Biaya Kuliah UPI 2019/2020 (Universitas Pendidikan Indonesia)

 Posted on Jumat, Mei 4th, 2018  Posted in Biaya Kuliah Masuk Universitas, PTN  Mamikos

Biaya Kuliah UPI – Siapa bilang pendidikan merupakan hal yang boleh dikesampingkan? Jika kamu berpikiran demikian, maka Mamikos tekankan bahwa pemikiran kamu tersebut salah besar. Karena pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan mencari relasi yang banyak guna menunjang karir di masa depan.

Kampus dipercaya oleh banyak orang sebagai wadah yang siap memberikan pendidikan kepada mereka yang membutuhkan dan memberikan cara untuk bersosialisasi dengan orang lain. Dengan kata lain, pendidikan jelas berguna untuk membangun jaringan yang lebih luas.

Tanpa kamu sadari, tingkat pendidikan seseorang ternyata sangat berperan penting terhadap profesi kamu di masa mendatang. Semakin tinggi tingkat pendidikannya kamu, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan profesi yang tinggi. Tak heran jika orang menghabiskan waktu berpuluh-puluh tahun demi memperoleh gelar di bidang pendidikan. Namun ternyata untuk bisa meraih gelar di bidang pendidikan tak hanya mengorbankan waktu saja, tetapi juga mengorbankan biaya kuliah upi yang cukup besar.

Apabila kamu berminat untuk meneruskan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi, kamu tak hanya dapat melirik sederetan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja karena banyak pula deretan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki kualitas tak kalah baik.

Jika kamu berkeinginan mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), paling tidak kamu harus melalui beberapa tahapan, seperti SMNPTN (Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), serta Jalur Mandiri.

Berdasarkan pengumuman hasil SNMPTN 2018 kemarin, diketahui ada 110.946 siswa yang berhasil lolos dalam SNMPTN 2018 dari 586.155 siswa yang telah mendaftar. Untuk SBMPTN sendiri akan diadakan nantinya pada bulan Mei 2018 mendatang, dan jalur mandiri akan diadakan setelah SBMPTN.

Biaya Kuliah UPI

Biaya Kuliah UPI
Biaya Kuliah UPI

Dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berdiri kokoh di Kota Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia atau yang biasa disingkat UPI ternyata cukup menarik perhatian siswa SMA dari berbagai daerah. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini dapat kamu temukan tepatnya di Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Jawa Barat. Perlu kamu ketahui bahwa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) hanya membuka program pendidikan atau jurusan pendidikan saja.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sendiri hingga sekarang telah membuka delapan jurusan yang berlatar belakang ilmu pendidikan yang menyiapkan tenaga pengajar atau guru yang berkualitas. Adapun delapan fakultas tersebut antara lain yakni Fakultas Ilmu Pendidikan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Bahasa dan Sastra, MIPA, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, dan yang terakhir Fakultas Pendidikan seni dan Desain.

Memiliki motto sebagai “Universitas Pelopor dan Unggul”, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) setiap tahunnya selalu membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), serta Jalur Mandiri yang lebih dikenal dengan nama SM-UPI yang terbagi lagi dalam beberapa jalur.

Apabila kamu berminat untuk mengenyam pendidikan di kampus pendidikan yang satu ini, kamu harus memilih masuk melalui jalur nasional atau jalur mandiri dan prediksilah peluang paling besar ada di jalur mana agar kamu bisa lulus seleksi dengan mudah.

Setelah kamu mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini, selanjutnya kamu tinggal melakukan registrasi ulang sebagai mahasiswa baru. Nantinya ketika melakukan registrasi ulang, kamu akan diminta untuk melakukan pengisian beberapa data-data. Salah satu data yang akan kamu isikan adalah data administrasi keluarga yang terkait dengan besaran penghasilan orang tua yang bertanggung jawab membiayai kuliah kamu.

Hasil dari pengisian data-data tersebut akan digunakan oleh pihak panitia Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk menentukan besaran nominal √ yang harus kamu bayarkan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengisi data-data tersebut secara jujur dan benar.

Perlu diketahui bahwa biaya kuliah UPI ini dibedakan berdasarkan jalur masuknya. Apabila kamu berhasil lolos dan masuk melalui jalur nasional yakni SNMPTN/SBMPTN, maka √ yang akan kamu bayarkan akan lebih murah dibandingkan yang masuk melalui jalur mandiri.

Untuk biaya kuliah upi – biaya kuliah jalur SNMPTN/SBMPTN sendiri akan ditetapkan melalui Uang Kuliah Tunggal (UKT). Nantinya UKT ini akan dibayar berdasarkan pada penghasilan orang tua mahasiswa yang bersangkutan sesuai dengan data yang telah kamu isikan saat registrasi ulang. Berikut Mamikos berikan info lebih jelasnya lagi terkait biaya kuliah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia).

• Biaya UKT UPI Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Setelah panitia penerimaan mahasiswa baru melakukan penilaian terhadap data-data calon mahasiswa terkait penghasilan orang tua, maka akan ditetapkan pula UKT untuk mahasiswa yang bersangkutan. UKT Universitas Pendidikan Indonesia sendiri dikelompokkan menjadi 6 kelompok.

Bagi orang tua mahasiswa yang memiliki penghasilan besar, maka UKT mahasiswa tersebut akan masuk dalam kelompok tertinggi, dan bagi orang tua mahasiswa yang memiliki penghasilan kecil, maka UKT mahasiswa bersangkutan akan masuk dalam kelompok UKT rendah. Dengan sistem seperti ini pihak Universitas Pendidikan Indonesia yakin pembayaran kuliah akan lebih fleksibel dan lebih adil lagi.

 

• Biaya Kuliah UPI Jalur Seleksi Mandiri (SM-UPI)

Lain denganbiaya kuliah upi untuk jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN, bagi kamu yang berhasil lolos melalui Jalur Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) maka biaya kuliah upi yang harus kamu bayarkan akan lebih mahal lagi. Hal ini dilakukan karena penyelenggaraan seleksi dan pendidikan jalur mandiri di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah, sehingga akan dibebankan dalam biaya kuliah upi.

Adapunbiaya kuliah upi jalur mandiri UPI (SM-UPI) akan terdiri dari komponen berikut, yakni biaya kuliah upi  registrasi, SPP, BPP yang diibayar setiap semester, biaya pengembangan fasilitas dan mutu akademik, serta dana pengembangan lembaga.

 

Nah, itu tadi adalah ulasan sepuar biaya pendidikan yang harus kamu bayarkan bagi seluruh calon mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tahun ajaran 2019/2020. Demikian informasi yang dapat Mamikos berikan tentang biaya kuliah upi, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kamu yang akan kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Jangan lupa untuk sekalian mencari referensi kost dekat UPI Bandung murah, kost Bandung murah, sewa apartemen di Bandung sebagai gambaran mencari informasi hunian sementara ketika kamu sudah resmi akan merantau dan mengenyam pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Dan untuk informasi lebihnya lagi kamu bisa berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.