10 Aplikasi Terbaik Edit Video di Laptop Dan Android, Ringan Gratis!

10 Aplikasi Terbaik Edit Video di Laptop & Android, Ringan Gratis! – Profesi sebagai seorang youtuber atau konten kreator saat ini sedang naik daun. Tidak hanya anak muda, orang-orang tua pun mencoba terjun ke dunia digital yang melibatkan pembuatan video. Sayangnya untuk membuat proses editing dengan hasil memuaskan akan memakan waktu lama.

Aplikasi Terbaik Edit Video yang Ringan dan Gratis

pixabay.com

Beredarnya banyak informasi mengenai aplikasi untuk mengedit video semakin membuat bingung. Seseorang cenderung ingin mengedit video dengan waktu singkat, tetapi hasilnya maksimal. Akhirnya program berukuran besar dan membutuhkan banyak memori pun diinstal. Tapi, ternyata hasil editan video menggunakan program tersebut tidak sebagus yang diiklankan.

Proses editing video dapat dilakukan pada laptop atau bahkan ponsel android, sehingga lebih praktis. Masing-masing aplikasi memiliki keunggulan dan kelemahan. Lalu, apa saja jenis aplikasi terbaik untuk mengedit video di ponsel dan android yang gratis untuk kamu?. Sebelum kamu memastikan aplikasi edit video yang akan diinstal, sebaiknya ketahui terlebih dahulu berbagai macam fiturnya.

1. Viva Video: Aplikasi Edit Video di Ponsel

playstore

Aplikasi Viva Video mungkin sudah sangat akrab di telinga para pecinta hobi edit video. Bahkan, hasil editan menggunakan Viva Video seringkali diunggah di berbagai macam sosial media. Selain bisa digunakan untuk mengedit video, aplikasi Viva Video juga bisa untuk membuat video. Tentunya keunggulan ini didukung beberapa fasilitas pendukung.

Adapun fasilitas pengeditan di Viva Video adalah: memotong video, menyatukan beberapa video, memotong video, menambahkan musik, mengedit video di youtube, hingga menambahkan kata dan teks pada video. Pengoperasian aplikasi Viva Video juga sangat mudah, sehingga pengguna bisa langsung mengeklik ikon-ikonnya. Viva Video memungkinkan kamu menjadi pembuat film profesional sekaligus editor video dalam waktu singkat.

Video yang sudah dibuat di Viva Video dapat disimpan dengan kualitas 720p, Full HD 1080p dan 4K. Selain itu, kamu juga bisa menyimpannya di ponsel dan mengunggahnya ke sosial media populer seperti YouTube, Instagram, dan Tik Tok.

2. FilmoraGo: Aplikasi Edit Video di Ponsel

playstore

 

Aplikasi edit video praktis di ponsel yang kedua adalah FilmoraGo. Pengoperasian aplikasi FilmoraGo sangat mudah. Kamu tinggal memilih foto atau video yang akan diedit dari galeri atau sosial media. Selanjutnya, pilih tema sesuai keinginanmu. Keunggulan FilmoraGo adalah menyediakan berbagai macam tema untuk memperindah video.

Tambahkan musik favorit atau efek suara pada FilmoraGo. Video juga bisa lebih hidup dengan tambahan transisi secara halus. Ada pula tambahan filter di FilmoraGo untuk membuat videomu semakin unik dan menarik. Video yang selesai dibuat di FilmoraGo dapat disimpan di galeri ponsel atau langsung diunggah ke sosial media, seperti Instagram, Facebook, Vimeo, WhatsApp, dan YouTube.

3. Adobe Premiere Rush: Aplikasi Edit Video di Ponsel

playstore

 

Lakukan pengeditan secara cepat menggunakan Adobe Premiere Rush. Aplikasi yang mudah digunakan dan sangat lengkap ini bisa mengedit dari berbagai macam device. Adobe Premiere Rush memungkinkan kamu mengedit video agar terlihat profesional. Terdapat banyak efek yang bisa digunakan pada aplikasi ini, seperti kecepatan video dan filter canggih.

Adobe Premiere Rush juga memungkinkan penggunanya langsung merekam video dengan kualitas bagus, kemudian mengeditnya. Tambahkan musik dan judul video untuk membedakan videomu dengan video lainnya. Adobe Premiere Rush juga memiliki fasilitas penambahan suara melalui rekaman atau musik.

Adobe Premiere Rush adalah aplikasi edit video ringan yang direkomendasikan untuk kamu yang berprofesi sebagai influencer dan vlogger. Setelah mengedit video pada aplikasi, langsung unggah hasil pada channel YouTube, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

4. VideoShow: Aplikasi Edit Video di Ponsel

playstore

 

VideoShow sebagai aplikasi edit video dan pembuat video sudah digunakan oleh lebih dari 600 juta orang. Penggunaan aplikasi VideoShow untuk mengedit video cukup mudah, apalagi sudah ada fasilitas untuk membuat meme, menambahkan stiker, dan efek suara. Ada pula fasilitas zoom in dan zoom out, slow motion, serta doodle yang lucu. Tidak hanya itu, video yang dibuat pun bisa ditambahkan teks, efek, GIF, hingga di-dubbing oleh penggunanya.

VideoShow praktis digunakan untuk pengedit video pemula. Fiturnya yang canggih membuat pengguna bisa percaya diri mengunggah hasil editan di berbagai sosial media. Pengguna juga tidak perlu pusing mencari musik yang sesuai untuk videonya karena di VideoShow sudah terdapat ratusan rekomendasi musik.

5. Kinemaster: Aplikasi Edit Video di Ponsel

playstore

Skill edit video yang biasa-biasa saja bisa terlihat istimewa dengan aplikasi edit video Kinemaster. Aplikasi ini memungkinkan pengeditan dilakukan dalam beberapa layer. Bahkan, hasil editan video di Kinemaster dapat diekspor dengan resolusi sampai 4K. Meskipun demikian, device yang digunakan bisa berpengaruh pada kualitas video yang akan dihasilkan.

Apa saja fitur yang dapat diakses di Kinemaster?. Pengguna bisa menambahkan sekaligus mengombinasikan video, gambar, stiker, teks, tulisan tangan, hingga efek spesial pada setiap layer. Warna video pun bisa disesuaikan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas akhir video. Jika kamu senang membuat video unik, fitur ‘reverse’ bisa kamu gunakan. Tambahkan dubbing suara atau suaramu sendiri jika kamu ingin menjadikan video sebagai karyamu. Kinemaster memungkinkan penggunanya untuk mengunggah hasil editan ke sosial media secara profesional.

6. Corel Video Studio: Aplikasi Edit Video di Laptop

pcmag.com

Gunakan aplikasi Corel Video Studio untuk mengedit videomu di laptop atau komputer. Biasanya, aplikasi ini dipakai oleh video editor profesional atau pemula. Kemudahan pengoperasian aplikasi Corel Video Studio dengan hasil bagus membuat peminat aplikasi pun cukup banyak. Hasil video pun bisa diekspor dalam berbagai versi, bahkan dengan format yang kompatibel untuk ponsel. Corel Video Studio memungkinkan penggunanya mengedit video, menambahkan foto, efek, hingga melakukan dubbing suara.

7. VideoPad: Aplikasi Edit Video di Laptop

freewarefiles.com

Ingin membuat video yang unik dan menarik di laptop tapi masih pemula?. Gunakan VideoPad dengan banyak fitur untuk laptop yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi. Pengguna bisa memilih video atau yang akan diedit. Jangan lupa untuk menyimpan video tersebut sebelum melakukan eksport video. VideoPad memungkinkan penggunanya untuk menambahkan teks, musik, dan gambar. Selain itu, pada VideoPad juga terdapat fitur durasi pada setiap tambahan animasi.

8. Vegas Movie Studio: Aplikasi Edit Video di Laptop

pcmag.com

Aplikasi edit video untuk pemula di laptop salah satunya adalah Vegas Movie Studio. Kamu tidak perlu bingung ketika membuka aplikasi ini untuk pertama kali karena sudah terdapat petunjuk berupa tutorial. Pengoperasian Vegas Movie Studio cukup mudah, pengguna tinggal mengimpor foto atau video dari galeri atau device lainnya. Lakukan pengeditan dengan menambahkan teks, gambar, efek video, dan sebagainya. Setelah selesai mengedit, bagikan video di sosial media seperti YouTube, Facebook, dan Vimeo.

9. Windows Movie Maker: Aplikasi Edit Video di Laptop

https://2.bp.blogspot.com/

 

Aplikasi Windows Movie Maker mungkin menjadi aplikasi yang paling akrab di kalangan pengguna sistem operasi Windows. Secara fitur, Windows Movie Maker tidak jauh berbeda dengan aplikasi Filmora yang juga mudah digunakan. Pengedit pemula yang baru pertama kali mengedit video di laptop pun bisa membuat video dengan mudah. Pada Windows Movie Maker, ditawarkan fitur untuk membuat animasi, transisi, efek visual, penambahan teks, suara, hingga fitur ekspor video.

10. Debugmode Wax

rahimsoft.com

Debugmode Wax adalah aplikasi pengedit video di laptop yang memungkinkan pembuatan efek 2 dimensi dan 3 dimensi. Bahkan, aplikasi Debugmode Wax juga terkenal untuk membuat efek ledakan. Sebenarnya, aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti aplikasi edit video berat di laptop, seperti Adobe After Effect. Namun, Debugmode Wax lebih ringan dengan hasil video tidak kalah bagus. Aplikasi ini bisa berdiri sendiri atau digabungkan dengan aplikasi lainnya.

Dari berbagai rekomendasi aplikasi di atas, manakah yang paling membuatmu tertarik?. Kendala proses menginstall video bisa disebabkan oleh memori yang penuh atau spesifikasi device yang tidak sesuai. Sebelum menginstall, pastikan bahwa ruang penyimpanan masih tersisa dan gadget milikmu dapat mendukung berjalannya aplikasi. Selamat berkreasi dan membuat video!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: