Cara Mudah Membuat Kliping yang Baik, Unik & Kreatif

Posted in: Kreasi & Variasi
Tagged: Kliping

Cara mudah membuat kliping yang baik, unik & kreatif – Tugas membuat kliping biasanya diberikan pada pelajar atau mahasiswa untuk mendokumentasikan peristiwa penting. Saat membuat kliping, ada kebebasan untuk mendesain serta mengkreasikan kliping agar terlihat menarik namun tetap informatif.

Cara Membuat Kliping Kreatif

carpediemplanners.com

Pernahkah kamu membuat kliping? Barangkali saat menempuh studi di Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah, kamu pernah mendapatkan tugas dari guru untuk membuat kliping, sehingga tidak asing lagi. Kliping merupakan aktivitas menggunting atau memotong bagian-bagian tertentu, baik gambar maupun tulisan dari media cetak yang dianggap penting.

Sumber yang dapat digunakan untuk membuat kliping diantaranya majalah, buku, koran, tabloid atau sumber lain yang relevan. Setelah itu, potongan-potongan tersebut disusun secara sistematis pada suatu bidang. Kamu dapat menggunakan media kertas, kartu, karton dan lainnya sebagai bahan dokumentasi.

Bentuk kliping memang menarik. Namun, proses pembuatan tidak mudah karena membutuhkan kreativitas. Membuat kliping tidak sekadar memotong dan menempel kertas saja. Terdapat aturan pembuatan kliping yang perlu diketahui, sehingga isi atau konten kliping dapat dipahami pembaca. Sebagai referensi, berikut ini adalah ulasan terkait kliping dan cara mudah untuk membuat kliping yang menarik.

Apa Itu Kliping?

Kliping adalah aktivitas atau kegiatan menggunting bagian tertentu pada media cetak, seperti majalah, koran, buku, atau media lainnya yang dianggap penting untuk ditempelkan pada kertas, karton, kardus dan buku biasa. Kamu bisa menggunakan sumber yang sudah tidak digunakan lagi untuk membuat hiasan atau pelengkap. Jika kamu pernah melihat ada potongan koran berisi informasi penting yang ditempel pada HVS, kemudian digabungkan dengan informasi bertema serupa bersumber dari tabloid, maka yang kamu lihat tersebut adalah contoh kliping.

Tujuan Pembuatan Kliping

Pembuatan kliping memiliki tujuan untuk mengumpulkan informasi atau pengetahuan dan menggabungkannya dalam sebuah tema tertentu. Umumnya, sumber kliping berasal dari berbagai sumber yang kemudian disusun menjadi satu. Dengan adanya kliping, informasi menjadi terpusat, sehingga pembaca lebih mudah memahami tema yang disajikan. Contohnya kliping tentang cara bercocok tanam yang fokus pada tema tersebut, kliping manfaat olahraga yang hanya membahas manfaat berbagai jenis olahraga, dan kliping lainnya.

Cara Membuat Kliping yang Baik dan Benar

https://miamireaders.blogspot.com/

Sekilas pembuatan kliping tampak mudah dan sederhana karena hanya perlu menggabungkan potongan-potongan gambar dan menempelkannya. Namun, ternyata pembuatan kliping tidak bisa dilakukan asal-asalan. Cara membuat kliping yang benar adalah:

1.Menentukan Tema Kliping

https://www.society19.com/

Langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum membuat kliping adalah menentukan tema. Tujuannya agar kliping dan isinya fokus serta pembahasannya tidak terlalu melebar. Hasil kliping pun bisa lebih bagus karena ilustrasi dan hiasan yang digunakan sesuai tema.

Apa saja tema kliping yang menarik? Ada banyak hal di sekitar kita yang dapat diangkat menjadi sebuah kliping, seperti bidang kelautan, bidang pertanian, bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang teknologi, dan sebagainya.

2. Mencari Gambar dan Informasi Kliping Sesuai Tema

http://noorsplace.com/

Langkah kedua setelah menemukan tema pembuatan kliping adalah mencari informasi relevan. Gunakan koran bekas, majalah bekas, tabloid bekas, novel atau sumber media cetak lainnya untuk mendapatkan informasi tersebut. Proses ini memang memakan waktu lama, sehingga kamu perlu cermat dalam mencari informasi.

Jika yang kamu pilih adalah kliping bertema “Dampak Industri pada Lingkungan”, maka artikel atau tulisan yang membahas masalah pencemaran, demo terkait masalah lingkungan, hingga kebijakan pemerintah untuk lingkungan bisa dicantumkan. Pastikan kamu mengambil data sesuai tema beserta ilustrasi pendukungnya yang mudah dipahami.

Apabila mengalami kesulitan dalam menemukan sumber informasi, kamu dapat mencarinya melalui internet asalkan sumbernya tepercaya. Langsung saja cari informasi pada media online atau media yang sudah memiliki kredibilitas. Bahan pelengkap dan ilustrasi untuk memperindah kliping pun bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui internet.

3. Menyiapkan Alat untuk Membuat Kliping

www.etsy.com

Setelah semua informasi dan bahan pembuatan kliping terkumpul, periksa kembali kelengkapan informasinya. Alat yang diperlukan untuk membuat kliping antara lain:

• Gunting
• Penggaris
• Lem
• Kertas untuk menempel
• Hiasan pelengkap kliping
• Spidol
• Bolpoin

Agar kliping lebih tahan lama dan awet, gunakan kerta tebal atau kertas yang tidak mudah rusak jika terkena lem. Selain itu, pilih pula hiasan yang tidak mudah berjamur dan mengalami kerusakan.

4. Menggunting Bahan Kliping

https://twitter.com/SmartArtBox

Kini saatnya memotong informasi atau gambar dari media-media yang sudah kamu kumpulkan. Pemotongan tersebut bisa mengikuti pola kreatif sesuai keinginanmu atau menggunakan garis manual. Semakin kreatif bentuk potongan informasi tersebut, hasil kliping akan semakin menarik. Setelah itu, tempelkan bahan-bahan kliping tersebut di atas kertas atau media lain yang akan kamu gunakan.

5.Menyusun Bahan Secara Rapi

https://bandaidsdontfixbulletjournals.tumblr.com/

Susun potongan informasi kliping tersebut secara sistematis, misalnya berdasarkan tahun atau kriteria lainnya. Tempelkan potongan tersebut secara hati-hati. Buat kliping semakin menarik dengan menambahkan hiasan, ilustrasi, atau pernak-pernik lainnya.

6. Membuat Cover Kliping, Kata Pengantar, Daftar Isi

thefab20s.com

Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah membuat cover kliping sebagai identitas kliping. Dengan adanya cover, pembaca akan tahu isi kliping dan tertarik membacanya. Sisipkan ilustrasi yang berkaitan dengan isi kliping pada bagian cover. Setelah itu, berikan kata pengantar berisi informasi tujuan pembuatan kliping dan penjelasan lainnya apabila ada. Cantumkan halaman daftar isi setelah kata pengantar agar pembaca tidak kesulitan menemukan informasi, apalagi jika kliping yang kamu buat cukup tebal.

7.Mencantumkan Daftar Pustaka

www.thesprucecrafts.com

Jangan lupa menaruh daftar pustaka pada bagian paling akhir kliping. Pencantuman daftar pustaka tersebut sangat penting agar pembaca bisa memastikan keakuratan sumber dan mencari tahu informasi lebih lanjut dari keterangan daftar pustaka tersebut. Tuliskan daftar pustaka menggunakan format baku. Kamu pun bisa berkreasi dengan memberikan ilustrasi atau hiasan tambahan pada bagian tersebut.

Cara Membuat Kliping dari Internet

Cara membuat kliping dengan sumber internet sangat mudah. Kamu bisa mengetikkan website resmi dan bukan blog pribadi untuk mendapatkan informasi. Jika ingin mengambil sumber dari media cetak, kamu pun bisa mengakses berita tersebut secara online dengan mengunjungi website media cetak tersebut. Namun, jangan lupa mencantumkan sumber dan tanggal pengambilan berita serta gambarnya. Tambahan ilustrasi potongan gambar dari internet juga bisa kamu gunakan.

Cara Membuat Kliping Digital

Kliping digital menjadi alternatif baru disamping adanya kliping cetak. Selain menghemat kertas, ilustrasi yang digunakan untuk memperindah kliping digital pun bervariasi. Membuat kliping digital bisa kamu lakukan melalui blog. Lakukan copy paste artikel yang akan kamu gunakan dengan tetap mencantumkan sumbernya. Kliping digital di facebook juga bisa dibuat dengan menerapkan prinsip-prinsip di atas.

Cara Membuat Kliping di HP

Di zaman yang serba praktis ini, pembuatan kliping tidak hanya bisa dilakukan melalui PC atau laptop saja. Bermodalkan HP pun kamu bisa mengakses informasi penting, kemudian mencetaknya. Pencarian ilustrasi atau gambar juga dapat dilakukan menggunakan handphone. Jika ingin membuat kliping digital di HP, manfaatkan aplikasi pembuat kliping dan aplikasi edit gambar untuk memperindah konten.

Cara Buat Kliping Anak SD

Tugas kliping biasanya diberikan oleh guru Sekolah Dasar. Cara membuat kliping untuk anak SD tidak jauh berbeda dengan kliping lainnya. Kamu bisa mencari contoh kliping yang kreatif agar hasilnya semakin indah. Kliping kreatif dan unik akan menarik minat pembaca, apalagi jika kliping tersebut penuh warna. Gunakan sumber majalah dan tabloid sebagai sumber pencarian karena sumber tersebut biasanya berwarna-warni. Beri hiasan kliping dengan spidol atau hiasan menarik lainnya yang sesuai dengan karakteristik anak-anak.

Demikian informasi cara mudah membuat kliping yang baik, unik & kreatif beserta hal-hal yang perlu diperhatikan. Terapkan prinsip pembuatan kliping tersebut untuk membuat kliping berkesan. Periksa kembali informasi yang terdapat pada kliping beserta sumber yang digunakan. Sentuhan akhir hiasan-hiasan untuk memperindah kliping pun penting dipertimbangkan. Selamat berkreasi!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah