Biaya Pendaftaran PKN STAN dan Cara Pembayaran 2021/2022

Biaya Pendaftaran PKN STAN dan Cara Pembayaran 2021/2022 — Jika kamu adalah calon pendaftar di PKN STAN, maka kamu perlu mengetahui berapa besaran biaya pendaftaran PKN STAN dan bagaimana sih cara pembayarannya.

Tenang saja, sebab di artikel kali ini, Mamikos akan menginformasikannya untuk kamu secara lengkap dan saksama. Jadi, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini. Namun sebelum masuk ke informasi utama, simak info menarik lain tentang PKN STAN yang sudah Mamikos rangkum.

Info Biaya Pendaftaran dan Cara Pembayaran PKN STAN 2021

anakstan.com

1. Syarat-syarat Pendaftaran PKN STAN

Supaya tidak terlewat, maka poin mengenai syarat pendaftaran PKN STAN tidak lupa Mamikos lampirkan pada artikel kali ini. Yuk, langsung simak penjelasannya sebagai berikut.

Persyaratan lulusan

  1. Program Reguler: lulusan (tahun 2020 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2021) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat; atau
  2. Program Afirmasi: calon lulusan tahun 2021 semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta

  • -lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
  • – b calon lulusan tahun 2021, memiliki rata-rata nilai rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  1. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 15 tahun.
  2. Telah terdaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Tahun 2021.
  3. Memiliki nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi.
  4. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  5. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
  6. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).
  7. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya
  8. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
  • -telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;
  • -memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan
  • -mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 (dua) usulan terbaik.

2. Tata Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru PKN STAN

Sudah membaca dengan lengkap apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar PKN STAN, maka kini saatnya kamu mengetahui bagaimana tata cara pendaftaran jika ingin mendaftar ke PKN STAN.

Kamu perlu melakukan registrasi melalui portal sscasn.bkn.go.id dengan tahapan yang perlu kamu ikuti di bawah ini:

  • -memilih menu DIKDIN;
  • -mendaftarkan diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan akun dan password yang akan digunakan untuk login;
  • -login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;
  • -memilih sekolah kedinasan PKN STAN, memilih program reguler atau afirmasi, melengkapi biodata, nomor UTBK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan isian lainnya serta mengunggah dokumen yang diperlukan. Khusus untuk calon peserta program afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagai berikut:
  1. Ijazah SD dan Ijazah SMP;
  2. Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung, dan Kartu Keluarga atau Sura Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Desa; dan
  3. Surat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 (dua) usulan terbaik. Formulir surat rekomendasi dapat diunduh pada laman http://bit.ly/FormRekomendasiSekolahSPMBPKNSTAN.
  4. melakukan reviu atas resume dan mencetak Kartu Pendaftaran; dan
  5. logout dari portal https://sscasn.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal spmb.pknstan.ac.id.
  6. Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Dalam hal peserta terdaftar pada lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.
  • -Kemudian kamu perlu mengisi formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
  1. login dengan menggunakan akun dan password yang didaftarkan pada portal
  2. sscasn.bkn.go.id;
  3. mengisi data pilihan program studi;
  4. mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online; dan
  5. mengunci data.

3. Tahapan Pelaksanaan Seleksi PKN STAN

Ada beberapa tahapan seleksi di PKN STAN yang tak lupa Mamikos masukkan juga dalam artikel ini. Tahapan tersebut terdiri dari:

Seleksi Administrasi

  1. Peserta diseleksi berdasarkan syarat administrasi sebagaimana tercantum pada huruf B angka 1 s.d. 5 untuk program reguler serta angka 1 s.d. 5 dan 11 untuk program afirmasi;
  2. Peserta dinyatakan dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar apabila telah memenuhi persyaratan pada huruf a.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

  1. SKD diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi dan telah melakukan pembayaran;
  2. SKD dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN);
  3. SKD meliputi: Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan.
  4. Peserta dinyatakan lulus SKD apabila:
  • -memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai ketentuan yang berlaku; dan
  • -peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk Seleksi Lanjutan I.
  • -Jumlah kebutuhan peserta yang lulus Seleksi Lanjutan I ditentukan oleh Panitia Pusat.

Seleksi Lanjutan I

  • -Seleksi Lanjutan I diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus SKD.
  • -Seleksi Lanjutan I terdiri dari Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi

1. Tes Kesehatan dan Kebugaran meliputi:

  1. Tes Kesehatan, yaitu pemeriksaan yang mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat; dan
  2. Tes Kebugaran, yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up/chinning, push up, sit up dan/atau aktivitas lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat

2. Tes Psikologi dilaksanakan menggunakan Computer Based Test.

Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I apabila:

  1. peserta memenuhi kriteria kesehatan dan kebugaran;
  2. peserta memenuhi kriteria psikologi;
  3. nilai Seleksi Lanjutan I merupakan penjumlahan antara angka 1) dan 2) dengan bobot masing-masing 50% (lima puluh persen); dan
  4. peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk Seleksi Lanjutan II.
  5. Jumlah kebutuhan peserta yang lulus Seleksi Lanjutan II ditentukan oleh Panitia Pusat.

Seleksi Lanjutan II

  1. Seleksi Lanjutan II merupakan Tes Wawancara yang diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I.
  2. Seleksi Lanjutan II dilaksanakan dengan semi online, yaitu peserta mengikuti wawancara di tempat yang telah ditentukan dan pewawancara melakukan wawancara secara online dengan media video conference.
  3. Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan II apabila:
  • -peserta memenuhi standar minimal kriteria wawancara; dan
  • -peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan.
  • -Jumlah kebutuhan peserta yang lulus SPMB PKN STAN ditentukan oleh Panitia Pusat.

4. Biaya Pendaftaran dan Tata Cara Pembayaran PKN STAN

Inilah informasi yang pasti sudah kamu nantikan sejak tadi yakni info tentang biaya pendaftaran dan bagaimana cara pembayaran PKN STAN tersebut. Berdasarkan informasi yang berhasil Mamikos kutip, maka biaya pendaftaran dan cara pembayarannya dapat kamu simak sebagai berikut.

Biaya pendaftaran SPMB sebesar Rp350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) per peserta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah).

Angka tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

Tata Cara Pembayaran

Untuk tata cara pembayarannya akan dilakukan sebagai berikut:

  1. Peserta yang lulus Seleksi Administrasi akan mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA). Agar dapat mengikuti tahapan seleksi berikutnya, peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran SPMB sebagaimana tercantum pada angka 1.
  2. Kode billing didapatkan melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id dengan login menggunakan username dan password masing-masing peserta.
  3. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking dengan menggunakan Mandiri Virtual Account (MVA). Tata cara pembayaran dapat dilihat di portal spmb.pknstan.ac.id.

Dengan demikian usai sudah penjelasan dan informasi yang bisa Mamikos sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai biaya pendaftaran dan cara pembayaran PKN STAN 2021.

Semoga saja informasi mengenai biaya pendaftaran dan cara pembayaran PKN STAN 2021 di atas dapat memberikan kamu informasi yang memang kamu butuhkan.

Jika kamu memerlukan informasi hunian kos, maka Mamikos sarankan untuk kamu mengecek aplikasi Mamikos sekarang juga. Sebab di aplikasi Mamikos segala jenis informasi kos dapat kamu peroleh hanya dengan satu aplikasi. Yuk, unduh sekarang juga via Appstore dan Playstore.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta