Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri SM UNS & Cara Pembayarannya

 Bella Carla | Sen, 22 Jun 2020

Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri SM UNS & Cara Pembayarannya – Sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) juga menyelenggarakan jalur Seleksi Mandiri (SM) sebagai jalur penerimaan mahasiswa baru selain SNMPTN dan SBMPTN. SM UNS sendiri terbagi lagi menjadi empat jenis, yakni Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU), Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK), Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP), dan Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD). Pendaftaran SM UNS tahun 2020 ini nantinya akan mulai dibuka pada awal Juli. Buat kamu yang ingin mendaftar, simak info terkait biaya dan cara pembayaran pendaftaran jalur SM UNS di bawah ini.

Info Terbaru Biaya dan Cara Pembayaran Pendaftaran SM UNS

SM UNS
unsplash.com

UNS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit yang berlokasi di kota Surakarta, Jawa Tengah. Berdiri pada tanggal 11 Maret 1976, UNS telah meluluskan jutaan sarjana. Banyak di antara mereka menjadi orang-orang hebat yang menjadi pemimpin di negeri ini.

Untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa UNS, tentunya terlebih dahulu kamu harus dinyatakan lolos dalam salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru. UNS menyediakan tiga pilihan jalur penerimaan untuk jenjang S1, yakni SNMPTN, SBMPTN dan SM UNS. Bagi kamu yang kemarin gagal di SNMPTN dan SBMPTN, kamu bisa menjadikan jalur SM UNS sebagai pilihan terakhir untuk bisa menjadi mahasiswa di UNS.

Sekilas Tentang SM UNS

Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM UNS) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi Mandiri UNS meliputi empat kategori, yakni:

  1. Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU)
    Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir. Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan:
    a. Nilai UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT.
    b. Nilai Ujian Tulis (UTUL) UNS yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret.
  2. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK)
    Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memenuhi persyaratan yang ditentukan UNS dan merupakan rekomendasi dari instansi mitra (perusahaan/pemerintah daerah/institusi pemerintah) yang mempunyai Nota Kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama dengan UNS.
  3. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP)
    Jalur ini bertujuan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memiliki prestasi baik akademik maupun nonakademik (olimpiade sains dan teknologi, lomba karya ilmiah remaja, olahraga, seni, dan Hafidzul Al-Qur’an).
  4. Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD)
    Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa disabilitas lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memiliki kemampuan akademik memungkinkan untuk dapat menyelesaikan pendidikan tinggi

Jadwal SM UNS

No. Kegiatan SMJU SMJK SMJP SMJD
UTBK LTMPT UTUL UNS
1 Pendaftaran 1-27 Juli 1-27 Juli 15 Juni-15 Juli 15 Juni-15 Juli 15 Juni-15 Juli
2 Ujian 1-3 Agustus
3 Wawancara 17 Juli
4 Pengumuman 3 Agustus 7 Agustus 20 Juli 20 Juli 20 Juli

Persyaratan dan Ketentuan Pendaftaran SM UNS

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  4. Mendaftarkan diri sebagai peserta SM UNS.

Ketentuan Per Jalur

No. Ketentuan SM UNS
SMJU SMJK SMJP SMJD
1. Mengikuti UTBK LTMPT atau UTUL UNS pada tahun berjalan v
2. Memiliki surat rekomendasi dari Mitra UNS v
3. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau siswa akselerasi semester 1 sampai semester 4 (empat) v v v
4.
  • Surat rekomendasi dari sekolah yang menyatakan bahwa peserta merupakan 20 % terbaik mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau 30 % terbaik mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat) bagi program akselerasi yang memilih Prodi Kedokteran.
  • Surat rekomendasi dari sekolah yang menyatakan bahwa peserta merupakan 40 % terbaik mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau 60 % terbaik mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat) bagi program akselerasi yang memilih prodi selain Kedokteran.
v Jika ada
5. Memiliki dokumen prestasi nonakademik, antara lain:

  • Sertifikat prestasi kejuaraan olimpiade sains dan teknologi, lomba karya ilmiah remaja, olahraga, atau seni pada tingkat internasional, nasional, dan provinsi sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA atau
  • Sertifikat Hafidzul Al-Qur’an minimal 15 Juz yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA
Jika ada Jika ada v Jika ada

Persyaratan Khusus

  • Bagi peserta yang memilih program studi Pend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi, dan Pend. Kepelatihan Olahraga dipersyaratkan yang bersangkutan memiliki tinggi badan minimal 160 cm bagi putra dan minimal 155 cm bagi putri dan mengunggah portofolio.
  • Bagi peserta yang memilih program studi Kriya Seni/Tekstil, Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, dan Pendidikan Seni Rupa dipersyaratkan mengunggah portofolio.
  • Bagi peserta yang memilih Program Studi berikut ini, harus mengunggah atau melampirkan Surat Keterangan tidak buta warna (parsial dan/atau total) dari rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan/dokter pada saat pemeriksaan berkas setelah dinyatakan diterima.
No. Persyaratan Program Studi
1. Boleh buta warna parsial, tidak boleh buta warna total Agribisnis; Akuntansi; Bimbingan dan Konseling; Ekonomi Pembangunan; Fisika; Manajemen; Pendidikan Akuntansi; Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi; Pendidikan Kepelatihan Olahraga; Pendidikan Bahasa Jawa; Pendidikan Bhs Inggris; Pendidikan Biologi; Pendidikan Fisika; Pendidikan Geografi; Pendidikan Sejarah; Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian; Peternakan; Sastra Indonesia; Sastra Inggris; Teknik Elektro; Teknik Industri; Teknik Sipil, Teknik Mesin
2. Tidak boleh buta warna parsial dan buta warna total Agroteknologi/Agroekoteknologi; Arsitektur; Biologi; Desain Interior; Desain Komunikasi Visual; Farmasi; Ilmu dan Teknologi Pangan; Ilmu Lingkungan; Sejarah; Ilmu Tanah; Kedokteran; Kimia; Kriya Seni/Tekstil; Pendidikan Ekonomi; Pendidikan Guru PAUD; Pend. Teknik Informatika dan Komputer; Pendidikan IPA; Pendidikan Kimia; Pendidikan Seni Rupa; Pendidikan Teknik Bangunan; Pendidikan Teknik Mesin; Perencanaan Wilayah & Kota; Pendidikan Guru Sekolah Dasar; Sastra Arab; Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik); Teknik Kimia; Pengelolaan Hutan
  • Bagi peserta SMJD dipersyaratkan melampirkan surat keterangan dari Dokter dan Psikolog yang menerangkan tentang status disabilitas yang dialami dan hasil tes IQ yang bersangkutan.
  • Bagi peserta SMJD wajib mengikuti wawancara dengan calon ybs dan orangtua/walinya secara online, untuk memastikan bahwa ybs tidak akan mengalami kesulitan mengikuti kegiatan perkuliahan terkait dengan disabilitasnya, lingkungan kampus UNS, dan program studi pilihannya.

Pilihan Program Studi SM UNS

  1. Program studi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih dua program studi, dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Lulusan SMA/MA IPA dapat memilih semua program studi baik Saintek maupun Soshum.
    2. Lulusan SMA/MA IPS/Bahasa hanya dapat memilih program studi Soshum dan tiga prodi kelompok saintek yaitu Psikologi, Agribisnis, serta Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian.
    3. Lulusan MA/MAK Jurusan Keagamaan dapat memilih program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Ilmu Lingkungan, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ilmu Hukum, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Sastra Daerah untuk Sastra Jawa, Kriya Seni, Seni Rupa, Desain Interior, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Luar Biasa/Khusus, Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pend. Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, PGSD, PG PAUD, Sastra Arab, Pend. Bahasa Jawa.
    4. Lulusan SMK hanya dapat memilih program studi yang serumpun.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Daftar program studi di UNS dapat dilihat di laman https://spmb.uns.ac.id.

Prosedur Pendaftaran SM UNS

  1. Peserta mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada situs https://spmb.uns.ac.id, klik “Sarjana”, klik ”Pendaftaran SPMB Sarjana” dan setelah selesai akan mendapatkan Nomor Pendaftaran SM UNS.
  2. Peserta membayar biaya pendaftaran di Teller atau ATM salah satu bank berikut: Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, atau Bank Jateng. Setelah membayar peserta akan mendapatkan PIN atau Kode Akses yang tertera pada bukti pembayaran biaya pendaftaran.
  3. PIN atau Kode Akses tersebut digunakan pada saat mencetak kartu tanda peserta melalui login ke https://spmb.uns.ac.id klik “Sarjana”, klik ”Cetak kartu” .
  4. Jika peserta melakukan pendaftaran lebih dari satu kali, data yang digunakan adalah data pendaftaran terakhir.

Biaya Pendaftaran SM UNS

No. Seleksi Mandiri Biaya
1. SMJU-UTBK LTMPT, SMJD Rp200.000
2. SMJU-UTUL UNS, SMJK, SMJP Rp350.000

Cara Pembayaran Pendaftaran SM UNS

Biaya pendaftaran SM UNS dapat disetor di Teller atau ATM salah satu bank mitra UNS. Peserta cukup dengan menunjukkan Kode Pembayaran yang sudah diperoleh saja. Adapun tata cara pembayarannya adalah sebagai berikut:

BTN

Teller Cabang BTN

Silakan datang ke teller Cabang Bank BTN terdekat dan tunjukkan kode pembayaran di teller.

ATM BTN

Berikut tata cara pembayaran melalui ATM BTN:

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM Bank BTN.
  2. Masukkan PIN
  3. Silahkan Pilih Jenis Penarikan :
    Pilih : Transaksi Lainnya
  4. Silahkan Pilih Jenis Transaksi Anda :
    Pilih : Pembayaran
  5. Silahkan Pilih Transaksi Pembayaran :
    Pilih : Multipayment
  6. Masukkan Kode Institusi + Kode Pembayaran :
    Ketik : 0002004
  7. Masukkan No.Siswa/Mhs (10/11 Digit)
    Contoh : 1311610001
  8. Tekan tombol : TEKAN JIKA BENAR —-> bila nomor pendafaran yang diisi sudah benar
    TEKAN JIKA SALAH —–> untuk mengulang
  9. Silahkan Pilih Type Rekening Untuk Pembayaran :
    Pilih : Tabungan
  10. Muncul di layar pemberitahuan :
    Transaksi Sedang Diproses Mohon Tunggu
  11. Muncul di layar sbb :
    Contoh:
    NAMA INSTITUSI : UNS SOLO
    NAMA SISWA : ANDIKA PRATAMA (Contoh)
    NO SISWA/MHS : 1311610001
    PEMBAYARAN : MAHASISWA BARU
    JUMLAH : Rp. Xxxx
    ADMIN BANK : Rp. Xxxx
    Tekan tombol : BENAR —> bila data di atas benar
    SALAH —> bila data salah dan perlu diperbaiki
  12. Tunggu sebentar, muncul informasi transaksi selesai dan keluar struk (bukti pembayaran, didalamnya muncul Kode Akses. Bukti pembayaran ini jangan sampai hilang (wajib di foto copy).

Mandiri

ATM Mandiri

  1. Masukkan Kartu ATM Bank Mandiri
  2. Pilih Bahasa Indonesia
  3. Ketik Nomor PIN ATM
  4. Pilih Menu Pembayaran/Pembelian
  5. Pilih Multipayment
  6. Masukkan Kode : 10063(UNS Solo) kemudian tekan ’BENAR’
  7. Ketik Nomer Pendaftaran / No Mahasiswa(untuk huruf pada Nomor Mahasiswa bisa diganti, jika A=11, S=12, T=13 lalu diikuti nomor setelah huruf) tekan ’BENAR’
  8. Layar akan menampilkan identitas jumlah pembayaran Saudara kemudian tekan ’1’ jika data telah sesuai
  9. Untuk melakukan eksekusi tekan ’YA’, untuk pembatalan tekan ’TIDAK’
  10. Transaksi telah selesai. Jika berhasil, Saudara akan mendapatkan Nomor Transaksi dan Kode Akses di bukti transaksi Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UNS.

Mandiri Online

  1. Login menggunakan aplikasi mandiri online
  2. Pilih Menu Pembayaran
  3. Pilih buat pembayaran baru
  4. Pilih logo pendidikan
  5. Pilih rekening sumber yang akan dipergunakan untuk Pembayaran
  6. Masukkan Kode 10063(UNS Solo) untuk penyedia jasa
  7. Masukkan Nomer Pendaftaran / No Mahasiswa (untuk huruf pada Nomor Mahasiswa bisa diganti, jika A=11, S=12, T=13 lalu diikuti nomor setelah huruf)
  8. Masukkan MPIN Mandiri Online
  9. Lalu klik OK
  10. Tunggu respon dari sistem Mandiri Online untuk status transaksi. Jika berhasil, Saudara akan mendapatkan Nomor Transaksi dan Kode Akses di bukti transaksi

Demikian informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait biaya pendaftaran Jalur Mandiri SM UNS dan cara pembayarannya. Mamikos infokan kembali, pendaftaran SM UNS tahun 2020 akan mulai dibuka pada tanggal 1 Juli 2020. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait SM UNS, silahkan kunjungi situs Mamikos secara berkala ya!