Daftar Film Horor Indonesia yang Wajib Ditonton November 2018!

Daftar Film Horor Indonesia yang Wajib Ditonton November 2018! – Film horor adalah film yang berusaha untuk memancing emosi berupa ketakutan dan rasa ngeri dari penontonnya. Alur cerita mereka sering melibatkan tema-tema kematian, supranatural, atau penyakit mental. Banyak cerita film horor yang berpusat pada sebuah tokoh antagonis tertentu yang jahat.

Sebelum Perang Dunia II, film horor sebagian besar dibuat berdasarkan dari karya-karya sastra klasik bertema gotik atau horor dari negara-negara Barat, seperti Drakula (1931), Frankenstein (1931), The Phantom of the Opera (1925), dan Dr Jekyll and Mr. Hyde (1941).

Daftar Film Horor Indonesia yang Wajib Ditonton November 2018!

Dalam dunia perfilman yang lebih baru, film horor sering menarik inspirasi dari kegelisahan hidup yang timbul setelah Perang Dunia II, sehingga terciptalah tiga sub-ragam yang berbeda namun saling berhubungan di Amerika Serikat di mana industri film horor berkembang sangat pesat. Ketiga sub-ragam tersebut adalah: horor-kepribadian seperti film Psycho (1960), horor-kiamat seperti film Invasion of The Body Snatchers (1956), dan horor-setan seperti film The Exorcist (1973). Dari sudut pandang industri film horor Amerika, sub-ragam yang terakhir dapat dilihat sebagai transisi modern dari film horor lama, di mana penekanan pada agen-agen supranatural yang membawa kengerian bagi dunia semakin diutamakan.

Film horor umumnya telah diasosiasikan dengan kekerasan, anggaran yang rendah (B film), dan eksploitasi. Namun nyatanya banyak sutradara film dari Amerika yang terkenal dan dihormati seperti Alfred Hitchcock, Roman Polanski, Stanley Kubrick, John Carpenter, William Friedkin, Richard Donner, dan Francis Ford Coppola telah menggarap setidaknya satu judul film dalam ragam yang unik ini. Para kritikus film horor kebanyakan menganalisa film ragam ini dari sudut pandang teori ragam dan teori auteur.

Beberapa film horor memasukkan unsur-unsur ragam lain seperti fiksi ilmiah, fantasi, mockumentary, komedi hitam, dan cerita getaran, yang menciptakan sebuah perpaduan atau sub-ragam yang baru.

Nah, di bulan November ini banyak film horor Indonesia yang akan tayang, lho. Apa saja?

1. Suzzana: Bernafas Dalam Kubur

Suzzanna: Bernapas dalam Kubur merupakan film horor Indonesia yang akan diluncurkan pada 15 November 2018. Film ini disutradarai oleh Rocky Soraya dan Anggy Umbara. Film ini dibintangi oleh Luna Maya, Herjunot Ali, Clift Sangra, Teuku Rifnu Wikana, Alex Abbad, Verdi Solaiman, Kiki Narendra, Asri Welas, Opie Kumis, dan Ence Bagus. Film ini akan ‘melahirkan kembali’ sosok legendaris yang juga dijuluki “ratu film horor nasional”, Suzanna.

2. The Returning

The Returning: Ada Jiwa yang Tak Seharusnya Kembali merupakan film horor Indonesia tahun 2018 yang disutradarai oleh Witra Asliga serta dibintangi oleh Ario Bayu dan Laura Basuki.

Film ini bercerita tentang Natalie yang tengah berduka karena suaminya, Colin, dinyatakan hilang saat pendakian tebing yang dilakukannya berakibat fatal. Putra-putri mereka, Maggie dan Dom, turut larut dalam kesedihan meski berupaya untuk bangkit dan melanjutkan hidup.

Natalie menyibukkan diri dengan pekerjaannya sebagai pengrajin tanah liat untuk menyokong galeri seni yang dimiliki oleh temannya, Yasmin. Maggie mulai membuka hati pada seniornya di sekolah, Ricky, yang baru dikenalnya. Sementara sahabat kecilnya, Hendra, diam-diam mengkhawatirkannya. Dom yang pandai dan jago menggambar justru belum dapat berbicara normal walau sudah menginjak bangku SD dan kerap di-bully oleh teman-temannya. Beberapa waktu kemudian, Colin kembali secara misterius. Kejanggalan demi kejanggalan mulai bermunculan. Apa yang sesungguhnya ‘menyertai’ kepulangan Colin mungkin akan mengancam keutuhan keluarga mereka.

3. Dongeng Mistis

Dongeng Mistis merupakan film horor Indonesia terbaru 2018. Film ini disutradrai oleh Andra Fembriarto, Achmad Romie, Kristian Pancanugroho, Ihsan Fadli, Vicky Ray dan Orizon Astonia. Keenam sutradara tersebut akan secara bersama sama menggarap keenam segmen ‘Dongeng Mistis’.

“Dongeng Mistis” sendiri akan dibintangi oleh Gandhi Fernando (Tuyul Part 1, Midnight Show, Mantan), Dea Ananda (Pizza Man, Pinky Promise), Maryam Supraba (Sebelum Pagi Terulang Kembali, Kisah 3 Titik), Putri Ayudya (Bangkit!, Guru Bangsa Tjokroaminoto) dan Btari Chinta.

Film Dongeng Mistis diproduksi oleh rumah produksi hasil kolaborasi antara Renee Pictures bersama Super 8MM Studio dan Crossfade. Filin ini juga akan mengangkat format omnibus. Omnibus sendiri merupakan sebuah kumpulan dari beberapa film pendek. Kumpulan film tersebut kemudia dikemas menjadi satu film serta digarap oleh sutradara yang berbeda-beda.

Dalam film Dongeng Mistis akan mengangkat serta menampilkan enam sosok hantu yang sangat populer di berbagai daerah Indonesia. Hatu-hantu tersbut yaitu mulai dari Pocong, Leak, Bayi Bajang, Sundel Bolong, Begu Ganjang (Monster Jangkung legenda di Tano Batak), dan Genderuwo.

Penggunaan enam hantu yang sangat erat dengan kultur kebudayaan Indonesia ini bertujuan agar menghadirkan sebuah teror yang dapat memancing penoton takut, karena seperti kenyatan. Film Dongeng Mistis sendiri akan tayang serta rilis di bioskop pada pertengahan tahun 2018.

4. Tujuh Bidadari

Tujuh Bidadari menceritakan tentang sebuah Girl Band terkenal dari Indonesia beranggotakan beranggotakan 7 cewek cantik. Mereka datang berlibur ke Melbourne Australia dan kemudian berkenalan dengan seorang penyanyi lokal bernama Mark.

Bersama Mark, mereka mengunjungi Aradale Lunatic Asylum, bekas rumah sakit jiwa angker yang menyimpan sejarah kelam dan mengerikan. Di tengah keadaan genting penuh keanehan, terkuak rahasia dibalik tembok tebal yang telah ada sejak tahun 1866. Film ini bisa kalian saksikan di bioskop mulai 1 November 2018.

5. Wahana Rumah Hantu

Film Wahana Rumah Hantu bercerita tentang Dulung, seorang anak yang memiliki kelebihan melihat sesuatu yang tak kasat mata. Dulung kemudian berkenalan dengan Aurel dan Sky, dua orang murid pindahan yang juga tetangga dan satu sekolah dengan Dulung.

Singkat cerita, petualangan mereka membawa Dulung dan Aurel akhirnya terjebak untuk menuntaskan urusan Erzia, hantu di sekolah yang ganas, dan Michele, sang penghuni Wahana Rumah Hantu. Dapatkah Dulung dan Aurel menuntaskan urusan Erzia dan Michele? Film ini bisa kalian saksikan di bioskop mulai 8 November 2018.

 

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: