Cara Membuat Artikel Yang Baik & Benar Agar Menarik Dibaca

Posted in: Edukasi

Cara Membuat Artikel Yang Baik & Benar Agar Menarik Dibaca -Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai tulisan yang wara wiri di laman internet atau koran atau majalah. Tulisan-tulisan tersebut sering kali disebut sebagai artikel. Artikel merupakan sebuah tulisan yang berasal dari banyak kata untuk kemudian di rangkai dalam beberapa paragraf sehingga saling berkesinambungan. 

Cara Membuat Artikel Yang Baik & Benar

unsplash.com

Artikel ada yang bersifat ilmiah atau hasil sebuah penelitian yang dikenal dengan artikel ilmiah dan ada pula artikel non ilmiah. Yang sering kita jumpai di laman sosial media atau web di internet biasanya adalah artikel non ilmiah. Karena sangking banyaknya artikel yang bertebaran, maka yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara membuat artikel yang baik dan menarik? 

Untuk membuat artikel non ilmiah sebenarnya tidak sulit. Berbeda dengan artikel ilmiah yang mengharuskan penulisnya untuk melakukan penelitian secara mendalam dan lama, namun untuk artikel non ilmiah tidak perlu penelitian yang lama. Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuat kita menjadi asal-asalan ketika membuat artikel non ilmiah.

Jika kamu ingin bisa membuat artikel yang baik dan juga menarik, ada beberapa hal atau cara yang perlu diperhatikan. Berikut adalah penjelasannya.

1. Rajin Membaca

Membaca tidak pernah bisa dilepaskan dari aktivitas tulis menulis. Mereka yang memiliki kegemaran menulis, pasti juga memiliki kegemaran membaca. Hal ini dikarenakan melalui membaca akan banyak informasi yang masuk. Dengan demikian akan banyak pula materi yang bisa dituliskan.

Keuntungan lain dari rajin membaca yang sangat berguna ketika menulis adalah kita jadi tahu bahasa seperti apa yang banyak digemari oleh pembaca. Seperti bisnis, membaca selayaknya modal utama untuk menjalankan bisnis tersebut. Penulis yang selalu haus akan informasi pasti akan memiliki karya yang berbeda dan akan membuat hasil tulisannya menjadi bagus dan menarik. 

2. Pilihan Tema Yang Tepat

Tema merupakan gambaran pokok sebuah tulisan. Pemilihan tema yang tepat akan membuat tulisan dalam sebuah artikel menjadi lebih menarik. Tema yang dipilih harus sesuai dengan tujuan tulisan. Apabila tulisan tersebut di tujukan kepada anak-anak, maka tema yang diangkat juga tidak berbeda jauh dengan dunia anak. 

Tema yang menarik juga dapat berasal dari hal-hal yang sifatnya aktual atau terbaru. Biasanya pembaca memiliki ketertarikan tersendiri untuk membaca hal-hal yang tengah hits. Jika kamu mengangkat tema tentang hal-hal yang terkini maka kemungkinan besar tulisan kamu akan banyak yang membacanya. 

Memilih tema yang menarik mungkin menjadi salah satu cara membuat artikel yang bagus. Namun dalam memilih tema, setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan.

Tema disesuaikan dengan kegemaran kamu

Kita semua setuju jika kita melakukan sesuatu karena kita menyukainya, maka kita akan dengan mudah menyelesaikan hal tersebut. Hal ini juga berlaku ketika kamu menuliskan sebuah artikel. Pilihlah tema yang menjadi kegemaranmu atau kesukaannya. Tujuannya adalah agar kamu dapat menyelesaikan tulisan tersebut tanpa beban.

Jika kamu mengerjakannya tanpa beban, maka hasilnya pun akan maksimal dan tulisan yang dihasilkan menjadi menarik dan banyak yang membacanya. Maka mulai sekarang pilihlah tema yang sesuai dengan diri kamu dan yang kamu sukai.

Tema yang dipilih merupakan tema yang kamu kuasai

Hal berikutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat hendak memilih tema adalah pilihlah tema yang kamu kuasai. Jika kamu menguasai tema tersebut, maka kamu akan dengan mudah mengembangkan tema tersebut dalam sebuah kalimat.

Tema yang dikuasai dengan baik oleh seorang penulis, maka informasi yang terdapat didalamnya juga lebih lengkap dan lebih menarik untuk dibaca. Hal ini menjadikan syarat seorang penulis harus menguasai berbagai tema bahasan. Agar tulisan yang ditulisnya tidak monoton. 

Oleh sebab itu, membaca menjadi modal utama bagi seorang penulis untuk mengembangkan tulisannya.

3. Fokus Pada Tema

Masih seputar tema, untuk mendapatkan tulisan dalam artikel yang bagus dan menarik fokus pada tema juga menjadi salah satu caranya. Dengan fokus pada tema yang sudah ditentukan, maka tulisan dalam artikel tersebut tidak akan melebar ke hal-hal lain yang di luar konteks atau out of topic.

Jika memang dalam menulis artikel, kamu mendapatkan ide lain maka jadikanlah ide tersebut sebagai ide pengembangan. Namun pastikan bahwa ide tersebut tidak melenceng jauh dari tema yang sudah di tentukan untuk menjadi topik utama. 

4. Pemilihan Bahasa Yang Tepat

Bahasa menjadi hal utama yang harus di perhatikan dalam menulis artikel. Bahasa menjadi salah satu cara membuat artikel menjadi lebih menarik. Gunakanlah kosa kata atau pemilihan bahasa yang sesuai dengan konteks. 

Misalnya, ketika kamu sedang membuat artikel tentang politik, maka gunakanlah bahasa atau istilah dalam dunia politik sehingga menjadikan artikel tersebut lebih berisi. Namun jika kamu tengah membuat artikel dengan tema sastra, maka gunakanlah bahasa sastra yang berirama.

Pada umumnya, artikel dengan pemilihan bahasa yang ringkas, padat, dan mudah dipahami lebih banyak diminati pembaca dibandingkan dengan artikel yang banyak menggunakan kalimat tidak efektif yang justru membuat pembaca menjadi bosan saat membaca artikel tersebut.

5. Pemilihan Font Tulisan

Cara membuat artikel yang menarik lainnya yakni dengan memperhatikan font yang digunakan. Pilihlah font yang menarik dan rapi, sehingga membuat pembaca tidak bosan saat membaca tulisan dalam artikel tersebut. 

Hal yang lain yang menjadi perhatian khusus saat menulis sebuah artikel adalah, perhatikan typo pada tulisan. Jangan sampai tulisan yang kamu buat mengandung banyak typo yang membuat pembaca malas untuk melanjutkan aktivitas membacanya.

6. Buat Judul Menarik

Selain tema, hal lain yang harus diangkat semenarik mungkin adalah judul. Judul adalah bagian pertama yang akan dilihat pembaca, sehingga salah satu cara membuat artikel yang menarik adalah dengan membuat judul yang menarik.

Judul yang dibuat harus merepresentasikan isi dari artikel tersebut. Jangan membohongi pembaca dengan judul yang provokatif, karena nantinya pembaca menjadi tidak respek lagi dengan tulisan kamu. Buatlah judul yang menarik, namun sesuai dengan isi artikel tersebut. 

Pemilihan judul juga tidak boleh terlalu panjang. Buatlah judul yang singkat, padat, jelas, dan menarik. Lazimnya judul tidak lebih dari 10 kata. 

7. Tambahkan Gambar atau Video

Cara membuat artikel yang menarik dan menyita perhatikan salah satunya dengan menambahkan gambar atau video yang mendukung isi tulisan tersebut. Gambar atau video dapat berupa ilustrasi yang akan membuat pembaca semakin paham tentang isi tulisan tersebut.

Jangan membuat ilustrasi gambar atau video yang menyimpang dengan bahasan dalam artikel, karena nantinya akan membuat pembaca bingung akan isi artikel tersebut. Adanya gambar atau video juga menjadi salah satu cara agar pembaca tidak merasa bosan saat membaca tulisan pada artikel tersebut.

Demikian adalah beberapa cara untuk membuat artikel yang menarik. Yang tak kalah penting dari membuat artikel adalah buatlah dari hati. Selamat mencoba.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah