Biaya Kuliah Jurusan Psikologi di Berbagai PTN 2020/2021

Biaya Kuliah Jurusan Psikologi di Berbagai PTN 2020/2021 – Semakin hari, pamor Jurusan Psikologi semakin naik. Jika kamu tertarik dengan jurusan yang satu ini, diketahui lulusan Psikologi masih memiliki peluang tinggi di dunia kerja. Kemampuan lulusannya untuk menganalisis perilaku dan kepribadian manusia sangat bermanfaat untuk berbagai industri. Sebelum kamu memantapkan diri untuk memilih jurusan Psikologi, cek biaya kuliah Jurusan Psikologi di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2020/2021 terlebih dahulu di bawah ini.

Info Terbaru Biaya Kuliah Jurusan Psikologi di Berbagai PTN

img.jakpost.net

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku kejiwaan manusia. Ada banyak kampus khususnya kampus negeri yang menyediakan jurusan Psikologi. Tiap tahunnya, peminat jurusan ini pun semakin meningkat.

Sekilas Tentang Jurusan Psikologi

Psikologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia. Jurusan yang satu ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan dibalik perilaku dan tindakan manusia. Nah, Ilmu Psikologi sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial. Namun, jurusan Psikologi ini terbagi menjadi dua macam, yakni Psikologi kelompok Saintek dan Psikologi kelompok Soshum.

Alasan Memilih Jurusan Psikologi

Berikut ini lima alasan mengapa kamu harus memilih Jurusan Psikologi:

  1. Prospek karir masih luas
    Banyak yang beranggapan lulusan Psikologi hanya dapat bekerja sebagai karyawan di bagian sumber daya manusia (SDM). Nyatanya pun tidak demikian, lulusan Psikologi masih bisa bekerja di bagian pengembangan karyawan, misalnya divisi learning and development, training, dan modul. Di samping itu, bagian yang bertanggung jawab dalam perekrutan karyawan, pengaturan keuangan dalam pengembangan SDM, manajemen administrasi karyawan, dan berbagai urusan lain juga masih terkait dengan psikologi.
    Tak hanya itu saja, lulusan Psikologi juga bisa memiliki pilihan profesi lain yang masih berkaitan, misalnya psikolog, konselor, guru bimbingan konseling, dosen psikologi, pelatih pengembangan SDM, dan market research. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk kuliah di jurusan Psikologi. Sebab, asalkan mau berusaha dan serius, peluang kerjanya terbuka lebar, pilihan pekerjaannya banyak sesuai minat dan kemampuan, serta menjanjikan masa depan yang cerah.
  2. Jurusan yang menyenangkan
    Jika kamu memang tertarik untuk mengambil juruan Psikologi, tentunya selama perkuliahan akan terasa sangat menyenangkan. Karena kamu nantinya akan banyak mempelajari tentang kepribadian manusia, mental dan gangguan mental, perilaku manusia dari anak-anak sampai orang tua, pola asuh anak, dan banyak hal. Dengan kata lain, kamu akan mendapatkan ilmu untuk mengetahui tentang diri sendiri, mengenal orang lain, dan cara berinteraksi satu sama lain sesuai dengan kepribadian masing-masing.
  3. Mempelajari banyak hal tentang manusia
    Jurusan Psikologi juga mempelajari tentang hal yang berkaitan dengan medis, seperti neurologi manusia. Neurologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai saraf otak dan aktivitas otak manusia secara detail. Dari situlah kamu bisa melihat hubungan antara kinerja saraf otak dan emosi manusia. Ilmu itu disebut sebagai neuropsikologi.
  4. Pengetahuan aplikatif
    Ilmu psikologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang aplikatif dan mengikuti perkembangan zaman. Sebab, ilmu ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga para lulusan jurusan psikologi mempunyai cukup banyak peluang kerja. Misalnya, saat kamu menjadi konselor pernikahan, tentunya akan mengetahui berbagai masalah dalam rumah tangga orang lain. Oleh karena kamu telah mempelajari tentang kepribadian seseorang saat kuliah, kamu bisa mengaplikasikan ilmu itu untuk mengatasi masalah rumah tangga itu.
  5. Dapat membantu manusia
    Ilmu psikologi juga dapat dikatakan membantu manusi, karena terkadang ada masalah dalam hidup manusia yang disebabkan mulai dari pikiran. Hal ini biasanya berkaitan dengan stres dan rasa takut yang berlebihan. Sebagai orang belajar tentang ilmu psikologi, semakin lama kamu akan semakin tahu cara mengatasi masalah yang dihadapi orang tersebut. Salah satunya bisa dengan memberikan konseling dan memberitahukan orang di sekitarnya mengenai cara berkomunikasi yang baik sehingga mampu mengurangi stres yang dialami.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Psikologi

Seperti yang sudah disampaikan di awal, lulusan Psikologi masih memiliki propek kerja yang luas. Beberapa diantaranya antara lain:

  1. Human Resources Development (HRD)
    Setiap perusahaan tentu saja membutuhkan HRD, mengingat HRD adalah bagian vital dari sebuah perusahaan. Orang-orang yang bekerja di divisi ini bertanggung jawab dengan apapun yang memiliki kaitan dengan sumber daya manusia (karyawan) yang bekerja di perusahaan tersebut. HRD adalah lowongan pekerjaan yang membutuhkan lulusan psikologis paling banyak dibandingkan dengan profesi lain. Mengingat apapun sektor bisnis perusahaannya, divisi HRD pasti harus selalu ada.
  2. Staf Ahli
    Ternyata dengan gelar psikologi yang kamu miliki, kamu juga bisa menjadi seorang staf ahli. Tugas staf ahli ini akan tergantung dengan tempat kamu bekerja. Untuk prospek kerja psikologi ini, peranmu adalah membantu publik figur tersebut dalam menyesuaikan sikap dan tindakannya agar berkenan di mata publik. Contohnya saja dalam hal menyikapi permasalahan tertentu, bertutur dan bertingkah laku pada saat pidato, sampai cara bertutur di media sosial.
  3. Konselor
    Menjadi konselor berarti kamu membantu klienmu untuk bercerita dan mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Jika kamu memiliki latar belakang psikologi, senang mendengarkan cerita orang lain, dan juga ingin membantu mereka, prospek kerja psikologi ini bisa jadi cocok buatmu. Kamu juga memberikan mengarahkan klien untuk mengambil keputusan, tentunya dengan tujuan untuk meredakan kebingungan mereka, dan membuat mereka lebih positif. Konselor ini terbagi juga menjadi beberapa bidang, seperti konselor pendidikan, keluarga dan perkawinan, trauma, dan lain sebagainya.
  4. Psikolog
    Berbeda dengan konselor, psikolog bertugas menangani gangguan mental, seperti ganguan kecemasan, phobia, depresi, sampai gangguan makan sekalipun. Psikolog juga menjadi salah satu prospek kerja psikologi dengan banyak jenisnya. Misalnya saja, psikolog klinis, forensik, olahraga, dan lain sebagainya. Tugas dan tanggung jawabnya pun berbeda, bergantung pada jenis psikolog yang kamu dalami dan kamu jadikan prospek kerja psikologi ya.
  5. Terapis
    Lulusan Psikologi juga bisa memilih berkarir menjadi seorang terapis, khususnya bagi anak berkebutuhan khusus. Tugas utama dari seorang terapis anak berkebutuhan khusus adalah membantu dan mengawasi perkembangan anak tersebut. Terapis diharapkan sebisa mungkin memaksimalkan fungsi anak seperti sebagaimana mestinya untuk bisa tumbuh dan berfungsi sebagai manusia dan dimasyarakat. Rata-rata gaji yang diberikan ke seorang Terapis tergantung dari jumlah anak yang ditangani dan kesulitannya.
  6. Tenaga Pengajar
    Prospek kerja lainnya yang juga bisa kamu pertimbangkan adalah menjadi tenaga pengajar, baik itu sebagai guru BK (Bimbingan Konseling), guru sekolah kepribadian, maupun dosen. Peranmu pada prospek kerja psikologi ini tentu saja mengajarkan materi terkait, dan juga memberikan konsultasi dan pengarahan. Jika mengajar di sekolah kepribadian, tugasmu adalah menangani, maupun membantu mengubah kepribadian seseorang, termasuk pembentukan karakter seseorang. Sedangkan untuk dosen, peranmu tentu saja mengajar, yang paling relevan adalah mata kuliah psikologi.

Biaya Kuliah Jurusan Psikologi di PTN

Jika kamu berencana memilih perguruan tinggi negeri (PTN) pada Jurusan Psikologi, berikut adalah info terbaru terkait biaya kuliah Jurusan Psikologi di berbagai PTN:

1. Universitas Padjajaran (UNPAD)

upload.wikimedia.org

Jurusan Psikologi UNPAD telah mendaptkan Akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pelajaran yang akan kamu dapati ketika memilih prodi Psikologi UNPAD ialah meliputi Biopsikologi, Neuropsikologi, Psikologi Kepribadian, Psikologi Perkembangan, Fungsi-Fungsi Psikologi, Psikologi Sosial, Metodik Tes, Metodologi Penelitian, Konstruksi Tes, Psikologi Eksperimen, dan masih banyak lagi. Adapun berikut rincian biaya kuliah Jurusan Psikologi di UNPAD 2020/2021 menurut laman:

  • Biaya UKT I Per Semester Rp500.000
  • Biaya UKT II Per Semester Rp1.000.000
  • Biaya UKT III Per Semester Rp2.500.000
  • Biaya UKT IV Per Semester Rp5.000.000
  • Biaya UKT V Per Semester Rp7.500.000
  • Program Bidikmisi Per Semester Rp2.000.000

Bagi kamu yang berasal dari keluarga tidak mampu, kamu pun dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan (Bidikmisi) kepada pihak Universitas Padjadjaran (Unpad).

2. Universitas Indonesia (UI)

image.cermati.com

Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menyelenggarakan 2 program studi, yakni program studi Ilmu Psikologi (untuk jenjang Sarjana, Magister, Doktor), dan program studi Psikologi Profesi (untuk jenjang Magister). Pelajaran yang akan kamu dapati ketika memulai pendidikan di Fakultas Psikologi UI meliputi sikodiagnostik, Kode Etik Psikologi, Psikologi Konseling, Patologi & Rehabilitasi Sosial, Psikologi Lintas Budaya, Psikologi Lingkungan, Masalah-masalah Psikologis Remaja, Psikogeriatri, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Psikogerontologi, Andragogi dan lain-lain. Prodi Psikologi UI telah berhasil mendapatkan Akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Adapun berikut rincian biaya perkuliahan program studi Psikologi UI 2020/2021:

  • Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya. Skema pembayaran tersebut dinamakan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp. 100.000 – Rp 5.000.000.
  • Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
  • UI menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran dimana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per-sks.
  • Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 8.500.000 per semester dan Rp 11.000.000 untuk uang pangkalnya.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

iup.psikologi.ugm.ac.id

Program Studi Sarjana (S1) Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada setiap tahun akademik baru menerima mahasiswa baru sebanyak 200 orang. Fakultas Psikologi UGM juga telah mendapatkan akreditasi nilai A oleh BAN-PT. Pelajaran yang akan kamu dapatkan selama perkuliahan nanti meliputi tentang Psikologi Kebencanaan & Krisis, Psikologi Perkawinan & Keluarga, Psikologi Budaya, Psikologi Olahraga, Psikologi Agama dan Spiritualitas, Inovasi dan kewirausahaan, Psikologi Seni, Psikologi Hukum, Psikologi Internet Psikologi Gender, dan masih banyak lagi. Adapun berikut rincian biaya perkuliahan program studi Psikologi UGM 2020/2021:

  • UKT I Rp500.000
  • UKT II Rp1.000.000
  • UKT III Rp 3.500.000
  • UKT IV Rp5.250.000
  • UKT V Rp7.000.000
  • UKT VI Rp9.000.000
  • UKT VII Rp11.000.000
  • UKT VIII Rp12.000.000

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

psikologi.undip.ac.id

Jurusan Psikologi Undip didukung dengan adanya tiga pusat studi yang juga bernaung dibawah Fakultas Psikologi. Selain itu, profil pengajarnya pun memiliki latar belakang keahlian yang beragam mulai dari psikologi umum dan eksperimen, sampai psikologi industri dan organisasi. Adapun berikut rincian biaya perkuliahan program studi Psikologi UNDIP 2020/2021:

  • UKT I Rp500.000
  • UKT II Rp1.000.000
  • UKT III Rp 3.000.000
  • UKT IV Rp4.000.000
  • UKT V Rp5.000.000
  • UKT VI Rp6.000.000
  • UKT VII Rp7.000.000
  • UKT VIII Rp8.000.000

5. Universitas Airlangga (UNAIR)

minews.id

Dari sekian banyak jurusan yang ditawarkan di Unair, salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya di Unair adalah jurusan Psikologi. Fakultas Psikologi di UNAIR telah mendaptkan Nilai Akreditasi A oleh BAN-PT. Mata Kuliah Pilihan terbagi menjadi 4 bidang peminatan yang dapat dipilih salah satu oleh mahasiswa, yaitu Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Psikologi Kepribadian dan Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Terkait dengan biaya kuliah, berikut adalah rincian biaya perkuliahan program studi Psikologi UNAIR 2020/2021:

UKS: Rp6.000.000

UKA: Rp45.000.000

6. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

assets.pikiran-rakyat.com

Fakultas Psikologi merupakan fakultas umum yang pertama di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan telah diakreditasi A oleh BAN-PT. Pelajaran yang akan kamu pelajari di perkuliahan nanti ialah meliputi Praktikum Qiraat, Praktikum Ibadah, Studi Islam (Psikologi Ibadah), Studi Islam (Sufistik), Islam dan Ilmu Pengetahuan, Psikologi Islami, Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila, Psikologi Lingkungan, Masalah-masalah Psikologis Remaja, Psikogeriatri, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini dan lain-lain. Terkait dengan biaya kuliah, berikut adalah rincian biaya perkuliahan program studi Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2020/2021:

  • Biaya UKT I Per Semester Rp 400.000
  • Biaya UKT II Per Semester Rp 3.680.000
  • Biaya UKT III Per Semester Rp 4.230.000
  • Biaya UKT IV Per Semester Rp 6.980.000
  • Biaya UKT V Per Semester Rp 4.570.000
  • Program KIP Kuliah Per Semester Rp 2.400.000

Demikian informasi yang bisa Mamikos share kepada kalian terkait biaya kuliah jurusan Psikologi di berbagai PTN tahun ajaran 2020/2021. Mamikos infokan kembali bahwa tidak semua PTN menyelenggarakan Jurusan Psikologi. Jika kamu ingin memilih jurusan yang satu ini, ada baiknya kamu mencari tahu informasi lebih banyak lagi. Agar kamu tidak kebingungan mencari informasi terkait jurusan perkuliahan dan kampus di tanah air, kamu bisa kunjungi situs Mamikos dan temukan informasinya.

Sumber:

  • unpad.ac.id/biaya-pendidikan/
  • ac.id/pengantar-pendaftaran/biaya-pendidikan.html
  • ugm.ac.id/
  • undip.ac.id
  • unair.ac.id/
  • uinjkt.ac.id/biaya-kuliah-ukt-ta-2020-2021-pada-program-sarjana-s1