Salah Satu Bentuk Latihan untuk Meningkatkan Kelincahan Adalah?

Salah Satu Bentuk Latihan untuk Meningkatkan Kelincahan Adalah? — Salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan adalah lari bolak-balik atau shuttle run.

Karena olahraga ini dilakukan dengan cara kamu harus berlari secepat mungkin menuju satu titik. Lalu secara cepat berubah ke arah sebaliknya dan melanjutkan berlari dengan kencang.

Untuk tahu cara lengkapnya agar kelincahan kamu bertambah, cek info Mamikos berikut.

Bagaimana Meningkatkan Kelincahan dengan Shuttle Run?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan adalah dengan melakukan gerakan lari bolak-balik.

Kamu bisa meningkatkan kecepatan dan kelincahan jasmani kamu dengan cara menentukan satu titik poin sebagai arah tujuan berlari. Sesampainya di titik tersebut, kamu bisa membalikkan badan ke arah sebaliknya dan meneruskan berlari cepat.

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah agar tubuh selalu sehat dan memiliki metabolisme yang baik.

Agar tubuh menjadi semakin bugar, kamu bisa mengulangi gerakan shuttle run ini sekitar 6-8 kali. Namun, bagi kamu yang baru memulai disarankan untuk mengulanginya tidak lebih dari 3 kali, karena butuh perlu penyesuaian.

Kamu bisa rutin melakukan olahraga dengan cara lari bolak-balik ini pada saat pagi atau sore hari selepas melakukan aktivitas.

Aktivitas latihan ini cukup sederhana dan bisa dilakukan di manapun. Kamu juga tidak memerlukan biaya untuk membeli alat olahraga tambahan lainnya.

Meningkatkan Kelincahan dan Kecepatan Tubuh dengan Squat Thrust

Selain dengan cara shuttle run, kamu juga bisa meningkatkan kelincahan dengan posisi jongkok dan berdiri. Gerakan ini disebut dengan squat thrust.

Squat thrust merupakan salah satu bentuk latihan yang bisa kamu lakukan dengan posisi berdiri.

Lalu pada hitungan kesatu, kamu bisa jongkok dengan kedua lantai berada di lantai, kemudian kaki dilempar ke arah belakang. Selanjutnya, kamu bisa kembali jongkok dan berubah arah berdiri.

Kamu bisa melakukan gerakan squat thrust untuk meningkatkan kecepatan ini di dalam rumah, karena tidak memerlukan tempat yang luas.

Kamu hanya perlu menyiapkan peralatan olahraga sederhana, seperti sepatu dan matras agar semakin nyaman karena tidak langsung bersentuhan dengan lantai yang keras.

Nah, jadi salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan adalah dengan melakukan gerakan shuttle run ataupun squat thrust.

Kamu bebas untu memilih mana yang lebih kamu suka, atau yang paling sanggup kamu lakukan. Selain itu kamu juga bisa mengombinasikan kedua latihan ini.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta