Biaya Kuliah Universitas Islam Bandung (UNISBA) 2021/2022

Biaya Kuliah Universitas Islam Bandung (UNISBA) 2021/2022 – Universitas Islam Bandung seringkali disingkat UNISBA adalah kampus swasta bernuansa Islami di Bandung. Kampus swasta ini tidak kalah dengan kampus negeri favorit di kota yang sama, sehingga persaingan masuk UNISBA pun terbilang ketat. Setelah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa UNISBA, biaya kuliah tentu wajib dibayarkan. Sebagai persiapan keuangan, Mamikos akan memberikan referensi biaya kuliah UNISBA 2021/2022.

Informasi Seputar UNISBA

Universitas Islam Bandung (UNISBA) yang juga dikenal dengan julukan Kampus Biru atau Kampus Perjuangan memiliki lokasi strategis. UNISBA terdapat di Jalan Tamansari No.1, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116. Kemudahan transportasi menuju lokasi Kampus UNISBA menjadi nilai lebih karena mahasiswa tidak perlu khawatir akan terlambat.

UNISBA rutin menyelenggarakan acara untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa maupun alumninya. Kamu dapat melihat update informasi tersebut di website resmi atau sosial media UNISBA. Harapannya, lulusan UNISBA bisa berkompetisi dan bersaing setelah menyelesaikan studi. UNISBA juga dikenal sebagai kampus yang memberikan pendidikan agama Islam sejak pertama masuk dengan adanya pesantren mahasiswa. Tidak hanya itu, setelah lulus, alumni pun bisa menjalani program pesantren sarjana.

Biaya Kuliah di UNISBA

Saatnya kamu mencari tahu biaya kuliah yang harus dikeluarkan selama menjalani studi di UNISBA. Biaya studi antara satu jurusan dengan jurusan lain berbeda karena kegiatan perkuliahan di dalamnya. Jurusan yang memerlukan tambahan kegiatan praktikum biasanya lebih mahal karena berkaitan dengan biaya praktik. Berikut adalah biaya kuliah di UNISBA yang sudah dibagi berdasarkan kategori fakultas.

Keterangan Biaya-Biaya yang Berlaku di UNISBA

  1. Biaya Infak Pengembangan Universitas (IPU) merupakan biaya yang pembayarannya dapat diangsur selama 2 semester (1 tahun). Angsuran pertama sebesar 50% dilakukan saat registrasi semester 1, sedangkan angsuran kedua dilakukan semester 2.
  2. Infak Pengembangan Fakultas (IPF) adalah biaya yang wajib dibayar mahasiswa saat registrasi semester 1. Biaya IPF dibayarkan satu kali. Bagi mahasiswa yang mendaftar Program Studi Kedokteran, terdapat penambahan biaya IPF dengan kelipatan 15 juta.
  3. Infak Kuliah Tetap (IKT) adalah biaya yang dibayar per tahun. Pembayaran 50% dilakukan pada semester 1 dan sisanya pada semester 2. Biaya IKT meliputi uang praktikum, sehingga mahasiswa tidak akan dikenakan biaya tambahan.
  4. Infak Satuan Kredit Semester (ISKS) adalah biaya yang dibayar mahasiswa sesuai jumlah SKS yang diambil.
  5. Infak Pelayanan Kesehatan (IPK) adalah biaya yang dikeluarkan mahasiswa setiap tahun selama berstatus aktif. Mahasiswa bisa bebas membayar IPK apabila pada tahun kedua dan seterusnya memindahkan status Faskes BPJS ke Poliklinik UNISBA.
  6. Fasilitas Air Minum (Tumbler) adalah biaya yang dibayar satu kali pada semester 1 saat menjadi mahasiswa.
  7. Biaya Baitul Maal adalah biaya yang wajib dibayar satu kali saat menjadi mahasiswa.

Cara Mendapatkan Tambahan Biaya Kuliah di UNISBA

Biaya kuliah terkadang menjadi kendala bagi mahasiswa yang kesulitan finansial. Tentu bukan masalah besar jika mahasiswa masih mendapatkan kiriman uang dari orang tua. Namun, jika kondisi orang tua pas-pasan atau mahasiswa tidak mendapatkan uang sama, sekali, pasti akan sulit. Berikut ini adalah tips dari Mamikos agar perkuliahan di UNISBA lancar tanpa harus khawatir tentang biaya.

1. Bekerja Part Time di Sekitar UNISBA

Waktu kuliah yang cukup luang bisa kamu manfaatkan untuk bekerja part time. Sepulang kuliah, kamu dapat bekerja di sekitar kampus, seperti tempat fotokopi, tempat makan, atau warung internet. Pastikan bahwa kompensasi yang kamu terima sudah sebanding dengan beban kerjamu. Dengan mengambil kerja part time, kamu juga akan terlatih bisa memanage waktu dengan baik. Jagalah kesehatan karena kamu akan menjalani dua aktivitas yang sama-sama penting, yaitu kuliah dan bekerja.

2. Mendaftar Beasiswa di UNISBA

Prestasi akademik yang cemerlang semestinya menjadi motivasimu untuk mendaftar peluang beasiswa dari UNISBA. Adanya beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa UNISBA berprestasi perlu kamu usahakan. Selain beasiswa dari UNISBA langsung, ada pula beasiswa yang ditawarkan pemerintah atau swasta.

3. Berjualan Sambil Kuliah di UNISBA

Tidak ada salahnya belajar berwirausaha sambil kuliah di UNISBA. Jika kost atau tempat tinggalmu dekat dari pusat perbelanjaan atau pasar, bukalah jasa membelikan sarapan. Kamu juga bisa mencoba peluang untuk menjual kembali jajan pasar dari pasar kepada teman-teman. Meskipun keuntungannya tidak terlalu banyak, tetapi kondisi keuanganmu akan tertolong.

4. Mengajukan Keringanan Biaya Pendidikan

Ajukan keringanan biaya kuliah di UNISBA apabila kamu benar-benar mengalami kesulitan ekonomi. Mula-mula, kamu bisa berkonsultasi pada Dosen Pembimbing Akademik agar diarahkan ke proses selanjutnya. Pengajuan surat keringanan biaya kuliah bisa diberikan kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan.

Jabarkan dengan rinci masalah yang kamu alami. Biasanya, pihak universitas akan menanyakan kelengkapan berkas, seperti slip gaji orang tua dan slip pembayaran listrik. Karena syarat yang ditetapkan setiap kampus tidak sama, cari tahu terlebih dahulu syarat yang ditetapkan. Pihak kampus bisa memberikan toleransi pembayaran SPP hingga keringanan biaya.

Demikian informasi mengenai biaya kuliah Universitas Islam Bandung (UNISBA) tahun 2021/2022. Lakukan persiapan yang matang agar bisa diterima di UNISBA. Tidak hanya persiapan finansial saja, kamu juga wajib mempersiapkan hunian nyaman, apalagi jika kamu adalah mahasiswa rantau di Bandung.

Jangan khawatir apabila kamu baru pertama kali datang ke kota ini karena Mamikos sebagai aplikasi pencari kost terbaik akan membantumu. Langsung saja download Mamikos di ponsel dan lakukan pencarian kost nyaman berdasarkan filter yang kamu inginkan. Tanpa perlu menunggu lama, kost idamanmu bisa didapatkan hanya dengan melakukan survey secara online. Setelah yakin dengan kost tersebut, lakukan booking kamar dan kamar kostmu langsung siap ketika kamu datang. Mudah dan praktis, bukan?


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta