9 Universitas Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

 Lailla | Rab, 16 Okt 2019

9 Universitas Jurusan psikologi Terbaik di Indonesia – Jurusan psikologi masih menjadi satu dari sekian banyak jurusan yang banyak diminati para lulusan sekolah menengah. Kesan yang muncul ketika mendengar ada mahasiswa psikologi sebagai orang yang bisa membaca karakter masih melekat erat. Pertimbangan untuk mencari tahu reputasi fakultas psikologi terbaik di Indonesia hingga fakultas psikologi terbaik di dunia pun melatarbelakangi proses pencarian kampus yang sesuai. Berikut ini adalah 9 universitas jurusan psikologi terbaik di Indonesia yang dapat kamu pilih:

9 Universitas Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Perguruan Tinggi Favorit - Universitas Gadjah Mada

Reputasi Universitas Gadjah Mada atau UGM sebagai kampus yang menghasilkan lulusan terbaik dengan kontribusi besar bukan hal yang asing lagi. Bisa kamu lihat alumni UGM jurusan psikologi yang sering muncul di televisi atau mengadakan acara-acara skala besar. Ada pula guru besar UGM yang aktif menulis buku dan tetap berkontribusi. Hampir seluruh jurusan di UGM diminati lulusan sekolah menengah. Begitu pula jika kamu ingin masuk ke jurusan psikologi. Persaingan ketat akan kamu hadapi ketika menjalani tes masuk.

Jurusan psikologi UGM mendapatkan akreditasi terbaik di Indonesia. Apabila kamu menempuh studi di UGM, kamu bisa mendapatkan materi perkuliahan dari dosen atau pengajar hebat, fasilitas kampus yang lengkap, serta kegiatan mahasiswa yang akan membuat kemampuanmu terasah. Tertarik untuk menempuh jurusan psikologi di kampus kota pelajar ini?

2. Universitas Indonesia (UI)


Universitas Indonesia menawarkan jurusan psikologi yang terdapat di Fakultas Psikologi sudah berdiri sejak tahun 1960. Salah satu kampus terbaik di Indonesia ini melahirkan banyak tokoh penting, seperti Kak Seto Mulyadi, Pak Slamet Iman Santoso, dan tokoh penting lainnya. Lokasi UI yang strategis ditambah dengan fasilitas perkuliahan yang tentunya sudah sangat lengkap pun menjadi daya tarik tersendiri. Tentu atmosfer belajar psikologi di UI akan berbeda dengan kampus lainnya. Ada banyak mahasiswa dari luar Jakarta yang sengaja memilih UI sebagai tempat studi, sehingga kamu pun dapat mengajak mereka bertukar pikiran.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)


Apabila kamu ingin menempuh studi psikologi di Surabaya, kampus yang dapat kamu tuju adalah Universitas Airlangga. Untuk jurusan psikologi, selain bisa belajar teori di kelas dari dosen berpengalaman, hingga menjalani praktikum di laboratorium berfasilitas lengkap. Akan menjadi hal yang membanggakan bisa berkuliah di Perguruan Tinggi di jurusan psikologi dengan bidang industri terbaik di Indonesia.

4. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Passing Grade UNPAD 2018
Universitas yang terletak di Bandung ini menawarkan jurusan psikologi yang terakreditasi. Universitas jurusan psikologi di Bandung sudah terkenal di kalangan masyarakat Bandung, hingga di Indonesia. Tidak hanya menghasilkan lulusan dengan kiprah di kancah nasional, kamu juga bisa melihat lulusan psikologi UNPAD menghasilkan banyak karya tertulis. Untuk bisa menjadi mahasiswa UNPAD, kamu perlu menempuh ujian masuk mandiri atau ujian masuk yang diselenggarakan serentah di tingkat nasional.

5. Universitas Sanata Dharma (USD)


Perguruan Tinggi Swasta di kota pelajar tersebut sudah didirikan sejak tahun 1996. Kamu tidak perlu ragu untuk belajar psikologi di Universitas Sanata Dharma karena kampus tersebut sudah meraih akreditasi A dan menyandang predikat 1 dari 10 Perguruan Tinggi dengan jurusan psikologi terbaik se-Indonesia. Fasilitas perkuliahan dan pengalaman kuliah yang lengkap bisa kamu dapatkan dengan memilih USD sebagai tempat menempuh studi.

6. Universitas Muhammadiyah Malang

Malang tidak hanya terkenal dengan kawasan wisatanya saja. Jika kamu ingin meneruskan studi di jurusan psikologi, salah satu kampus swasta di Malang bisa menjadi pilihan. Universitas yang dikenal sebagai kampus putih ini menawarkan jurusan psikologi terakreditasi A. Sudah banyak lulusan psikologi yang berkarya di tingkat daerah, tingkat nasional, hingga tingkat internasional. Selain itu, psikolog profesional dari kampus tersebut juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi lainnya.

7. Universitas Islam Indonesia (UII)


Kota pelajar menawarkan banyak pilihan tempat untuk menimba ilmu. Masih ada kampus swasta terakreditasi yang bisa menjadi tujuanmu dalam meraih gelar sarjana psikologi. Selain bisa belajar tentang psikologi secara umum, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah psikologi islam. Tidak mengherankan jika kampus yang berlokasi di dekat Kaliurang ini sering mengadakan acara besar bertema psikologi Islam.

8. Universitas Gunadarma

Perguruan Tinggi Swasta yang sudah mendapatkan akreditasi A ini bisa menjadi pilihanmu selanjutnya. Cukup mendaftar di Fakultas Psikologi dan kamu pun dapat menempuh program studi psikologi untuk meraih gelar sarjana. Langsung saja cari tahu jalur masuk Program Studi di Universitas Gunadarma sesuai kemampuanmu.

9. Universitas Persada YAI

Kampus dengan Akreditasi A ini memiliki alumni yang banyak berkontribusi di Indonesia. Bahkan, salah satu tokoh psikologi Indonesia, Bapak Sarlito Wirawan Sarwono, adalah lulusan Universitas Persada YAI. Tidak perlu khawatir dengan perkuliahan yang akan berlangsung karena kampus tersebut sudah dilengkapi fasilitas pendukung. Jika ingin mencari buku referensi, kamu dapat menuju perpustakaan. Berkonsultasi pada dosen terkait mata kuliah atau materi yang belum dipahami pun bisa kamu lakukan.

Demikian 9 universitas jurusan psikologi terbaik di Indonesia sebagai bahan pertimbanganmu sebelum memilih kampus. Sebenarnya masih ada kampus dengan jurusan psikologi terbaik di Indonesia lainnya, seperti Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, serta kampus-kampus swasta.

Syarat masuk jurusan psikologi sebenarnya tidak sulit. Jika kamu memiliki passion di bidang psikologi dan senang membaca buku terkait psikologi, bukan hal yang tidak mungkin jika ternyata kamu cocok di jurusan tersebut. Karena jalur masuk jurusan psikologi di universitas tidaklah sama, sebaiknya mulailah untuk mencari tahu syarat-syaratnya. Jika harus menjalani ujian masuk menggunakan rapor atau nilai, kamu dapat meminta bantuan pada pihak sekolah. Namun, jika ujian masuk jurusan psikologi dilakukan secara langsung, maka kamu perlu belajar lebih keras.

Biaya Kuliah Jurusan Psikologi

Jurusan favorit tidak selalu identik dengan biaya kuliah mahal. Masih ada kampus yang menawarkan biaya kuliah psikologi di bawah 5 juta per semester, namun ada pula kampus yang menerapkan biaya kuliah di atas 10 juta per semester. Pilih kampus yang menerapkan UKT apabila kamu berasal dari keluarga kurang mampu, sehingga biaya kuliah akan disesuaikan penghasilan orang tua. Selain itu, masuk ke Perguruan Tinggi Negeri dan bukan Perguruan Tinggi Swasta akan membantumu dalam membayar biaya kuliah. Biasanya, kampus swasta memberlakukan biaya kuliah yang lebih mahal dibandingkan kampus negeri.

Masih ada alternatif lain untuk kamu yang kesulitan menempuh kuliah di jurusan psikologi. Carilah beasiswa yang ditawarkan untuk jurusan psikologi, sehingga kamu bisa membayar kuliah, bahkan mendapatkan tunjangan biaya hidup. Ada pula beasiswa yang baru bisa dilamar ketika kamu sudah menjadi mahasiswa jurusan tersebut. Terbukalah terhadap informasi beasiswa atau informasi lainnya ketika sudah menjadi mahasiswa.

Tidak perlu bingung dengan masalah hunian ketika menjalani perkuliahan. Gunakan aplikasi pencari kost terbaik Mamikos yang dapat diunduh gratis melalui ponsel android atau ios. Kamu dapat mencari kost dekat kampus-kampus di Indonesia tanpa perlu datang langsung ke lokasi. Tidak hanya itu, kamu pun akan mendapatkan info terkait biaya sewa, aturan kost, hingga fasilitas di sekitarnya. Biaya kuliah jurusan psikologi yang dianggap mahal pun dapat disiasati dengan memilih hunian murah tapi nyaman via Mamikos.

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: