Cara Memilih Lokasi Tes SKB CPNS 2021/2022

Cara Memilih Lokasi Tes SKB CPNS 2021/2022 – Kabarnya, sebentar lagi pendaftaran CPNS 2021 akan segera dibuka. Diperkirakan pendaftaran ini akan dibuka antara bulan Mei hingga Juni 2021. Pendaftaran CPNS tahun ini akan dilaksanakan dalam satu portal saja untuk tiga kategori yakni rekrutmen calon aparatur sipil negara (ASN), yakni CPNS, sekolah kedinasan, dan PPPK. Yuk cek info lengkap terkait pendaftaran CPNS dan cara memilih lokasi tes SKB di bawah ini.



Berikut Info Terbaru Tes SKB CPNS

assets.pikiran-rakyat.com

Pendaftaran CPNS untuk kategori ASN dan PPPK akan segera dibuka. Untuk kategori sekolah kedinasan sendiri ditutup pada 30 April 2021. Diketahui, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan tetap menggunakan computer assisted test (CAT) sebagai metode tes CPNS 2021.

Untuk bisa lolos dalam CPNS, tentunya peserta harus dinyatakan lulus dalam beberapa tahapan seleksi terlebih dahulu. Diketahui ada tiga seleksi yang harus dilewati oleh para peserta, yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Nantinya penilaian akan dilihat dari SKD CPNS dan SKB CPNS yang akan dibagi ke dalam dua kapasitas. Untuk SKD CPNS akan diambil sebanyak 40 persen, dan untuk SKB CPNS sebanyak 60 persen.

Formasi Lengkap CPNS 2021

Dikutip dari tirto.id, dari total kebutuhan ASN 2021 sebanyak 1.275.387 formasi terdapat beberapa alokasi penetapan kebutuhan terbanyak, yakni.


Pemerintah Pusat

  1. Dosen
  2. Penjaga Tahanan 
  3. Penyuluh KB 
  4. Analis Perkara Peradilan 
  5. Pemeriksa
  6. Perawat
  7. Analis Hukum Pertanahan 
  8. Jaksa
  9. Dokter
  10. Statistisi
  11. Pranata Komputer 
  12. Pranata Barang Bukti 
  13. Pengawas Farmasi dan Makanan 
  14. Penyuluh Perikanan 
  15. Perencana

Pemerintah provinsi


  1. Jabatan guru: Guru BK, Guru TIK, Guru Matematika, Guru Seni Budaya, Guru Bahasa Indonesia.
  2. Jabatan tenaga kesehatan: Perawat, Dokter, Asisten Apoteker, Perekam Medis, Apoteker.
  3. Jabatan teknis: Pranata Komputer, Polisi Kehutanan, Pengawas Benih Tanaman, Pengelola Keuangan, Pengelola Pengadaan Barang/Jasa .

Pemerintahan kabupaten/kota


  1. Jabatan guru: Guru Kelas, Guru Penjasorkes, Guru BK, Guru TIK, Guru Seni Budaya.
  2. Jabatan tenaga kesehatan: Perawat, Bidan, Dokter, Apoteker, Pranata Laboratorium Kesehatan.
  3. Jabatan teknis: Penyuluh Pertanian, Auditor, Pengelola Pengadaan Barang/Jasa, Pengelola Keuangan, dan Verifikator Keuangan.

Syarat Daftar CPNS 2021

Hingga kini panitia seleksi CPNS belum secara resmi mengeluarkan informasi terkait syarat daftar CPNS 2021. Namun, persyaratan CPNS 2021 tidak akan jauh berbeda dari persyaratan di tahun sebelumnya. Adapun berikut garis besar syarat daftar CPNS 2021 yang Mamikos kutip dari detik.com.

  1. Peserta harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar. Kecuali jabatan tertentu, paling tinggi 40 tahun
  2. Jabatan CPNS yang dapat dilamar dengan batas usia paling tinggi 40 tahun saat pelamaran:
    • Dokter dan Dokter Gigi, dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis
    • Dokter Pendidik Klinis
    • Dosen, Peneliti dan Perekayasa, dengan kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor)
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian atau pegawai swasta
  5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota kepolisian.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah RI
  10. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPPK

Tata Cara Daftar CPNS 2021

Di bawah ini merupakan langkah daftar CPNS 2021 yang bisa kamu ikuti.


  1. Akses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id
  2. Membuat akun SSCN menggunakan NIK dan Nomor KK atau menggunakan NIK Kepala Keluarga
  3. Setelah membuat akun, pelamar dapat log in menggunakan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan saat membuat akun
  4. Unggah swafoto dengan menunjukkan Kartu Informasi Akun dan KTP
  5. Lengkapi data diri, pilih formasi dan jabatan yang akan dilamar, serta unggah dokumen persyaratan yang diminta
  6. Setelah melengkapi data, lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan data telah sesuai. Kemudian, cetak Kartu Pendaftaran SSCN
  7. Lamaran Anda akan melalui proses verifikasi
  8. Setelah lolos proses verifikasi, pastikan Anda cetak Kartu Ujian yang akan diperlukan saat pelaksanaan tes seleksi
  9. Setelahnya, akan diberikan pengumuman kelulusan
  10. Bagi pelamar yang lulus, akan melalui proses pemberkasan dan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP)

Tahapan Seleksi CPNS 2021

Untuk bisa lolos dalam CPNS 2021, kamu harus melewati beberapa tahapan seleksi terlebih dahulu. Adapun berikut tahapan seleksi CPNS 2021.

1. Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi ini dilakukan di portal sscn.bkn.go.id. Setelah kamu melengkapi seluruh persyaratan dan mendapatkan kartu pendaftaran, maka nantinya seluruh data tersebut akan diverifikasi. Jika kamu dinyatakan lulus, maka kamu bisa melanjutkan ke tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)



Setelah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi, kamu akan mengikuti SKD. Di mana SKD akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT). Kamu pun akan diminta untuk menjawab sejumlah soal-soal tentang pengetahuan umum dan kemampuan berhitung. Jika kamu dinyatakan lolos dalam SKD ini, kamu pun bisa melanjutkan ke tahapan terakhir yakni SKB.

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Seleksi terakhir yang harus kamu ikuti adalah SKB, di mana SKB meliputi wawancara, psikotes, tes substantive bidang, tes fisik (sesuai instansi yang dituju), dan tes keterampilan untuk beberapa jenis jabatan. Usahakan kamu bisa mendapatkan nilai maksimal pada tahapan seleksi yang satu ini, mengingat persentase bobot nilai yang diambil akan jauh lebih besar dibandingkan dengan SKD CPNS.

Cara Memilih Lokasi Tes SKB

Pemilihan lokasi tes SKB dapat dilakukan dengan masuk ke menu resume pendaftaran. Jika kamu dinyatakan lolos SKD, maka kamu dapat melihat informasi lebih lanjut terkait pengumuman terkait pengumuman instansi masing-masing dengan mengeklik tombol “klik ini”. Selanjutnya, kamu dapat mengisi lokasi domisili saat ini, yang dibagi menjadi dalam negeri dan luar negeri. Isi provinsi sesuai lokasi menetap, sedangkan kabupaten/kota diisi dengan tempat akan dilakukannya tes SKB. 



Untuk pengisian titik lokasi tes SKB, maka kamu dapat memilih titik lokasi tes yang tersedia pada kabupaten/kota tempat akan dilaksanakannya tes. Setelah yakin dengan pilihan titik lokasi tes SKB, maka klik tombol “simpan”. Jika terdapat kekeliruan dan sudah disimpan, maka kamu masih bisa mengubah titik lokasi tes, di mana tersedia dua kesempatan lagi. Jika kamu berdomisili di luar negeri, kamu dapat memilih lokasi tes dengan memasukkan pilihan negara dan memilih titik lokasi tes sesuai dengan titik lokasi tersedia.

Nah, itu tadi informasi garis besar terkait CPNS 2021. Mamikos infokan kembali bahwa pendaftaran CPNS baru akan dibuka pada kisaran bulan Mei hingga Juni 2021. Hingga kini belum ada informasi resmi terkait kapan tanggal pastinya pendaftaran CPNS akan dibuka. Jika kamu masih membutuhkan informasi lainnya terutama terkait info kost, silahkan unduh aplikasi Mamikos di ponsel ya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah