Inilah 15 Jurusan Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja




Jurusan Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja – Sebelum kamu menentukan jurusan yang akan kamu ambil di jenjang perguruan tinggi, tentu pernah terpikir di benak kamu bukan untuk mengambil jurusan yang nantinya memiliki peluang kerja besar?

Bagaimanapun juga, jenjang perkuliahan akan menjadi persiapan untuk bekerja dan meniti karir di masa yang akan datang, bukan? Oleh karena itu, kamu pun tidak boleh sampai salah memilih jurusan yang justru akan membuat rasa sesal di kemudian hari. Untuk itu, penting memilih jurusan kuliah yang tepat, di mana merasa yakin dan mantap akan menjadi bekal masa depan.

Jurusan Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

pexels.com/@fauxels

Tak bisa dimungkiri, jurusan kuliah yang diambil sekarang dapat menentukan akan sukses dan tidaknya para lulusannya. Oleh sebab itu, tidak semua profesi akan menjanjikan penghasilan atau gaji tinggi seperti yang mungkin pernah kamu harapkan. Ada banyak jurusan kuliah yang bisa dijadikan pilihan untuk kamu mengenyam pendidikan di jenjang perguruan tinggi.




Bagi kamu yang punya prestasi belajar tinggi, kamu memiliki sedikit keistimewaan karena kamu akan lebih leluasa memilih jurusan tertentu ketika memasuki jenjang perkuliahan. Namun di luar itu semua, jangan lupa untuk pastikan jurusan kuliah yang kamu pilih tersebut nantinya bisa mendukung karir dan masa depan kamu ya!

Memang terdapat banyak jurusan kuliah yang akan menjanjikan kamu peluang kerja yang begitu luas. Namun, ada pula beberapa jurusan lainnya yang justru menjanjikan pendapatan besar dan akan membuat keuangan mapan di masa mendatang.

Untuk itu kenali dengan baik jurusan yang telah kamu pilih agar dapat menjanjikan kamu masa depan yang cerah. Guna memberikan pencerahan kepada kamu, berikut Mamikos berikan list jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

1. Jurusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Di Indonesia, hanya ada beberapa kampus saja yang memiliki jurusan teknik perminyakan dan pertambangan ini. Sehingga tidak heran bila peminatnya sangat tinggi sekali setiap tahunnya. Wajar saja, mengingat ada banyak sekali peluang kerja di bidang ini yang tersedia terutama ketika kamu mencari lowongan kerja Balikpapan yang dikenal sebagai sumber tambang dan minyak di tanah air. Untuk seorang lulusan teknik perminyakan dan pertambangan, sejumlah perusahaan besar akan siap menunggu dan memberikan kamu kesempatan berkarir yang cukup luas.

Hal ini juga tentunya didukung dengan gaji yang terbilang cukup besar. Sebagai gambaran untuk kamu, nantinya lulusan dari jurusan pertambangan dan perminyakan ini setidaknya bisa mengantongi gaji belasan juta rupiah per bulannya untuk para fresh graduate. Apalagi untuk para senior dan berpengalaman ya? Gajinya tentu akan cukup menggiurkan!




2. Jurusan Oseanografi

Seperti telah kita ketahui bersama, lebih dari 62% kepulauan Indonesia terdiri dari lautan, dan hampir 70% bagian dari dunia juga terdiri dari lautan. Dapat kamu bayangkan bukan betapa luasnya lahan pekerjaan dan kesempatan untuk berkarya bagi seorang sarjana Oseanografi? Karena alasan yang satu ini, tentu saja pemerintah Indonesia membutuhkan ahli kelautan yang mumpuni untuk dapat menjaga lautan. Tak hanya pemerintah saja, ternyata banyak pula industri perikanan dan kelautan lain yang sangat membutuhkan lulusan-lulusan Oseanografi ini loh!

Oseanografi sendiri adalah ilmu yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air laut yang dapat diaplikasikan ke bidang-bidang lainnya seperti rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut dan mitigasi (pengelolaan dan pencegahan). Nantinya ketika kamu mengambil jurusan ini, kamu akan diajari ilmu tentang laut mulai dari arus sampai ke fenomena laut teraneh di dunia. Tentu saja kamu akan menjadi tenaga langka yang dibutuhkan negara loh!

3. Jurusan Astronomi

Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit. Jurusan yang satu ini berasal dari pemikiran orang-orang yang memikirkan bagaimana alam semesta ini terbentuk. Untuk ilmu astronomi, Indonesia bisa dibilang masih harus berlari kencang untuk mengejar kemajuan. Tak heran jika negara kita sangat membutuhkan tenaga ahli untuk mengetahui aneka fenomena yang terjadi di antariksa bumi kita. Sehingga, jika ada peristiwa-peristiwa tertentu, kita bisa mendapatkan informasi terkini.

Untuk peluang kerja, kamu tidak usah meragukan jurusan yang satu ini. Karena ada banyak lembaga yang membutuhkan Astronom handal, seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini, kamu bisa mencoba mengenyam pendidikan di ITB Bandung. Apabila kamu berasal dari luar Kota Bandung, mungkin kamu bisa mencoba untuk merantau dan tinggal di sederetan kost Bandung murah yang ada disekitaran ITB.




4. Jurusan Kedokteran

Dari dulu hingga saat ini, kuliah dan mengambil jurusan kedokteran memang masih jadi salah satu yang favorit di Indonesia. Kamu bisa lebih leluasa memilih kampus untuk jurusan yang satu ini, mengingat saat ini sudah ada banyak kampus di Tanah Air yang memiliki fakultas kedokteran, baik itu kampus swasta maupun kampus negeri.

Menjadi seorang dokter akan memberikan kamu kesempatan yang luas untuk memiliki penghasilan yang tinggi, karena gaji dokter yang berkarir di sebuah rumah sakit swasta saat ini bisa saja mencapai puluhan juta rupiah per bulannya rupiah.

Bahkan jumlah gaji dokter karir ini bisa jauh lebih besar lagi bila menjadi dokter spesialis di bidang tertentu. Bukan hanya itu saja, jurusan yang satu ini juga kelak akan memungkinkan kamu untuk membuka klinik/tempat praktik sendiri, sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan lebih besar lagi. Menarik bukan?

5. Jurusan Ilmu Hukum

Tak hanya di pemerintahan, jurusan yang satu ini juga akan memberikan kamu kesempatan yang luas untuk berkarir sendiri atau bahkan melalui kantor-kantor pengacara (Advokad) besar di Indonesia. Hampir seluruh perguruan tinggi di tanah air memiliki jurusan ini dan menjadi favorit bagi para calon mahasiswa. Pada program studi Ilmu Hukum, para mahasiswa mempelajari segala sesuatu tentang hukum baik praktek ataupun teorinya.




Hukum mengatur bagaimana manusia bertindak dan bertingkah laku supaya tidak merugikan orang lain. Nantinya para lulusan ilmu hukum memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang sangat besar dengan berkarir sebagai Advokad atau bekerja sebagai staf legal pada perusahaan.

6. Jurusan Akuntansi

Kepopuleran jurusan yang satu ini memang sudah tidak usah kamu ragukan lagi. Hampir di seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, jurusan akuntansi menjadi jurusan yang paling diminati terutama bagi mereka yang sangat suka hitung-hitungan.




Peluang kerja untuk lulusan jurusan akuntansi pun sangat luas, karena hampir seluruh perusahaan membutuhkan jasa seorang akuntan. Para lulusan dari jurusan akuntansi pun dapat berkarir di perusahaan-perusahaan swasta atau bahkan menjadi seorang profesional dan bergabung di sebuah kantor akuntan publik.

Berbicara mengenai pendapatan, perlu kamu ketahui bahwa pendapatan seorang akuntan juga menjadi salah satu yang tertinggi di perusahaan. Tak heran bukan jika jurusan ini sangat layak dijadikan sebagai salah satu pilihan ketika kamu memasuki jenjang perkuliahan?

7. Jurusan Manajemen

Bagi kamu yang berniat untuk memilih kuliah jurusan yang satu ini, kamu juga memiliki kesempatan kerja cukup luas. Jurusan manajemen pada umumnya bisa dan dapat dengan mudah diterima untuk bekerja di perusahaan-perusahaan swasta. Sebab hampir semua perusahaan akan membutuhkan ahli manajemen di dalam operasionalnya terutama ketika kamu mencari lowongan kerja Jakarta. Penghasilan seorang lulusan jurusan manajemen juga sangat menjanjikan, terutama bagi kamu yang nantinya berkarir di perusahaan besar dan ternama.

8. Jurusan Tata Bahasa dan Sastra

Mungkin mendengar nama jurusan tata bahasa dan sastra, kamu cukup menolak untuk mengambil dan mengenyam pendidikan di bidang ini. Sebenarnya kamu tidak boleh menganggap remeh jurusan ini loh, karena meskipun sering dipandang sebelah mata jurusan ini sangat laku keras terutama di lingkungan kedutaan besar hingga perusahaan bisnis.

Mengapa demikian? Karena sederetan perusahaan besar sangat membutuhkan jasa seorang penerjemah untuk melancarkan komunikasi antara perusahaan mereka dengan perusahaan lain, pejabat maupun para investor? Merasa tertantang untuk mencobanya? Selain itu juga penerjemah tidak hanya ada di kalangan-kalangan atasa saja, banyak sekali lowongan kerja sebagai jasa penerjemah bahasa Online, Penerjemah subtitle film, penerjemah komik dan lain-lain.

9. Jurusan Pendidikan

Siapa bilang para lulusan pendidikan hanya akan mendapatkan pekerjaan sebagai pengajar atau guru formal saja. Kamu salah besar jika berpikiran seperti ini. Karena para lulusan jurusan pendidikan ini bisa menjadi guru bagi para difabel ataupun autis yang ternyata sangat dibutuhkan jasanya di luar negeri. Oleh karena itu, kamu tak perlu ragu untuk mengenyam pendidikan dengan mengambil jurusan pendidikan ini. Karena untuk masalah gaji, tentu akan sangat besar apabila kamu berhasil bekerja sebagai tenaga pendidik di luar sana.




10. Jurusan Psikologi

Bagi kamu yang memiliki minat kuliah di jurusan psikologi, kamu juga tidak perlu khawatir dengan perkembangan karir ke depannya. Hampir semua perusahaan akan membutuhkan tenaga di bidang ini, terutama perusahaan-perusahaan berskala besar. Gaji seorang lulusan ilmu psikologi juga cukup tinggi loh. Ditambah lagi kamu bisa membuka layanan konsultasi pribadi sendiri nantinya ketika sudah mengambil profesi setelah kamu menyelesaikan pendidikan sarjana kamu.

11. Jurusan Ilmu Bisnis

Jurusan yang satu ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk bekerja pada perusahaan milik orang lain, tapi juga bisa mengembangkan karir sendiri sebagai pebisnis. Bayangkan, berapa besar penghasilan yang bisa kamu dapatkan saat menjadi seorang pebisnis.




Seperti pepatah katakan bahwa pebisnis itu tidak memiliki batasan penghasilan, tidak seperti pegawai yang bergaji pasti tiap bulannya. Banyak orang yang sudah berhasil berbisnis mulai dari hal-hal kecil hingga hal besar, seperti sewa apartemen di Jakarta ternyata juga cukup menjadi bisnis yang menjanjikan loh.

12. Jurusan Logistik

Hingga dari beberapa waktu lalu, setiap tahunnya bisnis logistic memang tumbuh begitu pesat yakni sekitar 15 hingga 20 persen. Oleh karena itu, pemerintah pun berupaya untuk semakin membuat bisnis ini efisien. Salah satunya adalah dengan merekrut banyaknya karyawan baru yang kompeten di bidang ini.

Namun, kebanyakan dari para calon mahasiswa yang tidak tahu dan bahkan nggak tertarik dengan bidang ini karena bingung dengan lapangan pekerjaannya setelah lulus nanti. Padahal prospek kerja lulusan ini sangat besar dan dibutuhkan di berbagai industri, seperti penerbangan, perkereta apian, pelayaran, hingga kargo. Banyak kan?

13. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Mendengar kata pustakawan, mungkin banyak orang yang berpikir bahwa jurusan yang satu ini selalu berhubungan dengan seorang kutu buku. Nyatanya, seorang pustakawan sangat diperlukan agar kita semakin pandai, rapi, ringkas, efektif dan efisien dalam pembukuan ataupun penyusunan dokumen-dokumen lainnya. Setiap perusahaan pun juga membutuhkan pustakawan handal. Meskipun sudah ada teknologi canggih, tetap tetap saja dibutuhkan tenaga ahli.

Jurusan ilmu perpustakaan ini ternyata tidak hanya mempelajari tentang buku saja loh! Karena ilmu perpustakaan juga ingin menjadikan lulusannya tidak hanya ahli di bidang perpustakaan tetapi lebih tepatnya menjadi seorang yang dapat mengolah dan menyampaikan informasi dengan kemasan yang lebih modern. Sehingga banyak mata kuliah yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan ilmu perpustakaan sendiri.

14. Jurusan Teknik Informatika

Masih berhubungan dengan industri digital, kuliah dengan mengambil jurusan teknik informatika tentu akan menjadi salah satu yang paling menjanjikan di masa depan. Mengapa demikian? Karena peluang kerja di bidang ini masih terbilang sangat luas, begitu pula penghasilan yang bisa didapatkan. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di bidang ini.

Karena kemajuan Internet dan konektivitas sudah sangat pesat, perusahaan jadi bisa mengumpulkan berbagai macam informasi dan data dengan sangat cepat, misalnya, data-data untuk memahami tren dan perilaku konsumen.

Masalahnya, sebagian besar data yang terkumpul tersebut biasanya masih sangat “mentah” sehingga susah dipahami para CEO dan pengambil keputusan di perusahaan. Nah, para lulusan teknik informatika inilah lah yang nantinya bertugas mengolah dan menginterpretasikan data-data tersebut, sehingga menjadi sebuah informasi yang terstruktur dan berguna buat perusahaan. Profesi untuk para lulusan teknik informatika ini adalah salah satu profesi yang paling dibutuhkan dan cepat berkembang, serta di proyeksikan tumbuh antara 3% – 7% hingga tahun 2022.

15. Jurusan Teknik Nuklir

Nuklir tidak selalu harus berkaitan dengan bom ya! Ketika kamu mengambil jurusan teknik nuklir ini, nantinya kamu akan diajari seputar radiasi nuklir, reaktor nuklir, yang semua tujuannya murni digunakan untuk bidang-bidang lain seperti kedokteran ataupun pertanian. Sejauh ini belum perguruan tinggi yang menawarkan jurusan teknik nuklir. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengenyam pendidikan di UGM dan menempati kost Jogja murah jika ingin mengambil jurusan teknik nuklir.

Nantinya setelah kamu menyelesaikan pendidikan kamu di jurusan teknik nuklir, ada banyak perusahaan bergengsi yang siap merekrut kamu dan menjadi tempat kamu meniti karir. Tak hanya itu saja, tedapat juga banyak pilihan untuk berkarya di salah satu lembaga pemerintahan. Urusan gaji, yang ditawarkan pun relatif cukup tinggi karena bayarannya pun bisa puluhan hingga ratusan juta, loh! Nah, sekarang masih menganggap remeh jurusan tersebut?

Merasa jurusan-jurusan diatas ada yang sesuai dengan minat dan bakat kamu? Jika iya, kamu cukup beruntung dan kembangkan minat serta bakat kamu itu dengan mengambil jurusan tersebut di jenjang perkuliahan nantinya. Untuk kamu yang merasa jurusan-jurusan diatas belum ada yang sesuai dengan minat kamu, tak perlu khawatir. Masih banyak profesi menarik dan bermasa depan cerah lainnya yang akan dibahas di situs Mamikos.

Jika kamu tidak ingin ketinggalan informasinya, segera download aplikasi Mamikos di Play Store di ponsel kesayangan. Tak hanya informasi menarik saja yang akan kamu dapatkan, kamu juga bisa menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga lowongan kerja di seluruh Indonesia di aplikasi ini.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta