Apa Itu TikTok Shop Bagaimana Cara Belanjanya? Bisa Gratis Ongkir Loh

Apa Itu TikTok Shop Bagaimana Cara Belanjanya? Bisa Gratis Ongkir Loh – Nama aplikasi TikTok mungkin sudah tidak lagi asing untuk kamu dengarkan atau bahkan sering juga menggunakannya di sela-sela kehidupan sehari-hari. Aplikasi sosial media satu ini hadir dengan fitur video yang mempermudah penggunanya untuk memiliki platform dalam mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. Namun, apakah kamu sebagai pengguna TikTok sudah mengetahui bahwa sekarang terdapat fitur TikTok Shop yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja berbagai barang? Yuk, cari tahu apa itu TikTok Shop dan bagaimana cara menggunakannya seperti di bawah ini.

Apa Itu TikTok Shop Tempat Belanja Terbaru

unsplash.com/@obergeron

Aplikasi sosial media yang menghadirkan platform untuk bisa mengunggah beragam video pendek menarik yaitu TikTok saat ini tengah mulai mengembangkan bisnisnya. Tidak hanya lagi bisa digunakan untuk bersosial media saja, sekarang kamu juga bisa sambil berbelanja berbagai barang yang menarik. Fitur yang dinamakan dengan TikTok Shop ini menjadi e-commerce yang sudah dirilis sejak bulan April 2021. Namun, mungkin hingga saat ini kamu masih belum banyak mengetahui terkait dengan apa itu TikTok Shop ini.

Agar tidak lagi muncul pertanyaan apa itu TikTok Shop, fitur satu ini merupakan sebuah cara untuk kamu bisa berbelanja secara online dengan lebih mudah. Banyak kemudahan yang ditawarkan bagi para penggunanya dalam proses jual beli barang menarik yang ada di dalamnya. Kamu bisa melakukan transaksi secara langsung di dalam aplikasi TikTok tanpa harus dialihkan ke aplikasi e-commerce lainnya. Sebagai penggunanya, kamu bisa menawarkan dan menjual produk barang yang kamu miliki melalui sosial media satu ini. 

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat fitur dari Instagram Shopping atau Facebook Shops yang juga ada di kedua sosial media tersebut. Namun, pemahaman dari apa itu TikTok Shop sendiri memiliki cara kerja yang berbeda dari kedua fitur yang sudah ada sebelumnya. Pada TikTok Shop sendiri, kamu nantinya tidak akan diarahkan untuk mengunjungi atau menyelesaikan proses berbelanja menggunakan aplikasi berbelanja yang lain. Kamu bisa menyelesaikan seluruh transaksi mulai pemilihan barang, berbicara dengan penjual, pembayaran, dan melihat progress pengiriman barang hanya menggunakan aplikasi TikTok saja.

Cara Belanja Unggahan Produk Melalui TikTok Shop

Setelah memahami apa itu TikTok Shop, mungkin kamu merasa penasaran dengan cara kerja yang ada. Jika kamu menginginkan untuk membeli barang menggunakan fitur satu ini, tidak perlu merasa khawatir tentang cara berbelanja. TikTok Shop hadir dengan fitur yang mudah untuk digunakan oleh para pengguna barunya dalam berbelanja dengan lebih praktis. Bagi kamu yang ingin mencobanya, cara ini cukup mudah karena layout yang digunakan juga terbilang mudah untuk dipahami.

Berikut ini langkah dari apa itu TikTok Shop untuk kamu berbelanja barang diantaranya:

  1. Buka aplikasi TikTok yang kamu gunakan pada perangkat smartphone. Jangan lupa untuk kamu menggunakan aplikasi dengan versi terbaru. Setelah itu, selesaikan proses login untuk masuk ke akun milikmu.
  2. Cari toko resmi dari barang yang ingin kamu beli melalui fitur pencarian yang ada di dalam aplikasi.
  3. Klik pada ikon yang bergambar seperti tas yang terletak di bagian halaman utama dari profile toko resmi yang kamu kunjungi tersebut.
  4. Kamu bisa melihat dan memilih mana barang yang ingin untuk dibeli pada bagian etalase produk yang tersedia. Kamu hanya perlu untuk melakukan scroll ke bawah untuk menemukan produk yang diinginkan.
  5. Jika sudah yakin dengan produk tersebut, klik pada pilihan Buy Now yang letaknya di bagian pojok kanan bawah layar.
  6. Nanti kamu akan menemui laman yang berisi Order Summary untuk mengisi informasi pemesan barang agar bisa segera diproses. Isi informasi terkait dengan alamat lengkap tujuan pengiriman barang, jumlah dari barang yang dibeli, variasi pilihan dari barang tersebut seperti warna, serta masukkan notes jika diperlukan.
  7. Pilih salah satu dari metode pembayaran yang ditawarkan untuk menyelesaikan pemesanan barang tersebut. Metode yang tersedia yaitu diantaranya OVO, Dana, Gopay, Indomaret, Alfamart, Credit Card, dan Bank Transfer.
  8. Selesaikan proses pembayaran sesuai dengan metode dan petunjuk yang diberikan.
  9. Pesananmu akan segera dikirimkan dan kamu bisa mengecek progres pengiriman melalui menu riwayat pemesanan.

Cara Belanja Melalui Live Streaming di TikTok Shop

Setelah memahami apa itu TikTok Shop dan dijelaskan bagaimana cara untuk berbelanja melalui etalase produk, ada cara lain pula yang tersedia. Sekarang kamu bisa membeli barang secara langsung melalui siaran live streaming yang sedang dilakukan oleh penjual. Biasanya live streaming ini digunakan sebagai cara yang efektif untuk bisa memasarkan produk yang mereka miliki. Jika kamu sedang melihat salah satu tayangan langsung dan tertarik dengan barang yang sedang ditawarkan, kamu bisa saat itu juga membelinya.

Berikut ini merupakan langkah yang bisa kamu lakukan untuk membeli barang saat live streaming di TikTok Shop diantaranya:

  1. Buka live streaming dari akun penjual yang ingin untuk ditonton.
  2. Kamu bisa menemukan produk yang sedang ditawarkan pada saat sesi itu melalui jendela yang berada di bagian pojok kanan bawah.
  3. Kamu bisa langsung memproses pembelian dengan klik pada tombol Buy, lalu klik pilihan Buy Now.
  4. Kamu tinggal mengisi secara benar dan lengkap terkait informasi pengiriman barang yang dibutuhkan. Informasi tersebut berupa jumlah barang yang diinginkan, warna, notes jika dibutuhkan, alamat, dan juga memilih metode pembayaran yang ingin digunakan.
  5. Selesaikan seluruh proses transaksi pembayaran hingga selesai dan tunggu produk dikirimkan sampai ke alamat rumahmu.

Cara Cek Riwayat Pembelian Barang di TikTok Shop

Tidak hanya mengenal apa itu TikTok Shop dan mengetahui cara pemesanan barang yang diinginkan, tentu saja kamu ingin mengetahui pengiriman barangnya. Pada umumnya, pengiriman barang yang dipesan melalui online akan memberikan informasi seperti nomor resi. Melalui nomor ini, kamu bisa melihat sejauh mana pengiriman sedang berjalan. Selain itu, kamu juga bisa memperkirakan kapan paket kiriman akan sampai untuk diantarkan ke rumahmu.

Fitur yang ada di dalam TikTok Shop juga dilengkapi oleh riwayat pembelian barang sehingga kamu bisa mengecek pengirimannya. Cara untuk melihatnya diantaranya:

  1. Pastikan pembelian barang sudah selesai dilakukan pembayarannya.
  2. Pilih menu Settings and Privacy yang ada pada akun TikTok, setelah itu klik pilihan Orders.
  3. Kamu akan melihat beberapa tab yang terletak di bagian tas. Menu tab yang ada diantaranya All (Untuk mengecek seluruh transaksi yang ada), Unpaid (Melihat pesanan yang belum dibayarkan), To Ship (Pesanan dalam proses untuk segera dikirimkan), Shipped (Pesanan dalam proses pengiriman), dan To Review (Memberikan penilaian dan review atas pesanan yang telah dibeli) yang bisa kamu pilih salah satu sesuai dengan tujuan yang ada.
  4. Kamu juga bisa mengecek riwayat pesanan melalui menu Orders. Setelah itu klik pada Inbox dan pilih menu Shop Updates.

Itu tadi merupakan penjelasan mengenai apa itu TikTok Shop dan bagaimana cara untuk melakukan pemesanan barang melalui fitur ini. Kamu sekarang bisa berbelanja berbagai kebutuhan barang dengan semakin mudah tanpa perlu khawatir lagi. Selain itu, TikTok Shop juga menawarkan promosi pengiriman gratis ongkir yang membuat kamu menjadi semakin hemat. Kamu bisa mengecek informasi belanja lainnya yang aman melalui blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah