8 Cara Menghemat Air di Rumah Dengan Bijak

Posted on Posted in Info Penting, Informasi

8 Cara Menghemat Air di Rumah Dengan Bijak – Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi. Meskipun melimpah ruah di bumi, bukan berarti kamu boleh menggunakannya dengan tidak bijaksana, yang berakibat boros. Nah, agar tidak boros dalam menggunakan air dalam kebutuhan sehari-hari, berikut adalah Cara Menghemat Air di Rumah Dengan Bijak yang perlu kamu perhatikan:

8 Cara Menghemat Air di Rumah Dengan Bijak, Anak Kost Wajib Tahu!

1. Cara Menghemat Air – Bijaksana dalam mencuci pakaian

Cucilah pakaian saat tumpukan baju cukup banyak dan sesuai kapasitas mesin. Menggunakan mesin cuci yang hemat air dapat menghemat 11.400-34.000 liter air per tahun.

2. Cara Menghemat Air – Kurangi siraman pada kloset

Minimalkan penggunaan siraman pada toilet duduk. Jika bau dan kotoran sudah hilang, tidak perlu menyiram toilet lagi. Gunakan kloset dengan pilihan penyiram ganda yang saat ini banyak di pasaran.

3. Cara Menghemat Air – Mandi dengan air secukupnya

Bila mandi usahakan jangan boros air Kalau memang satu bak cukup sekali mandi, jangan hidupkan keran bak mandi selama kamu mandi, agar air tak meluber kemana-mana dan terbuang sia-sia.

4. Cara Menghemat Air – Siram tanaman di pagi hari

Menyiram tanaman pada siang hari akan membuat air menguap sebelum diserap. Disarankan menanam di musim hujan karena pada awal perkembangannya, tumbuhan membutuhkan lebih banyak air.

5. Cara Menghemat Air – Periksa struk tagihan air

Dengan sering mengontrol struk tagihan air, kamu bisa termotivasi untuk lebih berhemat air dan mengecek apakah ada kebocoran saluran air yang bikin tagihan membengkak. Dengan berhemat air, kamu juga bisa berhemat uang.

6. Cara Menghemat Air – Membiasakan tidak membuka keran air terus menerus

Kebiasaan orang saat menggosok gigi, mencuci tangan, mencuci piring, atau bercukur, selalu menyalakan air keran selama aktivitas itu. Padahal masih bisa dimatikan sementara saat sedang melakukan aktivitas lain. Tindakan inilah yang bikin boros air.

7. Cara Menghemat Air – Mencuci mobil dengan cerdas

Kalau kamu mencuci mobil sendiri, sebisa mungkin jangan biarkan air mengalir dari selang terus menerus. Saat mencucinya dengan sabun khusus kendaraan, matikan saluran air. Nah, kalau kamu mencuci ke tempat pencucian mobil komersial, pastikan tempat itu menggunakan air daur ulang dari hasil cuci mobil sebelumnya.

8. Cara Menghemat Air – Gunakan pancuran mandi dan keran yang hemat air.

Kebiasaan mandi dengan gayung bisa menghabiskan sekitar 15 liter air. Mandi dengan pancuran bisa menghemat air lebih dari 60 persen.

Baca juga :  Baca 4 Fakta Dan Mitos Rumah Tusuk Sate Sebelum Beli
Baca juga :  Untuk kamu Pengantin Baru : Sebaiknya Sewa Apartemen, Sewa Kost atau Langsung Beli Rumah ?
Baca juga :  Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Yang Benar