5 Tahapan Setelah Lulus SKD dan SKB CPNS 2021

Posted in: CPNS
Tagged: cpns CPNS 2021

5 Tahapan Setelah Lulus SKD dan SKB CPNS 2021 – Dinyatakan lulus seleksi administrasi saat seleksi CPNS tahun 2021 merupakan sebuah pencapaian. Sebab, persaingan untuk bisa lolos seleksi tahap pertama, yaitu tahap administrasi tidak mudah. Masih ada tahapan lain yang perlu dijalani pelamar CPNS 2021 berupa tes SKD dan tes SKB.

Tahap Setelah Lulus Tes SKD dan Tes SKB

https://assets.pikiran-rakyat.com/

Seleksi CPNS tahun 2021 dilakukan dalam beberapa tahapan dan menggunakan sistem gugur. Artinya, pelamar yang dinyatakan tidak lolos pada suatu tahap seleksi tidak dapat meneruskan seleksi tahap berikutnya. Hal ini menguntungkan para pelamar lain yang memiliki skor tinggi, tetapi di sisi lain membuat pelamar yang belum lolos akan langsung kehilangan kesempatan menjalani seleksi tahap berikutnya.

Fakta ini perlu menjadi pertimbanganmu bahwa persiapan untuk melamar suatu formasi atau jabatan pada CPNS 2021 nanti tidak boleh asal-asalan. Jangan sampai kesempatan emasmu terbuang karena lalai dalam mempersiapkan diri atau tidak bisa mengerjakan soal ujian karena kurang belajar. Selain itu, setelah dinyatakan lulus tes SKD dan SKB, pelamar masih perlu melengkapi dokumen dan mempersiapkan banyak hal. Apa saja persiapan dan tahapan yang harus dilakukan setelah dinyatakan lulus tes SKD dan tes SKB CPNS 2021?

Alur Seleksi CPNS 2021

Tahapan seleksi CPNS tahun 2021 perlu kamu ketahui agar bisa mempersiapkan dokumen dan persiapan tes. Melewatkan tanggal penting CPNS 2021 bisa berdampak pada menipisnya peluang kelulusan. Apalagi tes CPNS tahun 2021 diikuti banyak pelamar, baik yang baru pertama kali mendaftar maupun yang belum lolos pada periode sebelumnya. Adapun alur seleksi CPNS 2021 antara lain.

  1. Pembukaan pengumuman seleksi CPNS 2021
  2. Penyelenggaraan seleksi administrasi
  3. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi
  4. Penyelenggaraan tes SKD
  5. Verifikasi data hasil tes SKD
  6. Pengumuman dan pendaftaran ulang tes SKB
  7. Pencetakan kartu ujian tes SKB CPNS
  8. Penjadwalan tes SKB CPNS
  9. Pengumuman jadwal pelaksanaan tes SKB
  10. Penyelenggaraan tes SKB
  11. Pengolahan nilai hasil tes SKD dan tes SKB
  12. Rekon integrasi hasil tes SKD dan tes SKB
  13. Penyampaian hasil seleksi
  14. Pengumuman hasil seleksi kelulusan CPNS 2021
  15. Pengusulan penetapan NIP CPNS

Setelah membaca tahapan di atas, ternyata proses seleksi hingga penerimaan CPNS secara resmi memerlukan waktu yang lama. Proses persaingannya pun ketat, ditambah lagi dengan soal seleksi yang tidak mudah demi mendapatkan ASN berkualitas.

Kriteria Kelulusan CPNS 2021

Lulus tidaknya pelamar dalam tes CPNS dipengaruhi berbagai macam faktor. Pada saat seleksi tes administrasi, kelulusan sangat ditentukan kelengkapan dokumen yang dikumpulkan dan dokumen pendukung lainnya. Pada tahap tersebut, pelamar tidak perlu datang ke tempat tes untuk menjalani seleksi tertulis.

Peserta wajib datang ke tempat seleksi saat menjalani tes SKD dan tes SKB. Persaingan yang paling ketat adalah saat tes SKD. Materi yang diujikan beragam berupa Tes Intelegensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan, dan Tes Karakteristik Pribadi dengan tingkat kesulitan tinggi serta membutuhkan pengetahuan luas. Proses pelaksanaan SKD CPNS dilakukan dengan sistem CAT atau Computer Assisted Test. Jumlah peserta tes SKD pun sangat banyak, sehingga pelaksanaannya terbagi menjadi beberapa waktu. Satu formasi jabatan yang ditawarkan bisa diperebutkan puluhan, bahkan ratusan orang. Selain itu, kamu perlu berusaha melampaui passing grade yang sudah ditetapkan.

Setelah dinyatakan lolos tes SKD, nilai yang didapatkan akan dibuat pemeringkatan. Jika memenuhi kualifikasi, kamu bisa mengikuti tes SKB. Apabila jumlah pesertanya banyak, terdapat kebijakan bahwa jumlah peserta tes SKB maksimal tiga kali jumlah formasi yang dibutuhkan. Tes yang diujikan saat SKB lebih beragam daripada SKD karena tidak hanya berupa CAT saja, tetapi juga psikotes, wawancara, tes keterampilan, dan tes lainnya sesuai kebijakan instansi masing-masing.

Tahap Setelah Lulus SKD dan SKB CPNS 2021

Jika kamu sudah dinyatakan lulus seleksi tes SKD dan tes SKB CPNS, perjuangan tinggal sedikit lagi. Sebelum benar-benar menjadi ASN dan mendapatkan NIP, ada tahapan yang perlu ditempuh, yaitu.

1. Tahap Pengintegrasian Nilai SKD dan Nilai SKB CPNS

Berhasil lulus tes SKD dan SKB CPNS 2021 belum menjamin bahwa kamu akan langsung diterima sebagai CPNS. Masih ada proses pengintegrasian nilai yang perlu ditempuh. Pihak panitia akan menggabungkan nilai SKD dan nilai SKB CPNS dengan persentase 40% dan 60%. Meskipun persentase terbesar bukan ada pada nilai SKD, mendapatkan skor tinggi pada tes tersebut sudah memberikan keuntungan. Sebab, bisa saja pelamar di formasi yang sama seperti pilihanmu mendapatkan nilai SKD yang lebih rendah, sehingga kamu berpeluang diterima. Untuk mengimbanginya, belajar lebih keras saat menjalani tes SKB bisa dilakukan.

Ketentuan integrasi nilai tes SKD dan SKB dipengaruhi formasi jabatan yang dipilih. Terdapat formasi yang mengharuskan pelamarnya menjalani SKD dan SKB melalui tes. Namun, pada formasi tenaga pendidik seperti guru, pelamar yang telah memiliki sertifikat pendidik secara otomatis akan mendapatkan nilai SKB 100.

2. Tahap Pengumuman Kelulusan CPNS 2021

Setelah proses integrasi nilai SKD dan nilai SKB selesai dilakukan, pelamar tinggal menunggu hasil akhir berupa pengumuman kelulusan. Informasi pengumuman tersebut dapat dilihat secara resmi melalui website setiap instansi atau kementerian yang membuka formasi. Nantinya, pelamar yang akan lulus dan diterima sebagai ASN adalah pelamar dengan nilai SKD dan nilai SKB tertinggi secara kumulatif.

3. Tahap Pemberkasan Dokumen

Pengumuman kelulusan CPNS 2021 sekaligus menjadi penanda bahwa pelamar perlu mempersiapkan berbagai macam dokumen. Terdapat dokumen yang perlu ditunjukkan secara langsung dan dikumpulkan setelah pelamar dinyatakan lulus CPNS tahap akhir. Adapun jenis dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain.

  1. Surat Keterangan sehat (didapatkan dari Rumah Sakit Pemerintah)
  2. Surat Pernyataan bebas Narkoba
  3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  4. Surat Pernyataan tidak terlibat partai politik
  5. Surat Pernyataan tidak terikat dengan instansi lain
  6. Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di mana saja

Dokumen yang diperlukan tersebut masih mungkin mengalami perubahan atau menyesuaikan jenis instansi yang dilamar.

4. Tahap Pengusulan NIP

Pelamar akan mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP) setelah semua berkas lengkap dan proses revisi berkas dinyatakan selesai. Tidak perlu khawatir dengan berkas yang dikumpulkan karena jika ada kesalahan pengunggahan dokumen, akan muncul notifikasi atau pesan untuk pelamar.

Usul penetapan NIP kepada BKN dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Selain itu, berbagai macam dokumen pemberkasan pelamar yang sudah diverifikasi setiap instansi pun juga diberikan. Nantinya, Tim Pengadaan BKN bertugas memvalidasi dokumen yang sudah diverifikasi. Setelah dilakukan pemeriksaan, kemudian akan dilakukan usul penetapan NIP untuk pelamar yang memenuhi syarat, bahannya tidak lengkap, dan tidak memenuhi syarat. Dalam waktu paling lama 30 hari kerja setelah menerima penetapan NIP dari BKN, PPK membuat keputusan pengangkatan (SK CPNS).

5. Tahap Pelantikan ASN

Proses seleksi CPNS 2021 pun selesai setelah diresmikannya pelamar sebagai ASN dengan dilantik. Setelah pelamar berhasil menempuh serangkaian seleksi dan mengalahkan banyak peserta lain, saatnya melakukan pengabdian sebaik mungkin demi kemajuan Indonesia.

Demikian informasi 5 tahapan setelah lulus SKD dan SKB CPNS 2021 yang perlu kamu lakukan. Agar tidak melewatkan salah satu tahapan pentingnya, buat catatan khusus dan hal-hal yang perlu disiapkan pada tahapan tersebut. Sebaiknya kamu mempersiapkan diri sejak dini agar tidak terburu-buru dan melewatkan dokumen penting saat akan penutupan. Apabila memiliki pertanyaan terkait seleksi CPNS, hubungi kontak resmi penyelenggara seleksi, baik secara online melalui email atau media sosial, maupun melalui telepon. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah