49 Shortcut Tersembunyi di Microsoft Word yang Jarang Diketahui

 Posted on Selasa, September 12th, 2017  Posted in Informasi, Mahasiswa  Mamikos

Shortcut Microsoft Word atau tombol-tombol pintas yang digunakan pada program Microsoft Word memang wajib diketahui, terutama bagi kalian yang sering menggunakan program Microsoft Word untuk mengetik tugas atau dokumen-dokumen lainnya. Dengan mengetahui tombol shortcut Microsoft Word ini, mengetik apapun dengan program ini menjadi lebih praktis dan cepat. Kalian tidak perlu lagi sering-sering mengeklik tombol menu. Nah, kalau kalian belum hapal nih apa aja shortcut Microsoft Word dan fungsinya, kalian bisa dapatkan daftar selengkapnya di sini.

 

Kebanyakan tombol-tombol pintas Microsoft Word adalah gabungan antara tombol control (Ctrl) dengan tombol-tombol lainnya. Contoh-contoh shortcut ini di antaranya adalah Ctrl + A yang berfungsi untuk memblok seluruh teks (select all), Ctrl + B yang berfungsi untuk menebalkan teks (Bold), Ctrl + C yang berguna untuk mencopy text/tulisan (copy), dan tombol pintas Ctrl + F yang berguna untuk mencari text/tulisan tertentu dalam dokumen (find).

 

Hampir semua tombol huruf bisa menjadi shortcut saat dikombinasikan dengan tombol Ctrl. Untuk memiringkan teks (Italic), shortcut yang bisa digunakan adalah Ctrl + I. Untuk membuka dokumen baru (New Document), gunakan shortcut Ctrl + N. Jika kalian sudah selesai mengetik dan ingin mencetak (print) dokumen yang kalian ketik, kalian bisa digunakan shortcut Ctrl + P.

 

Untuk membuat tulisan di dokumen menjadi rata tengah (align right), kalian bisa gunakan shortcut Ctrl + R. Shortcut Ctrl + S bisa digunakan untuk menyimpan file (save). Untuk mengaktifkan fungsi “paste” atau menempelkan teks yang sebelumnya sudah disalin (di-copy), kalian bisa tekan tombol Ctrl + V. Selain tombol Ctrl yang dikombinasikan dengan tombol huruf, tombol Ctrl juga bisa dikombinasikan dengan angka dan tombol lainnya. Contohnya adalah shortcut Ctrl + 2 yang mengatur jarak spasi dokumen menjadi 2 spasi. Jika ingin mengubah jarak spasi menjadi 1 1/2 spasi, tekan saja tombol pintas Ctrl + 5.

Baca juga : Ini Dia Cara Menghitung IPK yang Wajib Kamu Ketahui

Untuk membesarkan ukuran font 1 point, shortcut yang bisa digunakan adalah Ctrl + ], sedangkan untuk mengecilkan ukuran font 1 point, gunakan shortcut Ctrl + [. Selain gabungan tombol Ctrl dengan tombol lain, tombol F1 hingga F12 yang ada di keyboard bisa juga digunakan sebagai shortcut Microsoft Word. Tombol F7, contohnya, jika ditekan pada saat mengetik di Microsoft Word, akan muncul opsi Spelling and Grammar.

Untuk mengaktifkan fungsi undo (membatalkan suatu perintah yang sudah dilakukan sebelumnya) dan redo (mengulang sesuatu yang telah dibatalan sebelumnya), shortcut yang bisa kalian gunakan adalah Ctrl + Z (undo) dan Ctrl + Y (redo). Selain itu, masih ada shortcut dengan tombol F lainnya seperti F1 untuk membuka menu bantuan (help) dan F4 untuk menutup program yang aktif.

Shortcut Microsoft Word juga bisa berupa gabungan antara tombol Ctrl, tombol Shift, dan tombol lainnya. Beberapa contohnya adalah Ctrl + Shift + F yang berfungsi untuk mengatur jenis huruf (font) dan Ctrl + Shift + L yang berfungsi untuk memberikan bullet.

Itu dia tadi kumpulan shortcut Microsoft Word atau tombol-tombol pintas yang akan membuat kalian mengetik tugas atau dokumen lain dengan lebih cepat. Shortcut-shortcut yang ditampilkan di tulisan ini diambil dari Microsoft Word 2003, ya. Tapi, kalau laptop atau komputer kalian menggunakan Microsoft Word versi yang lebih baru atau lebih lama, jangan khawatir karena hampir semua shortcut tersebut bisa digunakan di semua versi Microsoft Word.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost