Kamu Mahasiswa Super Sibuk ? Begini Cara Belajar yang Efektif

Posted on Posted in Informasi, Mahasiswa

Kamu Mahasiswa Super Sibuk ? Begini Cara Belajar yang Efektif – Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua mahasiswa hanya memiliki aktivitas kuliah-pulang-kuliah-pulang alias mahasiswa kupu-kupu. Bahkan, terdapat jurusan yang mengharuskan mahasiswanya untuk terus belajar disamping mengerjakan segudang tugas serta laporan praktikum. Tugas tambahan diluar tugas kuliah ibarat menu makan rutin setiap hari, sehingga mau tidak mau harus tetap dikerjakan. Misalnya saja mahasiswa dari jurusan kedokteran, jurusan teknik, atau jurusan keperawatan pasti sudah akrab dengan jam tidur malam serta mata yang berkantung.

Mahasiswa dari jurusan lainnya juga tidak kalah sibuk, bahkan ada yang menambah aktivitas tambahan seperti organisasi, kegiatan sosial kemasyarakatan, hingga program pertukaran mahasiswa. Lantas, bagaimana cara kamu membagi waktu agar tetap bisa seimbang antara mengerjakan tugas dengan belajar? Mamikos akan memberikan beberapa tips cara belajar efektif untuk mahasiswa super sibuk.

Kamu Mahasiswa Super Sibuk ? Begini Cara Belajar yang Efektif

 

  • Membuat skala prioritas tugas

Tidak ada salahnya kalau kamu membeli buku khusus yang sengaja dibuat untuk mencatat tugas-tugas kuliah. Catatlah tugas yang harus diselesaikan atau dikumpulkan pagi harinya, sedangkan tugas lain yang dikumpulkan pada akhir pekan dapat kamu kerjakan belakangan. Kamu juga bisa mengerjakan tugas dari yang paling mudah terlebih dahulu, baru kemudian mengerjakan tugas yang lebih sulit karena biasanya tugas sulit akan memakan lebih banyak waktu. Ibarat memasukkan kerikil kecil di dalam toples, maka kerikil besar akan mendapat ruang agar bisa masuk.

Kesulitan mendapatkan referensi untuk mengerjakan tugas? Kamu dapat meminta bantuan kakak tingkat atau dengan menanyakan cara penyelesaian tugas pada teman yang lebih pandai. Saat ini referensi jurnal gratis dan adanya buku-buku gratis akan membuatmu lebih mudah dalam mendapatkan referensi. Dengan membuat skala prioritas tugas, kamu tidak perlu begadang setiap hari hanya untuk menyelesaikan pekerjaan kuliah. Hidupmu juga akan menjadi lebih teratur.

  • Cari waktu belajar di tengah kesibukan

Jika aktivitasmu mulai dari bangun tidur hingga hampir tidur lagi seakan tanpa henti, kamu dapat mencari-cari celah waktu belajar. Pastikan bahwa kamu sudah mengetahui gaya belajar yang dimiliki, sehingga ketika harus kembali belajar akan menjadi jauh lebih mudah. Tentunya kamu harus menyadari kesibukanmu terlebih dahulu agar ketika waktu perkuliahan berlangsung kamu bisa menerapkan tips dan trik sebagai berikut:

Rekam penjelasan dari dosen untuk mata kuliah yang menurutmu sulit serta memerlukan banyak hafalan. Gunakan ponsel atau recorder khusus untuk merekam. Cara ini terbukti ampuh diterapkan untuk mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditori atau mendengar. Buat coret-coretan kecil di kertas agar kamu bisa merangkum poin-poin penting ketika memutar kembali rekaman tersebut. Jadi, kamu tidak asal mendengarkan rekaman saja. Jika benar-benar tidak sempat, kamu bisa mendengarkan rekaman tersebut sambil beraktivitas, seperti ketika lari pagi, memasak, atau sekadar tidur-tiduran.

Selalu duduk di kursi depan agar kamu tetap bisa fokus ketika proses pembelajaran berlangsung. Cara ini juga cukup efektif karena dengan memperhatikan penjelasan dosen dan duduk di depan, otomatis konsetrasimu tidak akan terbagi dan materi kuliah lebih bisa kamu pahami dibandingkan jika duduk di belakang sambil ngobrol atau bermain gadget. Kamu juga dapat langsung bertanya pada dosen terkait materi yang belum dipahami, sehingga pertanyaanmu tidak dibiarkan berlarut-larut sampai kost atau rumah.

Mintalah materi slide power point jika memungkinkan. Sebagian besar dosen masih menjadikan power point sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan materi. Tidak jarang pula materi yang diujikan tidak jauh-jauh dari slide materi yang sudah diajarkan tersebut, kecuali untuk soal-soal bertipe analisis. Kamu dapat memasukkan slide power point di ponsel atau tablet dengan ukuran lebih besar, sehingga nyaman dibaca di kereta, di halte bus, atau di taman ketika menunggu teman-teman ngumpul. Pastikan lingkungan sekitarmu aman dan tidak terlalu sepi, ya!

  • Manfaatkan waktu emas di pagi hari

Banyak yang mengatakan bahwa waktu terbaik untuk belajar adalah pagi hari ketika matahari belum terbit. Jika kamu sering melakukan ibadah pada sepertiga malam, tidak ada salahnya untuk meneruskan aktivitas belajar setelahnya. Belajar di waktu pagi akan membuatmu lebih fokus dan terhindar dari gangguan-gangguan seperti sms masuk, telepon, atau chat yang kurang penting.

Suasana sepi juga bisa membantumu untuk menghafalkan atau mengulang materi kuliah. Jika kamu mudah merasa lapar pada pagi hari, namun takut mengantuk apabila makan sambil belajar, makanlah beberapa butir kurma atau masaklah oat yang bisa mengganjal perut lapar sekaligus membuat kenyang lebih lama. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir akan mengantuk ketika belajar.

  • Sering mengadakan diskusi dengan teman

Jika kamu lebih suka belajar bersama teman, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan berdiskusi, terutama untuk membahas materi cukup sulit. Kegiatan diskusi bisa kamu lakukan dimana saja, mulai dari di kantin, ruang kelas sepulang kuliah, di kelas sebelum perkuliahan dimulai, maupun di tempat kost. Alternatif lain untuk diskusi adalah melalui media sosial dengan memanfaatkan fitur chat.

Buatlah kelompok grup diskusi beranggotakan 4-5 orang di media sosial, kemudian kamu dapat membahas materi perkuliahan yang belum dimengerti atau justru mempelajari materi kuliah yang belum diajarkan, sehingga ketika materi tersebut disampaikan di dalam kelas kamu akan jauh lebih paham.

  • Mereview materi menggunakan caramu sendiri

Biasanya, materi kuliah yang tidak dibaca atau dipelajari lagi akan cenderung mudah dilupakan, sehingga kamu perlu lebih disiplin untuk mengulang materi-materi yang sudah diajarkan tersebut. Salah satu cara untuk mengingat materi adalah dengan membuat rangkuman materi atau hal penting dari materi kuliah menggunakan catatan kecil bergambar atau menggunakan kartu. Selain lebih mudah dihafal, kamu juga dapat membawa catatan tersebut kemana-mana. Semakin menarik catatan yang kamu buat, semangat untuk belajar pun menjadi semakin tinggi dan kamu bisa belajar tanpa meras terbebani dengan materi yang sulit.

  • Meningkatkan kecepatan membaca

Tidak bisa dipungkiri bahwa kecepatan membaca akan sangat mempengaruhimu dalam belajar. Jika kamu mudah lelah ketika mempelajari sesuatu hanya karena waktu membacamu yang terlalu lama, maka kamu perlu meningkatkan kecepatan membaca. Beberapa tips yang dapat mamikos berikan adalah jangan membaca kata per kata dalam tulisan karena hal tersebut hanya akan membuatmu cepat lelah. Bacalah satu kalimat langsung untuk kemudian diambil inti pembicaraannya. Kamu juga perlu berlatih untuk tidak membaca sambil berbicara.

Membaca sambil menggerak-gerakkan bibir atau menunjuk tulisan hanya akan membuatmu semakin lama beranjak dari satu kalimat ke kalimat yang lain. Sebaiknya kamu hanya menggerakkan mata ketika membaca agar waktu yang dihabiskan menjadi lebih singkat. Teknik yang diterapkan untuk membaca cepat pada sebuah artikel atau jurnal akan sangat membantumu dalam mengerjakan tugas kuliah. Tentunya kecepatan membaca yang stabil akan menjadi semakin terasah apabila kamu sering berlatih.

  • Tidak merasa aneh jika harus menyendiri

Kesibukan organisasi, seperti rapat, pertemuan dengan mahasiswa, hingga pertemuan penting untuk membahas event kampus adalah hal yang tidak bisa dielakkan mahasiswa sibuk. Bagaimana cara belajar di tengah kesibukan tersebut?

Jika kamu sedang berkumpul bersama teman-teman, terkadang kamu merasa tidak enak jika harus menyendiri atau berpisah sejenak. Hilangkan sifat tidak enak tersebut karena kamu perlu memprioritaskan deadline tugas atau deadline ujian yang perlu dijalani. Tidak ada salahnya ‘mencuri’ waktu sebelum rapat bersama teman-teman dengan menyendiri sejenak agar bisa mereview materi, sehingga ketika rapat dimulai kamu tetap bisa fokus.

Sebalum rapat atau kegiatan inti dimulai, hindarilah topik percakapan tidak penting. Sebaliknya, gunakan waktu tersebut untuk mengulang materi karena waktu yang terlewat tidak bisa kembali lagi. Mintalah izin dengan sopan pada teman-teman, pasti mereka bisa mengerti kesibukan dan kewajibanmu asalkan kamu profesional dan tidak meneruskan belajar ketika rapat atau kegiatan inti sudah dimulai.

  • Memberikan reward dan punishment

Biasanya, kamu akan menyesal ketika tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik, sehingga melewatkan banyak kesempatan belajar. Agar tidak menyesal, kamu perlu bersikap keras dengan diri sendiri serta memberikan reward atau punishment untuk terus memberi motivasi. Jika kamu berhasil belajar dengan fokus, berilah dirimu sendiri reward seperti tambahan jam ngobrol bersama teman,  waktu untuk telepon pacar atau sahabat, atau waktu untuk makan di luar yang biasanya akan memakan banyak waktu, sedangkan jika kamu gagal fokus belajar, hukuman seperti pengurangan jam ngobrol, pengurangan waktu chatting, hingga pengurangan waktu untuk gadget bisa menjadi solusi tepat.

Cara ini dapat melatihmu untuk berlaku lebih disiplin dengan waktu serta dengan diri sendiri. Kamu yang sudah sukses membiasakannya akan lebih sukses karena mampu membuat skala prioritas tanpa mengesampingkan kewajiban utama, yaitu belajar.

  • Menggunakan metode belajar-istirahat

Tidak semua orang bisa terus-menerus fokus jika diminta untuk belajar. Barangkali kamu adalah orang yang merasa baik-baik saja jika harus berhadapan dengan buku seharian penuh, namun bagi orang yang tidak terbiasa, maka hal tersebut akan sangat menyiksa. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memberi jeda antara waktu belajar dengan istirahat, misalnya ketika kamu belajar selama 30 menit, maka jeda istirahat yang dapat kamu luangkan 5 menit.

Selama waktu jeda tersebut, kamu bisa makan makanan ringan, membalas chat masuk di ponsel, atau sekadar tidur-tiduran. Lanjutkan belajarmu setelah waktu 5 menit berakhir. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa bosan.

  • Memilih lokasi belajar yang tepat

Memilih lokasi kondusif untuk belajar juga bisa menjadi kunci agar belajarmu menjadi lebih nyaman. Cobalah untuk mengunjungi perpustakaan yang suasananya tenang serta sudah memberikan fasilitas buku-buku serta sumber referensi lainnya. Belajar di perpustakaan juga memberikan motivasi karena kamu akan menjumpai orang-orang dengan satu tujuan, yaitu belajar.

Jika lebih nyaman belajar di rumah atau di kost, kamu dapat langsung memilih kost mewah atau kost nyaman yang sudah menyediakan gazebo, internet wifi, atau dengan kondisi kamar yang nyaman untuk belajar dnegan lingkungan tenang.

Gunakan aplikasi pencari kost mamikos untuk membantumu mencari hunian kost nyaman dengan harga terjangkau. Tersedia ribuan pilihan kost di seluruh Indonesia yang langsung bisa kamu ketahui tampilan, fasilitas, serta harga kostnya, sehingga kamu langsung bisa menentukan tingkat kenyamanan kost dari gambar dan testimoni para penghuninya.

Baca juga :  Saatnya Bilang "I love Monday", Begini Caranya Biar Tetap Semangat

Tersedia berbagai macam pilihan kost dengan kisaran harga mulai dari dibawah 100.000 rupiah per bulan hingga jutaan rupiah. Kost Jogja murah, kost Surabaya murah, kost Jakarta murah, kost Bandung murah, dan kost lainnya baik untuk penghuni putra, penghuni putri, maupun penghuni campur bisa kamu dapatkan dengan cepat tanpa perlu mengunjungi setiap lokasi kost.  Sangat praktis dan mudah, bukan?