Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun, Hasil Keren, Mudah dan Cepat

Posted in: General Informasi

Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun, Hasil Keren, Mudah dan Cepat – Saat ini melakukan edit foto sudah tidak sesulit dulu. Banyak tersedia aplikasi yang membantu melakukan editing dengan mudah dan cepat. Berbagai bentuk edit foto juga mulai bermunculan. Salah satunya adalah adanya aplikasi edit foto jadi kartun yang unik dan lucu.

Hadirnya smartphone memang sangat bermanfaat untuk melakukan editing. Terlebih lagi saat ini smartphone telah dibekali dengan teknologi canggih dan modern. Hasil foto dan editing di smartphone tidak kalah bagus dengan editing profesional. Bisa dikatakan foto kartun di smartphone cukup berkualitas.

Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun

tekno.kompas.com

Perkembangan zaman yang semakin maju, selaras dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Kemudahan dalam mengoperasionalkan juga sangat membantu para pemula untuk berkarya. Aplikasi-aplikasi editing foto ini, bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah foto aesthetic dan kece.

1. Voila Al Artist

Aplikasi pertama yang bisa Anda coba adalah Voila Al Artist. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik yang menghadirkan berbagai macam fitur. Salah satu fitur yang digemari oleh para pengguna adalah merubah foto selfie menjadi sebuah kartun.

Bukan sembarang edit foto, dengan menggunakan aplikasi ini foto-foto yang diedit akan terlihat sangat realistis dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya. Anda juga bisa langsung mengunggah foto tersebut ke berbagai aplikasi baik media sosial atau grup yang dimiliki.

Voila Al Artist ini memiliki efek kartun 3D ala Pixar, sketsa pensil, lukisan ala Picasso, lukisan abad ke-18, Renaissance, dan masih banyak efek lainnya untuk dicoba. Aplikasi ini terdapat kekurangan dan kelebihannya, walaupun secara umum sudah menjadi aplikasi terbaik.

Kelebihan 

  • Memiliki filter yang mampu membuat foto kartun lebih beragam dan tidak monoton.
  • Memiliki editor foto bawaan yang membantu proses edit foto.

Kekurangan

  • Terdapat beberapa efek foto yang masih terkunci karena harus melakukan proses pembayaran atau versi Pro.

2. Meitu – Create Insta Collage & Stories

Aplikasi edit foto jadi kartun selanjutnya adalah Meitu – Create Insta Collage & Stories. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play. Hingga saat ini telah tercatat lebih dari 50 juta unduhan dari para penggunanya. 

Dalam edit foto menjadi kartun, Meitu dapat merubah foto Anda menjadi avatar sesuai karakter. Selain itu, foto juga akan dibuat semakin kece dengan adanya puluhan filter yang bisa digunakan didalamnya. Fitur Meitu cukup lengkap dan menarik. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan

  • Memiliki kumpulan tools yang digunakan untuk membuat foto kartun, contohnya adalah The Anime Avatar, ArtBot, dan Doll House.
  • Bisa digunakan sebagai aplikasi edit foto kartun Muslimah dengan jilbab.

Kekurangan 

  • Pengguna tidak dapat melakukan proses edit foto dan membuat filter ketika dalam kondisi offline.

3. Prisma Photo Editor

Aplikasi ini sempat banyak digandrungi oleh para penggemar edot foto, terutama merubah foto menjadi kartun. Prisma Photo Editor memiliki cara kerja yang sangat mudah dilakukan. Anda cukup memilih foto, kemudian memilih filter dan akan secara otomatis berubah gaya.

Agar bisa menghasilkan foto kartun yang berkualitas, manfaatkan filter seperti Mononoke, Gothic, Dallas, dan filter lain. Tentu saja semua filter ini disediakan secara gratis. Jika menghendaki database filter yang lebih lengkap, upgrade ke versi premium dengan berlangganan bulanan atau tahunan.

Kelebihan

  • Terdapat puluhan filter keren yang dapat digunakan secara gratis.
  • Pengaturan aplikasi tidak ribet, hanya perlu memilih foto dan filter yang dikehendaki.

Kekurangan

  • Aplikasi ini hanya bekerja ketika dalam kondisi online serta terhubung pada jaringan internet.

4. PicsArt Photo Studio

PicsArt Photo Studio memang sudah dikenal sebagai aplikasi edit foto terbaik yang terdapat di HP Android. Ternyata aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk merubah foto biasa menjadi sebuah foto kartun yang unik.

Di dalamnya terdapat opsi pengeditan dengan fitur-fitur artistic, seperti Comic, Watercolor, serta Cartoonizer yang berguna untuk mengubah foto wajah menjadi ala kartun lucu. PicsArt ini juga dibekali dengan banyaknya tools melimpah agar foto yang dihasilkan sesuai dengan keinginan.

Kelebihan

  • Cara edit foto menjadi bentuk kartun 3D terbilang mudah dengan adanya ratusan filter dan juga tools yang sangat lengkap.
  • Dapat digunakan untuk menyimpan foto beresolusi HD.

Kekurangan

  • Anda harus login terlebih dahulu dengan menggunakan Facebook atau akun Google.

5. MomentCam

Apabila Anda adalah pengguna Android lawas, silahkan mencoba aplikasi MomentCam ini untuk edit foto. Aplikasi ini telah mengalami banyak update sampai menghasilkan aplikasi canggih seperti saat ini. Namun, MomentCam ini tetap berusaha mempertahankan ciri khasnya yaitu karikatur lucu.

Dalam aplikasi ini, terdapat banyak sekali template karikatur yang bisa dipilih. Ukurannya juga terbilang cukup kecil, sehingga tidak membuat penuh memori HP. Berbicara tentang hasil, jangan diragukan lagi. Kualitas yang dihasilkan tidak akan mengecewakan.

Kelebihan

  • Memiliki fitur utama yaitu mengubah foto menjadi sebuah karikatur dengan puluhan template yang telah disediakan.
  • Aplikasi ini cenderung ringan untuk semua jenis HP Android.

Kekurangan 

  • Proses pengeditan foto menjadi kartun, cenderung terlihat lebih kaku jika dibandingkan dengan aplikasi serupa.

6. Photo Grid

Sebenarnya fungsi utama pada aplikasi Photo Grid ini adalah untuk foto kolase. Namun, ternyata bisa juga digunakan untuk edit lainnya. Di dalam aplikasi ini disediakan aneka fitur seperti layaknya edit foto menjadi foto kartun secara online.

Anda bisa memilih berbagai macam efek populer di dalamnya. Contohnya adalah 8-bit, Sketch, Comic Book, Cherish, dan efek lainnya sesuai dengan selera. Aplikasi ini hanya memiliki ukuran 24 MB saja, sehingga ringan digunakan untuk performa ponsel.

Kelebihan

  • Terdapat banyak tools agar bisa mengedit dengan baik
  • Memiliki pilihan efek dan filter yang sangat beragam dan bisa digunakan secara gratis.

Kekurangan

  • Ketika digunakan untuk edit foto, harus terhubung dengan jaringan internet.

7. Zepeto

Aplikasi Zepeto ini pertama kali dirilis pada tahun 2018. Hingga saat ini, aplikasi ini telah mengalami banyak update di dalamnya. Dengan menggunakan Zepeto, memungkinkan bagi Anda untuk membuat avatar 3 dimensi langsung dari foto yang dimiliki. 

Dalam proses edit, disediakan berbagai macam kustomisasi agar hasil avatar dapat sesuai dengan keinginan. Selain itu, pada versi terbaru juga dilengkapi dengan fitur membuat ARmoji layaknya Animoji populer pada perangkat iPhone.

Kelebihan

  • Mampu mengubah foto menjadi avatar 3D dengan mudah.
  • Dilengkapi dengan ratusan kustomisasi.
  • Memiliki banyak fitur agar foto menjadi unik, mulai dari edit foto menjadi Avatar hingga ARmoji.

Kekurangan

  • Agar bisa menggunakan aplikasi ini harus dalam keadaan online dan tersambung ke jaringan internet.

8. Pixlr

Aplikasi edit foto jadi kartun 3D bisa menggunakan Pixlr. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang cukup sederhana, sehingga tidak menyulitkan penggunaannya. Untuk kemampuan editingnya luar biasa dan tidak perlu diragukan.

Untuk merubah foto menjadi kartun, Anda bisa memilih foto dari galeri atau bisa juga dengan mengambil foto langsung melalui aplikasi. Pixlr sendiri telah menyediakan filter menarik yang cukup banyak sebagai pendukung edit foto. Contohnya adalah efek Pencil, Watercolor, dan Poster.

Kelebihan 

  • Memiliki tampilan antarmuka yang sederhana.
  • Mudah digunakan untuk kalangan umum.
  • Tool yang diberikan cukup lengkap untuk membuat kolase, memperbaiki foto, dan lainnya.

Kekurangan 

  • Pilihan filter kartun tidak selengkap pada aplikasi yang lain.

9. Cartoon Photo Editor

Aplikasi Cartoon Photo Editor ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Anda hanya membutuhkan memory 12 MB saja. Meskipun kecil, performa aplikasi ini cukup cepat dalam mengubah foto Anda menjadi sebuah ilustrasi keren.

Cara editnya juga cukup sederhana, cukup memilih foto yang akan di edit kemudian memilih filter yang sesuai. Bar filter ini terletak pada slider di bagian bawah aplikasi. Untuk membuat foto kartun, gunakan beberapa filter seperti Comic, Cartoon+, atau Obama secara praktis dan cepat.

Kelebihan

  • Memiliki ukuran yang ringan sehingga cocok bagi hampir semua tipe smartphone yang ada.
  • Memiliki fitur pengeditan yang mudah digunakan.
  • Terdapat banyak filter yang dapat dipilih secara gratis.

Kekurangan

  • Fungsi pada aplikasi terlalu simpel.
  • Tidak terdapat tool untuk proses penyuntingan foto.

10. Tooncam

Nama aplikasi untuk edit foto menjadi kartun yang lainnya adalah Tooncam. Hampir sama dengan aplikasi yang lainnya, Tooncam memiliki fitur pengeditan yang kompleks. Aplikasi ini cocok bagi Anda yang ingin membuat foto profil dalam bentuk gambar anime atau komik.

Cara kerjanya sangat mudah, pertama Anda cukup memilih foto yang akan di edit. Setelah itu, dilanjutkan dengan memilih filter dan tekstur sesuai keinginan. Tambahkan border, stiker, dan balon percakapan. Jadilah foto menjadi kartun atau komik. 

Kelebihan

  • Aplikasi dapat dijalankan dalam kondisi offline atau tanpa adanya sambungan dengan jaringan internet.
  • Memiliki tampilan antarmuka yang cenderung simpel.
  • Fitur dan efeknya sangat lengkap.

Kekurangan

  • Foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang kurang detail.
  • Tools yang disediakan tidak diperuntukkan bagi kalangan profesional.

11. Photo Lab Picture Editor

Ingin mengedit foto kartun melalui aplikasi yang lengkap? Gunakan Photo Lab Picture Editor. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan terbaik ketika hendak merubah foto biasa menjadi foto kartun. Selain itu, Photo Lab Picture Editor juga bisa digunakan untuk penyuntingan foto.

Untuk mendukung editan yang optimal, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Anda bisa mencoba berbagai filter untuk mengedit dan menyunting foto.

Jika belum menemukan ide tentang editing akan akan dilakukan, Anda bisa melihat feed dari para pengguna lainnya. Dari sini bisa menjadi sumber inspirasi sebelum menyunting foto yang ada. Gayanya yang kekinian sangat sesuai bagi para pecinta foto.

Kelebihan 

  • Memiliki fitur update dengan gaya yang kekinian.
  • Memiliki fitur penyuntingan foto yang terbilang lengkap jika dibandingkan dengan para kompetitornya.

Kekurangan

  • Aplikasi hanya bisa dijalankan ketika tersambung dengan jaringan internet atau secara offline.
  • Beberapa filter masih terkunci dan hanya bisa digunakan ketika upgrade ke seri premium berbayar.

Foto yang tersimpan di galeri smartphone anda, bisa diubah menjadi foto kartun yang lucu dan beda dengan yang lainnya. Caranya juga cukup simpel hanya dengan memanfaatkan beberapa aplikasi edit foto jadi kartun seperti rekomendasi di atas. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah