Mau Kuliah di UPI Bandung? Ternyata Segini Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di UPI Bandung!

 Mamikos | Sel, 03 Jul 2018

Saat menerima pengumuman bahwa kamu diterima di UPI Bandung pasti rasanya senang tidak terkira kan? Ditambah lagi kamu juga pasti akan galau mencari info seputar biaya hidup mahasiswa kuliah di UPI Bandung. Bagaimana nanti hidup di Bandung, bagaimana biaya makan di sana, tempat tinggalnya bagaimana. Terutama untuk kamu yang tidak pernah jauh dari orang tua, pasti sangat was-was dan gugup takut tidak bisa bertahan hidup. Jangan khawatir![sg_popup id=”22″ event=”onload”][/sg_popup]

Kamu bisa mulai mencari info seputar biaya hidup mahasiswa di bandung sebelum resmi menjadi mahasiswa UPI. Kalau kamu yang sebelumnya tinggal di sekitar jabodetabek pasti tidak akan bingung lagi karena rata-rata biaya hidupnya sama.

Tapi bagi kalian yang berasal dari luar daerah terutama yang dari jawa pasti belum terbiasa dan mungkin akan sedikit kaget karena biaya di bandung jauh lebih mahal dari daerah kalian.  Hal ini dikarenakan Bandung sudah menjadi kota metropolitan yang maju dan berkembang, jadi agak susah menemukan hal-hal yang murah meriah di Bandung. Tapi kamu harus yakin kalau kamu bisa dan jika dipikirkan dengan matang tentang rincian biaya hidup di bandung akan sangat mudah pastinya.

Sekilas Tentang UPI Bandung

UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Bandung yang menganut system multikampus. Artinya UPI terdiri dari 6 kampus yang tersebar di dua pulau yaitu jawa dan banten.UPI yang berada di Bandung merupakan kampus utama yang memiliki 8 fakultas. Kampus satu ini memiliki sarana pembelajaran yang sudah cukup lengkap dan beragam. Mulai dari lab praktek, ruang kuliah, balai bahasa dan sebagainya.

Sarana Umum dan juga kegiatan mahasiswa di UPI juga banyak. Kamu bisa mulai belajar berorgarnisasi sambil kuliah di UPI. Ada banyak jurusan yang paling diminati di UPI, antara lain adalah pendidikan biologi, pendidikan bahasa inggris, ilmu computer, manajemen, ilmu computer, akutansi dan masih banyak jurusan lainnya. Kampus Bumi Siliwangi yang terletak di Bandung utara ini berada di jalur utama ke tempat wisata daerah lembang. Jadi tambah senang yah kalau bisa kuliah di UPI?

  • Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di UPI Bandung

Namanya pendidikan memang tidak boleh dikesampingan. Tidak salah kok kalau kamu jauh-jauh dari daerah untuk menuntut ilmu ke UPI di Bandung. Universitas unggulan satu ini memang pantas jika dijadikan tujuan untuk menuntut ilmu. Jangan merasa salah dengan jurusan yang kamu ambil, karena memang tidak ada yang terlalu mudah.

Tidak perlu bingung juga bagaimana kehidupan kamu nanti selama menjadi mahasiswa di UPI Bandung. Karena daerah ini sangat ramah kamu akan mudah sekali untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Bagaimana biaya hidup mahasiswa UPI di Bandung? Langsung saj akita bahas rincian biaya hidup menjadi mahasiswa di UPI!

  • Biaya Kuliah di UPI

Universitas yang berada di Bandung ini sudah lama sekali menarik perhatian para siswa yang sudah lulus SMA dari berbagai daerah. Apalagi UPI termasuk perguruan tinggi dengan kualitas pendidikan paling bagus di bandung.

Sebenarnya biaya kuliah di universitas pendidikan Indonesia ini nantinya ditentukan  berdasarkan data administrasi yang kamu isikan saat resgistrasi ulang. Jadi tidak perlu khawatir orang tua kamu akan keberatan membayar uang kuliahnya. Jadi, usahakanlah untuk mengisi data-datanya secara jujur dan benar ya.

Selain itu biaya kuliah di UPI juga akan ditentukan lewat jalur masuk yang kamu tempuh. Untuk jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN tentu saja akan lebih murah dibandingkan seleksi masuk lewat jalur mandiri. Bagi kamu yang lolos seleksi UKT di upi bandung berkisar antara 500ribu – 7juta sesuai dengan jurusan dan juga penghasilan orang tua kamu. Sedangkan untuk jalur mandiri, biaya UKT bisa mencapai hingga 20juta an. Untuk melihat rincian yang lebih jelas seputar biaya kuliah UPI kamu bisa buka situs mamikos atau langsung download aplikasinya dari hp kamu.

  • Tempat Tinggal Sekitar UPI

Sebenarnya UPI juga memiliki asrama sendiri, tapi asrama ini hanya dikhususkan untuk orang yang berasal dari Timur saja. Untuk kamu yang berasal dari jawa masih harus cari sendiri sarana untuk tinggal. Tapi tidak perlu khawatir karena daerah-daerah di Bandung khususnya di sekitaran perguran tinggi terdapat banyak sekali sarana untuk tempat tinggal yang disewakan dengan harga berbeda-beda. Tipe kost dan fasilitasnya juga berbeda-beda jadi wajar saja kalau harganya tidak sama.

Kost dekat UPI Bandung sangat banyak dan beragam. Tersedia kost putri, kost putra dan juga kost campur di sekitar UPI Bandung. Harganya berkisar mulai dari 500ribu untk kamar kost standar. Sedangkan untuk kost dengan fasilitas AC dan Wifi harganya bis aberkisar dari 900ribu per bulan.

Lumayan mahal jika kamu mencari kost di daerah pusat kota. Sebaiknya kamu mencari kost dekat UPI supaya biaya transportasi tidak membengkak. Sebenarnya kost mewah juga ada, harganya berkisar mulai dari 1.5juta ke atas per bulan. Tapi jika kamu masih minta uang pada orang tua, rasanya akan lebih baik jika mencari kost yang murah-murah saja asalkan nyaman dan aman.

  • Kebutuhan Sehari-hari

Selain biaya kuliah UPI, tempat tinggal dekat UPI, ada kebutuhan lain yang perlu anda pertimbangkan seperti makan, transportasi dan juga kebutuhan yang lainnya. Untuk urusan makan, biasanya di dekat-dekat kampus atau kost-kost an selalu ada warung makan murah atau warteg. Rata-rata harga nasi+sayur+lauk di Bandung berkisar dari 10ribu.

Kalau sehari makan 3x ya lumayan boros yah. Tapi hal ini bisa kamu siasati dengan masak sendiri di kost an. Tinggal beli bahan-bahannya saja sudah bisa dipakai makan beberapa kali. Akan jauh lebih irit jika dibandingkan dengan selalu beli makanan diluar. Ya, kurang lebih 500ribu adalah biaya untuk makan sehari-hari selama kuliah di Bandung.

Ada juga biaya transportasi yang perlu kamu petimbangkan. Mahasiswa di bandung biasanya menggunakan ojek online, angkutan kota dan bus damri. Tarifnya bervariatif sesuai dengan tujuan dan juga pilihan rute kamu. Untuk angkutan kota tarifnya 2ribu-7ribu, sedangkan untuk damri adalah 3ribu-8ribu.

Ojek online tarifnya tentu saja masih menyesuaikan dengan jarak dari tujuan kamu. Jadi dalam sebulan kurang lebih 250ribu cukup untuk transportasi kalau jarak kost dan kampus kamu dekat.

Terakhir adalah biaya untuk kebutuhan hiburan, peralatan sehari-hari dan juga tugas kuliah. Untuk keperluan tugas kuliah dan juga perlengkapan sehari-hari, 400ribu saja kadang sudah lebih dari cukup. Tinggal pintar-pintarnya saja kamu dalam mengatur keuangan sendiri.

Sedangkan untuk kebutuhan hiburan, sekali makan dan jalan bersama teman kamu perlu menyiapkan 50ribu-120ribu. Kalau setiap weekend kamu jalan berarti dalam sebulan kisaran 480ribu untk sarana hiburanmu.

Berdasarkan rincian biaya hidup mahasiswa di atas, dalam sebulan kamu perlu menyiapkan kurang lebih 2juta untuk dapat bertahan hidup dengan layak di Bandung. Masih bisa lebih irit lagi jika kamu mulai belajar lebih hemat dan mau mencari lowongan kerja freelance mahasiswa atau lowongan kerja part time mahasiswa di bandung. Atau kamu juga bisa mencari magang sebelum mulai masuk ke tahun ajaran baru. Lumayan nih untuk menambah uang jajan dan bantu-bantu orang tua.

Demikian info tentang biaya hidup mahasiswa kuliah di UPI Bandung yang perlu kamu tahu. Untuk update info terbaru seputar anak kost dan mahasiswa, kamu bisa langsung buka website Mamikos atau download aplikasinya dari hp.