11 Tips Mengatasi Bosan dan Jenuh dalam Bekerja Agar Bisa Kembali Produktif

11 Tips Mengatasi Bosan dan Jenuh dalam Bekerja Agar Bisa Kembali Produktif – Pernahkah kamu merasa jenuh dengan pekerjaan atau rutinitas sehari-hari?

Merasa jenuh dan bosan dengan pekerjaan dapat menghambat produktivitas kita. Lalu, apakah yang sebaiknya kamu lakukan untuk mengatasinya dan kembali bekerja dengan baik?

Berikut ini ada beberapa tips mengatasi jenuh dengan pekerjaan agar bisa kembali produktif bagi kamu yang ingin kembali bersemangat untuk bekerja.

Tips Mengatasi Bosan dan Jenuh dalam Bekerja

https://www.freepik.com/author/onlyyouqj

Merasa bosan dengan pekerjaan yang sedang kita lakukan adalah hal yang wajar. Namun, akan berbeda ketika sudah merasa jenuh.

Ketika sudah merasa jenuh, seseorang akan merasa lelah secara emosi, fisik, dan psikologis akibat melakukan pekerjaan atau rutinitas.

Hal ini bisa membuat seseorang kehilangan minat, kemauan, hingga tidak mampu mengerjakan suatu pekerjaan itu lagi.

Penyebab Bosan dan Jenuh dalam Bekerja

Penyebab bosan dan jenuh bisa bermacam-macam. Pertama, risiko bosan dan jenuh muncul karena pekerja melakukan pekerjaan yang berulang tanpa adanya jenjang karier.

Penyebab kedua bisa berasal dari dedikasi pekerja yang terlalu lama di suatu perusahaan.

Pekerja yang sudah bekerja selama lebih dari 15 tahun lebih rentan merasa bosan dan jenuh daripada pekerja yang bekerja selama kurang dari 5 tahun.

Hal ini bisa terjadi karena semakin lama, mereka merasa bahwa upaya mereka tidak dihargai oleh perusahaan. Akibatnya, mereka cenderung mengabaikan tanggung jawab.

Berikutnya, lingkungan kerja yang kurang sehat juga bisa membuat seseorang merasa jenuh dengan pekerjaannya. Misalnya, ruangan yang sempit dengan pencahayaan yang kurang baik bisa menyebabkan stres.

Selain itu, budaya kerja, serta sikap dan interaksi dengan rekan pekerja juga dapat mempengaruhi rasa bosan dan jenuh.

Misalnya, atasan yang terlalu demanding dan rekan yang suka bergosip membuat lingkungan tidak nyaman.

Ditambah lagi kurangnya work-life balance, yaitu ketika pekerja kurang waktu untuk kehidupan pribadi akibat dari tuntutan pekerjaan yang tinggi.

Mengapa Bosan dan Jenuh Perlu Diatasi?

Rasa jenuh sebenarnya adalah masalah yang cukup serius untuk dialami para pekerja. Namun, rasa jenuh cenderung dibiarkan begitu saja dan bahkan dipandang sebelah mata.

Padahal, rasa jenuh dan bosan yang dialami pekerja dapat berdampak serius pada pekerjaan. Hal tersebut tentunya akan memiliki dampak terhadap efisiensi perusahaan juga.

Misalnya, karyawan mungkin saja melakukan banyak kesalahan dalam pekerjaan yang tidak sulit, atau memerlukan tenaga dan waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya remeh.

Rasa bosan dan jenuh yang terus berlanjut mungkin saja akan merugikan pekerja itu sendiri dan perusahaan yang mempekerjakannya. Untuk itu, rasa bosan dan jenuh sebaiknya diatasi dengan serius.

Ini Dia Tips Mengatasi Jenuh dan Bosan dalam Bekerja

https://www.freepik.com/author/benzoix

Sebagai seorang pekerja, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh dalam bekerja agar kamu bisa kembali bekerja dengan produktif.

1. Melakukan Hal Menyenangkan

Tips pertama agar tidak bosan dan jenuh saat bekerja adalah melakukan hal yang menyenangkan saat bekerja. Contohnya, mendengarkan musik favorit ketika sedang mengejar batas waktu pekerjaan.

Mendengarkan musik favorit atau musik yang bersemangat bisa membantu meningkatkan mood. Kamu juga bisa membawa camilan untuk dimakan di waktu luang.

Selain itu, membuat suasana kerja tetap menyenangkan dan nyaman bagimu juga penting. Misalnya, jika kamu suka bekerja sendiri, maka lakukan hal itu agar kamu bisa fokus dan nyaman.

2. Berbagi dengan Rekan Kerja

Ketika merasa bosan dan jenuh, pikiran menjadi penat dan menghambat fokus kita dalam bekerja. Jika kamu mengalami hal itu, cobalah untuk ngobrol dengan rekan kerja di jam istirahat atau setelah pulang.

Kamu dan rekan kerjamu bisa saling berbagi tentang bagaimana mengatasi rasa jenuh, keluhan dalam pekerjaan, atau hal-hal lainnya.

Cara ini bisa membantu kamu mengurangi rasa penat dan sekaligus melatih kemampuan bersosialisasi.

3. Mendekorasi Meja Kerja

Suasana ruang kerja bisa menjadi faktor penting dalam bekerja. Sebab, ruang kerja adalah tempat kita bekerja sehari-hari yang akan terus ditempati.

Untuk mengatasi bosan dan jenuh, kamu bisa mencoba untuk mengatur ulang meja kerjamu. Jika memungkinkan, kamu bisa menaruh beberapa hiasan yang membuat kamu senang dan bersemangat.

Misalnya, foto keluarga, bunga, bahkan gambar idola. Cara lainnya adalah dengan merapikan meja kerja dan menata barang-barang di meja agar menjadi lebih nyaman dan segar untukmu.

4. Mengurangi Lembur

Bekerja lembur bukanlah hal yang salah. Terkadang, kita memang memerlukan waktu lembur untuk mengejar target atau menyelesaikan pekerjaan yang harus segera diberikan ke atasan.

Akan tetapi, ketika pikiran sedang lelah dan berada di titik jenuh, sebaiknya kamu menghindari kerja lembur. Sebagai gantinya, kamu bisa mencicil pekerjaan agar tidak harus lembur.

5. Waktu Tidur yang Cukup

Mengurangi waktu lembur di atas juga dapat membantu kamu agar tetap memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu sekitar 5-8 jam.

Selain berpengaruh pada kesehatan, waktu tidur juga mempengaruhi mood kamu keesokan harinya. Tentu saja hal ini berdampak pada pekerjaan dan meningkatkan stres.

6. Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan adalah hal yang baik. Pekerjaan kita memang haruslah dikerjakan dengan sebaik-baiknya.

Namun, perlu diingat bahwa kamu juga punya kehidupan pribadi. Merasa jenuh bisa menjadi akibat karena terlalu fokus bekerja.

Cobalah sediakan waktu untuk diri sendiri. Misalnya makan makanan kesukaan dan membeli hal-hal yang kamu suka untuk mengapresiasi diri sendiri.

7. Melatih Pikiran Positif

Ada kalanya bosan dan jenuh timbul karena pekerjaan yang banyak atau tekanan yang berat. Hal tersebut bisa membuat kamu merasa tidak percaya diri atau berpikiran negatif.

Untuk itu, kamu perlu melatih pikiran agar tetap positif. Bisa saja, tekanan dan pekerjaan yang terkesan banyak berasal dari pikiranmu sendiri.

Padahal, dengan kemampuan yang kamu miliki, semua itu bisa diselesaikan.

Selain itu, pahamilah bahwa kamu beruntung karena masih memiliki pekerjaan yang layak saat orang lain mungkin sangat menginginkannya.

8. Menikmati Pekerjaan

Tidak ada pekerjaan yang tanpa masalah atau tanpa kesulitan. Oleh sebab itu, ketika ada hal sulit yang membuatmu semakin jenuh, kamu tidak perlu khawatir.

Sebaliknya, nikmatilah pekerjaan itu dan anggap saja kesulitan yang kamu alami sebagai sebuah tantangan.

9. Meluangkan Waktu untuk Istirahat

Rasa bosan dan jenuh juga bisa muncul karena kita bekerja terus-menerus. Untuk mengatasinya, manfaatkanlah waktu istirahat atau waktu luang untuk benar-benar beristirahat.

Apabila kamu ngobrol dengan kolega di luar jam kerja, usahakan bicarakan hal lain dan pisahkan dari hal-hal terkait pekerjaan.

10. Mengingat Rencana Masa Depan

Salah satu hal yang menjadi pemicu semangat adalah rencana masa depan yang dimiliki seseorang.

Ingatlah kembali visi misi dalam bekerja. Misalnya, ingin membeli rumah, ingin membawa orang tua pergi umrah, atau menabung untuk menikah.

11. Mencari Penyebab Rasa Jenuh

Rasa bosan dan jenuh bisa saja datang secara tiba-tiba. Akan tetapi, selalu ada hal yang menjadi pemicunya.

Mungkin dari tenggat waktu yang terlalu singkat, masalah dengan kolega, atau mungkin masalah upah yang kamu terima.

Jika memungkinkan, kamu bisa mendiskusikan hal tersebut dengan atasan. Dengan mengetahui pemicu bosan dan jenuh, kamu pun bisa mencari solusi yang tepat.

Penutup

Demikian tips mengatasi bosan dan jenuh dalam bekerja agar bisa kembali produktif. Penting untuk mengetahui penyebab bosan dan jenuh untuk mencari solusinya.

Jika kamu berhasil mengidentifikasinya, maka kamu bisa melakukan tips dan cara yang tepat untuk mengatasinya. Semoga informasi di atas bisa membantu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Murah

Kost Bandung Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Kost Surabaya Murah

Kost Semarang Murah

Kost Malang Murah

Kost Solo Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Medan Murah