Biaya Kuliah UNIMED (Universitas Negeri Medan) Tahun Ajaran 2019/2020

Posted on Posted in Biaya Kuliah Masuk Universitas, Pendaftaran, PTN

Biaya Kuliah UNIMED – Setiap orang tentu memiliki cita-cita sedari kecil, ada yang bercita-cita menjadi guru, ada pula yang bercita-cita menjadi dokter dan polisi, serta lain sebagainya. Untuk menggaapai cita-cita tersebut, tentu kamu membutuhkan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan bidang cita-citamu.

Tingkat pendidikan seseorang terbukti sangat berpengaruh pada profesi yang akan kamu lakoni nantinya ketika kamu mencari lowongan kerja Medan. Semakin tinggi tingkat pendidikan yang, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan profesi yang tinggi. Maka tak ada alasan bukan untuk kamu tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi?

PTN merupakan istilah dari Perguruan Tinggi Negeri yang biasanya menjadi ‘great destination’ bagi sebagian besar siswa-siswi lulusan SMA/SMK yang mana notebene dari PTN sudah tidak diragukan lagi. PTN juga mempunyai pencitraan yang begitu baik di mata masyarakat. Bahkan, animo masyarakat sangat besar untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke PTN yang ada di berbagai daerah.

Hingga sekarang ini Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang lebih banyak diminati dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal ini bukan tanpa alasan, karena Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia hanya sedikit yang mampu bersaing dengan sederetan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama. Banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia, yang belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai, tenaga pengajar juga masih sangat minim. Apalagi terkadang tidak sesuai dengan keahliannya mengampuh mata kuliah.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) umumnya juga telah memiliki legalitas yang cukup dapat dipercaya dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Apalagi, saat ini sedang maraknya izajah palsu yang membuat orang tua semakin lebih berhati-hati mencari perguruan tinggi terbaik bagi anak mereka. Dan tak berbeda jauh dengan dosen yang ada di PTS, dosen yang mengajar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pun berkualitas.

Karena jika dosen yang mengajar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tidak memnuhi syarat, maka yang menjadi taruhannya adalah kredebilitas dari PTN tersebut. Karena beberapa alsaan tersebut kamu pun tak perlu heran jika banyak siswa-siswi yang baru saja lulus di bangku sekolah menengah atas (SMA) lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan mereka di sederetan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Biaya Kuliah UNIMED (Universitas Negeri Medan) Tahun Ajaran 2019/2020

Biaya Kuliah UNIMED
Biaya Kuliah UNIMED

Dari sekian banyak perguruan tinggi di Kota Medan, Universitas Negeri Medan atau yang biasa disingkat UNIMED memang selalu menjadi pilihan pertama masyarakat yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Bahkan tak hanya siswa-siswi dari Sumatera Utara saja yang antri untuk bisa mengenyam pendidikan di Universitas Negeri Medan (UNIMED) ini, banyak pula siswa-siswi dari luar Pulau Sumatera yang hendak merantau demi bisa kuliah disini. Tak heran jika di Kota Medan sendiri sudah sangat mudah untuk menemukan hunian sementara seperti kost Medan murah atau sewa apartemen di Medan yang biasa dijadikan opsi para perantau sebagai tempat tinggal.

Jika dilihat dari sejarahnya, Universitas Negeri Medan (UNIMED) sudah berdiri pada tahun 1956 sejak dibukanya Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), yang dipelopori oleh beberapa tokoh pendidikan di Sumatera Utara dengan dilatarbelakangi oleh kebutuhan tenaga pendidik di Sumatera Utara. Selanjutnya tepatnya pada tanggal 23 Juni 1963, didirikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau IKIP Negeri Medan, sebagai cikal bakal lahirnya Universitas Negeri Medan.

Baca juga :  Pendaftaran Politeknik Negeri Medan 2019/2020

Berlokasi tepatnya di Jl. Pasar V Medan Estate, Kecamatan Medan Tembung, Universitas Negeri Medan (UNIMED) hingga sekarang ini telah menyelenggarakan 7 fakultas dan sekolah pascasarjana (SPs). Sebelum kamu mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED) mungkin kamu bisa melihat-lihat kost putra Medan atau kost putri Medan, dan untuk lebih jelasnya berikut Mamikos berikan rincian Fakultas dan Program Studi yang dapat kamu pilih untuk jenjang Diploma III (D3) dan Strata 1 (1).

• Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Jenjang Strata-1 (S1)
Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Luar Sekolah

• Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)
Jenjang Strata-1 (S1)
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Bahasa Perancis
Pendidikan Bahasa Jerman
Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Sastra Indonesia
Sastra Inggris
Pendidikan Seni Musik
Pendidikan Seni Tari
Pendidikan Seni Rupa

• Fakultas Ilmu Sosial (FIS)
Jenjang Strata-1 (S1)
Pendidikan Geografi
Pendidikan Sejarah
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Pendidikan Antropologi

• Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Jenjang Strata-1 (S1)
Pendidikan Matematika
Pendidikan Kimia
Pendidikan Fisika
Pendidikan Biologi
Bilingual Pendidikan Matematika
Bilingual Pendidikan Kimia
Bilingual Pendidikan Fisika
Bilingual Pendidikan Biologi
Matematika
Fisika
Kimia
Biologi

• Fakultas Teknik (FT)
Jenjang Strata-1 (S1)
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Pendidikan Tata Boga
Pendidikan Tata Busana
Pendidikan Tata Rias
Pendidikan Teknik Elektro
Pendidikan Teknik Mesin
Pendidikan Teknik Otomotif
Pendidikan Teknik Bangunan
Jenjang Diploma III (D3)
D3 Teknik Sipil
D3 Teknik Mesin

• Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)
Jenjang Strata-1 (S1)
Ilmu Olahraga
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Pendidikan Kepelatihan Olahraga

• Fakultas Ekonomi (FE)
Jenjang Strata-1 (S1)
Akuntansi
Manajemen
Pendidikan Kantor
Pendidikan Ekonomi
Pendidikan Akuntansi

Di setiap tahunnya, Universitas Negeri Medan (UNIMED) memang selalu membuka penerimaan mahasiswa baru baik itu melalu jalur nasional maupun jalur mandiri. Untuk penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Medan (UNIMED) melalui jalur nasional, kamu bisa memilih jalur SNMPTN atau jalur SBMTPN. Jika kamu belum dinyatakan lulus dalam dua jalur nasional tersebut, kamu bisa memilih jalur mandiri untuk masuk ke dalam Universitas Negeri Medan (UNIMED).

Namun, apabila kamu sudah dinyatakan lulus seleksi dalam jalur nasional ataupun jalur mandiri, maka tahapan selanjutnya adalah kamu harus melakukan pendaftaran ulang. Ketika melakukan pendaftaran ulang, nantinya ada beberapa data yang harus kamu isi, salah satunya yang terpenting adalah penghasilan dari orang tua.

Data terkait penghasilan orang tua ini tergolong cukup penting karena akan menentukan besaran biaya kuliah UNIMED yang harus kamu bayarkan nantinya. Dan perlu kamu ketahui pula bahwa Universitas Negeri Medan (UNIMED) juga telah menetapkan sistem Biaya Kuliah Unimed dengan menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Ini berarti besaran Biaya Kuliah Unimed Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar oleh setiap calon mahasiswa akan berdasarkan pada tingkat kemampuan penghasilan dari calon mahasiswa terkait bukan dilihat berdasarkan jalur masuk Universitas Negeri Medan (UNIMED).

Jika penghasilan orang tua kamu tergolong cukup besar, maka nantinya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus kamu bayarkan pun nominalnya cukup besar pula. Dan sebaliknya, jika penghasilan orang tua kamu tergolong rendah maka besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang kamu bayarkan nantinya juga cukup kecil pula.

Jika kamu berasal dari keluarga yang kurang mampu dari segi ekonomi, maka kamu bisa mengajukan diri untuk mengikuti seleksi Bidikmisi. Nantinya ketika kamu diterima melalui jalur Bidikmisi, baik itu Bidikmisi jalur SNMPTN, Bidikmisi jalur SBMPTN, atau Bidikmisi jalur mandiri, maka nantinya Biaya Kuliah Unimed Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah selama masa studi normal.

Baca juga :  Inilah Rincian Biaya Kuliah UNPAD 2019/2020

Perlu diketahui bahwa Biaya Kuliah Unimed Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED) berbeda-beda tergantung dari penghasilan orang tua mahasiswa terkait. Uang Kuliah Tunggal (UKT) ini sendiri telah mencakup seluruh biaya kuliah UNIMED selama 1 semester. Jadi, di dalam satu semester itu nantinya tidak akan ada tagihan Biaya Kuliah Unimed lainnya.

Umumnya, nominal Biaya Kuliah Unimed Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan oleh mahasiswa besarannya tetap. Misalnya di semester pertama kamu membayar Biaya Kuliah Unimed Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp1.500.000, maka untuk semester-semester berikutnya Biaya Kuliah Unimed Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus kamu bayarkan juga tetap Rp1.500.000.

Jika nantinya kamu merasa Uang Kuliah Tunggal (UKT) tidak sesuai dengan kemampuang orang tua, kamu masih bisa mengajukan penurunan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan mengikuti berbagai prosedut yang berlaku di Universitas Negeri Medan (UNIMED). Berikut Mamikos berikan kategori Biaya Kuliah Unimed Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang berlaku hingga di Tahun Ajaran 2018/2019 ini.

• Kategori tidak mampu : Rp500.000
• Kategori tidak mampu : Rp750.000
• Kategori cukup mampu : Rp1.050.000
• Kategori mampu : Rp1.250.000
• Kategori sangat mampu : Rp1.600.000

Perlu kamu ketahui bahwa Universitas Negeri Medan (UNIMED) telah memiliki formula pengklasifikasian Biaya Kuliah Unimed Uang Kuliah Tunggal (UKT) berdasarkan data jumlah penghasilan orang tua, bukti pembayaran PBB, bukti pajak kendaraan bermotor, kapasitas rekening listrik terpasang dan rekening PAM.

Berdasarkan data/dokumen tersebut Universitas Negeri Medan (UNIMED) akan menggunakan formula perhitungan tertentu untuk mendapatkan skor total yang digunakan sebagai dasar perangkingan atau peringkat untuk penentuan tingkatan Biaya Kuliah Unimed Uang Kuliah Tunggal (UKT). Untuk lebih jelasnya lagi, berikut Mamikos berikan tabel kategori pengklarifikasian Biaya Kuliah Unimed Uang Kuliah Tunggal (UKT) Tahun Ajaran 2019/2020.

Dan berikut Mamikos juga berikan tabel rincian besaran Biaya Kuliah Unimed Uang Kuliah Tunggal (UKT) Tahun Ajaran 2019/2020 untuk tiap kategori.

Oh iya, jika kamu sudah dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa baru Universitas Negeri Medan (UNIMED). Secara umum kamu juga harus mematuhi prosedur yang berlaku yakni dengan mengirimkan dokumen sebagai data Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang meliputi:

• Dokumen Biaya Kuliah Unimed : Fotokopi daftar penghasilan kedua orangtua 2 (dua) set (bagi PNS/TNI/POLRI atau Karyawan Perusahaan/Yayasan)ditandatangani oleh bagian keuangan.
• Dokumen Biaya Kuliah Unimed : Fotokopi surat keterangan penghasilan orangtua disyahkanLurah/Kepala Desa sebanyak 2 (dua) set bagi kedua orangtuanyabukan (PNS/TNI/POLRI atau Karyawan Perusahaan/Yayasan).
• Dokumen Biaya Kuliah Unimed : Fotokopi Bukti Pembayaran PBB tahun 2013.
• Dokumen Biaya Kuliah Unimed : Fotokopi Bukti Pembayaran Pajak seluruh kendaraan bermotor yang dimiliki oleh yang nama-namanya tercantum dalam Kartu Keluarga calon mahasiswa Unimed.
• Dokumen Biaya Kuliah Unimed : Fotokopi Bukti Pembayaran Rekening Listrik bulan 3 (tiga) bulan terakhir.
• Dokumen Biaya Kuliah Unimed : Fotokopi Bukti Pembayaran Rekening Air (PAM) 3 (tiga) bulan terakhir.
• Dokumen Biaya Kuliah Unimed : Surat keterangan penghasilan orangtua sesuai format yang telah ditentukan

Berikut tadi informasi yang dapat Mamikos sampaikan pada kesempatan kali ini terkait biaya kuliah UNIMED Tahun Ajaran 2019/2020 yang diberlakukan untuk semua calon mahasiswa baru Universitas Negeri Medan (UNIMED). Mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan kamu gambaran awal bagi kamu yang akan kuliah di Universitas Negeri Medan (UNIMED).

Apabila nantinya ada perubahan informasi akan Mamikos berikan di situs Mamikos ya! Di Mamikos sendiri kamu tak hanya bisa menemukan info terkait biaya kuliah UNIMED, tetapi kamu juga bisa mendapatkan informasi terkait kost-an, sewa apartemen, serta lowongan kerja di seluruh Indonesia. Jika tak ingin ketinggalan informasinya, kamu bisa download aplikasi Mamikos di Play Store dan kamu pun tak akan ketinggalan informasi ter-update nya.