Biaya Pendaftaran Sekolah Kedinasan PKN STAN, IPDN, Poltekim, Poltekip dan STIS

Biaya pendaftaran sekolah kedinasan PKN STAN, IPDN, Poltekim, Poltekip dan STIS – Bisa diterima untuk studi di sekolah kedinasan merupakan suatu kebanggaan. Apalagi jika biaya studi di sekolah kedinasan dan fasilitasnya sangat lengkap sampai lulus nanti.

Informasi Biaya Pendaftaran di Sekolah Kedinasan

https://poltekim.ac.id/

Bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri di sekolah kedinasan, ada banyak persiapan yang perlu kamu lakukan. Sebab, bukan menjadi rahasia lagi jika seleksi di sekolah kedinasan sangat ketat dan tidak hanya menyeleksi masalah akademik saja.

Sebagai pendaftar di sekolah kedinasan, kamu wajib lulus dalam serangkaian bentuk seleksi. Misalnya saja tes di bidang akademik, tes fisik, hingga tes wawancara. Apabila dalam seleksinya diberlakukan sistem gugur, ketika kamu tidak lulus di salah satu jenis seleksi maka kamu tidak dapat meneruskan ke tahap berikutnya.

Untuk bisa mengikuti seleksi yang ada di sekolah kedinasan, kamu perlu membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu. Pada artikel ini, Mamikos akan mengulas informasi terkait biaya pendaftaran sekolah kedinasan seperti PKN STAN, IPDN, Poltekim, Poltekip, dan STIS.

Biaya Pendaftaran Sekolah Kedinasan PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) adalah salah satu sekolah kedinasan yang banyak diminati. Setiap tahun, antusiasme pendaftar PKN STAN selalu tinggi.

Untuk bisa menjadi mahasiswa di PKN STAN, ada beberapa tahapan seleksi yang wajib diikuti, seperti:

  1. Seleksi administrasi, baik untuk kamu yang mengikuti program reguler maupun program afirmasi di PKN STAN
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilakukan di bawah naungan Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta dijalankan dengan sistem CAT. Materi yang diujikan pada SKD STAN mencakup TKP, TWK, dan TIU. Jika memenuhi nilai ambang batas SKD di PKN STAN atau termasuk di peringkat yang sesuai ketentuan, kamu bisa lulus seleksi dan maju ke tahap berikutnya.
  3. Seleksi lanjutan I. Seleksi tersebut meliputi tes kesehatan dan kebugaran (pemeriksaan tinggi badan, berat badan, visus mata, lari, push up, sit up, dan sebagainya) dan tes psikologi (menggunakan sistem CBT)
  4. Seleksi lanjutan II, yaitu seleksi wawancara secara online melalui video konferensi

Biaya pendaftaran di PKN STAN tahun 2022 memang belum dirilis secara resmi. Namun, kamu dapat menjadikan acuan biaya pendaftaran di tahun sebelumnya sebagai referensi.

Biaya pendaftaran masuk PKN STAN tahun 2020/2021 sebesar 300 ribu rupiah. Biaya pendaftaran tersebut mengalami kenaikan di tahun 2021/2022 menjadi 350 ribu rupiah.

Biaya Pendaftaran Sekolah Kedinasan IPDN

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) membuka kesempatan untuk kamu yang ingin menjadi calon praja. Sekolah kedinasan ini banyak dituju para lulusan sekolah menengah karena membuka kesempatan menjadi pegawai pemerintah setelah lulus nanti.

Seleksi yang diberlakukan di IPDN ada beberapa tahapan dengan sistem gugur yang meliputi:

  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di bawah naungan Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta dijalankan dengan sistem CAT. Materi yang diujikan pada SKD di IPDN adalah TKP, TWK, dan TIU.
  2. Tes kesehatan tahap I yang dilaksanakan di Rumah Sakit Bhayangkara POLDA
  3. Tes Psikologi integritas dan kejujuran yang dilaksanakan oleh Biro SDM POLDA
  4. Pantukhir yang meliputi verifikasi faktual dokumen persyaratan administrasi pendaftaran, tes kesehatan tahap ii, serta tes kesamaptaan dan pemeriksaan penampilan

Biaya pendaftaran untuk masuk sekolah kedinasan IPDN tahun 2021 sebesar 50 ribu rupiah. Biaya tersebut dibayarkan oleh peserta agar bisa mengikuti tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sementara itu, calon praja yang sudah diterima di IPDN tidak dikenakan biaya studi, bahkan sudah diberikan tempat tinggal berupa asrama. Namun, kamu tetap perlu mempersiapkan biaya tambahan, misalnya biaya hidup dan biaya lain-lain yang sifatnya darurat.

Biaya Pendaftaran Sekolah Kedinasan Poltekim

Politeknik Imigrasi atau Poltekim adalah salah satu politeknik yang fokus pada bidang keimigrasian. Program studi yang ditawarkan adalah Program Studi Manajemen Teknologi Keimigrasian, Program Studi Hukum Keimigrasian, dan Program Studi Administrasi Keimigrasian.

Jika kamu ingin menjadi mahasiswa di Poltekim, ada seleksi yang perlu ditempuh, yaitu:

  1. Seleksi administrasi
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan materi TKP, TWK, dan TIU.
  3. Tes kesehatan
  4. Tes kesamaptaan
  5. TPA dan TBI
  6. Psikotes (ujian tulis dan wawancara)
  7. Tes wawancara pengamatan fisik dan keterampilan (WPFK)

Biaya pendaftaran masuk ke Poltekim adalah gratis. Begitu pula dengan biaya studi sampai selesai di kampus tersebut.

Biaya Pendaftaran Sekolah Kedinasan Poltekip

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau Poltekip merupakan politeknik yang fokus pada bidang teknis pemasyarakatan. Banyak yang menjadikan Poltekip sebagai kampus tujuan setelah menyelesaikan sekolah menengah karena prospek karier lulusannya yang menjanjikan.

Mahasiswa yang sudah selesai dari Poltekip berpeluang ditempatkan sebagai analis pemasyarakatan. Selain itu, biaya studi di Poltekip gratis hingga lulus. Dengan alasan tersebut, para lulusan sekolah menengah pun berusaha menjalani serangkaian tes untuk masuk Poltekip.

Berdasarkan pendaftaran tahun sebelumnya, tahap seleksi yang perlu ditempuh antara lain:

  1. Seleksi administrasi
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan materi TKP, TWK, dan TIU.
  3. Tes kesehatan
  4. Tes kesamaptaan
  5. TPA dan TBI
  6. Psikotes (ujian tulis dan wawancara)
  7. Tes wawancara pengamatan fisik dan keterampilan (WPFK)

Tes yang diterapkan tahun ini bisa saja berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun, kamu bisa mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi tes tersebut agar bisa lulus masuk Poltekip.

Biaya Pendaftaran Sekolah Kedinasan STIS

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) membuka pendaftaran bagi lulusan sekolah menengah yang tertarik dengan bidang statistika. Terdapat Program Studi Statistika untuk jenjang D3 serta D4 dan Program Studi Komputasi Statistik.

Berapa biaya pendaftaran STIS? Ternyata untuk bisa menjalani seleksi masuk di STIS, kamu perlu membayar biaya sebesar 300 ribu rupiah. Aturan tersebut ada dalam Peraturan Pemerintah. Nantinya, biaya yang dikeluarkan oleh peserta sudah mencakup biaya SKD.

STIS memberlakukan seleksi dengan sistem gugur pada setiap tahapannya. Sebagai bahan persiapan, berikut ini jenis seleksi untuk masuk STIS tahun sebelumnya.

  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di bawah naungan Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta dijalankan dengan sistem CAT. Materi yang diujikan pada SKD di STIS adalah TKP, TWK, dan TIU.
  2. Seleksi tahap II yang meliputi tes matematika dan psikotes. Ujian dilakukan menggunakan sistem komputer
  3. Seleksi tahap III yaitu tes kesehatan dan tes kebugaran

Demikian informasi terkait biaya pendaftaran sekolah kedinasan PKN STAN, IPDN, Poltekim Poltekip dan STIS yang perlu kamu ketahui. Selagi pendaftaran sekolah kedinasan belum dirilis secara resmi, kamu bisa mempersiapkan biaya pendaftaran, biaya studi, hingga biaya hidup yang harus dikeluarkan.

Tidak masalah jika kamu harus merantau dan jauh dari orang tua demi meraih mimpi di sekolah kedinasan tujuan. Ada banyak rekomendasi tempat tinggal nyaman di aplikasi pencari kost Mamikos yang bisa kamu akses gratis secara online. Yuk, download aplikasi Mamikos dan temukan berbagai macam kost sesuai kebutuhanmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta