35 Tempat Wisata di Surabaya Terpopuler dan Banyak Dikunjungi

Tempat Wisata di Surabaya – Surabaya adalah ibu kota provinsi Jawa Timur serta menjadi kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta. Ada banyak objek wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan apalagi dengan pimpinan seorang Ibu Risma yang menjadi Walikota, beliau selalu cerdas dalam menciptakan sesuatu demi kenyamanan kota Surabaya.

Surabaya menjadi sebuah nama yang amat legendaris terutama jika mengingat akan masa penjajahan, kawasan ini menyimpan banyak cerita serta tempat-tempat yang menjadi saksi bisu pertumpahan darah melawan penjajah. Karenanya kota Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan.

Tempat Wisata di Surabaya Terpopuler

Untuk mengenang kejadian pada masa lalu, masyarakat mengabadikan tempat berupa monumen, taman serta objek-objek lain. Tidak ada salahnya Anda mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Surabaya untuk mengenang bahkan menambah pengetahuan yang selama ini belum diketahui.

Selain monumen serta objek sejarah lain, berikut kami berikan informasi seputar tempat wisata di Surabaya yang harus dikunjungi.

1. Taman Bungkul

Tempat Wisata di Surabaya – Taman Bungkul

Tempat Wisata di Surabaya pertama adalah Taman Bungkul yang menjadi favorit wisatawan. Asal usul nama taman bungkul ini tidak lepas dari seorang tokoh penyebaran Agama Islam di Surabaya bernama Ki Ageng Supo atau yang akrab dengan gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul. Tempat wisata ini ramai dikunjungi saat malam hari.

Memiliki lahan dengan luas 900 m2 dilengkapi dengan berbagai fasilitas seprti jogging track, skateboard & Sepeda BMX track, telepon umum, arena green park seperti kolam air mancur, plaza hingga free Wi-fi menjadi daya tarik yang dimiliki Taman Bungkul.

Selain itu, taman ini sangat ramah lingkungan dan terdapat jalur khusus bagi penyandang cacat supaya mereka bisa merasakan dan ikut berekreasi.

Datang langsung ke Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo dengan jam operasional 24 jam. Jika ingin berkunjung kesini dari Terminal Purabaya Bungurasih bisa naik bus P1 atau P AC 1 jurusan Bunugrasih-Darmo-Perak turun di sebrang Taman Bungkul.

2. Ciputra Waterpark

Tempat Wisata di Surabaya – Ciputra Waterpark

Tempat wisata Surabaya selanjutnya adalah Ciputra Waterpark yang cocok untuk wisata keluarga. Taman bermain di air yang berada di kawasan Waterpark Boulevard Citraland, Sambikerep menyediakan banyak fasilitas dan dijamin tidak akan merasa bosan bukan untuk anak-anak, wahana untuk orang dewasa juga disediakan lengkap dengan menerapkan konsep dongeng Petualangan Sinbad sehingga anak-anak akan menyukainya.

Kedalaman air di Ciputra aterpark tidak terlalu dalam karena dibuat unuk bermain, bukan berenang. Harga tike masuk sendiri dibandrol 110 ribu rupiah untuk hari biasa, dan 130 ribu rupiah saat ahir pekan.

Salah satu kelebihan yang menarik, jika pengunjung berusia di atas 60 tahun, harga tiket digratiskan, Anda hanya menunjukkan KTP saja.

3. Monumen Pahlawan

Tempat Wisata di Surabaya – Monumen Pahlawan

Dijuluki sebagai kota Pahlawan, saat ke Surabaya jangan sampai Anda melewatkan objek wisata yang satu ini. Adapun lokasi Monumen Pahlaan berada di Jalan Pahlawan, Kelurahan Alun-alun Cotong, Kecamatan Bubutan, Surabaya. Monumen Pahlawan menjadi salah satu tempat yang menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya, mengingat akan perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan dari penjajahan.

Tugu berbentuk paku dengan lengkungan pada tiangnya disebut “Canalures” terdapat 10 lengkungan dan dibagi menjadi 11 ruas, memiliki filosofi tersendiri. Tinggi ruas dan canalure memiliki simbol tanggal 10 bulan ke 11 dan pada tahun 1945 yang berarti kejadian atau peristiwa berdarah tatkala masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

4. Wisata Patung Budha

Tempat Wisata di Surabaya – Wisata Patung Budha

Jangan sampai lupa membawa kamera saat berkunjung ke Tempat Wisata Patung Budha. Tempat ini sangat unik dan bersejarah, mengingat patung yang ada di Kota Surabaya ini masuk dalam patung tertinggi di Indonesia serta tidak tanggung-tanggu, masuk ke Museum Rekor Indonesia. Saat Anda berkunjung kesini, Anda hanya perlu menuju ke salah satu sudut di Pantai Ria Kanjeran.

5. Jembatan Merah Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya – Jembatan Merah

Tidak hanya Yogyakarta yang memiliki tempat berupa jembatan merah sebagai saksi pertumpahan darah saat perang melawan Belanda, Surabaya pun memiliki Jembatan Merah yang sama-sama sebagai saksi bisu perjuangan masyarakan Surabaya melawan Kolonial Belanda.

Tempat ini sebenarnya sudah mencatat peristiwa yang sangat luar biasa pada tanggal 10 November. Jembatan Merah Surabaya untuk mengenang tewasnya seorang Jendral yang telah bentrok sengi dengan rakyat Indonesia (diwakili oleh arek-arek Suroboyo) dengan tentara Belanda.

6. Monumen Kapal Selam

Tempat Wisata di Surabaya – Monumen Kapal Selam

Tidak kalah populer dengan tempat wisata di Surabaya sebelumnya, Anda bisa mengunjui Monumen Kapal Selam yang beralamat di Jalan Pemuda No. 39 Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Jika Anda ingin kesini menggunakan angkutan kota, pergi menuju Stasiun Gubeng, Delta Plaza atau WTC. Dari sana Anda cukup berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai di Monumen Kapal Selam.

Monumen Kapal Selap atau kerap disebut Monkasel merupakan salah satu bukti perjuangan pahlawan Indonesia ketika melawah penjajahan, dan pada waktu itu digunakan untuk operasi Trikora.

Datang ke Monkasel, membuka wawasan Anda tentang dunia angkatan laut serta menyaksikan tayangan film tentang pertempuran Lautan Aru. Monumen dibuka mulai pukul 08.00 – 22.00 dengan tarif tiket masuk hanya 10 ribu rupiah.

7. Citra Raya Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya – Citra Raya Surabaya

Ingin ke Singapura dan berfoto di depan patung singa? jangan jauh-jauh pergi ke luar negeri, di Jawa Timur tepatnya di Surabaya terdapat patung berbentuk seperti ikon Singa Laut di Cita Raya Surabaya.

Ada banyak fasilitas yang disediakan dan tentunya bisa dinikmati bersama seperti Sekolah Ciputra, 27 hole dalam lapangan golf dan klub keluarga, Surabaya International School, rumah ibadah, pusat komersial, pasar hingga kampus terkenal Universitas Ciputra dan Waterpark.

Untuk menuju kesini, ambil jalan menuju Pakuwon City kemudian jika sudah sampa Universitas Surabaya, Anda tigal belok ke arah Unesa sudah masuk perumahan menuju G-Walk. Di sekitar lingkungan Citra Raya Surabaya Anda bisa berfoto memiliki spot menarik untuk mengabadikan momen.

8. Museum WR. Soepratman

Tempat Wisata di Surabaya – Museum WR. Soepratman

Siapa yang tak kenal Wage Rudolf Supratman? sang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya dilahrikan pada hari Senin, 9 Maret 1903 di Jatinegara Jakarta. Untuk mengenang jasa WR. Soepratman, Anda dapat mengunjungi museum WR. Soepratman di Jalan Tambaksari Surabaya dan Anda bisa melihat tulisan asli saat ia membuat lagu Indonesia Raya pertama serta biola historis yang menemani saat membuat beberapa lagu kebangsaan.

Museum ini pun berdekatan dengan makam beliau yang meninggal pada 17 Agustus 1938, beliau sering sakit-sakitan setelah diburu oleh pihak Belanda.

9. Wisata Kelenteng Hong Tiek Hian

Tempat Wisata di Surabaya – Wisata Kelenteng Hong Tiek Hian

Keindahan arsitek khas negeri tirai bambu bisa anda nikmati di Kelenteng Hong Tiek Hian Surabaya. Tempat wisata bersejarah ini wajib Anda kunjungi meskipun sampai saat ini belum dipastikan kebenaran atas perkiraan pembangunan oleh pasukan Tartar pada masa tatkala Khu Nilai Khan masih berkuasa di Asia Tengah.

Nama Keleteng ini juga dikenal dengan nama Kelenteng Jalan Dukuh, karena berada di Jalan Dukuh Gg II. Terdiri dari dua bangunan yang dipisahkan ole sebuah gang, Kelenteng ini kerap dijadikan objek wisata dan hunting foto para wisatawan.berdekatan yang dipisahkan oleh sebuah gang.

10. Jembatan Suramadu Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya – Jembatan Suramadu

Ingin menyaksikan langsung jembatan terpanjang di Indonesia? datanglah ke Jembatan Suramadu Surabaya yang menghubungkan antara Surabaya dengan Madura. Pemandangan cantik akan lebih terlihat saat malam hari dihiasi lampu-lampu jalan sebagai penarang.

Maka tidak heran, bagi wisatawan yang mencari tempat wisata malam Surabaya kerap mendatangi tempat ini. Jembatan Suramadu menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya, dan orang-orang yang melewati kawasan ini selalu menyempatkan untuk berfoto.

11. Wisata Rumah Batik

Tempat Wisata di Surabaya – Wisata Rumah Batik

Pulau Jawa memang dikenal sebagai penghasil batik, termasuk Surabaya. Tidak sedikit wisatawan lokal maupun mancanegara yang menyukai kain budaya khas Indonesia.

Surabaya memiliki khas batik yang tidak kalah cantik dengan batik dari berbagai daerah seperti Solo, Pekalongan, Cirebon, Yogyakarta, dan lain-lain. Anda bisa melihat hasil karya masyarakat Surabaya di Jalan Tambak Dukuh No. 4 Surabaya.

Rumah Batik ini memiliki koleksi yang sangat luar biasa serta corak yang beragam, dijamin Anda akan bingung memilihnya. Secara nasiona, tempat wisata Surabaya ini telah mendapat legitimasi nasional sebagai Rumah Batik terbesar di Surabaya.

12. Monumen Bambu Runcing

Tempat Wisata di Surabaya – Monumen Bambu Runcing

Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Karenanya, ada banyak monumen sebagai tempat untuk mengenang sejarah di jaman penjajahan. Selain monumen-monumen di atas, kali ini Anda bisa berkunjung ke Monumen Bambu Runcing di Jalan Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya.

Bambu Runcing merupakan senjata tradisional tentara Indonesia saat melawan penjajahan indonesia dan digunakan pula saat peristiwa 10 Maret 1945 di Surabaya.

Saat melihat monumen ini Anda pasti akan teringat akan besarnya perjuangan pahlawan saat membela negara. Jika menggunakan kendaraan umum menuju Monumen Bambu Runcing, gunakan bis kota Jematan Merah. Saat melewati Jalang Panglima Sudirman, Anda bisa berhenti di halte terdekat den berjalan kaki menuju monumen ini.

13. Kebun Binatang Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya – Kebun Binatang

Di setiap kota wisata selalu ada kebun binatang sebagai tempat wisata edukasi, bermain, mengenal jenis satwa baik untuk anak-anak maupun keluarga, tidak terkecuali di Surabaya sendiri.

Kebun Binatang Surabaya sudah ada sejak jaman pemerintah Belanda bahkan sudah beberapa kali berganti lokasi. Tema yang diangkat oleh kebun binatang ini yaitu pendidikan, penelitian dan konservasi.

Berada di Jalan Setail No. 1, Darmo Wonokromo, Anda cukup siapkan uang untuk tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah saat hari biasa dan 20 ribu rupiah saat hari liburan.

Jika berkunjung kesini menggunakan kendaraan umum dari terminal Purabaya Bungurasih, naik bus Damri menuju terminal Joyoboyo, dan sesampainya di sana jalan kaki sedikit menuju Kebun Binatang Surabaya.

14. Hutan Mangrove

Tempat Wisata di Surabaya – Hutan Mangrove

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini jangan sampai dilewatkan dari daftar kunjungan selama berada di Kota Pahlawan Surabaya apalagi bagi Anda yang suka berfoto, tempat wisata ini instagrammable banget dengan pemandangan hijau seperti belantara hutan amazon.

Beralamat di Jalan Wonorejo Timur No. 1, Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Hutan Mangrove menawarkan keindahalan alam yang sangat alami.

Di sana, Anda dapat menyusuri jembatan bambu di atas air dan menembus hijaunya Hutan Mangrove. Jangan lupa, siapkan uang tiket masuk hanya 2000 rupiah. Sementara, untukmangrove boat trip seharga 25.000 rupiah (orang dewasa), dan 15.000 rupiah untuk anak-anak.

15. Pantai Kenjeran Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya – Pantai Kenjeran Surabaya

Ingin berwisata pantai di Surabaya? datanglah ke salah satu pantai ternama di Surabaya bernama Pantai Kenjeran. Memiliki pemandangan pantai yang menawan serta keindahan alam yang mempesona membuat wisatawan yang berkunjung kesini enggan meninggalkannya.

Berada di Kecamatan Kenjeran Timur Surabaya, akses menuju pantai ini mudah ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan.

Jika Anda sebelumnya berkunjung ke Suramadu, pantai ini tidak terlalu jauh dari jembatan terpanjang di Indonesia sehingga sangat mudah menjangkaunya. Terdapat dua lokasi pantai yaitu kenjeran lama dan kenjeran baru yang sama-sama memiliki pesona dan laut yang unik apalagi bisa menyaksikaan matahari terbenam di ujung Surabaya.

16. Masjid Nasional Al-Akbar

Tempat Wisata di Surabaya – Masjid Nasional Al-Akbar

Saatnya untuk berwisata religi, khususnya untuk umat muslim. Salah satu wisata religi Surabaya yang wajib Anda kunjungi aialah Masjid Basional Al-Akbar yang menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya. Masjid di Surabaya ini menjadi masjid terluas kedua setela Masjid Istiqlal Jakarta.

Memiliki arsitektur yang megah membuat Anda berdecak kagum apalagi dilengkapi fasilitas langkap mulai dari aula, gedung serbaguna hingga perpustakaan membuat siapapun bisa berkunjung kesini, bahkan kegiatan keagamaan seperti pelatihan dan kajian rutin dilakukan di masjid ini.

Beralamat di Jl. Masjid Al Akbar Timur No. 1, Pagesangan, Jambangan, Surabaya, Anda bisa gunakan bus menuju Joyoboyo kemudian perjalanan dilanjutkan dengan angkutan kota menuju Menanggal.

17. Taman Apsari

Tempat Wisata di Surabaya – Taman Apsari

Taman Apsari berada di depan Gedung Grahadi dan didalamnya terdapat Patung Suryo dan Joko Dolog. Spot untuk hunting foto sangat mendukung, terlebih dihiasi dengan lebih dari 20 jenis bunga dan tanaman. Bagi masyarakat Surabaya, tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk jogging maupun jalan-jalan santai.

Tidak sedikit mereka yang menikmati suasana malam kota Surbaya di Taman Apsari.

18. Taman Mayangkara

Tempat Wisata di Surabaya – Taman Mayangkara

Masih berbicara masalah taman yang bisa Anda jadikan sebagai objek wisata, dan tidak lepas dari rakyat Surabaya yang gigih dalam melawan penjajahan Belanda, sebagai tanda hormat kepada para pejuang khususnya Batalyon 503 Mayangkara di bawah pimpinan Mayor Djarot Soebyantoro, maka dibangunlah taman Mayangkara yang saat ini kerap dikunjungi oleh masyarakat maupun para traveler.

Letak taman ini berada persis depan Rumah Sakit Islam, Anda bisa langsung menyaksikan monumen Mayor Djarot Soebyantoro menaiki kuda putih.

Di sekeliling monumen telah banyak dihiasi bunga berwarna-warni hingga dibuat sarana jalan untuk pengunjung.

19. Taman Pelangi

Tempat Wisata di Surabaya – Taman Pelangi

Ternyata Surabaya menyediakan tempat wisata malam yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Taman pelangi akan terlihat sangat indah dengan perpaduan warna lampu, karenanya Taman Pelagi Surabaya kerap direkomendasikan melalui sosial media instagram.

Adapun letak taman pelagi ini berada di depan Kantr Bulog Surabaya, karenanya sebagian orang menamakan taman pelagi dengan taman bulog. Langsung saja datang ke Jl. Raya Ahmad Yani No. 138 Gayungan, yang merupakan jalan utama penghubung Kota Surabaya dengan wilayah luar kota.

Anda pun bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus kota atau angkot jurusan sidoarjo maupun terminal Bungurasih.

20. Taman Mundu

Tempat Wisata di Surabaya – Taman Mundu

Ada lagi, taman yang sangat terkenal di Surabaya yaitu Taman Mundu yang berada di depan gedung Gelora 10 Nopmber Tambaksari yang dibangun bernuasna natural modern.

Taman Mundu diresmikan tahun 2010 dengan dilengkapi berbagai fasilitas, Anda sebagai bisa menikmati mulai dengan fasilitas bermain anak-anak, air mancur yang indah, jogging track, kolam air, toilet mewah, dan lain-lain. Untuk berkunjung ke Taman Mundu, tidak dikenakan biaya, namun Anda harus tetap menjaga kebersihan lingkungan taman.

21. Taman Buah Undaan

Tempat Wisata di Surabaya – Taman Buah Undaan

Cobalah berkunjung ke salah satu taman unik di Surabaya yang memberikan pemandangan berbeda dari taman lainnya. Beragam buah-buahan berukuran besar bergeletakan di Taman Buah Undaan. Namun, buah-buahan ini hanyal replika yang sengaja dibuat sebagai daya tarik bagi wisatawan. Bahkan udara segar bisa Anda nikmati apalagi saat pagi hari.

22. Taman Prestasi

Tempat Wisata di Surabaya – Taman Prestasi

Taman Prestasi menjadi tempat wisata gratis di Surabaya berikutnya yang bisa mengisi daftar kunjung Anda. Tidak hanya bisa merasakan udara yang sejuk saja, beragam permainan anak seperti jungkat-jugkit, perosotan dan ayunan akan ditemukan di sana.

Kenapa dinamakan Taman Prestasi? karena taman ini merupakan wahana bermain serta edukasi. Pengunjung setiap harinya selalu ramai baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

23. House Of Sampoerna

Tempat Wisata di Surabaya – House Of Sampoerna

Sampoerna merupakan sebuah perusahaan rokok yang sangat legendari dan tertua di Indonesia. Jika ingin mengetahui cikal bakal kejayaan perusahaan ini, datanglah ke Museum House of Sampoerna. Anda dapat melihat langsung kegiatan para karyawan pabrik dengan kecepatan tangannya. Bahkan, dalam satu jam, satu orang karyawan bisa melinting hingga 325 batang rokok.

Selain itu, Anda akan dihadapkan dengan beragam galeri dan pameran seni yang dilengkapi dengan cafe serta toko souvenir. Nah jika ingin mencari oleh-oleh khas Surabaya berupa souvenir, salah satu tempatnya di sini.

Anda bisa berkunjung mulai dari pukul 09.00 hingga 22.00 WIB dengan tanpa dikenakan biaya tiket masuk. Langsung saja datang ke alamat Taman Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya.

Jika menggunakan kendaraan umum, naik bus dari Terminal Purabaya menuju Jembatan Merah Plaza. Jika sudah sampai sana, Anda bisa gunakan becak atau jalan kaki menuju museum rokok ini.

24. Surabaya North Quay

Tempat Wisata di Surabaya – Surabaya North Quay

Jika ingin mencari tempat wisata di Surabaya terbaru, datanglah ke Surabaya North Quay yang disebut-sebut sebagai tempat nongkrong terbaik di Surabaya. Tempat hang out ini selalu ramai oleh pengunjung terutama anak muda. Tempat ini baru dibuka pada 27 Februari 2016 dan di sana menyuguhkan sebuah wisata maritim yang lengkap.

Selain fasilitas nongkrong, tempat ini dilengkapi tempat makan, balkon view kapal pesiar, ruang tunggu yang bersih, live musik hingga akses wifi gratis dengan kecepatan maksimal.

Saat malam hari tiba, pemandangan indah akan lebih terlihat dari hiasan lampu kapal. Tidak perlu mengocek uang untuk masuk ke kawasan ini. Jam operasional dibuka mulai pukul 09.00 – 20.00.

Surabaya North Quay berlokasi di lantai duan dan tiga gedung Terminal Gapura Surya Nusantara, tepatnya di Jl. Tanjung Perak, Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya. Dari jalan Perak Timur, Anda tinggal lurus menuju arah utara hingga masuk ke gerbang pelabuhan.

25. Taman Gantung Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya – Taman Gantung

Bu Risma sebagai walikota Surabaya memang selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat dari semua sisi, termasuk dalam hal wisata. Beliau dengan cerdasnya mencetuskan sebuah tempat wisata terbaru berupa Taman Gantung Surabaya yang menarik untuk dikunjungi. Saat malam hari tiba, Anda bisa menyaksikan keindahan lampion dari atas. Berlokasi di Jl. Taunjungan, dari arah tugu pahlawan/putar balik dari Blauran Surabaya.

26. Gunung Bromo

Tempat Wisata di Surabaya – Gunung Bromo

Siapa yang tidak tahu Gunung Bromo? bagi traveler apalagi yang hobi mendaki sepertinya belum bisa dikatakan pendaki kalau tidak tahu Gunung Aktif yang satu ini. Tidak hanya menjadi bagian dari Malang saja, Gunung Bromo juga merupakan bagian dari kota Surabaya. Jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk kunjungi padang savananya dilengkapi panorama yang tidak ada duanya.

Jika berkunjung menggunakan kendaraan umum, dari terminal Purabaya Bungurasih naik bus jruusan Jember atau Banyuwangi kemudian turun di Probolinggo. Dari sana gunakan angkutan menuju Kecamatan Ngadisari.

27. Kebun Bibit Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya – Kebun Bibit Surabaya

Kebun Bibit Surabaya menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang murah meriah. Terdapat taman bermain anak, kebun jati, taman outbond, danau buatan, kuliner, dan lain-lain.

Selain untuk bersantai atau berolahraga, kebun bibit ini kerap dijadikan sebagai lokasi pengenalan cinta linkungan yang dikunjungi oleh sekolah-sekolah. Mereka diajari bagaimana cara berkebun dan mengelola limbah.

Anda bisa berkunjung mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Langsung saja datang ke Jl. Raya Manyar No. 80A, Baratjaya, Gubeng, Surabaya. Untuk menjangkau tempat ini jika menggunakan kendaraan umum, naik angkutan menuju Perumahan Pondok Nirwana. Lokasinya berada dekat dengan gerbang pintu masuk perumahan tersebut.

28. Monumen Jalesveva Jayamahe

Tempat Wisata di Surabaya – Monumen Jalesveva Jayamahe

Ingin coba wisata kuliner Surbaya? Anda bisa coba datang ke wisata bahari di Monumen Jalesveva Jayamahe yang berlamat di Jl. Taruna 1, Dermaga Ujung, Pelabuhan anjung Perak, Surabaya. Monumen in idibandung sebagai pengingat bahwa sejak dulu bidang kemaritiman Indonesia sudah berjaya.

Tidak hanya patung seorang perwira TNI Angkatan Laut saja yang bisa Anda lihat, aktifitas lain seperti belanja souvenir atribut TNI serta menengok kapal-kapal perang TNI bisa Anda lakukan.

Untuk menjangkau tempat ini terdapat dua akses pertama, melalui jalan Perak Timur menuju Jembatan Petekan, kemudian melalui Jalan Sidotopo. Dari kedua jalan inilah lokasi berjarak hanya 3-4 km.

29. Taman Flora Bratang Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya – Taman Flora Bratang

Surga oksigen murah meriah di Surabaya bisa Anda nikmati di Taman Flora Bratang Surabaya. Surabaya terkenal dengan cuacanya yang sangat panas layaknya metropolitan Jakarta.

Jika ingin mendapatkan udara segar, coba saja datang kesini. Banyak masyarakat Surabaya yang memanfaatkan waktu liburan menghirup udara segar khususnya saat pagi hari.

Lokasi Taman Flora Bratang terletak di Jl. Manyar 80A Surabaya, tepatnya sekitar 200 meter dari terminal Bratang. Awalnya, taman ini merupakan tempat pembibitan semua tanaman yang akan ditanam di kota Surabaya, namun sejak kawasan Rungkut di buka, semua bibit dipindahkan kesana dan ahirnya tempat kebun bibit bratang berubah nama menjadi Taman Flora Surabaya.

30. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Tempat Wisata di Surabaya – Masjid Muhammad Cheng Hoo

Selain Masjid Nasional Al-Akbar yang bisa Anda kunjungi saat berwisata rligi di Surabaya, satu tempat lagi yang gak boleh Anda lewatkan yaitu Masjid Muhammad Cheng Hoo. Masjid ini sangat unik dan selalu ramai setiap harinya. Selain untuk beribadah, Masjid Muhammad Cheng Hoo sering dikunjungi wisatawan muslim maupun non-muslim.

Interior desain yang unik menarik perhatian para wisatawan. Perpaduan gaya Tiongkok dan Arab yang didominasi dengan warna merah, kuning, hijau menjadi ciri khas dari Masjid ini. Dibangun sejak tahun 2003, Anda bisa langsng menyaksikan kemegahan tempat ibadah umat muslim yang beralamat di Gading No. 2 Ketabang, Genteng, Surabaya.

31. De Mata Trick Eye Museum

Tempat Wisata di Surabaya – De Mata Trick Eye Museum

Tempat wisata Surabaya selanjutnya yaitu De Mata Trick Eye Museum yang cocok untuk hunting foto. Pemandangan lukisan tiga dimensi membuat Anda enggan berpindah tempat apalagi buat yang hobi koleksi foto, tidak salah memilih tempat ini sebagai objek wisata di Surabaya. Lukisan yang ada di sini terlihat hidup jika Anda menempatkan diri dari titik atau sudut yang pas.

Adapun harga tiket masuk sangat terjangkau sekitar 35.000 rupiah @orang. Sedangkan untuk anak-anak di bawah 6 tahun tidak dikenakan biaya masuk. Jika ingin menghemat lagi, datanglah hari Senin-Jumat pukul 10.00 – 15.00 karena harga tiket lebih murah sekitar 25.000 rupiah.

Langsung kunjungi alamanya di Surabaya Town Square Lt.1, Jl. Adityawarman No. 55. Jika menggunaan kendaraan umum, dari Terminal Joyoboyo naik angkot TV jurusan Ngesong, Balongsari, Manukan atau Lontar karena semua melewati Jl. Adityawarman. Dari Stasiun Gubeng naik angkot F jurusan terminal Joyoboyo kemudian perjalanan dilanjutkan dengan angkot TV.

32. Perpustakaan Bank Indonesia

Tempat Wisata di Surabaya – Perpustakaan Bank Indonesia

Berwisata tidak melulu harus ke pantai, taman, monumen, tempat ibadah, tempat belanja, tapi Anda bisa pilih tempat yang bisa menambah wawasan budaya seperti Perpustakaan Bank Indonesia yang merupakan salah satu bangunan vagar budaya milik pemerintah kota Surabaya. Dulu, gedung ini adalah tempat tinggal Gubernur De Javasche Bank yang kemudian menjadi Bank Indonesia.

Di sana Anda bisa membaca koleksi buku-buku atau jurnal dengan ruang duduk yang nyaman, sofa yang empuk dan lobi dilengkapi taman asri. Anda juga bisa mengagumi keindahan arsitektur kuno Belanda yang masih terjaga.

Beralamat di Jl. Taman Mayangkara No. 6, Darmo, jika menggunakan kendaraan umum dari Terminal Joyoboyo naik angkot warna cokelat tua jurusan Tambakrejo kemudian turun di halte Jalan Taman Mayangkara.

33. Masjid Ampel

Tempat Wisata di Surabaya – Masjid Ampel

Masjid Ampel merupakan salah satu cagar budaya favorit di Surabaya. Dibangun pada zaman Majapahit oleh salah satu wali songo bernama Sunan Ampel, masjid ini memang mengesankan arsitektur bangunan berbeda dengan masjid lain pada umumnya.

Ada beberapa titik yang bisa Anda eksplorasi seperti lima gapura/pintu gerbang yang menggambarkan rukun Islam, sumur air berkah, makam Sunan Ampel, Makam Mbah Bolong dan makam Mbah Soleh.

Untuk menuju Masjid Ampel, dari Pangkalan Bulak Banteng, naik angkot berwarna biru muda, turun di Jl. KH Mas Mansyur dan berjalan kaki sekitar 100 meter ke pintu masuk utama Masjid Ampel. Jika dari Terminal Kenjeran, naik angkot berwarna pink jurusan JMP Kalimas Barat dan turun di Jl. KH Mas Mansyur.

34. Waterpark Kenjeran

Tempat Wisata di Surabaya – Waterpark Kenjeran

Selain pantai Kenjeran, salah satu hiburan rakyat bermain di wahana air yang murah meriah adala Waterpark Kenjeran. Terdapat tiga jenis kolam yaitu kolam dewasa, kolam anak-anak dan kolam arus. Di sana Anda bisa melihat atraksi wisata lain karena waterpark berada di area Pantai Kenjeran Baru.

Lokasi beralamat di Jl. Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak . Jika dari terminal Joyoboyo naik angkot JK jurusan Terminal Kenjeran. Jika dari Petekan, naik angkot warna hijau muda jurusan Terminal Kenjeran dan bisa gunakan angkot warna pink jurusan Terminal Kenjeran dan turun di Pantai Kenjeran.

Harga tiket masuk untuk setiap orang 20.000 rupiah (Senin-Jumat) dan 25.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional).

35. Pantai Papuma

Tempat Wisata di Surabaya – Pantai Papuma

Pantai adalah tempat paling favorit banyak wisatawan saat berlibur. Selain bermain air, di pantai bisa menikmati pemandangan air yang luas, keindahan bawah laut, akifitas para nelayan, berjemur, bermain bola, dan lain-lain. Salah satu pantai Surabaya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Papuma yang berlokasi di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.

Ada banyak kesan natural yang dihasilkan dari panti ini. Air laut yang biru serta hamparan pasir putih yang cukup bersih dari sampah membuat Anda betah berlama-lama di sana. Karena pemandangannya yang indah, tidak heran Pantai Papuma kerap dijadikan sebagai spot prewedding atau fotografi lain.

Itulah informasi seputar 35 Tempat Wisata di Surabaya Terpopuler dan Banyak Dikunjungi. Temukan informasi menarik lain seputar tempat wisata serta info kost di Aplikasi Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah