Cara Sukses Magang Untuk Mahasiswa Semester Akhir

 Posted on Selasa, Juni 25th, 2019  Posted in Seputar Mahasiswa  Mamikos

Cara Sukses Magang Untuk Mahasiswa Semester Akhir – Magang adalah sebuah peluang menguntungkan yang diberikan kepada para mahasiswa untuk memiliki pengalaman bekerja. Magang biasanya dilakukan di sebuah perusahaan atau tempat usaha sesuai bidang fakultas yang diambil dengan rentang waktu bervariasi, antara 3 bulan hingga 6 bulan. Pengalaman magang akan sangat bermanfaat bagi kamu untuk merasakan dunia kerja yang sebenarnya.

Walaupun terkadang ada perusahaan atau organisasi yang tidak memberikan kompensasi berupa gaji, kamu masih bisa mendapatkan nilai magang dan juga pengalaman yang berharga seputar dunia kerja.

Cara Sukses Magang Untuk Mahasiswa Semester Akhir, Kamu Harus Tahu!

1. Cari teman baru dan tetap berhubungan

Kamu perlu meluangkan waktu untuk mengenal rekan kerja dan bosmu. Lakukan inisiatif untuk memperkenalkan diri dan tunjukkan sikap yang positif serta ramah kepada siapapun yang kamu temui, mulai dari OB, karyawan lain, hingga CEO. Coba untuk berkomunikasi dengan setiap orang dan cari tahu apa yang peran atau pekerjaan yang mereka lakukan.

Tetap jaga hubungan baik yang kamu lakukan tersebut bahkan setelah magang berakhir. Kamu dapat terus berhubungan dengan teman barumu melalui media sosial atau bertukar nomor WhatsApp.

2. Jangan banyak gunakan sosial media saat magang

Jangan gunakan situs social networking atau chatting dengan teman selama jam kerja, kecuali pekerjaanmu memang membutuhkan media sosial. Kamu berada di sana untuk belajar dan mendapatkan pengalaman berharga, jadi gunakan semua waktu dengan baik dan dedikasikan untuk melakukan hal-hal baru dan meningkatkan skill kamu. Jika kamu telah menyelesaikan pekerjaan, dan tidak ada lagi yang harus dilakukan, mintalah pekerjaan lebih atau bacalah literatur perusahaan atau jurnal profesional.

3. Tunjukkan yang terbaik

Berikan yang terbaik untuk pekerjaan magang ini. Baik itu tugas yang biasa-biasa saja ataupun tugas yang besar, terus kerjakan dengan motivasi untuk memberikan yang terbaik. Walaupun kamu hanya seorang anak magang, pekerjaanmu tetap akan memberikan dampak tertentu terhadap perusahaan, jadi pastikan kamu memberikan dampak yang positif.

4. Jangan lupa untuk selalu meminta feedback

Jika kamu menerima feedback dari supervisor , perhatikan hal tersebut. Jika kamu tidak menerima feedback, kejarlah! Tidak ada salahnya menanyakan kepada atasan bagaimana hasil kerjamu, apa yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkannya, dan hal-hal lain yang berkaitan. Tujuan dari magang ini adalah untuk belajar dan meraih sebanyak yang kamu bisa. Meminta feedback tidak hanya akan membantu meningkatkan hasil kerja, juga menunjukkan kamu adalah orang yang bijaksana dan memiliki keinginan kuat untuk maju.

5. Anggaplah magang sebagai pekerjaan sesungguhnya

Perhatikan bagaimana orang lain di kantormu bersikap dan lakukan hal yang sama. Cari tahu budaya di perusahaan itu dan sesuaikan dirimu. Hal-hal ini mungkin terkesan sepele, tapi akan membantumu untuk lebih menonjol dibanding anak magang lainnya. Datang tepat waktu (atau bahkan datang lebih pagi) dan menyelesaikan tugas sesuai dengan deadline. Termasuk juga berpakaian rapi.