Apa Itu Skripsi, Tesis & Disertasi, Apa Bedanya? Berikut Penjelasannya!

Posted in: Mahasiswa

Apa Itu Skripsi, Tesis & Disertasi, Apa Bedanya? Berikut Penjelasannya! – Ketika mendengar ketiga istilah ini mungkin kamu sudah tidak asing lagi. Tapi sebagai orang masih belum memahami apa itu skripsi, tesis dan disertasi? Apa yang membedakannya? Dan berbagai pertanyaan lain. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini agar lebih mudah dimengerti.

Apa Itu Skripsi, Tesis & Disertasi, Apa Bedanya? 

unsplash.com/@matheusdk00

Pertanyaan tentang apa itu skripsi, tesis dan disertasi pada dasarnya dapat dijawab dengan mudah. Sebab, ada berbagai macam aspek yang membedakan antara ketiganya untuk lebih gampang dimengerti. Berikut beberapa hal menjadi perbedaan berdasarkan definisi.

Pengertian Skripsi

Pertanyaan tentang apa itu skripsi, tesis dan disertasi pertama akan dijawab melalui definisi skripsi itu sendiri. Pada dasarnya, pengertian secara umum ialah sebuah tugas akhir yang wajib dibuat oleh mahasiswa S1 di Indonesia. Kamu pun sudah pasti mengetahui hal itu.

Skripsi adalah sebuah tugas akhir yang dibuat oleh mahasiswa tingkat akhir agar lulus dan mendapatkan gelar Sarjana. Tujuan dari pembuatannya tentu guna mengembangkan dan mengenalkan kemampuan mahasiswa. Kemudian dibimbing supaya dapat diterapkan.

Pengertian Tesis

Supaya pertanyaan mengenai apa itu skripsi, tesis dan disertasi terjawab, maka bahasan selanjutnya seputar tesis. Secara definisi tak begitu berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja dalam hal ini diperuntukkan untuk mahasiswa tingkat akhir Magister atau S2.

Jadi bisa disimpulkan bahwa pengertian tesis adalah sebuah tugas akhir (riset) yang wajib diselesaikan oleh Program studi S2 atau Magister. Secara teknis, dalam proses penyusunannya tentu tesis lebih mendalam jika kamu bandingkan dengan pembuatan skripsi.

Pengertian Disertasi

Jawab berdasarkan definisi seputar apa itu skripsi, tesis dan disertasi yang terakhir adalah pengertian dari disertasi. Istilah ini mungkin kurang familiar dibandingkan sebelumnya. Pada dasarnya secara definisi masih sama saja yaitu sebuah tugas akhir untuk lulus.

Namun perbedaannya ada pada jenjang. Dimana Skripsi diperuntukkan pada mahasiswa S1 dan tesis untuk Magister atau S2. Sedangkan disertasi sebuah tugas riset yang wajib dikerjakan oleh seseorang agar bisa lulus dan mendapatkan gelar Doktor (S3).

Perbedaan Skripsi, Tesis San Disertasi Berdasarkan Unsur Lainnya

Setelah pertanyaan apa itu skripsi, tesis dan disertasi telah terjawab dari definisinya maka selanjutnya adalah membahas perbedaannya. Ada berbagai macam unsur yang membedakan antara ketiganya. Berikut beberapa ulasan selengkapnya.

Perbedaan Berdasarkan Tujuan

Sesuai dengan definisi perihal apa itu skripsi, tesis dan disertasi juga menjadi pembedanya adalah berdasarkan tujuannya. Dimana masing-masingnya memiliki kegunaan berbeda. Seperti halnya Skripsi yang diperuntukan syarat kelulusan sarjana (S1).

Jika berdasarkan tujuan pada dasarnya ketiganya hampir sama, hanya saja berbeda pada tingkatan. Dimana Testis menjadi salah syarat untuk kelulusan Magister atau S2. Sedangkan Disertasi merupakan tugas riset untuk gelar Doktor atau S3.

Perbedaan Berdasarkan Konsep Atau Tema

apa itu skripsi, tesis dan disertasi juga dapat dibedakan dari konsep masing-masing. Dimana diantara ketiganya mempunyai tema yang berbeda. Skripsi diambil berdasarkan sebuah pengalaman. Baik secara mendalam ataupun hanya sekedar data saja.

Sedangkan pada tesis memiliki konsep yang lebih mendalam dari skripnya. Temanya ialah berdasarkan dari sebuah pengalaman yang diambil dari teoritik dan empiric mendalam. Sedangkan disertasi bersumber dari sebuah kajian teoritik yang didukung oleh fakta empiric.

Perbedaan Berdasarkan Peranan Penulis

Peranan penulis juga dapat menjawab pertanyaan tentang apa itu skripsi, tesis dan disertasi Dan apa yang membedakannya. Pada skripsi peranan penulisnya hanya berkisar 60% saja. Sedangkan sisanya yaitu 40% dilakukan oleh pembimbing.

Pada Tesis maka peranan penulis jauh lebih mendalam dari skripsi. Dimana persentase di dalamnya yaitu berkisar 80% dan 20% dilakukan oleh pembimbing. Semakin tinggi tingkatan maka makin sulit. Disertasi dikerjakan 90% penulis, 10% pembimbing.

Perbedaan Berdasarkan Bobot

Tingkatan bobot dari isinya juga menjadi pembeda dan jawaban perihal apa itu skripsi, tesis dan disertasi. Sebab masing-masingnya memiliki nilai yang berbeda. Dimana skripsi tingkatan bobotnya, rendah sampai sedang kalau tesis sedang hingga tinggi.

Bobot yang ada pada disertasi tentu lebih tinggi dibandingkan dua sebelumnya. Karena penulisnya diwajibkan untuk menemukan sebuah terobosan serta teori dalam ilmu pengetahuan. Hal ini tentu menjawab tentang apa itu skripsi, tesis dan disertasi.

Perbedaan Berdasarkan Penyampaian

Dari sisi penyampaian juga menjadi hal yang bisa menjawab pertanyaan apa itu skripsi, tesis dan disertasi. Karena masing-masingnya memiliki cara atau nilai yang berbeda-beda. Dimana pada skripsi mempunya sifat menyampaikan yaitu deskriptif.

apa itu skripsi, tesis dan disertasi juga dapat diketahui melalui penyampaian yang ada pada tesis. Dimana bersifat deskriptif dan juga analis. Sedangkan Disertasi memiliki penyampaian yang cukup dominan terhadap analitis.

Perbedaan Berdasarkan Bentuk Analisis

Perbedaan berdasarkan bentuk analisa juga akan menjawab pertanyaan kamu seputar apa itu skripsi, tesis dan disertasi. Sebab masih ada banyak ciri yang membedakan diantara ketiganya. Meskipun begitu pada dasarnya masih dalam satu urusan.

Jawaban terhadap apa itu skripsi, tesis dan disertasi Berdasarkan bentuk analisi dapat kamu lihat dari tingkatannya. Dimana pada skripsi memiliki nilai rendah dan sedang. Sedangkan Tesis tingkat analisanya sedang hingga tinggi. Terakhir yaitu disertasi bernilai tinggi.

Perbedaan Berdasarkan Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang ada pada setiap Paper juga akan menjawab pertanyaan tentang apa itu skripsi, tesis dan disertasi. Sebab hal ini menjadi salah satu bagian penting untuk memahami dan bisa membedakannya. Baik pada skripsi, tesis hingga disertasi.

Rumusan masalah yang ada di dalam sebuah skripsi mungkin hanya berkisar 1 sampai 2 saja. Sedangkan pada tesis maka jumlahnya akan lebih meningkat yaitu minimal 3. Terakhir, disertasi dimana rumusan masalah yang dimiliki wajib lebih dari 3.

Perbedaan Berdasarkan Metode

Tidak hanya berdasarkan penyampaian saja, apa itu skripsi, tesis dan disertasi juga dijawab melalui metodenya. Pada skripsi ada beberapa uji statistik yang dapat digunakan. Uji lainnya berupa kualitatif, hipotesis dan masih banyak lagi.

Selain itu, metode yang digunakan oleh tesis. Dimana diantaranya ialah uji kualitatif, korelasi dan regresi ganda SEM hingga Path Analisis. Sedangkan pada disertasi juga berbeda. Karena mwnggunaoan metode yang lebih komplek dengan tujuan mendapatkan terobosan baru.

Perbedaan Berdasarkan Pengujian Dan Keaslian Penelitian

apa itu skripsi, tesis dan disertasi juga dapat terjawab melalui pengujian, keaslian penelitian hingga penemuan dan publikasi. Dimana skripsi minimal diuji oleh seorang dosen bergelar Magister. Namun tidak harus menemukan hal yang bersifat baru.

Sedangkan tesis diuji oleh seorang yang minimal memiliki gelar Doktor. Keaslian cukup diutamakan serta memprioritaskan penemuan hal baru. Kalau disertasi diuji oleh profesor serta doktor yang berpengalaman. Diwajibkan asli tanpa ada unsur plagiat sekalipun.

Itulah tadi jawaban mengenai apa itu skripsi, tesis dan disertasi. Selain itu, bahasan mengenai unsur pembedanya tentu membuat kamu menjadi lebih mengerti tentang ketiganya. Jadi, mulai sekarang tidak perlu lagi bingung ketika harus membedakan antara ketiganya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah