Biaya Kuliah UI 2021/2022 Universitas Indonesia

Biaya Kuliah UI – Universitas Indonesia merupakan perguruan tinggi dengan kampus utama berada di bagian Utara Kota Depok, Jawa Barat. Kampus modern, komprehensif, terbuka, multibudaya serta humanis ini selalu menjadi favorit calon mahasiswa baru setiap tahunnya. Salah satu syarat yang perlu diketahui calon mahasiswa baru sebelum mendaftar di UI adalah Biaya Kuliah UI terutama bagi orang tua yang akan menyekolahkan anaknya ke jenjang perguruan tinggi. Adapun info lebih lengkap seputar biaya kuliah UI tahun ajaran 2021/2022 bisa kamu cek di bawah ini.

Info Terbaru Biaya Kuliah UI 2021

vokasi.ui.ac.id

Buat kamu yang ingin menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia tahun 2021/2022, kini pendaftaran mahasiswa baru di kampus ini telah dibuka. Seperti yang kita ketahui, UI membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru. Beberapa diantanya adalah:

  • – Jalur seleksi program Diploma : jalur PPKB Vokasi dan SIMAK UI
  • – Jalur seleksi prigram Sarjana : jalur SNMPTN, SBMPTN, PPKB S1 Reguler, Talentscouting, SIMAK UI, SIMAK UI Kelas Internasional, SIMAK-Ekstension
  • – Jalur seleksi priogram Pascasarjana : jalur SIMAK UI Pascasarjana
  • – Jalur seleksi program Profesi dan Spesialis : bersamaan dengan jalur SIMAK UI Pascasarjana

Jalur Penerimaan UI

1. SIMAK UI

Seleksi Masuk UI (SIMAK-UI) merupakan seleksi untuk calon mahasiswa baru yang diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia dengan program pendidikan yang ada di UI mulai dari Program Vokasi (D3), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Magister dan Doktor.

Adapun tata cara pembayaran SIMAK UI bisa melalui berbagai cara yaitu:

  1. ATM Bank BNI, Bank Permata, Bank Bukopin, Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank CIMB Niaga
  2. Internet Banking : Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga
  3. Teller : Bank BNI, Bank BTN, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri
  4. Self Service Terminal (SST): Bank CIMB Niaga

2.SNMPTN

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan tinggi Negeri) merupakan seleksi penerimaan yang diselenggarakan oleh pemerintah yang berfokus pada nilai akademis siswa berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.

3. SBMPTN

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan ujian tulis yang diselenggarakan oleh himpunan rektor perguruan tinggi negeri yang berada di Indonesia.

4. Kelas Internasional

Universitas Indonesia membuka program kelas internasional dalam 7 fakultas bekerjasama dengan universitas-universitas terkemuka di Australia dan Eropa untuk program sarjana dan gelar ganda, di antaranya Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum.

Biaya Kuliah UI

Biaya Kuliah UI ditentukan berdasarkan 2 jenis pengajuan pembayaran yaitu BOP Berkeadilan (BOP-B) dan BOP-Pilihan (BOP-P). BOP-B merpakan mekanisme pembayaran biaya berdasarkan data khusus yang berisi identitas calon mahasiswa, orang tua dan penghasilan orang tua. Jadi, jika penghasilan orang tua besar, UKT yang harus dibayarkan pun tidak sedikit, begitu jug sebaliknya.

Sedangkan BOP-P ditentukan berdasarkan kesediaan membayar biaya operasional untuk universitas sebagaimana persetujuan penanggung biaya pendidikan. Berikut merupakan informasi biaya kuliah sebagai gambaran untuk calon mahasiswa baru UI 2021, dilihat dari data tahun sebelumnya.

*Biaya di atas merupakan biaya tahun 2020. Biaya tahun 2021 akan diupdate kemudian.

Dilansir dari website resmi UI https://www.ui.ac.id/, daftar di bawah adalah Peraturan Rektor tentang biaya pendidikan. Perlu dicatat bahwa Biaya Pendidikan Berkeadilan hanya berlaku untuk program Sarjana Reguler. Program pendidikan lain (Vokasi, Sarjana Paralel, Sarjana Ekstensi, Sarjana Kelas Internasional maupun Pascasarjana) tidak berhak atas skema Biaya Pendidikan Berkeadilan. Untuk mengetahui lebih jelas dan detail mengenai Biaya Operasional Pendidikan UI, kamu bisa cek infonya di bawah ini.

Demikian info seputar biaya kuliah UI tahun ajaran 2021/2022 yang bisa Mamikos bagikan untuk kamu. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu menemukan informasi yang diinginkan ya! Buat kamu yang berencana ingin merantau ke kota Jakarta untuk melanjutkan pendidikan di UI, jangan lupa juga untuk install aplikasi Mamikos di ponsel kamu ya! Di aplikasi Mamikos kamu akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta