21+ Cara Bungkus Kado Unik dan Paling Kreatif, Berbagai Bentuk!

Posted in: Kreasi & Variasi

21+ Cara Bungkus Kado Unik dan Paling Kreatif, Berbagai Bentuk! – Siapa sih yang akan menolak yang namanya kado? Tentu semua orang kalau dikasih kado pasti akan merasa bahagia terutama jika kadonya dari orang spesial dan ditambah lagi bentuk bungkusnya yang unik. Kado juga bisa dijadikan bentuk apresiasi untuk prestasi yang berhasil dicapai seseorang.

Nah, ngomongin soal kado mengado dari dulu bentuk bungkus kado semakin kreativ aja lho. Mulai dari bentuk baju, bentuk rumah, bentuk pesawat juga ada. Tapi, kalau mau bikin yang susah mungkin butuh waktu yang lama dan belajar dulu.

Supaya lebih mudah, kali ini Mamikos mau memberikan 21+ Cara Bungkus Kado Unik dan Paling Kreatif. Banyak banget kan idenya?

21+ Cara Membungkus Kado Unik dan Paling Kreatif

Untuk sebagian orang membuat bungkus kado sendiri dengan bentuk yang unik merupakan salah satu bukti ketulusan. Jadi, nggak heran deh kalau banyak orang yang mau susah – susah belajar dan cari tutorial untuk membuat bungkus kado yang unik.

Salah satunya adalah 21+ cara bungkus kado unik dan paling kreatif yang akan kita bahas kali ini. Eits, tunggu dulu! Sebelum itu Mamikos mau kasih tahu kamu tips rahasia nih supaya kado yang kamu berikan lebih berkesan dan bermanfaat.

Bukan hanya masalah harganya, harus mahal atau barang harus bermerk lho. Asalkan kamu memberikan dengan tulus dan akan lebih baik lagi jika kado yang kamu berikan adalah barang yang sedang dibutuhkan sehingga akan bermanfaat.

Sudah penasaran gimana cara membukus kado yang unik dan paling kreatif? Yuk simak artikelnya!

1. Cara Membungkus Kado Unik Bentuk Baju

Beberapa waktu belakangan ini kado bentuk baju memang sangat diiidolakan. Khususnya untuk ibu – ibu yang ingin belajar membuat bunkus kado unik dan paling kreatif. Cara membunkus kado bentuk baju juga cukup mudah dan anti ribet kok.

Setelah bahan – bahan disediakan, eh bahannya apa saja? Siapkan satu kertas kado secukupnya, selotip, dan gunting. Langkah pertama, rekatkan kedua ujung kertas dengan ukuran yang sama menggunakan selotip atau lem. Lipatlah ujung bawah keatas sekitar 8cm kemudian tarik sisi atasnya ke bawah.

Jika sudah berbentuk datar lipat kedua sisi yang telah ditarik tadi lalu rekatkan masing – masing sisinya.

Setelah kertas kado berbentuk kotak dan bagian bawahnya tertutup rapat masukkan kado. Lalu dibagian atas sekitar 5cm gunting bagian sisi kanan dan kirinya.

Lipat kertas yang sudah digunting tadi sampai memebntuk kerah baju dan rekatkan dengan solasi atau lem.

Pada sisi tadi yang digunting rekatkan kembali menggunakan lem supaya terlihat lebih rapi. Bisa juga digunting miring sedikit pada bagian pinggir atas supaya lebih terlihat seperti baju. Jika ingin terlihat lebih cantik, bisa ditambahkan pita.

2. Cara Membungkus Kado Unik – Bungkus Kado Kotak

Mungkin terlihat simple tapi untuk sebagian orang, cara bungkus kado kotak juga tidak mudah. Meski sekarang sudah banyak juga toko yang menyediakan bungkus cantik seperti box.Tapi nggak ada salahnya juga kan belajar supaya lebih ahli dalam membuat berbagai bentuk bungkus kado?

Siapkan kado, kotak atau kardus, kertas kado, solasi, pita dan gunting. Masukkan kado kedalam kotak yang disediakan, lalu letakkan diatas tengah kertas kado. Kemudian lipat kedua sisi kertas lalu rekatkan menggunakan solasi. Untuk bagian bawah lipat sisi kanan dan kiri dulu kedalam baru sisi atas dan bawahnya kemudian rekatkan menggunakan solasi. Supaya lebih cantik, pasangkan pita ke kado yang sudah berhasil dibungkus. Kado siap diberikan!

3. Cara Membungkus Kado Unik – Bentuk Tas

Untuk membuat bungkus kado yang unik, bentuk tas juga bisa jadi alternatif yang pas dan gampang lho. Cara bungkus kado bentuk tas ini cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan kok. Bisa langsung ditiru untuk membuat bungkus kado yang unik dan berkesan.

Cukup siapkan kertas kado, pita, slotip, lem dan cutter atau gunting. Pertama, lipat kedua sisi dengan lipatan di satu sisi lebih banyak. Lekatkan kedua ujungnya menggunakan lem kemudian lipat bagian bawanya kira – kira seperempat dari bungkus kado. Rapikan kemudian rekatkan dengan isolatip hingga membentuk datar seperti paper bag.

Untuk bagian atasnya bisa langsung dilipat kemudian tempelkan pita yang sudah disediakan. Atau lipat bagian atasnya, setelah merekatkannya dengan selotip, buatlah lubang di sisi kanan dan sisi kiri untuk memasang tali. Nah, kado berbentuk tas yang dibuat sudah jadi deh!

4. Cara Membungkus Kado Unik – Kado Simple

Karena kamu mau bikin bungkus kado yang unik tapi mudah untuk langsung ditiru dan dipraktekkan bentuk yang simple ini bisa kamu coba. Pertama siapkan bungkus kado berukuran jumbo dan solasi.

Letakkan kado dibagian tengah kertas kado, lalu lipat bagian pinggir bungkus kado dengan ukuran yang sama pada sisi yang satunya. Setelah kado tertutup oleh kertas lipat kedua ujung kertas agar membentuk amplop besar.

Cara selanjutnya, gunting kertas kado lagi dengan ukuran 5cm. Ikatkan kertas kado yang diikat pada kertas yang sudah berbentuk amplop.

Dalam tahap ini kamu harus berhari – hati yah, lingkarkan dibagian tengah secara perlahan supaya kertas tidak rusak. Lalu lem atau solasi kertasnya.

Nah, sudah jadi deh bungkus kado cantik kreasi kamu. Dibagian tengah pita bisa diletakkan hiasan lain, tapi jangan hiasan yang terlalu meriah ya!

5. Cara Membungkus Kado Unik – Boneka

Ide kado boneka juga cukup lucu dan menarik lho! Bisa untuk keponakan, pacar, saudara atau untuk kado pernikahan juga bisa kok sebenarnya. Tapi yang bikin orang susah mungkin adalah cara membungkusnya, bentuknya kan susah lalu gimana dong bikin bungkus kadonya?

Sebenarnya bisa jadi lebih mudah jika kamu memasukkannya kedalam kardus, tapi ada cara bungkus kado boneka lain juga kok yang kreatif dan mudah ditiru. Disini kita akan memberikan contoh membungkus boneka yang ukurannya sedang atau kecil ya.

Pertama sediakan pita, solasi, gunting dan plastik parcell. Atau jika ukurannya sedang dan ada keranjang di rumah kamu bisa memanfaatkannya. Bungkus boneka menggunakan plastik lalu kumpulkan semua bagian diatas kepala boneka. Lalu rekatkan dengan rapi menggunakan solasi, jika sudah cukup kuat silahkan tali menggunakan pita.

Nah, jika boneka yang akan kamu berikan ukurannya kecil bisa menggunakan toples dirumah yang sudah tidak terpakai, baru dibungkus dengan cara yang sudah dijelaskan. Mudah untuk ditiru kan?!

 6. Cara Membungkus Kado Unik – Kado Cantik

Ada juga nih cara membungkus kado untuk pacar yang gampang untuk ditiru dan yang pasti dia akan terkesan dengan hadiah cantik yang kamu buat.

Wah, pasti semangat dong ya kalau bikin kado ala kamu sendiri buat sang pacar? Kalau kamu suka gambar menggambar, mungkin cara bungkus kado simple ini akan jadi lebih mudah untuk ditiru. Biar lebih terkesan kamu bisa membuat bungkus kado dengan desain gambaran kamu sendiri.

Bungkus kado dengan kertas krep akhir – akhir ini lagi banyak dipakai untuk bikin bungkus kado yang unik dan cantik lho. Mungkin sedikit memakan waktu, tapi hasilnya juga nggak sia – sia kok.

Pertama siapkan kertas krep secukupnya sesuaikan ukurannya dengan kado yang akan diberikan. Lalu siapkan juga spidol beberapa warna, pastikan warnanya tidak mati kalau dipasangkan dengan bungkus kadomu ya.

Selanjutnya, bungkus kadonya dengan bentuk sesuai kreasi yang kamu suka, dibuat seperti bentuk box juga bagus. Setelah kado berhasil dibungkus seperti biasa kemudian coret – coret bungkus krepnya dengan bentuk yang kamu inginkan.

Buatlah bentuk yang simple dan tidak terlalu ramai. Ulangi coretan sampai kertas kadonya penuh dengan gambar kamu. Buat yang rapi yah supaya siapa saja yang melihat bungkus kado buatanmu akan jatuh cinta!

7. Cara Membungkus Kado Unik – Bentuk Permen

Masih mau cara bikin kado yang unik dan mudah ditiru lainnya? Kamu bisa mencoba membuat bungkus kado yang bentuknya mirip dengan permen nih. Bentuknya unik dan cara membuatnya juga cukup simple lho. Cara membungkus kado sprei juga bisa pakai strategi ini.

Siapkan kertas kado dan sesuaikan dengan besarnya kado yang akan diberikan. Siapkan juga solasi bening atau solasi bermotif lucu yang cocok dengan kertas kadonya, jangan lupa juga untuk menyiapkan tali.

Kemudian bentuklah kadonya memanjang, lalu tempatkan kado diatas kertas. Setelah itu, gulung kertas kado bersamaan dengan kadonya. Jika sudah membentuk gulungan, rekatkan kertasnya menggunakan solasi yang sudah disediakan.

Dibagian sisi bawah dan atas (batas kado yang ada di dalam kertas), rekatkan supaya membentuk permen. Tarik pelan – pelan bagian ujungnya supaya lebih mekar. Gunakan tali yang tadi disiapkan pada bagian perekat ujungnya supaya lebih lucu. Dan kado siap diberikan!

8. Cara Membungkus Kado Unik – Bentuk Kemeja Berdasi

Cara bungkus kado bentuk baju juga belakangan ini sedang jadi tren bungkus kado. Jadi, cara ini bisa kamu tiru untuk diberikan ke pacar, sahabat, teman atau keluarga. Bentuknya cukup unik dan lucu, jadi yang dikasih juga pasti akan merasa senang. Tenang saja, caranya nggak susah kok. Siapkan dulu  bungkus kado,pita selotip, double tape dan gunting.

Pertama lipat kertas kado menjadi dua bagian kemudian rekatkan dengan menggunakan selotip. Lalu, lipat ujung kanan dan ujung kiri masing – masing 5cm. Kemudian lipat ujungnya ke bagian dalam, lipat juga bagian bawahnya ke dalam sekitar 7cm lalu rapikan dengan double tape.

Setelah bagian bawah rapi, gunting dibagian atasnya sesuaikan dengan tinggi baju yang kamu inginkan kemudian lipat kira – kira sekitar 4cm. Kemudian gunting bagian kanan dan kiri atas kertas kado sekitar 5 cm.

Eratkan kedua sisinya hingga membentuk kerah kemeja.Untuk bagian dasi, kamu bisa menggunakan pita yang telah disiapkan. Lingkarkan pita pada kerah baju kemudian bentuk menjadi dasi seperti saat kamu pakai dasi sendiri. Jika tidak bisa mintalah bantuan teman yang lainnya. Dan taadaaa! kado cantikmu sudah jadi dan siap dikirimkan!

9. Cara Membungkus Kado Unik – Kado yang Lucu

Selanjutnya cara bungkus kado yang lucu adalah dengan menambahkan pernak – pernih hiasan kertas seperti confetti. Kamu tahu kan kalau confetti itu cukup meriah dan unik? Ide ini bisa digunakan dalam membuat bungkus kado yang beda dari yang lain lho ternyata.

Bahan yang perlu disiapkan adalah bungkus kado polos, kertas krep warna – warni, gunting, selotip, lem. Untuk membuat bungkus kado yang unik dengan tema ini, kamu harus memotong krep yang disediakan secukupnya.

Setelah kado dibungkus dengan kertas dan sudah terlihat lapi, oleskan lem ke bagian kertasnya. Bisa kamu oleskan secara merata atau hanya setengah bagiannya saja agar terlihat lebih lucu. Lalu tempelkan kertas krep yang tadi sudah dipotong, selang – seling warnanya supaya tampak lebih hidup.

Tunggu sampai kertasnya benar – benar menempel pada bungkus kado dan lem mengering. Yeay! Kado siap diberikan ke orang tersayang.

10. Cara Membungkus Kado Unik – Kotak Sepatu Dengan Kain

Membungkus kotak sepatu bukan hal yang sulit untuk dilakukan tapi jika belum pernah melakukannya sama sekali mungkin sedikit susah. Supaya kado yang diberikan terlihat lebih cantik, kamu bisa mencoba cara bungkus kado kotak sepatu dengan kain.

Meskipun yang dipakai cuma kardusnya tapi isinya sepatu, gak masalah yaa. Cara yang satu ini akan membutuhkan dua bahan bungkus yang berbeda. Pertama kamu butuh bungkus kado kertas untuk layer pertama, kemudian dibagian luarnya kamu membutuhkan kain bermotif.

Pertama bungkus kado menggunakan kertas yang sudah disediakan. Rekatkan dan rapikan bungkusnya supaya lebih mudah dibungkus menggunakan kain. Setelah terlihat rapi, letakkan kado yang telah dibungkus di tengah kain dalam posisi dagonal.

Satukan bagian yang bersebrangan, kanan dengan kiri, atas dengan bawah. Tali masing – masing bagian serapi mungkin. Nah, sudah jadi dan siap diserahkan deh kado bungkus unik milikmu.

11. Cara Membungkus Kado Unik – Paper Bag

Kado kecil yang susah dibentuk kadang membuat kita mau tidak mau harus memutar otak. Tapi tenang, Mamikos punya solusi nih buat kamu yang sedang bingung untuk membungkus kado kecil yang lumayan susah dibentuk. Kamu bisa menggunakan cara bungkus kado paper bag yang mudah sekali dibuat.

Sediakan dulu kertas kado, double tape, solasi, tali dan pita. Kertas kado yang disediakan ukurannya jangan terlalu besar yah, kira – kira cukuplah untuk membungkus kado yang akan diberikan.

Pertama lipat kertas kadonya (bagian kiri dan kanan) lalu rekatkan kertas menggunakan double tape. Jika sudah berbentuk persegi panjang. Lipat bagian bawahnya keatas sekitar 5cm lipat, tarik lapis yang paling atas ke bawah, jika sudah berbentuk seperti belah ketupat lipat kanan dan kirinya lalu rekatkan menggunakan double tape.

Setelah berbentuk seperti kantong, masukkan kadonya lalu lipat bagian atas. Ingat, lipatannya  jangan terlalu banyak, kira kira 1- 2  lipatan saja sudah cukup. Setelah direkatkan menggunakan solasi, beri lupang sisi kiri dan kanan.

Pasangkan tali lewat lubang supaya berbentuk seperti paper bag. Untuk mempercantik bingkisan bisa ditambahkan pita dibagian tengah atas antara tali kanan dan kiri.

12. Cara Membungkus Kado Unik – Kado Boneka Besar

Boneka besar juga bisa jadi kado yang lucu lho untuk orang tersayang. Cara membungkusnya memang lumayan sulit sih jika belum terbiasa, tapi kali ini kami akan memberikan kamu langkah dan cara bungkus kado boneka besar yang mudah untuk ditiru.

Pertama sediakan bungkus kado yang berukuran besar, kira – kira cukup untuk membukus bonekamu. Siapkan juga gunting, solasi dan pita.

Langkah pertama silahkan buat dasarnya seperti cara bungkus kado paper bag. Namun, untuk bagian atasnya cukup lipat tanpa dilubangi. Pastkan untuk membuat kantong lebih besar dari ukuran boneka, supaya tidak sobek saat boneka dimasukkan kedalam ya.

Jika pita yang disiapkan cukup besar, bisa dipasang dari atas ke bawah, namun jika pita yang disediakan berukuran sedang atau kecil tempel dibagian tengah atas supaya bungkus kado terlihat lebih cantik.

13. Cara Membungkus Kado Unik – Jam Tangan

Sebenarnya cara bungkus kado jam tangan itu tidak susah kok. Biasanya saat kamu membeli jam tangan untuk hadiah, penjual akan menawarkan kotaknya sekalian dan ini bisa digunakan untuk mempermudah dalam membungkusnya.

Kamu bisa menggunakan cara membungkus kado bentuk paparbag atau menggunakan kain. Tinggal dibuat serapi mungkin saja supaya yang diberi hadiah lebih terkesan dan bahagia.

14. Cara Membungkus Kado Unik – Bentuk Tabung

Untuk cara yang satu ini hampir sama dengan cara bungkus kado bentuk permen. Bedanya kalau permen bagian atas dan bawahnya dibuat mengembang, untuk bentuk tabung bagian atas dan bawahnya akan dibuat lebih datar dan simpel. Biasanya cara bungkus kado bentuk tabung dipakai untuk membungkus toples, kain, sprei dan yang bisa digulung.

Pertama gulung hadiah menggunakan kertas kado yang sudah disediakan. Kemudian rekatkan bagian ujung kertas kado yang telah digulung. Dibagian atas dan bawahnya, lipat perlahan – lahan sampai berbentuk seperti kipas yang melingkar. Setelah rapi rekatkan dengan solasi, untuk bagian atas bisa ditambahkan pita agar lebih cantik.

15. Cara Membungkus Kado Unik – Ulang Tahun Anak

Mau kasih kado di hari ulang tahun yang spesial? Untuk anak – anak, biasanya bungkus kado yang lucu sangat menarik. Cara bungkus kado ulang tahun anak yang mudah adalah membuatnya dengan sederhana tapi cantik. Siapkan selotip, gunting, double tape, kertas kado dan isi kado yang akan dibungkus.

Jika kado yang akan diberikan tidak berbentuk kotak, siapkan kotak sebagai wadahnya. Siapkan kertas kadonya, letakkan kado yang telah dimasukkan dalam kotak ke bagian pinggir kertas kado. Rekatkan dulu dengan solasi supaya tidak lepas saat digulung.

Setelah ditempel dengan rapi gulung kado sampai permukaannya tertutup kertas kado. Pada bagian ujungnya rekatkan menggunakan solasi. Beralih ke bagian bawah, lipat masuk sisi kanan kemudian kiri kemudian rekatkan menggunakan double tape supaya terlihat rapi.

Lalu lipat juga bagian bawah lalu ditutup dengan bagian atas. Untuk sisi atas kado lipat kertasnya seperti akan membuat kipas, lipat masuk lalu lipat keluar sampai habis. Tekan bagian tengah dan uraikan bagian pinggirnya seperti kipas kemudian rekatkan menggunakan selotip.

16. Cara Membungkus Kado Unik – Kado Sprei

Sprei juga sering dijadikan hadiah khususnya untuk pernikahan. Tidak perlu bingung bagaimana cara bungkus kado sprei yang sederhana dan mudah. Kamu bisa menggunakan cara bungkus kado kotak untuk membungkus sprei.

Karena bentuknya yang kotak kamu juga bisa menggunakan cara bungkus kado paper bag. Jika tidak ada kotaknya, kamu bisa menggulung kado dengan cara bungkus tabung atau permen. Cukup mudah kan? Hadiah bisa langsung diberikan!

17. Cara Membungkus Kado Unik – Bentuk Tas Pesta

Untuk membuat bungkus kado yang cantik, kamu bisa menggunakan cara bungkus kado bentuk tas pesta. Bahan yang diperlukan masih sama, bungkus kado, gunting, pita, solasi dan double tape. Pertama bungkus kado dengan bentuk kotak, lalu rekatkan menggunakan double tape.

Setelah kado terbungkus, buatlah bagian pegangan menggunakan kertas kado yang tersisa atau sudah disiapkan bisa tempelkan beberapa lembar supaya pegangan tas lebih kuat dan tidak mudah sobek. Rekatkan bagian ujungnya ke bagian kado di sisi kanan dan kiri.

Dari kertas yang berbeda, bentuklah kipas kemudian tempelkan dibagian depan sisi kertas kado. Pada bagian tengah kipas tempeklkan pita yang telah disiapkan. Dan kado siap diberikan.

18. Cara Membungkus Kado Unik – Kado Isi Tas Ransel

Tas ransel bisa juga dijadikan kado untuk ulang tahun atau kado dalam acara spesial yang lainnya. Misalnya ketika anak anda mendapatkan nilai yang bagus, kejuaraan atau yang lainnya. Jika tas ransel cukup besar, sebaiknya sediakan kertas kado yang berukuran jumbo atau 2 kertas.

Sediakan pita, selotip, double tape dan gunting. Setelah kertas kado dibentuk seperti paper bag (bisa contek cara bungkus kado no.11) Dibagian atas lipat bagian kertas yang tersisa, lalu rekatkan menggunakan double tape. Kemudian ikatkan pita melingkar dari bawah ke atas dan bagian tengah ikat lagi seperti bentuk pita.

19. Cara Membungkus Kado Unik – Bentuk Baju Perempuan

Cara bungkus kado bentuk baju perempuan yang akan mamikos berikan kali ini adalah bentuk kimono. Meski kelihatannya rumit tapi sebenarnya cara membungkus kado bentuk kimono ini tidak sulit. Sediakan gunting, double tape, selotip, pita jepang, kertas warna dan kertas kado dengan warna senada.

Langkah pertama, letakkan kado di atas kertas lipat bagian bawahnya sampai 3/4 bagian. Lipat bagian kanan dan kiri ke tengah rekatkan menggunakan double tape. Dibagian yang masih tersisa, lipat lagi dan rekatkan menggunakan double tape.

Tempelkan pita jepang dibagian tengahnya dibawah ujung segitiga. Setelah semua tertutup rapi, bentuk kertas warna menjadi bentuk love. Letakkan dibagian tengah sela – sela segitiga. Kados siap diantarkan!

20. Cara Membungkus Kado Unik – Pernikahan

Untuk kado pernikahan dan cara membungkusnya tergantung pada kado jenis apa yang akan kamu berikan. Biasanya selain baju tidur couple, peralatan rumah tangga, dan sprei kado gelas satu set juga sering jadi pilihan. Untuk bentuk – bentuk yang sulit dibungkus, kamu bisa menggunakan cara bungkus kado bentuk paper bag atau bungkus kado bentuk baju.

Untuk kado yang sudah disediakan kotaknya kamu bisa menggunakan cara bungkus kado dengan kain atau kotak dengan pita. Bisa dilihat cara nomor 2 dan 13 untuk langkah – langkahnya.

21. Cara Membungkus Kado Unik – Bentuk Persegi Panjang

Jika kamu memilih kado dengan bungkus kado persegi panjang, cara membungkusnya cukup mudah sekali. Siapkan dulu kertas kado, gunting dan solasi. Letakkan kado dibagian tengah kertas yang sudah dibuka lebar. Tarik sisi kanan dan kiri ke tengah lalu rekatkan keduanya menggunakan solasi.

Beralih ke sisi bagian bawah, tarik ke dalam sisi kanan dan kirinya lalu tempelkan menggunakan solasi. Setelah tertempel dengan rapi tarik bagian yang lainnya lalu rekatkan dengan solasi. Ulangi juga cara ini pada bagian yang satunya, setelah dirapikan kamu bisa menempelkan pita supaya terlihat lebih cantik.

22. Cara Membungkus Kado Unik – Kado Sederhana Tanpa Kotak/Kardus

Kado berbentuk kotak memang mudah sekali dibungkus namun ada juga kado yang tidak ada kardusnya dan sedikit sudah untuk dibentuk. Jika menemui hal seperti ini karena mungkin kamu ingin memberikan kado yang bentuknya tidak kotak dan tidak punya kardus, bisa gunakan cara bungkus kado bentuk tabung (no.14) atau bentuk paper bag (no.11).

Kedua cara ini masih memungkinkan jika kamu ingin memberikan kado yang bentuknya tidak beraturan atau susah untuk dibe

Itulah 21+ cara bungkus kado unik dan paling kreatif spesial dari Mamikos. Semoga dapat membantu kamu dalam membuat kado dengan bungkus yang berkesan yah!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah