6 Jenis-jenis Karya Ilmiah Beserta Penjelasan & Tujuan Penulisannya

6 Jenis-jenis Karya Ilmiah Beserta Penjelasan & Tujuan Penulisannya — Saat kamu memasuki jenjang pendidikan tinggi atau universitas, maka sudah dipastikan kamu akan semakin akrab dengan yang disebut dengan karya ilmiah. Jika merunut makna dari karya ilmiah berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka karya ilmiah mengandung arti sebuah karya tulis yang dibuat berdasarkan prinsip ilmiah atau pengetahuan, dan harus berlandaskan pada data serta fakta.

Untuk mendapatkan data dan fakta-fakta tersebut si pembuat karya ilmiah harus membuat dahulu semacam observasi atau eksperimen hingga kegiatan kajian pustaka. Dalam artikel Mamikos kali ini, kamu akan mengetahui dengan lebih lanjut mengenai beberapa jenis karya ilmiah berikut penjelasan serta apa tujuan dari penulisannya.

Jika kamu tak ingin ketinggalan dengan info lengkap jenis karya ilmiah serta penjelasannya masing-masing tersebut, baca terus ulasan Mamikos berikut ini sampai akhir.

Kenali Macam Karya Ilmiah: Penjelasan dan Tujuan Penulisan di Sini

unsplash.com/Annie Spartt

Mungkin sudah sejak di bangku sekolah menengah pertama kamu sudah mengenal apa yang disebut dengan karya ilmiah. Namun mungkin belum terlalu akrab atau mengenal saja. Pada waktu memasuki jenjang pendidikan perguruan tinggi lah kamu jadi semakin sering bersinggungan dengan karya ilmiah ini. Simak terus artikel Mamikos kali ini biar kamu tidak ketinggalan informasi mengenai macam-macam karya ilmiah serta penjelasan dan tujuan penulisannya dengan lengkap.

Macam atau Jenis Karya Ilmiah

Di bawah ini sudah Mamikos susun dengan saksama daftar dari karya ilmiah yang perlu kamu ketahui. Jenis karya ilmiah tersebut sudah Mamikos sertakan dengan penjelasannya yang dapat kamu pahami.

1. Jenis Karya Ilmiah: Makalah

Jenis karya ilmiah yang pertama pada daftar Mamikos kali ini adalah Makalah. Makalah adalah sebuah jenis karya ilmiah yang amat berhubungan dengan kawasan atau lingkup akademik. Mulai dari dari siswa atau pelajar hingga dan mahasiswa di universitas. Dalam sebuah makalah terdapat isi yang merupakan kajian atau sebuah ulasan ilmiah yang adalah hasil gagasan individu atau penyusun makalah tersebut.

Penulis atau pembuat karya ilmiah kemudian menulis gagasan tersebut. Sebuah makalah harus memiliki kandungan berupa solusi penyelesaian dari sebuah permasalahan atau isu yang dipilih. Makalah pun terbagi menjadi beberapa bagian. Penjelasan macam makalah sudah tertuang di sini.

a. Jenis Makalah: Deduktif dan Induktif

Jenis dari makalah yang pertama adalah makalah deduktif dan induktif. Jika ditinjau berdasarkan prosedur proses penyelesaian masalahnya, makalah pertama ini dapat dipecah ke dalam dua jenis yakni makalah deduktif dan induktif. Makalah deduktif merupakan sebuah makalah yang memakai cara berpikir dengan rasional atau harus melalui penelaahan kepustakaan dalam pemecahan masalah atau isu.

Sementara untuk makalah induktif merupakan sebuah makalah yang memakai cara yang lebih empiris atau melalui pengalaman, namun tetap berdasarkan data serta fakta yang ada dan didapatkan dari lapangan saat proses penyelesaian isu.

b. Jenis Makalah: Informatif dan Solutif

Jenis dari makalah berikutnya adalah yang mengandung informasi serta solusi. Jadi apabila dibedakan secara kandungannya, maka dapat disimpulkan bahwa makalah informatif adalah sebuah makalah yang mengandung isi berupa konsep, teori hingga pemberitahuan tentang sebuah materi atau topik dengan lebih mendalam. Sementara untuk makalah solutif adalah makalah yang mengandung ulasan dari isu atau permasalahan serta sebuah penyelesaian atau solusinya.

c. Jenis Makalah: Untuk Pekerjaan, Tugas, dan Penelitian

Jenis makalah selanjutnya adalah makalah yang bisa dibedakan berdasarkan dari fungsi penyusunannya. Maka terdapat tiga macam makalah yang dapat diketahui yakni makalah untuk pekerjaan, makalah untuk tugas, dan terakhir makalah untuk penelitian. Makalah untuk pekerjaan yakni makalah yang tugasnya mengkaji sebuah isu atau permasalahan dengan lebih logis, jelas, dan sistematis di dalam tulisan.

Kemudian untuk makalah tugas ialah makalah yang disusun untuk memenuhi sebagian pemberitahuan dan penyelesaian sebuah mata kuliah atau bisa juga mata pelajaran dan menjadi sebuah laporan mengenai kemampuan dalam memahami sebuah pengetahuan atau ilmu. Lalu untuk makalah penelitian adalah sebuah hasil penelitian dari situasi di lapangan namun dalam skala kecil dan disusun dalam sebuah tulisan.

2. Jenis Karya Ilmiah: Tesis

Jenis karya ilmiah selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah Tesis. Tesis merupakan salah satu macam karya ilmiah yang merupakan hasil dari studi sistematis atas sebuah isu atau masalah. Dalam penyusunan sebuah tesis juga akan terkandung sebuah metode pengolahan data dan analisis dari data yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Kemudian dari hasil pengolahan tersebut penulis tesis akan menyajikan suatu kesimpulan dan memiliki rekomendasi.

Orisinalitas tesis harus dapat dipertanggungjawabkan dan nampak. Maksudnya penulis tesis harus menunjukkan pemikiran yang kritis, bebas, dan tetap berdasarkan data yang dapat dipercaya. Penulisan tesis harus baku dan apa yang disampaikan tesis pun harus dapat penulisnya pertahankan dalam sidang. Tesis juga memiliki sifat argumentatif sebab dihasilkan dari sebuah proses penelitian dan memiliki nilai atau bobot orisinalitas.

3. Jenis Karya Ilmiah: Disertasi

Jenis karya ilmiah berikutnya yang perlu kamu tahu ialah Disertasi. Disertasi merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang bersifat resmi dan juga buah karya terakhir dari seorang mahasiswa saat hendak menyelesaikan program Strata III dalam ilmu pendidikan yang ia pilih. Disertasi juga menjadi salah satu bukti kemampuan yang bersangkutan (penulis, penyusun/ mahasiswa bersangkutan) dalam menjalankan penelitian yang berkaitan dengan penemuan baru di dalam sebuah disiplin ilmu pendidikan yang ia lakukan.

4. Jenis Karya Ilmiah: Skripsi

Macam karya ilmiah selanjutnya yang perlu kamu tahu ialah Skripsi. Untuk kamu yang saat ini sudah ada di tahun-tahun terakhir pasti sudah mengenal karya ilmiah satu ini. Skripsi merupakan salah satu karya tulis yang disusun atau ditulis oleh mahasiswa dalam melengkapi syarat untuk memperoleh gelar sarjana Strata 1 mereka.

Karya ilmiah bernama Skripsi ini juga akan penulisnya susun berdasarkan atas pendapat atau bisa juga teori dari orang lain. Pendapat tersebut kemudian harus melampirkan dukungan berupa data serta fakta empiris, bisa juga objektif, baik yang melalui penelitian langsung, observasi di lapangan, pelaksanaan penelitian di sebuah laboratorium, hingga studi kepustakaan. Dalam sebuah skripsi juga penulisnya akan dituntut untuk teliti secara gagasan atau memberi sumbangsih berupa pengamatan dan penemuan baru.

5. Jenis Karya Ilmiah: Kertas Kerja

Jenis karya ilmiah berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah disebut sebagai karya ilmiah Kertas kerja. Kertas kerja ini harus mengandung cakupan yang jauh lebih lengkap apabila dibandingkan dengan makalah yang sudah Mamikos berikan juga penjelasannya di atas. Kandungan yang harus ada dalam kertas kerja akan menjelaskan sebuah permasalahan secara menyeluruh dan detail. Dalam kertas kerja juga akan memuat sebuah analisis yang jauh lebih rumit. Analisa dalam kertas kerja biasanya memiliki kandungan pengamatan dan objektif.

6. Jenis Karya Ilmiah: Artikel

Jenis karya ilmiah selanjutnya yang kamu perlu simak dalam artikel kali ini adalah jenis karya ilmiah yang disebut sebagai artikel. Artikel pun terbagi dalam beberapa bagian yang penjelasannya sudah Mamikos lampirkan berikut ini.

a. Karya Ilmiah Artikel Hasil Penelitian

Macam artikel yang pertama adalah artikel yang merupakan hasil dari hasil penelitian yang kemudian dipublikasi pada masyarakat luas. Kandungan yang ada dalam artikel hasil penelitian ini bisa juga merupakan rangkuman dari laporan penelitian yang telah dilakukan pihak penyusun atau penulisnya. Penulisan atau penyusunan artikel hasil penelitian tersebut akan disesuaikan dengan konvensi jurnal atau tempat publikasinya nanti.

Kandungan dalam artikel ilmiah yang merupakan penelitian juga bisa berbentuk sebuah ringkasan yang mendalam atau sebagian dari informasi atas sebuah laporan penelitian. Artikel ilmiah hasil dari penelitian tersebut akan memiliki kandungan yang singkat saja. Namun tetap harus mencakup keseluruhan isi dari laporan penelitian yang telah disusun tersebut.

b. Karya Ilmiah Artikel Gagasan Konseptual

Karya ilmiah artikel berikutnya adalah artikel yang merupakan sebuah gagasan konseptual dan menyajikan sebuah informasi. Informasi yang ditulis bisa berupa hasil penelaahan kepustakaan dan pengembangan gagasan ilmiah dari penyusun atau penulis yang bersangkutan. Informasi yang terkandung dalam artikel konseptual bukanlah hasil dari pengolahan kembali laporan penelitian. Namun memang berupa gagasan konseptual terdapat fakta serta teori yang mendukung, dan bisa juga berdasarkan hasil riset dari sumber informasi yang sudah terpercaya.

Tujuan dan Maksud Penyusunan Suatu Karya Ilmiah

unsplash.com/NordWood Themes

Setelah mengenal jenis atau macam karya ilmiah yang sudah Mamikos tuliskan penjelasannya di atas, maka kini saatnya kamu tahu apa maksud dan tujuan dari penulisan karya ilmiah tersebut. Tujuan atau maksud dari penyusunan sebuah karya ilmiah Mamikos sudah lampirkan di sini.

  1. Sebagai ajang untuk mengasah gagasan dan ide-ide tertulis (eksplisit) atau bisa juga dari hasil penelitian yang berbentuk karya ilmiah, tersusun secara sistematis serta metodologis.
  2. Makalah ilmiah yang penulis atau penyusun buat tersebut biasanya bertujuan untuk menjadi sebuah sarana transformasi pengetahuan antara sumber dan penerima informasi.
  3. Memelihara etos pengetahuan di kalangan mahasiswa supaya tidak hanya akan menjadi konsumen ilmu dan wawasan saja, tetapi juga mampu menjadi seorang produsen dari buah pemikiran yang tertuang dalam karya tulis.
  4. Membuktikan pengetahuan serta potensi ilmiah yang dipunyai oleh siswa pada saat menghadapi serta harus memecahkan sebuah isu yang berbentuk karya ilmiah dan berhubungan erat dari ilmu yang ia dapatkan.
  5. Melatih dasar keterampilan dalam melakukan penelitian secara menyeluruh masing-masing individu.

Menarik bukan penjelasan dari jenis karya ilmiah beserta penjelasan dan tujuan penulisannya tersebut. Kamu pun jadi semakin paham dan kenal dengan apa saja karya ilmiah yang mungkin sudah pernah kamu kerjakan atau susun untuk tugas di kampus atau untuk kebutuhan lainnya. Bagikan informasi menarik mengenai macam karya ilmiah di atas pada teman atau di postingan sosial media kamu. Supaya semakin banyak yang tahu apa saja jenis dari karya ilmiah tersebut.

Selain menginformasikan mengenai jenis karya ilmiah, kamu juga bisa semakin mengenal situs dan aplikasi pencari hunian berkualitas Mamikos. Sudah banyak pengguna Mamikos yang membuktikan efisiensi serta kemudahan dalam mencari hunian melalui aplikasi atau situs resmi Mamikos. Akses segera biar kamu tidak ketinggalan pembaruan info hunian terkininya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta