Besar Biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan 2021/2022

Besar Biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan 2021/2022 – Membayar UKT atau Uang Kuliah Tunggal biasanya menjadi kewajiban seorang mahasiswa agar kegiatan akademiknya berjalan dengan lancar. Selain UKT, perguruan tinggi juga kadang kala membebankan uang pangkal atau biaya pengembangan kepada mahasiswa yang dibayarkan di awal masa perkuliahan. Informasi yang kali ini akan Mamikos bagikan adalah seputar besaran biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan atau uang pangkal. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Informasi Terbaru Besaran Biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan 2021/2022

news.detik.com

Pada umumnya, perguruan tinggi negeri atau PTN menetapkan biaya kuliah dengan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal yang dibayarkan setiap semester. Setiap PTN akan menentukan jumlah UKT yang berbeda-beda untuk mahasiswanya. Salah satu PTN yang menetapkan biaya kuliah dengan sistem UKT adalah IPB atau Insititut Pertanian Bogor. Berikut adalah daftar lengkap besaran biaya UKT IPB dengan Biaya Pengembangannya untuk tahun akademik 2021/2022

Besaran Biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan Tiap Program Pendidikan

Biaya Program Sarjana

Biaya Pengembangan IPB Program Sarjana

Biaya UKT IPB wajib dibayarkan oleh mahasiswa setiap semesternya. Selain itu, IPB juga menetapkan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) bagi para mahasiswa yang diterima melalui jalur UTM dan Jalur Undangan Seleksi Khusus IPB Tahun Angkatan 2021. Sementara untuk para mahasiswa program Sarjana yang diterima melalui jalur Seleksi Undangan Khusus untuk Ketua OSIS atau pun siswa berprestasi internasional dan nasional nantinya akan dikenakan paling sedikit 50 persen dari besaran BPIF. BPIF dibayarkan hanya satu kali pada saat registrasi sebagai mahasiswa baru IPB dengan besara sesuai dengan Surat Keputusan Rektor

Biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan Program Pascasarjana

Biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan Program Pascasarjana Jalur Reguler

Jalur Kelas Reguler Pascasarjana merupakan jalur penyelenggaraan pendidikan Pascasarjana yang diselenggarakan sesuai dengan peraturan akademik di IPB, dengan waktu pelaksanaan perkuliahan Senin-Jumat (Sabtu opsional). Secara umum, program Pascasarjana di IPB dibuka untuk semua program studi (kecuali beberapa program studi yang tidak dibuka). Standar biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan untuk program Pascasarjana jalur tersebut telah ditetapkan sesuai dengan SK Rektor No. 79/IT3/KU/2016. Biaya UKT IPB untuk jenjang S2 adalah sebesar Rp9.000.000 per semester dan jenjang S3 adalah sebesar Rp12.000.000 per semester.

Biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan Program Pasca Sarjana Jalur Khusus

Berbeda dengan jalur Reguler, jalur Khusus untuk program Pascasarjana IPB merupakan jalur penyelenggaraan pendidikan dengan waktu pelaksanaan perkuliahan Jumat-Sabtu. Jalur Khusus tersebut hanya dibuka untuk program studi tertentu dengan standar biaya UKT IPB yang sesuai dengan SK Rektor No. 78/IT3/KU/2016. Biaya UKT IPB untuk jenjang S2 jalur Khusus adalah sebesar Rp10.000.000 sampai Rp15.000.000 per semester dan jenjang S3 adalah sebesar Rp15.000.000 hingga Rp20.000.000 per semester.

Biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan Program Diploma

Selanjutnya adalah besaran biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan untuk para mahasiswa yang diterima di program pendidikan Diploma melalui jalur USMI dan jalur UTBK. Berikut adalah rincian biaya UKT IPB dan besaran Biaya Pengembangan untuk program Diploma.

Biaya UKT IPB Program Diploma Jalur USMI

Para mahasiswa yang diterima di program Diploma melalui jalur USMI tidak dibebankan Biaya Pengembangan. Mereka hanya diwajibkan membayar UKT atau Uang Kuliah Tunggal sebesar Rp6.000.000 (enam juta rupiah) per mahasiswa.

Biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan Program Diploma Jalur UTBK

Sementara para mahasiswa yang diterima di program Diploma melalui jalur UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer akan dikenakan biaya UKT dan Biaya Pengembangan. Besaran biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) untuk jalur tersebut telah ditetapkan sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Nomor: 132/IT3/KU/2019 Tanggal 23 Mei 2019, yaitu sebagai berikut.

  1. Uang Kuliah Tunggal sebesar Rp6.000.000 (enam juta rupiah) per mahasiswa
  2. Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas paling sedikit sebesar Rp7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah) per mahasiswa

Biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan Program Profesi Dokter Hewan

Berikut adalah besaran biaya UKT IPB dan BPIF untuk mahasiswa program pendidikan Profesi Dokter Hewan sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 139/IT3/KU/2019 Tanggal 31 Mei 2019.

Bagi Mahasiswa Warga Negara Indonesia (WNI)

  1. Biaya Penyelenggaraan Pendidikan: Rp8.000.000,- per mahasiswa per semester
  2. Biaya Pembinaan Kemahasiswaan: Rp2.000.000,- per mahasiswa (semester 1)
  3. Biaya Wisuda dan Upacara Sumpah Profesi Dokter Hewan: Rp1.500.000,- per mahasiswa (semester 3)

Bagi Mahasiswa Internasional

  1. Biaya Penyelenggaraan Pendidikan: Rp30.000.000,- per mahasiswa per semester
  2. Biaya Pembinaan Kemahasiswaan: Rp2.000.000,- per mahasiswa (semester 1)
  3. Biaya Wisuda dan Upacara Sumpah Profesi Dokter Hewan: Rp1.500.000,- per mahasiswa (semester 3)

Itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar biaya UKT IPB dan Biaya Pengembangan untuk masing-masing program pendidikan. Jika kamu merasa biaya tersebut cukup membebani, kamu bisa mencari berbagai beasiswa, baik itu KIP Kuliah atau beasiswa yang disediakan oleh lembaga lain. Satu hal yang paling penting adalah jangan sampai terlambat membayar UKT dan biaya lainnya agar urusan akademikmu tidak terhambat, ya! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Sumber:

  • https://admisi.ipb.ac.id/biaya-pendidikan/
  • https://pmbpasca.ipb.ac.id/id/info/jenis

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta