4 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja, Cocok untuk Karyawan

Posted in: Jurusan Kuliah
Tagged: jurusan kuliah

4 Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja, Cocok untuk Karyawan – Sedang mencari jurusan kuliah yang bisa sambil kerja? Pilihannya ada banyak. Hanya saja, kamu harus pandai dalam membagi waktu antara bekerja dan belajar.

Keinginan untuk kuliah tidak hanya dimiliki oleh yang baru lulus sekolah menengah saja, tapi juga mereka para pekerja.

Ada berbagai motivasi membuat seorang pekerja ingin melanjutkan pendidikan, misalnya untuk meningkatkan karier atau pendapatan.

Saat ini, bekerja sambil kuliah tidak terlalu sulit, sebab banyak pilihan jurusan dapat kamu pilih. Kali ini, kami akan berikan beberapa rekomendasinya.

Adakah Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja?

pexels.com/@rodnae-productions

Tentu saja ada, dan kamu dapat menemukannya dengan mudah di berbagai perguruan tinggi, terutama perguruan tinggi atau sekolah tinggi swasta.

Biasanya kelas disediakan dengan waktunya dapat disesuaikan dengan jadwal kosong dari mahasiswa. Bahkan saat ini juga tersedia kelas online.

Sebagai pekerja, tapi masih tertarik untuk kuliah, sangatlah wajar. Tinggal pilih saja beberapa rekomendasi jurusan berikut dapat menjadi pilihan:

1. Jurusan Informatika

Informatika merupakan salah satu jurusan yang banyak dicari saat ini. Lulusan sekolah menengah, terutama kejuruan dengan jurusan TI biasanya akan mencari jurusan komputer.

Bukan hanya siswa baru lulus sekolah kejuruan saja, tapi kamu para pekerja juga dapat memilih informatika untuk melanjutkan pendidikan.

Jurusan kuliah yang bisa sambil kerja bidang informatika ini memiliki kelas malam atau kelas mingguan. Jadi dapat dipilih sesuai waktu luang kamu, pilihan pendidikannya adalah:

Teknik Informatika

Jurusan ini sangat mudah ditemukan, mulai dari universitas negeri hingga sekolah tinggi swasta menyediakannya. 

Kelas yang disediakan biasanya adalah kelas malam dari Senin hingga Sabtu. Di beberapa kampus juga menyediakan kelas akhir pekan.

Kamu akan mempelajari mengenai pemograman dan hardware selama masa perkuliahan. Pendidikan bisa berjalan selama 4-5 tahun.

Sistem Informasi

Kemudian ada juga Sistem Informasi, jurusan ini lebih banyak mempelajari mengenai bagaimana memanajemen pembentukan sebuah sistem informasi atau program.

Jurusan kuliah yang bisa sambil kerja pada dasarnya cocok untuk kamu yang tertarik ke bagian pembentukan sistem informasi, tapi tidak menjadi programer.

Kamu dapat mengambil studi ini apabila memang sudah bekerja di bidang pembuatan sistem informasi. Sebab gelar S. Kom akan membuat tingkat kepercayaan klien naik.

Manajemen Informatika

Pilihan berikutnya adalah pendidikan dalam bidang manajemen, tapi manajemen di bidang komputer, yaitu manajemen informatika.

Jurusan kuliah yang bisa sambil kerja ini sangat cocok untuk bekerja di bidang web developer atau database administrator.

2. Manajemen

Sekolah tinggi manajemen menjadi pilihan utama para pekerja, apalagi yang sudah bekerja di bidang tersebut, misalnya menjadi staf admin.

Apabila hanya memiliki ijazah SMA, sangat sulit bagi staf untuk dapat naik jabatan. Oleh sebab itu, banyak yang mencari kelas kuliah malam manajemen agar dapat memperbaiki karier

Manajemen memang jurusan kuliah yang bisa sambil kerja yang paling mudah dan bisa cepat masa belajarnya. Banyak mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikan ini hanya 3,5 tahun.

Kamu yang ingin mendapatkan gelar tanpa harus menjalani kuliah dengan mata kuliah sulit, dapat memilih manajemen. Namun, bukan berarti kuliah hanya asal datang saja.

Justru ilmu yang diberikan dosen harus diserap dengan baik, karena akan mampu membantu dalam pekerjaan nantinya.

 Jurusan kuliah yang bisa sambil kerja menawarkan berbagai pilihan, seperti manajemen bisnis, manajemen keuangan, dan beberapa lainnya.

Setiap kampus mungkin saja menawarkan jurusan berbeda, sesuai kebijakan masing-masing. Hanya saja, kamu harus memastikan memilih sekolah tinggi dengan akreditasi minimal B.

Sebab akreditasi kampus dan jurusan yang baik akan membuat kamu dianggap memiliki kompetensi bagus sehingga akan memudahkan naik jabatan atau mendapat pekerjaan baru.

Dalam jurusan kuliah yang bisa sambil kerja ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara mengelola sebuah organisasi atau perusahaan, bisa juga spesifik ke bisnis atau keuangannya.

Apa saja yang dikelola? Bisa bermacam-macam, mulai dari sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, operasi, atau tergantung konsentrasi penjurusan.

3. Jurusan Psikologi

Jurusan kuliah yang bisa sambil kerja berikutnya adalah psikologi. Jika berhasil lulus, kamu akan bisa menjadi seorang psikolog.

Pendidikan normal yang ditempuh untuk menjadi psikolog adalah 4 tahun, paling cepat 3,5 tahun dan paling lambat 7 tahun.

Untuk mahasiswa jalur pekerja, biasanya pembelajaran akan lebih difokuskan dan dipadatkan waktunya sehingga bisa lulus tepat waktu.

Oleh sebab itu, jika kamu belajar dengan baik, maka akan cepat lulus dan bisa segera memperbaiki kondisi pekerjaan.

Dalam jurusan kuliah yang bisa sambil kerja ini, kamu akan mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia.

Kamu akan diajak mengenal diri sendiri, orang lain, serta bagaimana cara bersikap di lingkungan. Kemudian ilmu ini dapat diterapkan kepada orang lain.

Di dunia kerja psikolog dapat ditempatkan di berbagai bidang pekerjaan, seperti bagian HRD perusahaan, konsultan, trainer, atau bidang research and development.

Psikolog berbeda dengan psikiater, kamu hanya perlu masuk jurusan psikologi. Sedangkan psikiater harus masuk jurusan kedokteran umum, kemudian mengambil spesialisasi kejiwaan.

Proses menjadi psikolog jauh lebih singkat dibandingkan psikiater. Namun, lapangan kerjanya seluas psikiater, jadi kamu tidak perlu khawatir karena pasti dapat mengembangkan karier.

Jika sebelumnya kamu bekerja sebagai staf di sebuah perusahaan, dengan adanya gelar sebagai psikolog bisa ditempatkan sebagai manajer di bagian HRD atau departemen lainnya.

4. Ilmu Komunikasi 

Pilihan jurusan kuliah yang bisa sambil kerja berikutnya adalah ilmu komunikasi. Ini sangat cocok untuk kamu yang aktif dan suka berinteraksi dengan orang lain. 

Ilmu komunikasi secara garis besar akan mempelajari mengenai proses komunikasi dan bagaimana menyampaikan pesan dengan efektif.

Saat ini lulusan ilmu komunikasi sangat dibutuhkan di berbagai bidang usaha, baik produksi, distribusi, maupun bidang lainnya.

Hampir semua perusahaan memiliki satu departemen komunikasi yang menjadi penghubung ke dalam maupun luar perusahaan.

Banyak prospek pekerjaan yang bisa didapatkan lulusan ilmu komunikasi, sehingga dapat membantu kamu memperbaiki karier. 

Jurusan kuliah yang bisa sambil kerja biasanya menawarkan kelas mingguan, 2 kali seminggu atau pada malam hari. Jadi, sangat fleksibel bagi para pekerja.

Konsentrasi pelajarannya adalah pada public relation (PR), broadcasting, jurnalistik, dan advertising. Sehingga prospek kerjanya memang sangat luas.

Saat ini banyak lulusan ilmu komunikasi yang berkecimpung di dunia kreatif. Kamu juga akan mendapatkan kesempatan sama dalam mengembangkan karier.

Bahkan jika sudah menyelesaikan pendidikan, kamu bisa membuka bisnis sendiri. Bisa dengan membuka CV advertising atau membuka jasa layanan konsultasi.

Intinya, jika sudah mengantongi ijazah S1, maka banyak kesempatan terbuka. Mendapatkan penghasilan dalam jumlah besar juga makin terbuka.

Walaupun kamu saat ini diharuskan bekerja karena kondisi ekonomi kurang meyakinkan untuk kuliah, jangan berkecil hati sebab bisa tetap kuliah.

Caranya dengan memilih kelas kuliah malam atau di akhir pekan. Ada banyak pilihan jurusan bisa diambil, mulai dari bidang informatika, manajemen, psikologi, dan ilmu komunikasi.

Namun, paling penting untuk diketahui bahwa menjalankan dua aktivitas sekaligus tidak mudah. Jadi, kamu harus pintar-pintar mengatur waktu sehingga keduanya sejalan.

Kesimpulannya, kamu punya pilihan banyak jurusan kuliah yang bisa sambil kerja, jadi tetap semangat untuk mendapatkan pendidikan terbaik walau sudah menjadi pekerja.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta