Ini Dia Cara Menghitung IPK yang Wajib Kamu Ketahui

Ini Dia Cara Menghitung IPK yang Wajib Kamu Ketahui – Semua mahasiswa harus tahu cara menghitung IPK.

Yap, IPK adalah hal yang pasti jadi momok tersendiri bagi mahasiswa, apalagi menjelang akhir semester.

IPK adalah singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif. Saat kuliah, mekanisme penilaian terhadap mahasiswa selama masa kuliah memang dinilai dengan sistem IPS dan IPK ini.

Kalau IPK merupakan nilai kumulatif, IPS (Indeks Prestasi Semester) merupakan nilai per semesternya. Jadi, singkatnya IPK ini merupakan IPS yang diakumulasikan.

Ini Dia Cara Menghitung IPK yang Wajib Kamu Ketahui

Canva Pro/TimeImage

Biasanya, mahasiswa males nih kalau udah disuruh hitung-hitung IPS, apalagi IPK. Padahal, menghitung IPS dan IPK cukup mudah, lho.

Kamu bisa lakukan sendiri dan kamu bisa memprediksi IPS dan IPK kamu dengan cara ini. Kalau kamu ingin tahu bagaimana cara menghitung IPK, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pahami Dulu Bobot Penilaian IPK/IPS

Baik IPK mapun IPS memiliki nilai skala 0 hingga 4. Angka 0 merupakan penilaian terendah dan angka 4 merupakan prestasi tertinggi.

Penilaian yang didasarkan pada kehadiran di kelas, nilai ujian mid semester dan semester, dan juga nilai tugas kamu ini memiliki perwakilan huruf untuk tiap-tiap angka.

Kalau kamu dapat nilai A, itu artinya kamu mendapat nilai tertinggi atau 4. Nilai B sama dengan nilai 3, nilai C memiliki nilai 2, dan nilai D memiliki angka 1.

Sedangkan, kalau kamu dapat nilai E, itu artinya kamu mendapat nilai 0 alias zonk. Di kebanyakan universitas, mendapat nilai D dan E berarti tidak lulus dan harus mengulang mata kuliah tersebut di lain semester.

2. Hitung Dulu IPS untuk Tiap Semester

Untuk menghitung IPS, kalikan SKS mata kuliah dengan bobot nilainya. Setelah itu, jumlahkan semuanya kemudian bagi hasilnya dengan total SKS yang ditempuh selama semester tersebut.

Misalnya kamu semester ini ambil mata kuliah umum Bahasa Indonesia, SKS pada mata kuliah tersebut adalah 2.

Di akhir semester, nilai kuliah kamu untuk mata kuliah tersebut ternyata adalah A. Maka, cara menghitung nilai/mutu mata kuliah Bahasa Indonesia kamu adalah: 2 (jumlah SKS) x 4 (karena nilai A berbobot 4).

Jadi, nilai = 2×4 dan hasilnya adalah 8. Misalnya dalam semester ini, kamu mengambil 5 mata kuliah dan nilainya keluar seperti ini:

  1. Mata kuliah A memiliki 3 SKS dan mendapat A. Berarti nilainya 12.
  2. Mata kuliah B memiliki 2 SKS dan mendapat B. Berarti nilainya 6.
  3. Mata kuliah C memiliki 4 SKS dan mendapat A. Berarti nilainya 16.
  4. Mata kuliah D memiliki 3 SKS dan mendapat C. Berarti nilainya 6.
  5. Mata kuliah E memiliki 2 SKS dan mendapat B. Berarti nilainya 6.

Total nilai dari kelima mata kuliah tersebut adalah  46 sedangkan total SKS dari semua mata kuliah tersebut adalah 14. Jadi, IP semester kamu adalah 46 (total nilai) dibagi 14 (total SKS). 46:14 = 3,28.

3. IPS Sudah Ketemu, Sekarang Saatnya Menghitung IPK

Untuk menghitung nilai IPK atau nilai prestasi dalam keseluruhan semester, yang harus kamu lakukan sebenarnya cukup sederhana.

Kamu cukup jumlahkan semua nilai IPS dari semester satu hingga semester akhir, atau dari semester satu hingga semester yang sekarang ini.

Selanjutnya, hasil penjumlahan nilai IPS tersebut dibagi dengan jumlah semester yang kamu tempuh.

Begini contohnya, anggap saja sekarang kamu sudah semester 5.

  1. Di semester pertama, kamu mendapat IPS 3,30
  2. Di semester kedua, kamu mendapat IPS 3,12
  3. Di semester ketiga, kamu mendapat IPS 3,16
  4. Di semester keempat, kamu mendapat IPS 3,20
  5. Di semester kelima, kamu mendapat IPS 2,88

Maka, IPK kamu dapat dihitung dengan menjumlahkan semua IPS kamu dibagi dengan jumlah semester. 3,30 + 3,12 + 3,16 + 3,20 + 2,88 = 15,66. Nilai 15,66 ini dibagi jumlah semester (5). Hasilnya: 15,66 : 5 = 3,13.

Jadi, IPK kamu sampai semester 5 ini adalah 3,13.

Perjuangan Mendapatkan IPK Tinggi

Nah, sudah tahu kan cara menghitung IPK? Mulai sekarang, mulai perhatikan deh itu IPK kamu. Meski bukan segalanya, IPK di atas 3 layak kok kamu perjuangkan.

Selama ini banyak yang beranggapan kalau IPK bukan merupakan patokan kesuksesan seseorang. Anggapan itu tidak benar dan tidak salah juga, sih.

Soalnya, kalau dilihat-lihat, IPK tinggi selalu jadi syarat untuk melamar sebagai PNS. Hampir di semua instansi pemerintah memberi syarat IPK di atas 3 untuk lolos dari seleksi administrasi.

Kalau IPK kamu kurang dari 3 dan tetap nekad ngirim lamaran, yakin deh kamu tidak bakal lolos seleksi administrasi.

Inilah kenapa kamu wajib banget punya IPK di atas 3, setidaknya untuk bikin aman dulu posisi kamu waktu seleksi-seleksi administrasi seperti ini.

Manfaat IPK di Atas 3

Bukan cuma PNS saja. Perusahaan-perusahaan besar juga biasanya mematok IPK di atas 3 saat membuka lowongan pekerjaan baru.

Kalau kamu memang mau berkompetisi di perusahaan swasta berskala besar, modal IPK dua koma kelihatannya tidak akan cukup. Mau tidak mau minimal harus 3.

Bahkan ada juga yang di atas 3,5. Sudah jarang sekali sekarang yang masih buka lowongan dengan syarat IPK minimal 2,75. Biasanya, semua sudah di atas 3.

Bukan hanya untuk mencari kerja, IPK di atas 3 juga biasanya jadi syarat untuk mengajukan beasiswa dan mendaftar kuliah pasca sarjana.

Kalau kamu juga menginginkan predikat cumlaude, IPK kamu bahkan harus di atas 3,51.

Oleh karenanya, kalau dari awal kuliah kamu udah punya niat mau lulus pakai selempang cumlaude, jangan kamu sia-siakan kesempatan untuk dapat nilai maksimal di tiap mata kuliah.

Karena kamu sekarang sudah tahu cara menghitung IPK, tidak ada alasan lagi nih sekarang ini kamu kuliahnya sembarangan. Kamu sudah tahu resikonya.

Kalau kamu ada mata kuliah 3 SKS, wajib sekali kamu dapat nilai A. Jangan sampai dapat nilai C karena akhirnya akan membuat IPS kamu jeblok.

Kalau IPS jeblok, akan ada pengaruhnya juga ke IPK. Ayo, semangat kuliahnya, ya!

Ingat, orang tua udah susah-susah menguliahkan kamu, bayar sewa kost tiap bulan untuk kamu, dan mengirimkan uang saku tiap bulannya. Sayang sekali bukan kalau kamu lulusnya tidak maksimal?

Setidaknya kalau lulus dengan IPK di atas 3, nanti kamu bisa dapat pekerjaan yang baik dan bisa balas budi ke orang tua kamu. Selamat berjuang!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta