7 Cara Kelola Kost di Era Modern, Praktis Tanpa Mumet

7 Cara Kelola Kost di Era Modern, Praktis Tanpa Mumet – Mendapatkan keuntungan bisnis properti rumah kost pasti menjadi mimpi para pemilik kost.



Namun, banyak yang tidak tahu bahwa di kesuksesan para pemilik kost, ada usaha keras yang harus dilakukan.

Bahkan, bukan tidak mungkin pemilik kost rela mengorbankan waktu jalan-jalan dan waktu tidurnya demi mendapatkan keuntungan dari bisnis kost.

Cara Praktis Mengelola Kost

pixabay.com

Bisnis properti kost banyak dilirik para pebisnis di bidang properti. Apalagi jika target pasar penyewa kost berasal dari kalangan karyawan, mahasiswa, atau perantau.

Mungkin bukan masalah besar jika properti kost milik Anda baru terdiri dari beberapa kamar saja. 


Sebab, Anda bisa memantau perkembangan kost dan mengatasi masalah-masalah yang terjadi secara langsung. Masalah biaya sewa kost yang seringkali dialami pemilik pun bisa teratasi dengan mudah.


Lalu, bagaimana jika bisnis kost yang Anda miliki sudah berkembang pesat? Meskipun keuntungan sewa kost yang akan didapatkan semakin besar, pengelolaan properti kost pun akan semakin rumit.

Jika biasanya Anda bisa berkeliling kost dan berkomunikasi pada penghuni kost terkait masalah mereka, ketika kost berkembang hingga memiliki puluhan kamar, Anda akan mengalami kesulitan.


Agar bisa mengelola kost secara praktis tanpa harus pusing, ada beberapa tips dari Mamikos.


Cara Mengelola Kost Agar Penghuni Kost Nyaman

Langkah penting yang perlu Anda lakukan ketika memiliki bisnis properti kost adalah memastikan bahwa penghuni kost merasa nyaman.


Jika penghuni sudah nyaman dan betah, bukan tidak mungkin kamar kost tersebut disewa dalam jangka waktu lama. Anda pun tidak perlu bersusah payah mencari penyewa lainnya.

Faktor yang berpengaruh pada kenyamanan penghuni kamar kost cukup beragam. Untuk meningkatkan rasa nyaman penghuni, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Merawat dan Membersihkan Kost

pixabay.com

Kost yang bersih dan terawat memiliki daya tarik tersendiri, sekalipun lokasi kost tersebut cukup jauh dari akses jalan utama.


Merawat kost bisa Anda lakukan dengan mengecat bagian-bagian yang sudah rusak atau membutuhkan pengecatan ulang.


Gunakan warna cat yang membuat penghuni merasa betah, seperti warna-warna pastel atau kombinasi warna hangat.

Anda perlu memeriksa fasilitas yang sering digunakan para penghuni, seperti fasilitas bersama dan fasilitas yang ada di kamar kost.

Hal ini juga bisa mengurangi keluhan para penghuni dan mencegah testimoni atau komentar buruk terkait kost milik Anda.


Jangan lupa untuk membersihkan kost secara rutin. Selain bisa memberlakukan sistem piket agar semua penghuni bekerja sama untuk membersihkan kost.


Namun, jika kost milik Anda cukup besar atau tergolong kost eksklusif, menyediakan fasilitas cleaning service pun bisa menjadi solusi.

2. Membuat Peraturan Kost

pixabay.com

Peraturan kost yang dibuat pemilik bisa berdasarkan kesepakatan dengan seluruh penghuni.

Nantinya, aturan-aturan tersebut bertujuan untuk membuat seluruh penghuni merasa nyaman, misalnya saja aturan ‘dilarang menerima tamu di atas jam 10 malam’.


Dengan adanya aturan batas waktu menerima tamu, tetangga sekitar kost tidak akan terganggu. Penghuni kost pun bisa beristirahat dengan tenang karena tidak ada gangguan suara atau keributan.


Membuat peraturan kost bisa dilakukan pemilik kost sendiri maupun dengan berdiskusi bersama penghuni kost lain.

Usahakan untuk mempertimbangkan kondisi sekitar ketika membuat suatu aturan, seperti kondisi perumahan atau budaya penduduk sekitar.

3. Mengatur Fasilitas Bersama

pixabay.com

Jenis fasilitas bersama yang dimiliki setiap kost tidak sama. Namun, pengaturan penggunaan fasilitas bersama bisa dilakukan oleh pemilik kost.


Contohnya dengan membuat aturan bahwa setelah menggunakan fasilitas tersebut, pengguna harus mengembalikan kondisinya seperti semula atau menjaga kebersihan fasilitas bersama.


Terdapat fasilitas bersama untuk kost berupa ruangan, seperti ruang tamu, ruang santai, kolam renang, dapur, ruang makan, mushola, kamar mandi luar, hingga tempat parkir.

Ada pula fasilitas berupa alat elektronik seperti kulkas, dispenser, mesin cuci, atau tempat menjemur.

4. Menetapkan Batas Penghuni

pixabay.com

Jika Anda memiliki kamar kost berukuran besar, menyewakannya pada 2 – 3 orang untuk kamar tersebut bisa menambah pemasukan.


Anda juga dapat menyewakannya untuk pasangan suami istri (pasutri) dengan atau tanpa anak.

Apabila terdapat lebih dari satu orang penghuni di kamar, biaya sewa kamar tersebut bisa Anda naikkan. Namun, tentukan di awal terkait jumlah penghuni yang bisa tinggal.

Sebagai alternatif, aturan tambahan biaya sewa per malam bagi tamu tidak terdaftar pun bisa Anda terapkan.


5. Melengkapi Fasilitas Kost

pixabay.com

Ibarat rumah kedua, kost akan menjadi tempat paling banyak untuk menghabiskan waktu. Penghuni akan menjadikan kost sebagai tempat istirahat dan bersantai.

Agar kost Anda diminati, melengkapi fasilitas di dalam kamar kost dan fasilitas umum perlu dilakukan. Lakukan inovasi menarik agar penghuni tertarik.

Fasilitas kamar kost yang bisa menarik penyewa meliputi internet WiFi, TV kabel, tempat tidur, meja belajar, meja rias, dan fasilitas penunjang lain.


Tambahkan pula fasilitas bersama seperti kulkas dan mesin cuci yang dapat digunakan oleh seluruh penghuni kost.

6. Merespon Keluhan Penghuni dengan Cepat

pixabay.com

Penghuni kost akan merasa nyaman dan diperhatikan apabila pemilik kost memperhatikan kondisi mereka.

Ketika penghuni kost mengalami kesulitan di kost, misalnya kamar kost bocor, kran kamar mandi rusak, wastafel buntu, air tidak mengalir, lampu kost mati, dan sebagainya, pemilik yang merespons dengan cepat akan memiliki nilai lebih tersendiri.

Anda bisa meminta ahli untuk memperbaiki kerusakan atau terjun ke lapangan sendiri.

Cara Kelola Usaha Bisnis Kost untuk Memaksimalkan Potensi Bisnis Kos Anda

pixabay.com

Sudah memiliki properti rumah kost untuk disewakan? Kini saatnya Anda mencari tahu cara mengelola kost era modern yang efektif.

Dengan teknik pengelolaan kost yang tepat, potensi bisnis rumah kost akan turut meningkat.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dan menjadi pebisnis sukses di bidang properti rumah kost. Adapun cara yang bisa dilakukan antara lain.

1. Tentukan Tipe Kost dan Besar Sewa Kost

pixabay.com

Bisnis kost yang menguntungkan perlu direncanakan sejak awal. Ketika Anda mengiklankan kost, pahami terlebih dahulu tipe kost yang dimiliki.

Tentukan apakah kost tersebut akan menargetkan pasar khusus penghuni putra, khusus penghuni putri, atau kost campur yang juga bisa dihuni oleh pasangan suami istri (pasutri).

Jika ruangan kamar kost cukup besar, Anda bisa mengizinkan 1 atau 2 orang penghuni untuk tinggal.

Besar sewa kost per kamar juga perlu ditentukan sejak awal agar Anda lebih mudah mengiklankan kost. Pertimbangkan fasilitas yang diberikan untuk setiap kamar.

Anda bisa menawarkan fasilitas selain tempat tidur dan almari pakaian. Semakin lengkap fasilitas yang Anda tawarkan, biaya sewanya bisa lebih tinggi.

Tentukan pula biaya tambahan yang perlu dikeluarkan penghuni kost, seperti biaya air (jika kost menggunakan PDAM), biaya listrik, atau biaya internet WiFi.

Ada pula biaya lain-lain yang sifatnya opsional, seperti cleaning service untuk kamar kost dan biaya laundry.

Penentuan biaya sewa kost dilakukan dengan melihat jangka waktu sewa.

Jika Anda memiliki rumah kost dekat tempat wisata atau tempat menarik, menyewakan kost dalam jangka waktu harian tentu akan menarik calon penghuni.

Lokasi kost dekat kampus bisa disewakan dalam jangka waktu mingguan, bulanan, atau tahunan tergantung kebutuhan.

2. Lengkapi Dengan Fasilitas Modern dan Banyak Dicari Oleh Penyewa

pixabay.com

Sebagai pemilik kost yang ingin menarik banyak calon penghuni, Anda perlu melakukan riset terkait fasilitas yang biasanya diperlukan.

Penyewa kost terkadang ingin langsung beristirahat dan bisa menempati tempat tinggal tanpa harus dipusingkan dengan perabot di dalamnya.

Bahkan, tidak masalah jika biaya sewa kost Anda sedikit lebih mahal dibandingkan kost lain asalkan ada fasilitas tambahan yang diberikan.

Sebagai referensi, penyewa kost milenial membutuhkan fasilitas untuk menunjang aktivitasnya, baik di dalam kost maupun di luar kost.

Fasilitas kamar mandi dalam untuk menghindari antre, parkir mobil yang luas, internet WiFi untuk tetap terhubung dengan dunia luar dianggap fasilitas penting.

Selain itu, penyewa juga memerlukan hiburan di dalam kamar, seperti TV serta fasilitas penunjang seperti AC di samping fasilitas dasar berupa tempat tidur, almari pakaian, dan kursi belajar.

Anda bisa menambahkan fasilitas lainnya apabila dirasa memungkinkan.

Jangan khawatir bila tidak sempat membeli perabot untuk fasilitas kamar kost. Mamikos memberikan penawaran bagi Anda untuk membeli furnitur berkualitas dengan harga terjangkau.

Dengan budget mulai dari 4 jutaan, Anda sudah bisa melengkapi kamar kost dengan fasilitas meja dan kursi belajar, tempat tidur, kasur busa vacuum, lemari pakaian, dan meja kecil.

Untuk lokasi tertentu, Anda akan dibebaskan biaya kirim, sehingga tinggal menunggu perabotan sampai ke rumah kost Anda.

3. Lihat Kondisi Bisnis Kos Sekitar

pixabay.com

Salah satu langkah awal ketika akan memulai bisnis kos adalah melihat kondisi bisnis kos sekitar.

Anda bisa menjadikan kos sekitar sebagai referensi untuk menyusun strategi pemasaran dan pengelolaan bisnis kos yang tepat. 

Untuk melakukan riset kompetitor, kini Anda tak perlu repot-repot lagi untuk mengamati kos sekitar secara langsung.

Anda hanya perlu menggunakan layanan pengelolaan kos Mamikos GoldPlus. Ada salah satu fitur eksklusif yang bisa membantu Anda untuk riset kompetitor secara efektif dan efisien, yaitu Fitur Cek Properti Sekitar.

Melalui fitur tersebut, Anda bisa mencermati apa saja kelebihan dan kelemahan pada bisnis kos sekitar untuk menyusun strategi peningkatan kualitas bisnis kos. 

Misalnya, Anda bisa memperhatikan dari segi penetapan harga sewa, fasilitas yang disediakan, dan tipe kos atau desain kos yang ditawarkan.

Cek standar kualitas yang mereka tetapkan dan pastikan jangan memasang standar yang lebih rendah dari kos pesaing.

4. Pasang Iklan dan Pantau Performa Iklan Kost Anda

pixabay.com

Bagian paling menantang ketika memiliki properti rumah kost adalah cara mengiklankannya.

Ketika Anda memiliki rumah kost berfasilitas mewah tetapi tidak ada yang mengetahuinya, bisa dipastikan bahwa kost yang Anda miliki akan sepi peminat.

Kendala yang sering dihadapi para pemilik kost adalah cara iklan dan biayanya. Anda bisa saja beriklan di koran, radio, atau media sosial, tetapi jangkauan iklan tersebut bisa jadi tidak luas.

Anda bahkan tidak bisa mengetahui apakah media tersebut berhasil mengiklankan properti rumah kost dengan baik atau tidak.

Karena generasi milenial saat ini menggunakan internet sebagai sarana untuk mencari informasi kost, peluang ini bisa Anda manfaatkan.

Sebagai aplikasi pencari kost terbaik, Mamikos akan menjadi partner tepat untuk beriklan karena menjangkau lebih dari 6 juta pencari kost.

Cara penggunaan Mamikos yang mudah ditambah dengan fitur-fitur penunjang membuat para pengguna aplikasi ini semakin banyak.

Tidak hanya bisa mengiklankan melalui MamiAds dengan target yang tepat di Mamikos, Anda juga bisa melihat statistik kost yang sudah diiklankan. Fitur ini bisa Anda nikmati jika berlangganan fitur premium.

Anda bisa melihat total jumlah klik iklan kost, memantau penggunaan saldo iklan kost, biaya yang dikeluarkan, serta mengetahui jumlah total favorit dari para pencari kost yang menyukai kost milik Anda.

Berdasarkan data analisis tersebut, Anda pun bisa melakukan evaluasi terkait properti kost, apakah perlu diberikan tambahan fasilitas, diubah harganya, atau diiklankan lebih sering.

5. Berikan Promo Menarik

pixabay.com

Sekalipun ada banyak iklan yang ditawarkan, Anda tetap bisa menarik minat calon penyewa dengan menawarkan diskon atau promo.

Calon penyewa pun akan berpikir ulang menyewa kost milik Anda meskipun ada kost lainnya dengan biaya dan fasilitas yang sama.

Sebab, budget sewa kamar kost bisa lebih hemat dan uang tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Cara mengatur promo kost bisa Anda dapatkan di sini.

6. Gunakan Pembayaran Uang Sewa Kost Secara Digital

pixabay.com

Zaman serba digital dan serba praktis bisa menjadi pertimbangan bagi para pemilik kost untuk membuat inovasi.

Jika dulu penyewa kost harus bertemu langsung dengan pemilik untuk membayar sewa dan mendapatkan kuitansi, kini ada cara yang lebih praktis.

Jika penyewa kost bisa melakukan pembayaran via transfer, tidak akan ada lagi alasan menunda pembayaran karena tidak memiliki uang cash.

Bersama Mamikos, Anda bisa membuat metode pembayaran yang ditawarkan semakin beragam.

Penyewa kost dapat melakukan pembayaran via transfer bank, seperti BNI, BCA, Mandiri, Permata, dan BRIVA maupun kartu kredit.

Tapi, ada kelebihan lainnya berupa pembayaran di gerai ritel, seperti Alfamart, Lawson, serta Dan+Dan, dan yang tidak kalah penting adalah metode pembayaran kost melalui uang elektronik seperti GoPay, LinkAja, Dana, dan OVO.

Dengan beragamnya metode pembayaran tersebut, Anda tidak perlu pusing jika para penyewa kost milenial ingin membayar sewa kost.

7. Catat Laporan Keuangan Kost Secara Digital Agar Lebih Praktis

pixabay.com

Bisnis kost yang masih kecil mungkin saja tidak akan menyulitkan Anda. Segala prosesnya bisa Anda lakukan seorang diri sambil mengerjakan hal lain.

Tapi, seiring dengan membesarnya properti kost milik Anda, pengelolaan keuangannya pun perlu dilakukan secara tertib.

Terkadang tidak mungkin memonitoring masa sewa kost setiap penyewa, jatuh tempo tagihan, waktu pembayaran terakhir, dan sebagainya.

Pemilik pun mengalami kesulitan mencari tahu kondisi keuangan kost secara keseluruhan. Jika hal ini terus terjadi, Anda tidak tahu apakah properti kost tersebut menguntungkan atau justru sebaliknya.

8. Kelola Tagihan Pembayaran Penghuni Kost

pixabay.com

Pengelolaan tagihan pembayaran seluruh penghuni kost perlu dilakukan secara sistematis. Mamikos yang memahami kesulitan para pemilik kost memiliki solusi yang tepat.

Di Mamikos, terdapat keuntungan yang bisa Anda dapatkan, yaitu penagihan sewa secara otomatis yang terhubung ke rekening sehingga Anda tidak perlu ke lapangan.

Nantinya, Anda bisa melihat laporan keuangan sekaligus seluruh tagihan kost.

Informasi yang bisa Anda dapatkan dari tagihan penyewa adalah belum bayar (jika pembayaran belum dilakukan), di Mamikos (saldo sudah dibayar melalui Mamikos dan akan ditransfer pada rekening Anda), serta ditransfer (tagihan sudah diterima pemilik kost).

Siapa bilang cara mengelola kost era modern kost sangat sulit?

Coba cara mengelola kost era modern dengan praktis tanpa mumet bersama Mamikos.

Aplikasi pencari kost terbaik Mamikos tidak hanya menyediakan referensi kost saja, tetapi juga akan membantu para pemilik kost mengetahui cara mengelola kost era modern.

Anda tidak perlu bingung dengan tempat beriklan hingga mencari sasaran untuk properti kost.

Memasang iklan di Mamikos bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa memasang promo untuk kost yang disewakan agar calon penghuni tertarik.

Keunggulan lainnya bisa Anda dapatkan dari Mamikos.

Dengan metode pengelolaan tagihan pembayaran penghuni kost dan metode pembayaran praktis yang disediakan Mamikos, pembayaran rutin kost tidak akan terlewatkan.

Pastinya ada sistem pencatatan laporan keuangan kost yang mudah dipahami untuk dilaporkan pada Anda. cara mengelola kost era modern pun menjadi praktis dan pastinya tanpa mumet.



Yuk Kelola Kost Tanpa Mumet