Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja

 Posted on Jumat, September 13th, 2019  Posted in Tips Loker  karin

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja – Interview atau wawancara kerja adalah suatu jenis tahapan dalam seleksi kerja yang melibatkan percakapan antara pelamar atau kandidat atau pencari kerja dengan pihak perwakilan dari organisasi yang mempekerjakan untuk melihat, apakah calon pekerja merupakan kandidat yang tepat atau tidak. Sebelum tahap wawancara kerja biasanya didahului oleh evaluasi rangkuman riwayat hidup tiap pencari kerja, kemudian perusahaan akan memilih sejumlah kecil kandidat untuk melakukan proses selanjutnya yaitu wawancara kerja.

Sampai saat ini wawancara kerja masih dipandang sebagai salah satu proses yang paling penting bagi perusahaan untuk mengevaluasi karyawan potensial yang di diperlukan oleh perusahaan. Saat wawancara atau interview kerja, akan ada momen dimana kandidat diminta untuk memperkenalkan diri.

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja

Cara Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Kerja

Bila telah diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri saat interview kerja, maka perkenalkanlah diri dengan singkat namun juga tetap padat. Tidak bertele-tele dan tidak terlalu banyak mengulur waktu. Perkenalan diri bisa dilakukan dengan cara menceritakan pengalaman mengenai latar belakang hidup, berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Setidaknya, hal ini dapat membuat kandidat unggul, ditambah kandidat bisa melakukan perkenalan diri dengan baik.

Namun, usai perkenalan diri yang ringkas, jika dilakukan dengan baik, maka hal itu mulai akan mengundang minat rekruter terhadap diri kandidat. Dari situ, kualifikasi tentang diri kandidat biasanya juga sudah dinilai. Memang, semua berawal dari perkenalan diri yang baik. Tetapi juga, agar kandidat bisa lebih dikenal dan diingat oleh rekruter, ada juga beberapa cara perkenalan diri lain yang bisa dilakukan. Misal, menyebutkan hobi yang dimiliki seperti menonton film, bersepeda, jalan-jalan, atau bila kandidat suka mengoleksi buku serta barang seni bisa juga disampaikan. Kandidat juga bisa mengatakan kegiatan sehari-hari saat kuliah dulu, semisal pernah tampil di teater kampus sewaktu kuliah.

Tapi tetap saja, saat perkenalan diri, kandidat juga harus menunjukkan antusiasme terhadap pekerjaan dan organisasi. Asal jangan dilakukan secara berlebihan, berhubung rekruter tak memiliki waktu karena mereka lazimnya memiliki agenda lain, jangan terlalu banyak bicarakan diri sendiri. Secukupnya saja, dan biarkan perkenalan diri mengalir ketika wawancara.