10 Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi Laptop dan Android

Posted in: Informasi

10 Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi Laptop dan Android – Menemukan aplikasi untuk membuat video animasi yang mudah digunakan dan memberikan hasil yang baik kadang cukup sulit. Pasalnya, kamu akan menemukan banyak jenis aplikasi di pasar tapi kamu tidak tahu apakah aplikasi tersebut cocok untuk kamu atau tidak. Melalui informasi ini, Mamikos akan membagikan beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi yang bisa kamu gunakan di laptop maupun ponsel Android. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Informasi Terbaru Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi Laptop dan Android

unsplash.com

Aplikasi yang akan Mamikos berikan di bawah ini memungkinkan kamu untuk membuat beragam jenis video animasi sesuai kebutuhan kamu. Tidak hanya untuk mereka yang sudah ahli, aplikasi-aplikasi berikut sangat bisa digunakan untuk kamu yang masih pemula atau masih di tahap belajar membuat video animasi. Meskipun diberikan secara gratis, aplikasi untuk membuat video animasi di bawah ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik untuk membuat pekerjaan kamu semakin mudah. Berikut daftar lengkapnya.

Daftar Lengkap Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi di Laptop

Pertama-tama, Mamikos akan memberikan daftar aplikasi untuk membuat video animasi khusus di laptop. Beberapa aplikasi ini sangat mudah digunakan namun fiturnya tidak kalah dibanding aplikasi untuk mereka yang sudah mahir. Sehingga, aplikasi ini sangat cocok untuk kamu gunakan untuk belajar jika kamu ingin menjadi seorang pembuat video animasi profesional. Berikut adalah 5 aplikasi untuk membuat video animasi di laptop kamu.

1. Aurora 3D Maker

softonic.com

Kalau kamu sudah punya video tertentu dan ingin kamu tambahkan animasi, maka kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Aurora 3D Maker. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menambahkan beragam objek tiga dimensi ke dalam video kamu sesuai kebutuhan agar lebih menarik. Selain membuat video animasi, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi yang satu ini untuk membuat presentasi dengan efek animasi tiga dimensi. Memang tidak direkomendasikan untuk dunia profesional, tapi aplikasi ini cocok untuk digunakan sebagai tahap awal kamu mempelajari cara membuat video animasi.

2. Blender

blender.org

Aplikasi untuk membuat video animasi di laptop yang selanjutnya adalah aplikasi bernama Blender. Aplikasi ini bersifat open-source, tersedia untuk beragam sistem operasi (Windows, MacOS, dan Linux), serta bisa kamu gunakan secara gratis untuk laptop kamu. Meskipun aplikasi ini sangat user-friendly untuk pemula, Blender juga merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh profesional untuk membuat video animasi yang memiliki kualitas tinggi. Selain untuk membuat animasi, Blender juga bisa kamu gunakan untuk membuat 3D modelling, membuat game, motion tracking, dan lain sebagainya.

3. Synfig Studio

synfig.org

Synfig Studio juga masuk ke dalam jajaran rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi di laptop yang bisa digunakan secara gratis. Bedanya dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Synfig Studio bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi dua dimensi dan sangat cocok untuk kamu yang masih ada di tahap belajar membuat video animasi. Interface dari aplikasi ini sendiri terbagi menjadi empat, yaitu untuk tool, parameter, editing, dan navigator windows yang akan sangat memudahkan kamu untuk membuat video animasi. Tak sampai di situ, kamu juga akan menemukan beragam koleksi referensi dan tutorial membuat video dari berbagai bahasa agar mempermudah kamu dalam belajar.

4. Pivot Animator

pivotanimator.com

Pivot Animator merupakan aplikasi untuk membuat video animasi yang terbilang cukup sederhana bagi pemula, di mana karakter animasi yang kamu kreasikan di dalam aplikasi tersebut adalah berupa stickman. Meskipun hanya berupa stickman, bukan berarti bahwa kamu tidak bisa membuat video animasi yang keren melalui aplikasi ini. Aplikasi ini justru menjadi ladang bagi kamu untuk mengasah kemampuan kamu agar bisa membuat video animasi yang lebih baik lagi. Kamu bisa mempelajari bagaimana caranya membuat gerakan animasi yang lebih halus lagi dan bisa kamu terapkan ketika kamu terjun ke dunia profesional nantinya.

5. Pencil2D Animation

youtube.com

Rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi di laptop yang terakhir adalah aplikasi bernama Pencil 2D Animation. Hampir serupa dengan Synfig Studio, aplikasi yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin membuat video animasi dua dimensi sederhana. Selain itu, aplikasi ini juga cocok untuk kamu yang suka menggambar komik dan ingin mewujudkan komik tersebut menjadi gambar bergerak. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux serta bisa kamu dapatkan secara gratis.

Daftar Lengkap Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi di Android

Jika kamu tidak memiliki laptop, kamu masih tetap bisa belajar membuat video animasi dengan perangkat Android apapun yang kamu miliki. Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi untuk membuat video animasi yang bisa kamu pasang di ponsel atau perangkat lain yang memiliki sistem operasi Android. Sama seperti aplikasi di laptop, daftar aplikasi ini tentunya bisa kamu dapatkan secara gratis. Simak daftar lengkapnya berikut ini.

6. FlipaClip

youtube.com

Aplikasi untuk membuat video animasi di perangkat Android yang pertama adalah aplikasi bernama FlipaClip. Meskipun diperuntukkan bagi Android, kamu tentunya tidak boleh meragukan kualitas dari aplikasi yang satu ini. Interface dari FlipaClip bisa dibilang cenderung sederhana, kamu bisa membuat sketsa, storyboard, serta gambar animasi lainnya di bagian yang tersedia. Animasi yang sudah kamu buat tersebut kemudian bisa kamu ekspor ke dalam format MP4 maupun GIF lalu bisa kamu bagian ke platform seperti TikTok, YouTube, Instagram, dan yang lainnya.

7. Pixel Animation Studio MP4 GIF

apkpure.com

Selanjutnya adalah Pixel Animation Studio MP4 GIF yang juga menjadi salah satu aplikasi untuk membuat video animasi di Android yang cukup direkomendasikan. Sesuai dengan namanya, kamu bisa membuat video animasi berbasis piksel di aplikasi ini dengan sangat mudah. Kamu cukup menyatukan setiap piksel hingga akhirnya membentuk sebuah gambar yang kamu inginkan. Nah, fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini nantinya akan membantu kamu dalam membuat gambar tersebut menjadi sebuah animasi.

8. Draw Cartoons 2

youtube.com

Kalau kamu tidak ingin repot-repot menggambar karakter animasi, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi untuk membuat video animasi yang satu ini. Aplikasi bernama Draw Cartoons 2 ini menyediakan beragam template karakter dan memungkinkan kamu untuk membuat video animasi berdasarkan karakter yang ada. Setelah itu, kamu bisa mengatur sendiri untuk pergerakan karakter yang kamu pilih tersebut untuk setiap frame-nya. Kamu juga bisa menambahkan voice over serta musik yang mendukung video animasi kamu menjadi lebih menarik lagi.

9. Veemee Avatan Creator

youtube.cim

Rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi di perangkat Android berikutnya adalah Veemee Avatan Creator. Aplikasi yang satu ini dapat kamu gunakan jika kamu ingin membuat animasi tiga dimensi atau 3D. Kamu bisa bebas membuat karakter animasi yang ada dalam imajinasi kamu dan menambahkan background untuk membuatnya lebih menarik lagi. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan foto-foto yang ada di perangkatmu untuk dimasukkan ke dalam video tersebut.

10. Stick Nodes

youtube.cim

Terakhir adalah aplikasi untuk membuat video animasi di perangkat Android yang bernama Stick Nodes. Mirip dengan Pivot Animator, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk bermain karakter animasi stickman di perangkat Android yang kamu miliki. Fitur yang terdapat di aplikasi ini juga terbilang lengkap sehingga kamu bisa membuat video animasi stickman yang keren dan menarik. Setelah selesai membuatnya, kamu bisa mengekspor video tersebut ke dalam format GIF.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan tentang rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi di laptop dan Android. Kapasitas dan kualitas setiap aplikasi tentunya berbeda-beda, jadi kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa kebutuhan kamu sebelum menentukan aplikasi apa yang akan kamu pakai. Pertimbangkan juga apakah aplikasi tersebut kompatibel dengan perangkat kamu atau tidak agar proses pembuatan video kamu bisa berjalan dengan lancar. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.