Tata Cara isi Daftar Riwayat Hidup Pemberkasan CPNS 2021

Posted in: CPNS
Tagged: cpns

Apakah Anda termasuk salah satu pendaftar CPNS yang lolos seleksi? Jika benar, maka segera bersiap untuk melakukan proses isi Daftar Riwayat Hidup Pemberkasan CPNS. Tahapan ini dilakukan sebagai tahapan pemberkasan yang wajib dilakukan pendaftar yang lulus seleksi. 

Ke depannya pengisian daftar riwayat hidup ini akan digunakan untuk melakukan pengusulan Nomor Induk Pegawai atau NIP. Pengisian daftar riwayat hidup ini dilakukan secara online khusus di portal SSCN yang resmi dibuka pada waktu yang telah ditentukan. 

Pengisian daftar riwayat hidup dan penyampaian berkas dilakukan pada akun masing-masing pendaftar yang tertera di laman sscn.bkn.go.id. 

Simak Langkah Pengisian Daftar Riwayat Hidup untuk Pemberkasan CPNS

Sebelumnya akan ada pemberitahuan dari pihak sscn terkait pengisian daftar riwayat hidup yang wajib diisi dengan benar oleh peserta CPNS yang lolos seleksi. Pengisian dilakukan dengan cara mengakses laman sscn.bkn.go.id kemudian klik opsi Ya yang kemudian akan muncul tombol untuk pengisian daftar riwayat hidup. Berikut tahapan yang harus dilalui untuk mengisi daftar riwayat hidup untuk pemberkasan CPNS. 

 1. Isi data pribadi

Langkah yang pertama adalah untuk mengisi data pribadi milik CPNS yang bersangkutan. Isi data pribadi sesuai dengan yang tercantum dalam kartu identitas milik Anda. Untuk kolom yang memiliki tanda bintang berwarna merah adalah jenis kolom yang wajib diisi. 

 2. Isi data pendidikan

Isi Daftar Riwayat Hidup Pemberkasan CPNS yang kedua adalah mengisi data riwayat pendidikan. Ada kolom khusus yang bisa Anda tambahkan untuk riwayat pendidikan yang Anda tempuh sejak jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. 

Meski untuk jenjang pendidikan yang Anda gunakan untuk melamar CPNS sudah otomatis muncul, namun pada saat pengisian daftar riwayat hidup akan ada kolom-kolom yang bisa diisi dengan keterangan pendidikan tambahan yang sudah berhasil Anda capai. 

Demikian juga dengan keterangan kursus yang sudah pernah Anda ikuti, isikan keterangan tersebut di kolom khusus untuk pendidikan kursus. 

 3. Isi data pekerjaan 

Pengisian DRH yang berikutnya adalah berkaitan dengan keterangan pekerjaan yang sudah pernah dimiliki sebelum menjadi CPNS. Anda bisa mengisi jenis pekerjaan yang pernah Anda lakukan. 

Selain itu Anda juga bisa mengisi jika ada penghargaan atau prestasi yang pernah Anda dapatkan. Pilih jenis penghargaan yang pernah Anda dapatkan sesuai dengan ketentuan yang ada di kolom. Untuk prestasi, sebutkan tingkat prestasi yang pernah Anda raih. 

 4. Isi data keluarga

Kemudian untuk isi Daftar Riwayat Hidup Pemberkasan CPNS berikutnya adalah untuk mengisi data keluarga. Anda bisa menambahkan data keluarga dalam daftar riwayat hidup Anda antara lain data suami atau istri, orang tua kandung, anak kandung, saudara kandung dan mertua (bapak dan ibu). 

Dalam isian ini Anda juga bisa menambahkan data keterangan Nomor Induk Pegawai jika data keluarga yang Anda tambahkan merupakan PNS. Secara otomatis sistem akan mendeteksi NIP dan mencatatnya dalam daftar riwayat hidup Anda. 

 5. Isi data organisasi

Langkah yang ke lima adalah pengisian data organisasi yang pernah diikuti CPNS yang bersangkutan sebelum mengikuti seleksi. Dengan melakukan klik tombol “tambah organisasi” Anda bisa menambahkan keterangan organisasi yang pernah diikuti. 

Dalam kolom ini, Anda juga bisa menambahkan informasi lainnya yang diperlukan untuk pemberkasan CPNS. 

6. Unggah berkas

Langkah yang terakhir adalah dengan melakukan proses pengunggahan berkas yang diminta oleh pihak penyelenggara CPNS. Dalam hal ini peserta CPNS wajib mencetak daftar riwayat hidup yang sudah dibuat sebanyak 2 kali, yaitu untuk Cetak Daftar Riwayat Hidup Perorangan dan Cetak DRH Riwayat. 

Kemudian setelah itu, Anda harus menulis data yang ada dalam daftar riwayat hidup yang telah dicetak yang harus ditulis dengan tangan kemudian langsung ditanda tangani. 

Dokumen daftar riwayat hidup yang sudah ditanda tangani harus diunggah kembali bersama hasil cetak DRH perorangan dan DRH Riwayat yang sudah di-scan terlebih dahulu. Unggah dalam satu halaman dengan bentuk halaman multipage dalam kolom yang sama. 

Pastikan data yang Anda isi sudah benar dan sesuai dengan identitas yang Anda gunakan. Karena sebelum Anda melakukan klik pada tombol Akhiri Proses Pengisian DRH, Anda masih bisa melakukan perubahan isi Daftar Riwayat Hidup Pemberkasan CPNS. 

Pastikan juga semua berkas dokumen yang diperlukan sudah diunggah dengan baik dan benar. 

Namun jika Anda sudah mantap dengan isian data yang Anda miliki, maka segera klik tombol tersebut yang nantinya akan mengakhiri proses pengisian daftar riwayat hidup untuk pemberkasan CPNS Anda. 

Strategi Mengisi Daftar Riwayat Hidup Untuk Pemberkasan CPNS dengan Benar

Proses pemberkasan dengan cara isi Daftar Riwayat Hidup Pemberkasan CPNS adalah proses yang wajib dilakukan untuk melanjutkan proses seleksi penerimaan pegawai negeri sipil. Dalam proses ini akan ditentukan apakah peserta CPNS bersedia melanjutkan tahapan berikutnya atau justru mengundurkan diri. 

Jika melanjutkan maka harus bersedia mengisi daftar riwayat hidup yang disertai dengan proses unggah berkas dokumen untuk mendukung pemberkasan yang dilakukan untuk mengajukan usulan nomor induk pegawai. Agar supaya pengisian daftar riwayat hidup bisa dilakukan dengan lancar dan benar, ada beberapa strategi yang harus dilakukan. 

Diantaranya adalah dengan mempersiapkan dokumen atau berkas yang diminta untuk disertakan dalam pemberkasan CPNS. Sebaiknya siapkan dokumen tersebut secara fisik dan juga dalam bentuk hasil scan. 

Nanti berkas dokumen dalam bentuk fisik bisa dipakai untuk membantu pengisian daftar riwayat hidup yang dilakukan secara online. Kemudian berkas dalam bentuk scan akan diunggah sebagai lampiran pelengkap dalam pemberkasan yang dilakukan oleh peserta CPNS. 

Strategi berikutnya adalah dengan mengisi data dengan teliti dan tidak terburu-buru. Karena data tersebut nantinya akan menjadi acuan dalam pengajuan nomor induk pegawai yang akan Anda miliki setelah resmi menjadi PNS. Teliti dan cek ulang sebelum Anda melakukan klik tombol Akhiri Proses Pengisian Daftar Riwayat Hidup untuk pemberkasan CPNS. 

Dan strategi yang terakhir adalah pastikan perangkat gadget Anda dalam kondisi yang bagus. Dan Anda melakukan pengisian daftar riwayat hidup secara online dengan kualitas jaringan yang bagus. Buruknya sinyal internet bisa membuat isian data yang Anda isikan tak masuk secara maksimal. Selain itu berkas yang diunggah pun ada kemungkinan tak terupload dengan benar sehingga ada berkas yang terlewat. 

Baca juga :

  1. Pengumuman Hasil Akhir PPPK CPNS 2021, Cek Nama Kamu
  2. [Update] Tahapan Tes CPNS 2021, Pendaftaran Hingga Pengumuman
  3. Jadwal dan Cara Ajukan Sanggah Peserta Tidak Lulus CPNS 2021
  4. 5 Tahapan Setelah Lulus SKD dan SKB CPNS 2021
  5. Daftar ssp3k.bkn.go.id Link Pendaftaran CPNS PPPK / P3K 2021

Lakukan proses pengisian daftar riwayat hidup dengan lancar biasanya di waktu malam hari. Dimana hanya sedikit pengguna internet yang menggunakan jaringan internet pada waktu itu. Gunakan akses WiFi karena ada banyak berkas yang harus Anda upload ke internet sehingga butuh kecepatan internet yang cepat dan stabil. Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui seputar proses isi Daftar Riwayat Hidup Pemberkasan CPNS.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta