Apa Itu Kemampuan Kognitif Pada UTBK SBMPTN Serta Contoh Soal

 Bella Carla | Kam, 30 Apr 2020

UTBK SBMPTN – Berbeda dari tahun sebelumnya, UTBK SBMPTN tahun 2020 ini hanya mengujikan TPS (Tes Potensi Skolastik). Di mana TPS ini adalah materi tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang sudah mulai diaplikasikan pada SBMPTN 2019. Lantas, kira-kira apa yang dimaksud dengan kemampuan kognitif ini? Dan bagaimana implementasinya dalam soal-soal TPS? Agar kamu lebih dapat memahaminya, mungkin informasi seputar pengertian hingga contoh soal kemampuan kognitif UTBK SBMPTN di bawah ini bisa cukup membantu kamu.

Pengertian Hingga Contoh Soal Kemampuan Kognitif UTBK SBMPTN

UTBK SBMPTN
mediaeduka.com

Di dalam SBMPTN kali ini, materi tes UTBK hanya menggunakan Tes Potensi Skolastik yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif, yakni aspek penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di pendidikan tinggi. Pengujian meliputi penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Perkembangan kognitif sangat sangat berpengaruh terhadap remaja, khususnya bagi mereka yang baru saja lulus dari bangku sekolah menengah. Dari perkembangan kognitif ini kita akan tahu bagaimana remaja tersebut. Kita juga akan tahu seberapa dewasakah remaja tersebut ketika berada di lingkungan sekolah maupun di masyarakat sekitar.

Nah untuk mendapatkan info lebih lanjut seputar kemampuan kognitif UTBK SBMPTN dan contoh soalnya, kamu bisa cek informasinya berikut ini.

Apa Itu Kemampuan Kognitif?

Kemampuan kognitif adalah konstruksi proses berpikir, termasuk mengingat, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan, sejak kecil menuju remaja hingga dewasa. Kemampuan kognitif mengacu pada bagaimana seseorang mempersepsikan, berpikir, dan memperoleh pemahaman tentang dunianya melalui interaksi faktor genetik dan belajar. Di antara bidang pengembangan kognitif adalah pengolahan informasi, kecerdasan, penalaran, pengembangan bahasa, dan memori.

Contoh Soal Kemampuan Kognitif Dalam UTBK SBMPTN

Contoh Soal

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 3.

Sampai saat ini narkoba masih mengancam masyarakat Indonesia meski Indonesia telah berkomitmen untuk bebas dari narkoba dan HIV/AIDS pada tahun 2015. Hal itu dapat dilihat dari jumlah pengguna narkoba yang terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 1970 diperkirakan hanya 130.000 orang yang menggunakan narkoba dan pada tahun 2009 terdeteksi 2% penduduk Indonesia pernah bersentuhan dengan narkoba atau meningkat 0,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan semua pihak, khususnya Badan Narkotika Nasional (BNN). Dari 2% penduduk yang pernah bersentuhan dengan narkoba tersebut, 60% berusia produktif dan 40% pelajar.

Awalnya, pengguna narkoba adalah orang dewasa, berusia sekitar 25 tahun dan dari kalangan kelas ekonomi menengah ke atas. Dalam perkembangannya, pengguna narkoba sudah merambah para remaja dan masyarakat kelas menengah ke bawah. Bahkan, gelandangan pun ada yang kecanduan narkoba. Keadaan tersebut sungguh sangat ironis. Kondisi pengguna narkoba di Indonesia pada tahun 2005 – 2007 dipaparkan sebagai berikut.

Usia 2005 2006 2007
<16 127 175 180
16-19 1.668 2.447 2.167
20-25 5.503 8.383 8.275
25-29 6.442 8.105 9.278
>29 9.040 12.525 15.889

Tabel 1. Pengguna Narkoba di Indonesia Tahun 2005 -2007

Tabel tersebut menunjukkan bahwa pengguna narkoba semakin meningkat. Untuk mengatasinya perlu upaya sinergis dari semua pihak, khususnya BNN dengan masyarakat. Tanpa sinergi tersebut tidak mungkin bahaya narkoba dapat diatasi.

1. Berdasarkan paragraf 1, manakah di bawah ini pernyataan yang BENAR?

A. Indonesia telah bebas dari narkoba dan HIV/AIDS pada tahun 2015
B. Sampai saat ini narkoba belum terlalu mengancam masyarakat Indonesia
C. Terjadi peningkatan jumlah pengguna narkoba setiap tahunnya
D. Terdapat 60% penduduk berusia produktif pernah bersentuhan dengan narkoba
E. Hanya 130.000 orang yang menggunakan narkoba pada tahun 2009

2. Berdasarkan paragraf 2, apabila dalam perkembangannya, pengguna narkoba sudah merambah para remaja dan masyarakat kelas menengah ke bawah, manakah di bawah ini simpulan yang PALING MUNGKIN benar?

A. Narkoba sudah merambah ke diskotek dan tempat hiburan mahal
B. Narkoba sudah merambah ke lingkungan perumahan elit
C. Narkoba sudah merambah ke lingkungan perkampungan
D. Narkoba sudah merambah ke rumah-rumah sakit
E. Narkoba sudah merambah ke sekolah-sekolah dasar swasta

3.  Berdasarkan Tabel 1, pada rentang usia berapakah jumlah pengguna narkoba yang pernah mengalami kenaikan jumlah sekitar lebih dari 50%?

A. <16
B. 16 – 19
C. 20 – 24
D. 25 – 29
E. > 29

4.  Sejumlah pengusaha sepatu kecil menengah di Kabupaten Mojokerto mengalami kesulitan menghadapi aturan perdagangan bebas atau free trade agreement (FTA) ASEAN-Chin. Mereka mengaku merugi sejak isu itu digulirkan pada awal Januari lalu. Para pedagang mengalami dampak negatif aturan itu. Pada sektor usada kecil sepatu, misalnya, pengusaha merugi sampai 50% “Orderan berkurang 50%. Artinya, produksi kami juga berkurang sebesar itu,” kata Budi Utomo, anggota Gabungan Pengusaha Sepatu (GPS) Kabupaten Mojokerto. Sepinya order terjadi karena sebagian besar pelanggan tidak melakukan pemesanan karena menunggu masuknya produk impor lebih murah dari pada harga produk lokal. Pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan isi paragraf diatas adalah …

A.  FTA ASEAN-China membuat panik sejumlah pengusaha sepatu kecil menengah di Kabupaten Mojokerto.
B. Para pelanggan pengusaha sepatu di Kabupaten Mojokertolebih memilih produk sepatu impor dari pada membeli sepatu lokal.
C. Sejak Januari lalu, kerugian akibat FTA ASEAN-China dirasakan para pengusaha sepatu kecil menengah di Kabupaten Mojokerto.
D. Akibat FTA ASEAN-China kerugian para pengusah kecil di Kabupaten Mojokerto mencapai sekitar 50%.
E. Banyak pelanggan pengusaha sepatu di Kabupaten Mojokerto menghentikan permintaan pesanan karena menunggu pelaksanaan FTA-ASEAN China.

5. Dalam majalah Bunda yang diterbitkan tahun 2010, pada halaman 37, terdapat kutipan pendapat Sugiyanto dalam artikel karya Agra Mashudi sebagai berikut: Orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1 (Sugiyarto, 2008: 11). Jika mengutip pendapat Sugiyarto tanpa membaca bukunya, kutipan yang benar adalah …

A. Menurut Sugiyarto (2008:11) orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1 (dalam Mashudi, 2010).
B.  Sugiyarto (2008) dalam (Mashudi, 2010) menyatakan bahwa orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1.
C. Sugiyarto (dalam Masyudi, 2010) menyatakan bahwa orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1.
D. Orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1 (Sugiyarto, 2008 dalam Masyudi, 2010).
E.  Menurut Sugiyarto (2008:11 dalam Mashudi 2010;37), menyatakan bahwa ”bahwa orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 sampai 8.

[…]

Plastik memiliki beragam manfaat, tetapi bisa menjadi masalah ketika masyarakat tidak bijak dalam mengenakan maupun mengelolanya. Menilik ke belakang, pada 1950, Our World in Data menyebut produksi plastik di seluruh dunia hanya 2 juta ton per tahun. World Economic Forum (WEF) kemudian memprediksi bahwa pada 2050, angka tersebut akan […] hingga 562 kali lipat alias mencapai 1.124 juta ton.

Jika tak dikelola serius, pencemaran sampah plastik tidak hanya merusak lingkungan secara sistematis, tetapi juga memicu timbulnya berbagai penyakit kronis pada manusia serta membunuh hewan-hewan laut yang tak sengaja terjerat maupun mengkonsumsi sampah tak terurai itu. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2014 lalu menyebutkan, dari setiap tiga ekor ikan di lautan, sering kali ada satu ikan yang mengandung sampah plastik di dalamnya. Catatan tersebut bertambah mengerikan mengingat sebagaimana diberitakan Nationalgeographic, “teror” sampah plastik sudah sampai pada kedalaman 10.994 meter Palung Mariana, palung paling dalam di muka bumi.

Ancaman sampah plastik telah mendorong beragam gerakan yang menyerukan gaya hidup bebas plastik hingga munculnya produk-produk lokal ramah lingkungan, seperti sedotan stainless dan alat makan bambu. Beberapa daerah—antara lain Bali, Bogor, Jambi, dan Balikpapan—bahkan telah menerapkan aturan penggunaan kantong plastik. Namun, upaya […] tersebut masih belum cukup, dibutuhkan upaya kolektif dari seluruh pemangku kepentingan untuk bisa bersama-sama mencari solusi atas permasalahan itu.

Setiap orang memang seharusnya bertanggung jawab terhadap permasalahan yang ada. Akan tetapi, jika mau berbicara mengenai solusi paling efektif, ada satu hal yang tidak boleh ditanggalkan. Sebagaimana dinyatakan oleh Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (Adupi), pengelolaan limbah merupakan solusi paling efektif dalam penanganan sampah plastik. Salah satunya […] daur ulang sampah plastik menjadi produk baru yang bernilai tambah tinggi. Perlu diketahui, saat ini ada sekitar 3,7 juta orang di 25 provinsi yang bergantung pada sampah plastik dan sampah daur ulang lain untuk mencari nafkah. Jadi, selain membantu mengatasi permasalahan menggunungnya sampah plastik di Indonesia, daur ulang juga memiliki nilai ekonomi tersendiri.

6.  Judul yang paling tepat untuk melengkapi bacaan di atas adalah ….

A. Dampak Negatif Sampah Plastik bagi Lingkungan
B. Peningkatan Jumlah Sampah Plastik dari Tahun ke Tahun
C. Upaya Paling Efektif Menangani Sampah Plastik
D. Masalah Sampah Plastik di Berbagai Negara
E. Teror Sampah Plastik terhadap Kelestarian Biota Laut

7. Kata berimbuhan yang salah digunakan pada paragraf pertama adalah ….

A. mengenakan
B. menilik
C. menyebut
D. memprediksi
E. mencapai

8. Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat ketiga paragraf pertama adalah ….

A. menumpuk
B. menyusun
C. membumbung
D. membengkak
E. menambun

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 sampai 10.

[…]

Berbekal data dari National Institutes of Health, data yang salah satunya menyebut skala narsisme mahasiswa pada 2009 meningkat hingga 58% dibanding tahun 1982, kontributor Time Joel Stein menuding generasi milenial sebagai generasi pemalas, tanpa capaian, dan enggan bekerja keras. Menurut Stein, meski didukung ketersediaan beragam fasilitas, milenial lebih menyukai segala hal yang instan dan tidak repot. Bahkan, di balik kenginan untuk mandiri dan dihargai, kelompok yang lahir di rentang 1981—1994 ini masih bergantung kepada 9orangtua.

Meski demikian, riset yang dilakukan 10ManpowerGroup justru memberi gambaran mengejutkan. Dengan bertanya kepada 19 ribu milenial dari 25 negara—termasuk 8 ribu karyawan dan lebih dari 1.500 11manager perekrutan perusahaan—tentang apa yang diinginkan dan bagaimana mereka memandang pekerjaan, survei tersebut malah membantah stereotip yang ada: generasi milenial terbukti bekerja lebih keras dibandingkan generasi sebelumnya. Dalam riset juga terungkap jika mayoritas milenial memandang bekerja sebagai proses mengembangkan diri.

Sebenarnya wajar bila generasi milenial bekerja lebih keras, cerdas, dan praktis, mengingat tantangan atau tuntutan hidup terus bertambah dari waktu ke waktu. Setiap tahun, misalnya, biaya kesehatan, pendidikan, hingga tempat tinggal mengalami kenaikan cukup signifikan. Pergumulan mempersiapkan masa depan menjadi 12makin sulit mengingat biaya hidup sehari-hari yang tak sedikit.

Fakta itu dibenarkan oleh survei “The Future of Money” yang dilakukan atas 13kerjasama perusahaan Luno dengan Dalia Research pada 17 Mei–7 Juli 2019. “Sekitar 69% generasi milenial Indonesia tidak memiliki strategi investasi,” kata David Low, General Manager Asia Tenggara Luno. Survei tersebut juga menyatakan, walau sebagian besar milenial sudah menetapkan anggaran bulanan dan disiplin menjalankannya, mereka tidak menggunakan uang untuk berinvestasi.

Jika terus bertahan dengan manajemen keuangan yang berantakan, masihkah ada harapan bagi generasi milenial untuk mencapai kemerdekaan finansial? Pada dasarnya, kita tidak hanya perlu merancang strategi, 14melainkan harus memastikan strategi keuangan itu tepat sesuai kebutuhan. Selain perencanaan keuangan (jangka pendek, menengah, panjang) yang matang, meliputi investasi sejak dini, dana darurat, pendidikan anak, pensiun yang mencukupi, serta hidup bebas cicilan, asuransi merupakan bagian cukup penting dalam proses menuju kemerdekaan finansial yang sering kali diabaikan.

(Sumber: diadaptasi dari https://tirto.id/merdeka-finansial-ala-generasi-milenial-egiY)

9. Judul yang paling tepat untuk tepat untuk bacaan di atas adalah ….

A. Keadaan Finansial Milenial vs Nonmilenial
B. Peningkatan Narsisme pada Mahasiswa Generasi Milenial
C. Minimnya Investasi di Kalangan Generasi Milenial
D. Strategi Pengaturan Keuangan yang Tepat bagi Generasi Milenial
E. Cara Generasi Milenial dalam Memandang Masa Depan

10.

A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Manager
C. manajer
D. menejer
E. direktur

The following text is for question 11-13

There is a famous expression in English: “Stop the world, I want to get off!” This expression refers to a feeling of panic, or stress, that makes a person want to stop whatever they are doing, try to relax, and become calm again. ‘Stress’ means pressure or tension. It is one of the most common causes of health problems in modern life. Too much stress results in physical, emotional, and mental health problems.

There are numerous physical effects of stress. Stress can affect the heart. It can increase the pulse rate, make the heart miss beats, and can cause high blood pressure. Stress can affect the respiratory system. It can lead to asthma. It can cause a person to breathe too fast, resulting in a loss of important carbon dioxide. Stress can affect the stomach. It can cause stomach aches and problems digesting food. These are only a few examples of the wide range of illnesses and symptoms resulting from stress.

Emotions are also easily affected by stress. People suffering from stress often feel anxious. They may have panic attacks. They may feel tired all the time. When people are under stress, they often overreact to little problems. For example, a normally gentle parent under a lot of stress at work may yell at a child for dropping a glass of juice. Stress can make people angry, moody, or nervous.

Long-term stress can lead to a variety of serious mental illnesses. Depression, an extreme feeling of sadness and hopelessness, can be the result of continued and increasing stress. Alcoholism and other addictions often develop as a result of overuse of alcohol or drugs to try to relieve stress. Eating disorders, such as anorexia, are sometimes caused by stress and are often made worse by stress. If stress is allowed to continue, then one’s mental health is put at risk.

It is obvious that stress is a serious problem. It attacks the body. It affects the emotions. Untreated, it may eventually result in mental illness. Stress has a great influence on the health and well-being of our bodies, our feelings, and our minds. So, reduce stress: stop the world and rest for a while.

11. What does the text mainly deal with?

A. People with physical, emotional and mental illness
B. The causes of stress and its prevention
C. Stress and how to handle it
D. The effect of stress on health
E. Stress and depression

12. The writer of the text intends to….

A. explain the bad effects of stress
B. convince the readers to avoid being under stress
C. identify people who are under stress
D. prove the bad influences of stress on health
E. point out how dangerous the stress is

13. Why does the writer mention depression, extreme feeling of sadness and hopelessnessin paragraph 4?

A. To further explain the effect of stress on health
B. To exemplify the effect of stress on mental health
C. To imply the relation between mental illness and stress
D. To highlight the risk of mental illness caused by stress
E. To mention other examples of mental health problems

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 14-15.

(1) Listrik merupakan kebutuhan primer bagi manusia. (2) Listrik sangat bermanfaat bagi keperluan pekerjaan di banyak tempat. (3) Terkadang, ketersediaan daya listrik berkurang sehingga sering terjadi pemadaman listrik secara bergilir. (4) Pemadaman bergilir ini pastinya sudah banyak dialami oleh siapa pun. (5) Pemadaman juga memberikan dampak pada pengguna, apalagi pemadaman terjadi tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

(6) Dampak pemadaman listrik yang dirasakan para penggunanya di antaranya adalah terlambatnya laju informasi. (7) Informasi melalui elektronik, seperti handphone, televisi, dan radio, akan sulit didapatkan. (8) Selain itu, terbengkalainya pekerjaan rumah sangat dialami bagi para ibu rumah tangga. (9) Hal itu disebabkan pekerjaan rumah tangga yang biasanya dilakukan dengan bantuan listrik, seperti mencuci dan menyetrika, akan terhambat. (10) Mati listrik juga menyebabkan banyak pengeluaran yang tak terduga, tidak adanya hiburan dari televisi atau radio, meningkatnya risiko tindakan kriminalitas dan para pekerja akan memiliki pekerjaan yang menumpuk.

(11) Dampak umum dari pemadaman listrik tersebut sebenarnya dapat diminimalisir jika memiliki sumber energi listrik seperti genset (generator set). (12) Genset merupakan mesin yang dapat mengubah energi mekanis menjadi energi listrik melalui induksi elektromagnetik. (13) Genset menghasilkan arus searah (DC) dan arus bolak-balik (AC) dan keduanya dapat digunakan untuk penerangan.

14.  Apa gagasan utama paragraf kedua?

A. Listrik memberikan dampak positif bagi penggunanya
B. Pemadaman listrik menghambat pekerjaan rumah
C. Dampak pemadaman listrik memiliki pengaruh yang bermanfaat bagi para penggunanya
D. Pemadaman listrik menghambat pekerjaan para penggunanya
E. Dampak pemadaman listrik bagi para penggunanya

15.  Apa kesimpulan teks tersebut?

A. Pemadaman listrik bergilir berdampak pada penggunanya dan dapat diminimalisasi dengan penggunaan genset.
B. Dampak pemadaman listrik bergilir disebabkan oleh ketersediaan daya listrik berkurang.
C. Pemadaman listrik bergilir disebabkan oleh banyak faktor yang menimbulkan kerugian bagi penggunanya.
D. Solusi dari pemadaman listrik bergilir agar dapat meminimalisasi dampak bagi para penggunanya.
E. Genset adalah solusi utama bagi pemadaman listrik bergilir.

16.  72, 70, 67, 62, 55, 44, …

A. 14
B. 23
C. 29
D. 31
E. 33

17.  “di suatu pulau terpencil terdapat dua kelompok manusia, yaitu manusia jujur yang selalu berkata benar dan manusia pembohong yang selalu berkata dusta. Jika anda datang ke pulau tersebut dan bertemu dengan dua orang manusia X dan Y yang berkata :
X: “Y pembohong”
Y: “X pembohong”
Maka jenis kesimpulan yang paling benar
adalah …

A.  X dan Y pembohong
B. X dan Y berasal dari jenis yang berbeda
C. X jujur, Y pembohong
D. X pembohong, Y jujur
E. A, B, C, dan D salah

18.  Dari sebuah pendataan tentang pengunjung sebuah pasar pada suatu hari adalah: 40% dari semua pengunjung adalah laki-laki, 55% dari pengunjung laki-laki tersebut sudah menikah dan 661⁄2% dari pengunjung perempuan sudah menikah. Banyak pengunjung yang belum menikah sebanyak 152 orang. Selisih banyak pengunjung laki-laki yang sudah menikah dengan yang belum menikah adalah …

A. 14 orang
B. 16 orang
C. 24 orang
D. 26 orang
E. 30 orang

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 19-20.

Lima peserta lomba memasak yaitu Nunung, Zizah, Ratna, Sari, dan Mirna. Hasil masakan mereka dinilai oleh tiga juri dengan tiga
kategori. Hasil peniaiannya adaa kelezatan dengan sajian makanan Nunung mengaahkan lima peserta lainnya meski paling lambat menyelesaikan masakannya. Dalam kecepatan, Mirna unggul dari lima peserta tetapi kelezatan masakannya masih kalah dibanding Ratna dan Sari; sajian masakannya kuran menarik dibandingkan Zizah dan Sari. Masakan Zizah kalah lezat dari Mirna tetapi sajian masakannya berada diurutan kedua. Kelezatan masakan Sari mengalahkan Ratna; dan lebih lambat daripada Zizah. Ratna lebih sering cepat menyelesaikan masakannya daripada Nunung.

19.  Berdasarkan peniaian juri tersebut, maka yang menempati peringkat terkhir dalam kategori sajian makanan adalah …

A. Nunung
B. Zizah
C. Sari
D. Ratna
E. Mirna

20.  Sari dan Nunung lebih unggul daripada Zizah dalam kategori …

A. Kelezatan
B. Kecepatan
C. Sajian
D. Kelezatan dan kecepatan
E. Kelezatan dan sajian

Pembahasan

1. Jawaban: C

Sesuai kalimat kedua pada paragraf pertama.

2. Jawaban: C

Lingkungan perkampungan menunjukkan ciri masyarakat kelas menengah ke bawah dan terdapat kemungkinan besar di dalamnya ada remaja.

3. Jawaban: C

Kenaikan melebihi 50% terlihat saat jumlah pengguna narkoba pada rentang usia 20-24 tahun naik dari 5.503 menjadi 8.383 atau naik sebesar 2.880 orang (lebih dari 50%).

4. Jawaban: E

Penulis teks bertujuan agar pembaca mengetahui faktor-faktor yang dapat menunjang peningkatan perekonomian di Indonesia baik ditinjau secara makro maupun mikro.

5. Jawaban: E

Kutipan adalah pinjaman pendapat dari seorang pengarang atau ucapan seseorang (ahli atau narasumber). Penulisan kutipan yang benar jika mengutip tanpa membaca buku adalah Menurut Sugiyarto dalam kurung (2008:11 dalam Mashudi, 2010: 37), menyatakan bahwa “orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1”.

6. Jawaban: C

Judul merupakan kepala karangan yang diletakkan pada bagian paling atas sebuah teks. Sebuah judul yang baik harus mampu menggambarkan keseluruhan isi teks. Teks di atas membahas upaya yang dilakukan untuk menangani sampah plastik yang membawa dampak negatif terhadap lingkungan (dampak negatif sampah plastik disebutkan pada paragraf pertama dan kedua). Pada paragraf terakhir dalam teks disebutkan upaya paling efektif untuk menangani masalah tersebut. Oleh karena itu, judul yang paling tepat untuk melengkapi teks di atas adalah “Upaya Paling Efektif Menangani Sampah Plastik”. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

7. Jawaban: A

Kata berimbuhan merupakan kata dasar yang mendapat imbuhan (afiks). Dalam bahasa Indonesia, terdapat empat jenis imbuhan, yaitu prefiks (imbuhan yang terletak pada awal kata), sufiks (imbuhan yang terletak pada akhir kata), konfiks (imbuhan yang terletak pada awal dan akhir kata), dan infiks (imbuhan yang terletak pada tengah kata).

Secara penulisan, tidak terdapat kesalahan kata berimbuhan dalam paragraf pertama teks di atas. Namun, kata berimbuhan mengenakan tidak cocok digunakan dalam kalimat pertama paragraf tersebut. Dalam KBBI, mengenakan memiliki lima arti, yaitu

  • memakai (pakaian, topi, dan sebagainya),
  • menggunakan (tipu muslihat, teori, guna-guna, dan sebagainya),
  • menipu; memperdayakan,
  • menjalankan atau melaksanakan (aturan, pajak, denda, dan sebagainya), dan
  • mengarahkan (bidikan, tembakan) pada sasaran.

Kelima arti tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat pertama, yaitu “Plastik memiliki beragam manfaat, tetapi bisa menjadi masalah ketika masyarakat tidak bijak dalam mengenakan maupun mengelolanya.” Hal yang dibicaraka  dalam kalimat tersebut adalah suatu benda, yaitu plastik. Jadi, kata mengenakan seharusnya diganti dengan kata menggunakan yang berarti ‘memakai (alat, perkakas); mengambil manfaatnya; melakukan sesuatu dengan’. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

8. Jawaban: D

Untuk melengkapi kata pada kalimat yang rumpang, kita harus memperhatikan isi atau konteks kalimat tersebut. Kalimat ketiga pada paragraf pertama berbunyi “World Economic Forum (WEF) kemudian memprediksi bahwa pada 2050, angka tersebut akan […] hingga 562 kali lipat alias mencapai 1.124 juta ton.” Titik-titik pada kalimat tersebut dapat diisi dengan kata membengkak. Dalam KBBI, kata membengkak memiliki dua arti, yaitu

  • menjadi bengkak,
  • bertambah besar atau banyak (tentang biaya, anggaran, dan sebainya).

Makna yang sesuai dengan kalimat ketiga adalah makna kedua. Sementara itu, pilihan jawaban A, B, C, dan E salah karena alasan berikut.

  • Kata menumpuk memiliki arti (1) menaruh bersun-sunsun, menimbun-nimbun, melonggokkan, (2) mengumpulkan banyak-banyak, menimbun-nimbun (barang dagangan dan sebagainya), dan (3) mengumpul. Ketiga arti tersebut tidak ada yang sesuai dengan konteks kalimat.
  • Kata menyusun berarti (1) mengatur dengan menumpuk secara tindih-menindih, (2) mengatur secara baik, (3) menempatkan secara beraturan, (4) membentuk pengurus (panitia dan sebagainya), (5) merencanakan, dan (6) mengarang buku (kamus, ensiklopedia, dan sebagainya). Keenam arti tersebut tidak ada yang sesuai dengan konteks kalimat.
  • Kata membumbung tidak terdapat dalam KBBI. Kata yang benar adalah membubung yang berarti (1) naik, menaik, (2) mengepul ke atas (tentang asap dan sebagainya), (3) makin mahal (tentang harga), dan (5) makin tinggi (tentang cita-cita).
  • Kata menambun memiliki arti yang serupa dengan menumpuk. Arti kata menambun tidak sesuai dengan konteks kalimat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

9. Jawaban: D

Judul merupakan kepala karangan yang diletakkan pada bagian paling atas sebuah teks. Sebuah judul yang baik harus mampu menggambarkan keseluruhan isi teks. Paragraf awal dalam teks di atas membahas pandangan orang luar terhadap generasi milenial. Paragraf selanjutnya membahas penelitian yang membuktikan bahwa pandangan negatif terhadap generasi milenial tidaklah benar. Sementara itu, pada bagian akhir teks, dijelaskan bahwa generasi milenial harus memiliki strategi keuangan yang tepat agar tetap dapat bertahan hidup di tengah zaman yang makin sulit. Dalam paragraf terakhir disebutkan rekomendasi cara bagi milenial untuk mengatur keuangannya. Dengan demikian, judul yang paling tepat untuk melengkapi teks di atas adalah “Strategi Pengaturan Keuangan yang Tepat bagi Generasi Milenial”.

10. Jawaban: C

Penggunaan kata manager dalam kutipan di atas sudah tepat. Kata manager masih merupakan bahasa asing sehingga harus ditulis dengan format cetak miring, tetapi tidak perlu diawali dengan huruf kapital karena tidak merujuk pada penyebutan seseorang dan tidak pula diikuti oleh nama orang. Kata manager seharusnya ditulis manajer. Dalam KBBI, manajer berarti ‘orang yang mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran’. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

11. Jawaban: D

Pada paragraf pertama, penulis memperkenalkan suatu ungkapan yang berkaitan dengan stress beserta artinya. Penulis mengatakan bahwa stress adalah penyebab penyakit yang paling umum di kehidupan modern. Terlalu banyak stress dapat mengakibatkan masalah kesehatan fisik, emosi dan kejiwaan. Pada paragraf kedua, penulis membahas tentang sejumlah masalah kesehatan fisik yang diakibatkan oleh stress, misalnya masalah pada tekanan darah dan sistem pernapasan. Pada paragraf ketiga, penulis menjelaskan tentang pengaruh stress terhadap emosi seseorang. Pada paragraf keempat, penulis menjelaskan bahwa stress berkepanjangan berpengaruh terhadap kesehatan mental atau kejiwaan. Pada paragraf terakhir, penulis menegaskan kembali bahwa stress itu menyerang fisik, perasaan (emosi) dan kejiwaan seseorang. Dari poin-poin tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa secara umum, teks tersebut membahas tentang efek buruk dan stress terhadap kesehatan, baik itu kesehatan fisik, emosi dan kejiwaan. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

12. Jawaban: B

Pada paragraf pertama, penulis memperkenalkan suatu ungkapan yang berkaitan dengan stress beserta artinya. Penulis mengatakan bahwa stress adalah penyebab penyakit yang paling umum di kehidupan modern. Terlalu banyak stress dapat mengakibatkan masalah kesehatan fisik, emosi dan kejiwaan. Pada paragraf kedua, penulis membahas tentang sejumlah masalah kesehatan fisik yang diakibatkan oleh stress, misalnya masalah pada tekanan darah dan asma. Pada paragraf ketiga, penulis menjelaskan tentang pengaruh stress terhadap emosi seseorang. Pada paragraf keempat, penulis menjelaskan bahwa stress berkepanjangan berpengaruh terhadap kesehatan mental atau kejiwaan.

Pada paragraf terakhir, penulis menegaskan kembali bahwa stress itu menyerang fisik, perasaan (emosi) dan kejiwaan kita. Lalu perhatikan kalimat terakhir teks. penulis mengatakan “So, reduce stress: stop the world and rest for a while.” yang artinya “Jadi, kurangilah stress: Berhenti memikirkan dunia ini dan beristirahatlah sejenak.” Maka dapat disimpulkan, bahwa dengan menjelaskan dampak buruk stress, penulis ingin pembaca berhenti, mengurangi, atau menghindari keadaan stress karena buruk sekali dampaknya bagi kesehatan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

13. Jawaban: B

“Long-term stress can lead to a variety of serious mental illnesses. Depression, an extreme feeling of sadness and hopelessness, can be the result of continued and increasing stress.”  artinya “Stress jangka panjang dapat menyebabkan berbagai penyakit mental (kejiwaan) yang serius. Depresi, perasaan sedih dan putus asa yang ekstrim, bisa menjadi akibat dari stress yang berkelanjutan dan meningkat.” Dari kedua kalimat tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa penulis menyebutkan depresi, perasaan sedih dan putus asa yang ekstrim sebagai contoh penyakit mental yang bisa timbul akibat stress. Jadi, jawaban yang benar adalah B.

14. Jawaban: E

Gagasan utama sebuah paragraf terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama tersebut dapat berada di awal paragraf, di akhir paragraf, atau keduanya. Kalimat utama pada paragraf tersebut terdapat di awal paragraf. Sementara itu, kalimat berikutnya adalah kalimat penjelas. Kalimat utama paragraf kedua membicarakan dampak pemadaman listrik yang dirasakan para penggunanya. Kalimat selanjutnya  menjelaskan tentang dampak-dampak dari pemadaman listrik.

15. Jawaban: A

Simpulan dalam sebuah teks harus mencerminkan topik dari bacaan. Topik dalam teks tersebut yaitu mengenai pemadaman listrik, dampak pemadaman listrik, dan solusinya. Dari keseluruhan isi teks dapat disimpulkan bahwa pemadaman listrik bergilir berdampak pada penggunanya dan dapat diminimalisasi dengan penggunaan genset.

16. Jawaban: D

Bilangan yang mengurangi setiap suku di depannya merupakan urutan bilangan prima. Sehingga, bilangan yang mengurangi berikutnya adalah urutan bilangan prima setelah 11, yaitu 13. Jadi, bilangan selanjutnya yang melengkapi barisan bilangan adalah 44-13 = 31

17. Jawaban: B

Ada dua kelompok manusia di suatu pulau, yaitu:

Manusia jujur yang selalu berkata benar dan manusia pembohong yang selalu berkata dusta.
X: “Y pembohong”
Y: “X pembohong”

Jika X merupakan kelompok jujur, maka perkataan bahwa Y adalah pembohong adalah benar. Sehingga, dengan keadaan tersebut, Y merupakan manusia pembohong, maka akan bilang bahwa X adalah pembohong. Jika X merupakan kelompok manusia pembohong, maka perkataan bahwa Y pembohong adalah dusta. Sehingga, Y merupakan manusia jujur. Maka Y akan mengatakan bahwa X adalah adalah pembohong. Jadi, dapat disimpulkan bahwa X dan Y berasal dari kelompok yang berbeda.

18. Jawaban: B

Dari sebuah pendataan tentang pengunjung sebuah pasar pada suatu hari adalah: 40% dari semua pengunjung adalah laki-laki, 55% dari pengunjung laki-laki tersebut sudah menikah dan dari pengunjung perempuan sudah menikah. Banyak pengunjung yang belum menikah sebanyak 152 orang.

Misal, banyak pengunjung laki-laki = L
banyak pengunjung perempuan = P
banyak pengunjung seluruhnya = S

Maka, L = 40% x S = 0,4S dan P = 0,6S

  • Banyak laki-laki yang sudah menikah: 0,4S x 55% = 0,22 S
    Maka, banyak laki-laki yang belum menikah = 0,4S – 0,22S = 0,18S
  • Banyak perempuan sudah menikah = 0,6 S – 0,4 S = 0,4 S

Maka, banyak perempuan yang sudah menikah 0,6S – 0,4 S = 0,2 S
Sehingga:
0,18S + 0,2S = 152
0,38 S = 152
S =
=400
Sehingga, selisih banyak pengunjung laki-laki yang sudah menikah dengan yang belum
menikah adalah : 0,22 S – 0,18 S = 0,04 S = 0,04 S X 400 = 16 orang

19. Jawaban: D

Berdasarkan tabel urutan yang telah dibuat diatas, maka yang menempati peringkat terakhir dalam kategori sajian makanan adalah Ratna.

20. Jawaban: A

  • Dalam kategori kecepatan, Zizah lebih unggul dibanding Nunung dan Sari.
  • Dalam kategori kelezatan, nUnung dan sari lebih unggul daripada Zizah.
  • Dalam kategori sajian makanan, Nunung lebih unggul dari Zizah tetapi Sari tidak lebih unggul dari Zizah.

 

Oke, di atas tadi Mamikos sudah rangkumkan kamu materi kemampuan kognitif hingga contoh soalnya guna menghadapi UTBK 2020. Jangan lupa juga untuk terus berlatih soal-soal ya selama kamu di rumah ya sebelum UTBK tiba! Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: