan khususnya budidaya rumput laut. Di sana bisa jumpai pula pohon mangrove dan terumbu karang serta matahari terbenam.

10. Air Terjun Kali Pancur

Tempat wisata di Semarang - Air Terjun Kali Pancur
Tempat wisata di Semarang – Air Terjun Kali Pancur

Tidak hanya pantai, wisata air di Semarang yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Kali Pancur yang sangat terkenal. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter lengkap dengan keindahan bebatuan alam serta pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Demi menikmati keindahan air terjun, Anda perlu sedikit berjuang meniti anak tangga yang jumlahnya sekitar 900. Tempat wisata di Semarang yang satu ini pun kerap dijadikan sebagai objek panjat tebing bagi para pecinta alam.

11. Taman Rekreasi Wonderia

Tempat wisata di Semarang - Taman Rekreasi Wonderia
Tempat wisata di Semarang – Taman Rekreasi Wonderia

Beranjak dari wisata air, kali ini tempat wisata di Semarang yang perlu Anda kunjungi bersama keluarga yaitu Taman Rekreasi Wonderia yang menyediakan banyak fasilitas dan arena permainan seperti Kiddy Boat, Tphoon Coaster, Merry Go Round, Space Gyro, dll. Tidak sedikit para orang tua yang mengajak liburan anaknya kesini.

Bahkan jika Anda punya nyali, terdapat sebuah objek untuk menguji nyali bernama Ghost House atau rumah hantu yang sangat menyeramkan. Permainan ini sangat seru untuk menguji nyali Anda khususnya yang penakut. Taman rekreasi dibukan hingga pukul 23.000 dengan harga tiket masuk cukup murah sebesar Rp. 5.000.

12. Goa Kreo

Tempat wisata di Semarang - Goa Kreo Semarang
Tempat wisata di Semarang – Goa Kreo Semarang

Tempat wisata di Semarang selanjutnya adalah Goa Kreao yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak. Menurut legenda, saat itu Sunan Kalijaga bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian beliau suruh untuk menjaga kayu jati tersebut. Kata Kreo dalam nama Goa ini berasal dari kata Mangreho yang artinya jagalah atau peliharalah.

13. Museum Ronggowarsito

Tempat wisata di Semarang - Museum Ronggowarsito
Tempat wisata di Semarang – Museum Ronggowarsito

Untuk berwisata sejarah maupun budaya di Semarang, Anda bisa kunjung Museum Ronggowarsito di Jalan Abdurahman Saleh, Semarang tepatnya berada di sekitar bundaran Kalibanteng. Museum ini menyimpan berbagai warisan budaya serta benda budaya Jawa Tengah. Anda dapat mempelajari serta menambah pengetahuan sejarah budaya Indonesia khususnya Jawa Tengah.

Memiliki 4 gedung yang masing-masing memiliki sejarah berbeda, Museum Ronggowarsito menjadi sarana pendidikan bagi generasi penerus bangsa. Dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 hingga 15.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 4.000 untuk dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak.

14. Komplek Pecinan Semarang

Tempat wisata di Semarang - Komplek Pecinan Semarang
Tempat wisata di Semarang – Komplek Pecinan Semarang

Berwisata ke Komplek Pecinan Semarang, Anda dapat menyaksikan suasana khas Tiongkok yang hidup di tengah kota Semarang. Jadi, untuk Anda yang ingin berlibur ke Tiongkok tidak perlu jauh-jauh cukup datang ke Semarang, di sana Ana bisa temukan 11 klenteng besar, 10 di antaranya terdapat di kawasan Pecinan dan masing-masing memiliki historis tersendiri.

15. Simpang Lima

Tempat wisata di Semarang - Simpang Lima Semarang
Tempat wisata di Semarang – Simpang Lima Semarang

Cari wisata malam Semarang? datanglah ke kawasan Simpang Lima. Lapangan ini merupakan jantung kota Semarang sehingga mudah sekali ditemukan. Disebut Simpang Lima karena berada di tengah-tengah persimpangan antara Jalan Pandanaran, Jalan Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Dahlan dan Jalan Pahlawan. Selain sebagai wisata malam, Simpang Lima terkenal memiliki pusat belanja yang lengkap sehingga untuk membawa oleh-oleh Semarang khususnya pakaian tidak harus bingung.

16. Kebun Binatang Mangkang

Tempat wisata di Semarang - Kebun Binatang Mangkang
Tempat wisata di Semarang – Kebun Binatang Mangkang

Wisata kebun binatang Mangkang bisa Anda masukkan ke daftar lokasi yang dikunjungi saat berlibur di Semarang. Objek wisata ini cukup baru dan pengunjungnya semakin bertamba karena akses yang mudah dicapai berada di perbatasan Semarang-Kendal. Saat ini sudah lebih dari 150 satwa mengisi Kebun Binatang Mangkang.

17. Water Blaster Bukit Candi Golf

Tempat wisata di Semarang - Water Blaster Bukit Candi Golf
Tempat wisata di Semarang – Water Blaster Bukit Candi Golf

Selaian objek wisata air yang sudah dijelaskan sebelumnya, masih ada wisata air lain yang menyuguhkan wahana permainan lengkap untuk rekreasi keluarga. Water Blaster ini merupakan objek wisata air pertama di Semarang sehingga tidak perlu dipertanyakan lagi keramaiannya. Terdapat delapan unit wahan air dilengkapi sarana penunjang yang aman termasuk ruang pertemuan berbentuk kapal pesiar untuk rapat dan mampu menampung hingga 150 orang.

18. Kebun Teh Medini

Tempat wisata di Semarang - Kebun Teh Medini
Tempat wisata di Semarang – Kebun Teh Medini

Wisata keindahan alam ini berada di Gunungpati Semarang. Untuk masuk ke kawasan kebun teh mandiri, siapkan dana untuk tiket hanya dengan Rp. 2.500 Anda sudah bisa menikmati beragam objek yang disediakan. Berfoto ditengah-tengah kebun teh adalah kegiatan yang wajib dilakukan, bahkan lengkap dengan panorama alam yang mengalihkan pandangan sangat mempesona.

19. Setiya Aji Flower Farm

Tempat wisata di Semarang - Setiya Aji Flower Farm
Tempat wisata di Semarang – Setiya Aji Flower Farm

Tempat wisata di Semarang satu ini terbilang baru dan sedang hits dikalangan para traveler hususnya anak muda. Hamparan berbagai jenis bunga menghiasi serta menyegarkan mata. Saat berkunjung kesana, jangan sampai Anda menginjak-injak dan merusak bungan yang tumbuh dengan sempurna. Setiya Aji Flower Farm ini merupakan tempat wisata Semarang romantis yang tidak boleh dilewatkan khususnya bersama pasangan.

Selain mengambil spot foto yang cantik, Anda juga bisa membeli beragam benih bunga yang dijual di sana serta mnikmati lantunan musik tradisional yang sangat menghibur. Ada banyak spot hits dan kekinian yang bisa Anda nikmati sehingga tidak akan merasa bosan ketika berfoto.

20. Bantir Hills

Tempat wisata di Semarang - Bantir Hills
Tempat wisata di Semarang – Bantir Hills

Maraknya spot foto yang unik, menarik dan kekinian menginspirasi tempat wisata di Semarang yang satu ini. Saat berkunjung ke Bantir Hills, Anda akan menemukan tempat hunting foto yang keren dan berlatar alam dan pepohonan hijau. Meskipun terbilang baru, Bantir Hills sudah banyak dikunjungi wisatasan hususnya muda-mudi dan tempat ini selalu dikembangkan seperti penambahan fasilitas rumah pohon, spot sunset, taman, gembok cinta, dll. Langsung datang saja ke Jalan Bantir, Desa Losari Kecamatan Sumowono, Semarang.

21. La Kana Chapel

Tempat wisata di Semarang - La Kana Chapel
Tempat wisata di Semarang – La Kana Chapel

Masih ingin cari tempat wisata Semarang romantis? tengok yuk La Kana Chapel yang merupakan lokasi wisata baru dan hits apalagi dikalangan pengantin baru. Di tempat wisata Bandungan Semarang ini terdapat sebuah bangunan serba putih dengan nuansa romantis yang menyelimuti. Kapel ini sungguh indah dan lokasinya asri serta sejuk dilengkapi panorama alam mempesona di sekitarnya.

22. Kota Lama

Tempat wisata di Semarang - Kota Lama Semarang
Tempat wisata di Semarang – Kota Lama Semarang

Jika berkunjung ke tempat yang satu ini, Anda akan dibawah ke masa lalu. Tempat yang memiliki julukan Little Netherland ini penuh dengan bangunan kuno khas Eropa yang didirikan saat masa penjajahan Belanda. Bangunan Kota Lama masih banyak yang berdiri tegak walaupun usianya sudah ratusan tahun. Salah satu bangunan yang terkenal adalah Gereja Blenduk yang letaknya sebelah Taman Srigunting. Gereja tersebut masih berfungsi sebagai tempat ibadah hingga saat ini.

23. Pasar Johar Semarang

Tempat wisata di Semarang - Pasar Johar Semarang
Tempat wisata di Semarang – Pasar Johar Semarang

Setelah berkeliling kota semarang menjajaki objek wisata menarik di sana, sebagai pamungkas, jangan lupa wisata belanja di Semarang. Anda bisa belanja oleh-oleh untuk keluarga, teman hingga rekan kerja atau barang sebagai koleksi sendiri. Selain Simpang Lima, untuk berbelanja Anda bisa datang ke Pasar Johar Semarang yang tidak kalah ramai dengan pusat belanja lain. Pasar ini memiliki dua lantai serta mengoleksi barang-barang berkualitas dengan harga murah yang penting pandai menawar.

Itulah 23 Tempat Wisata di Semarang yang Hits dan Kekinian Wajib Anda Kunjungi. Temukan info wisata menarik serta info kost terbaru melalui Aplikasi Mamikos.

Tempat wisata di Semarang

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost