Apa Itu Tes Wartegg Dan 16 Tips Sukses Lulus Tes Wartegg

 Posted on Kamis, September 19th, 2019  Posted in Edukasi  karin

Apa Itu Tes Wartegg Dan 16 Tips Sukses Lulus Tes Wartegg – Tes wartegg adalah salah satu bahan tes psikologi/ psikometri di mana peserta akan diminta untuk melengkapi gambar. Tes ini dibuat untuk mengetahui karakter seseorang dari segi imajinasi, emosi, dinamisme, reality function, dan kemampuannya dalam mengontrol sesuatu. Tes ini diciptakan oleh para ahli, yaitu Krugger dan Sander dari University of Leipzig, yang kemudian dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan Marian Kinget.

Apa Itu Tes Wartegg Dan 16 Tips Sukses Lulus Tes Wartegg

1. Tes Wartegg

Tes ini terdiri atas 8 kotak yang harus dilengkapi gambarnya di mana dalam setiap kotak berisi gambar awal yang berbeda-beda mulai dari titik, garis maupun gabungan keduanya. Setiap titik dan garis yang terbentuk harus dilengkapi untuk menghasilkan gambar yang baik dan tentunya memiliki makna tersendiri dalam ilmu psikologi.

Selain itu, kamu juga akan diberikan perintah untuk memberi nomor gambar sesuai dengan urutan ketika menggambar, gambar paling mudah dan paling sulit serta gambar yang paling disukai. Waktu pengerjaan tes ini yaitu sekitar 30 menit.

2. Tips Sukses Lulus Tes Wartegg

  1. Agar dapat lolos tes ini, sebaiknya kamu menggambar secara kombinasi. Misalnya dari nomor 1, 2, 3, 4 kemudian dilanjutkan dari 8, 7, 6, 5.
  2. Bisa juga membuat kombinasi lain tetapi jangan terlalu acak. Bila menggambar secara urut, HRD dapat beranggapan bahwa kamu adalah seorang yang kaku atau konservatif.
  3. Namun bila terlalu acak, kamu akan dipandang sebagai pribadi yang kreatif dan inovatif, tetapi cenderung bertindak di luar aturan.
  4. Hindari menggambar dari angka 5 atau 7 terlebih dahulu karena ini menunjukkan orientasi yang aneh.
  5. Lalu sebaiknya apa yang digambar pada delapan kotak tersebut? Bila menggambar titik pada kotak pertama, sebaiknya kamu menggambar makhluk hidup yang berkarakter karena ini berkaitan dengan penyesuaian diri di lingkungan baru. Misalnya gambar kupu-kupu atau laba-laba.
  6. Selanjutnya garis kecil melengkung pada kotak kedua mengisyaratkan sesuatu yang dinamis.
  7. Kotak ketiga berupa tiga garis vertikal yang semakin naik, menunjukkan ambisi peserta dalam meraih sukses.
  8. Kamu bisa menggambar tangga, tiang listrik, maupun benda lain yang mengisyaratkan itu.
  9. Kotak berwarna hitam di urutan keempat bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta menghadapi situasi sulit. Cobalah gambar gedung-gedung bertingkat.
  10. Selanjutnya adalah gambar dua garis yang saling berhadapan. Ini menandakan sebuah konflik dan dinamika.
  11. Buat gambar yang mengisyaratkan kompetisi agar kamu dinilai sebagai pribadi yang suka memotivasi diri melalui cara tersebut.
  12. Keenam adalah garis horizontal dan vertikal yang menunjukkan kesederhanaan dan realitas. Kamu bisa menggambar kamera di kotak ini.
  13. Kotak ketujuh berupa titik yang melengkung, yang seolah harus dikerjakan dengan sangat hati-hati.
  14. Gambarlah objek yang memiliki manfaat, misalnya kelapa atau bunga yang memiliki benang sari.
  15. Terakhir berupa garis melengkung yang seolah menandakan kebijaksanaan. Kamu bisa menggambarkan gajah sebagai contohnya.
  16. Tidak ada jawaban yang salah ataupun benar dari tes ini, tetapi hasilnya dapat menunjukkan bagaimana kepribadianmu.

Klik dan dapatkan lowongan kerja idamanmu:

Apa Itu Tes Wartegg Dan 16 Tips Sukses Lulus Tes Wartegg

Apa Itu Tes Wartegg Dan 16 Tips Sukses Lulus Tes Wartegg