Ini dia Rincian Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di Unpad Terbaru

Posted in: Mahasiswa

Bandung dalah salah satu kota metropolitan sekaligus destinasi tujuan wisata bagi para penduduk ibukota setiap akhir pekan. Meskipun teknologi dan gaya hidupnya sudah mirik dengan Jakarta namun lingkungan di sekitar bandung masih sangat asri dan sejuk.

Setelah Jakarta, kota ini juga menjadi tujuan bagi kebanyakan perantau yang berasal dari luar jawa maupun yang dari jawa. Karena daerah ini jug merupakan kota pendidikan sehingga banyak juga pelajar dari luar daerah yang berdatangan silih berganti.

Ada beberapa perguruan negeri unggulan yang memang sudah terkenal hingga pelosok negari, termasuk unpad yang menjadi pilihanmu. Untuk itu kali ini kita akan membahas seputar biaya hidup mahasiswa kuliah unpad.

Sebelum menjadi mahasiswa dan resmi tinggal di bandung tepatnya sekitar daerah jatinangor, perlu kamu ketahui beberapa aspek kehidupan di Bandung yang penting. Mulai dari tempat kost, biaya makan, transportasi hingga kebutuhan yang lainnya (termasuk hiburan).

Selain itu kamu juga harus mulai pintar membiasakan diri dengan lingkungan sekitar. Tenang saja, karena warga sekitar bandung ramah dan suka membantu kok.

Karena ada banyak perubahan yang akan kamu rasakan dari lulus sma dan sekarang sudah kuliah, mungkin kemarin kamu masih tinggal di rumah dan bergantung pada keluarga tapi kini kamu harus belajar kost dan hidup mandiri.

Jangan takut, karena nge-kost itu tidak seburuk yang kamu pikirkan. Sebelum membahas mengenai biaya hidup mahasiswa kuliah unpad, yuk kita bercerita sedikit tentang Universitas Padjadjaran!

Sekilas Tentang Unpad

Satu lagi perguruan tinggi negeri di Bandung yang selalu berhasil menarik perhatian dari berbagai kalangan pelajar. Universitas Padjadjaran atau yang kerap dikenal sebagai unpad ini memiliki beragam keunggulan dari segi pembelajaran hingga fasilitas untuk menuntut ilmu.

Setiap tahunnya ada ribuan calon mahasiswa yang brlomba-lomba dan mencoba untuk ikut seleksi SBMPTN dan memilih Unpad sebagai prioritasnya, mungkin termasuk kamu salah satunya.

Perguruan tinggi yang terletak di jatinangor tepatnya di Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21 ini mempunyai dua kampus utama yaitu di Dipati Ukur, Bandung dan Kampus Jatinangor.

Kehidupan mahasiswa di bandung sangat beragam dan bervariatif. Karena kamu harus mulai beradaptasi dengan budaya dan gaya hidup baru jadi perlu adanya persiapan mengenai beberapa hal seperti daftar belanja bulanan anak kost, biaya kuliah unpad, dan juga cara ampuh hidup hemat ala anak kost.

Berikut ini adalah biaya hidup mahasiswa kuliah unpad yang perlu kamu tahu sebelum mulai tinggal di Bandung.

  • Biaya Kuliah

Mungkin sebelum mulai daftar dan ikut seleksi untuk masuk unpad kamu sudah sedikit mencari info seputar biaya kuliah di universitas ini. Tapi karena kali ini kita akan membahas biaya hidup jadi masih tidak lengkap jika kita tidak membahas juga mengenai biaya kuliah di unpad.

Tapi bahasnya tidak perlu panjang lebar ya, sedikit saja yang penting kamu tahu gambarannya. Biaya kuliah di universitas padjadjaran saat ini menggunakan sistem pembayaran Uang Kuliah Tungga (UKT) sama dengan perguruan tinggi negeri yang lainnya.

Dengan sistem ini berarti kamu tidak perlu lagi membayar uang gedung. Besarnya nominal UKT juga beragam, tergantung dengan kesanggupan atau penghasilan yang diterima oleh orang tua kamu. UKT akan ditentukan setelah pengisian data diri saat kamu sudah diterima, jadi usahakan untuk mengisi dengan jujur.

Bagi yang tidak mampu, kamu juga bisa mengajukan pengajuan untuk beasiswa lewat bidikmisi. Kuliah di UNPAD itu tidak akan membebani kok kalau kamu pandai dalam mengatur siasat.

Untuk biaya UKT di Unpad sendiri sudah dibagi menjadi beberapa golongan yaitu UKT I hingga UKT V. Besaran UKT ini rata-rata juga tergantung dengan fakultas atau jurusan yang kamu ambil.

Rata-rata biaya kuliah tunggal berkisar dari 6.7juta ke atas, sedangkan untuk UKT I biaya yang perlu dibayarkana adalah 500ribu, UKT II 1juta, UKT III 2,5Juta dan seterusnya bisa dilihat saja langsung biaya kuliah unpad 2018/2019.

  • Tempat Tinggal

Baik kamu akan tinggal untuk sementara hanya kuliah saja atau untuk menetap setelah kuliah, kamu membutuhkan yang namanya tempat tinggal. Di sekitar daerah bandung banyak sekali yang menyewakan sarana tempat tempat tinggal seperti kontrakan rumah, kost murah, dan juga sewa apartemen.

Tersedia juga kost dekat unpad dengan beragam harga yang berkisar mulai dari 450ribu dengan fasilitas seperti kasur, alamari, meja dan biasanya kamar mandi luar.

Tersedia juga kost ac dengan kisaran harga 900ribu ke atas perbulan. Sebenarnya untuk mendapatkan kost yang nyaman itu tidak perlu mahal, asalkan kamu mempertimbangkan keadaan sekitar seperti lokasi, kebersihan, keamanan dan beberapa hal lainnya.

Di jatinangor juga tersedia apartement seperti skyland city dan Easton park residence jatinangor. Untuk apartemen biasanya banyak dipilih oleh mahasiswa jenjang S2 yang juga sudah bekerja.

Bagi kalian yang baru mulai kost dan masih bergantung dengan uang orang tua, sebaiknya bijak dalam memilih kost. Jadi, siapkan miniml sekitar 500ribu-700ribu dalam daftar biaya hidup mahasiswamu untuk sewa tempat tinggal supaya kamu bisa mendapatkan tempat yang layak untuk huni.

  • Biaya Makan

Selama kuliah di unpad kamu tidak perlu takut kekurangan makan karena disekitar area kampus terdapat berbagai jenis rumah makan sekaligus layanan pesan antar yang siap melayani selama 24jam. Dengan kisaran 6ribu-8ribu kamu sudah bisa mendapatkan makanan dengan menu yang layak.

Jika dalam sehari kamu biasanya makan 3x berarti sisihkan sekitar 20ribu untuk kebutuhan makan dalam sehari atau sekitar 600ribu dalam satu bulan. Namun jika kamu bisa mencoba makan 2x sehari juga sebenarnya sudah cukup karena porsi makan di sekitar unpad biasanya banyak.

Sedangkan untuk menu yang sedikit lebih mahal adalah menu ayam, ikan, seafood dan sebagainya. Berkisar sekitar 10ribu-20ribu sekali makan belum termasuk minum. Ya, sesekali kamu juga perlu asupan vitamin seperti ini agar tidak bosan.

Kamu juga bisa memilih untuk memasak sendiri di tempat karena harganya juga lebih hemat bahkan bisa selisih 150ribu sampai 250ribu, lumayan lho uang segini untuk anak kost. Kalau masak sendiri, dalam sebulan kamu perlu menyisihkan sekitar 250ribu termasuk untuk membeli gallon air minum.

  • Sarana Transportasi

Biaya hidup di bandung termasuk bagi kamu mahasiswa baru di unpad tidak bisa lepas dari tarif untuk transportasi. Kalau tempat kost kamu agak jauh berarti tarif transportasi yang perlu kamu siapkan juga lebih banyak.

Di daerah sekitar bandung terdapat berbagai jenis transportasi umum, tapi yang paling sering dipakai dan digunakan adalah angkutan kota karena jumlahny sangat banyak dan rutenya juga ada ke berbagai daerah.

Untuk mahasiswa dan pelajar tarif angkotnyaadalah 3500, berarti dalam sehari kamu perlu menyisihkan 7ribu untuk biaya transportasi ke kampus. Ini belum termasuk biaya untuk jalan bersama teman atau transportasi jika kamu berlibur.

Akan lebih hemat jika kamu bisa mencari dan memilih tempat kost yang letaknya dekat dengan kampus. Bisa ditempuh dengan jalan kaki atau naik sepeda ontel. Untuk memperkecil biaya ini kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, meskipun tetap mengeluarkan uang untuk bensin tapi jauh lebih murah.

Dalam sebulan, kamu perlu menyisihkan sekitar 250ribu-300ribu untuk kebutuhan transportasi.

  • Kebutuhan Lain-lain

Selain kebutuhan-kebutuhan di atas, kamu masih perlu menyisihkan sedkit uang untuk kebutuhan sehari-hari seperti sabun, deodorant, parfum dan juga tugas kuliah. Harga kebutuhan seperti ini masih sama dengan harga barang-barang yang dijual di pulau jawa.

Untuk perempuan kamu butuh sekitar 150ribu-200ribu untuk membeli kebutuhan lain-lain. Masih belum termasuk dengan kebutuhan untuk tugas kuliah dan juga hiburan.

Sedangkan untuk pria, biayanya jauh lebih murah sisihkan saja sekitar 100ribu-150ribu untuk kebutuhan lain.

Lalu, untuk kebutuhan mahasiswa atau kebutuhan anak kuliah seperti alat tulis dan juga tugas-tugas, buatlh perkiraan sesuai dengan yang kamu butuhkan. Meskipun tidak akan selalu butuh hal ini setiap bulan tapi kamu harus tetap memasukkan kebutuhan kuliah dalam daftar biaya hidup mahasiswa.

Kesimpulannya, dalam satu bulan paling tidak kamu harus punya 1.5juta hingga 2juta untuk dapat bertahan hidup dengan layak di bandung dan kuliah di Unpad.

Jika merasa budget yang kamu miliki mepet, berarti kamu harus mulai belajar hidup hemat , berusaha mendapatkan beasiswa atau mulai magang dan mencari lowongan kerja part time bandung. Kini juga tersedia lowongan kerja freelance mahasiswa bandung yang bisa kamu jadikan alternative untuk mendapatkan uang jajan tambahan.

Artikel Menarik Lainnya :