Sudah Dibuka Hari Ini, Cek Cara Resmi Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Posted in: Pendidikan SBMPTN

Sudah Dibuka Hari Ini, Cek Cara Resmi Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 – Setelah menanti cukup lama dan sempat mengalami penundaan karena Covid-19, pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 akhirnya dibuka tanggal 2 Juni ini. Untuk kamu yang belum diterima di PTN impian di jalur SNMPTN, ini kesempatanmu yang selanjutnya! Segera persiapkan segala dokumen yang diperlukan untuk mendaftar UTBK-SBMPTN tanggal 2 Juni ini. Perhatikan cara resmi pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 dari LTMPT berikut ini!

Informasi Terbaru Cara Resmi Pendaftaran UTBK-SBMPTN

unsplash.com

Kalau kamu sudah tidak sabar mendaftar seleksi masuk PTN impian, penantianmu akan segera terbayarkan. Tanpa menunda lagi, LTMPT akan secara resmi membuka pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 pada tanggal 2 Juni ini. Kamu belum tahu cara mendaftarnya? Kamu bisa simak penjelasan Mamikos tentang cara resmi pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 di bawah ini!

Syarat Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Sebelum kamu mendaftar, pastikan terlebih dahulu kamu telah memenuhi syarat sebagai peserta UTBK-SBMPTN 2020 yang telah ditentukan oleh LTMPT. Dengan memenuhi seluruh syarat, maka kamu bisa melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Berikut ini adalah syarat pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 yang ditentukan oleh LTMPT.

  1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020 dengan maksimal umur 25 Tahun.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019 dengan maksimal umur 25 Tahun.
  3. Peserta mengikuti satu kali tes UTBK.
  4. Membayar biaya UTBK sebesar Rp150.000,00

Cara Resmi Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh LTMPT, pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan secara bersamaan. Setelah kamu mendaftar untuk UTBK, kamu bisa lanjut mendaftar SBMPTN. LTMPT juga telah merilis cara resmi pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 mendatang. Berikut penjelasannya.

Alur Pendaftaran UTBK 2020

  1. Peserta mendaftar UTBK melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Peserta memilih Pusat UTBK.
  3. Peserta melakukan pembayaran melalui bank mitra. Jika peserta memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah dan ada flag bebas bayar biaya UTBK, maka akan langsung mendapat nomor peserta.
  4. Peserta mendapatkan nomor peserta.

Alur Pendaftaran SBMPTN 2020

  1. Setelah berhasil mendaftar UTBK, peserta dapat mendaftar SBMPTN.
  2. Peserta memilih program studi dengan ketentuan sebagai berikut.
    • Pilihan Prodi tidak boleh lintas PTN SN-SB dengan Politeknik.
    • Pilihan 1 Prodi anggota SN-SB (Non Politeknik) dan Pilihan 2 Prodi anggota SN-SB (Non Politeknik).
    • Pilihan 1 Prodi Politeknik dan Pilihan 2 Prodi Politeknik.
  3. Peserta mengupload portofolio (apabila disyaratkan oleh program studi pilihan).
  4. Peserta melakukan konfirmasi dan simpan permanen.
  5. Jika telah melakukan simpan permanen, peserta dapat mengunduh kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN 2020.

Ketentuan Tambahan Terkait Cara Resmi Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Selain itu, persyaratan jurusan SMTA untuk setiap prodi PTN telah ditetapkan sebagai berikut

  • SMA: IPA, IPS, Bahasa, Keagamaan/Teologi
  • MA: IPA, IPS, Bahasa, Agama
  • SMK: jurusan didasarkan pada 49 program keahlian sesuai Peraturan Dirjen Dikdasmen Nomor 6 Tahun 2018
    Paket C: IPA, IPS, Bahasa

Ketentuan Lain Terkait Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Selain syarat dan cara resmi pendaftaran UTBK-SBMPT, ada beberapa ketentuan lain yang harus kamu pahami terkait penyelenggaraan UTBK-SBMPTN 2020. Beberapa di antaranya adalah jenis tes yang ujikan, kelompok ujian, dan ketentuan pemilihan PTN serta prodi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasan Mamikos di bawah ini

Jenis Tes UTBK-SBMPTN 2020

Kondisi Indonesia yang sedang dilanda pandemi Covid-19 membuat LTMPT merubah beberapa struktur pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020, salah satunya adalah jenis tes yang diujikan. LTMPT memutuskan bahwa materi tes UTBK-SBMPTN 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS nantinya akan digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang kamu miliki.

Kemampuan kognitif tersebut meliputi kemampuan penalaran, pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan penalaran tersebut merupakan kemampuan yang berkembang melalui proses belajar dan transfer ilmu dari pengalaman-pengalaman yang telah kamu dapatkan selama berada di sekolah maupun di luar sekolah.

Dalam soal-soal TPS yang akan diujikan di UTBK-SBMPTN 2020 nanti, kamu biasanya akan diajak untuk menganalisis sebuah cerita dan kamu harus mampu memecahkan masalahnya. Untuk memberikanmu sedikit gambaran umum tentang materi tes UTBK-SBMPTN 2020, Mamikos akan menjelaskannya di bawah ini.

Penalaran Umum

Pada soal jenis ini, kamu akan menemukan soal dengan informasi awal berupa teks atau paragraf dan tabel, grafik, atau kurva. Kamu tidak hanya diharuskan untuk membaca, tetapi kamu juga harus memahami informasi yang diberikan dari soal tersebut. Selain itu, kamu juga akan menemukan materi kuantitatif misalnya deret aritmatika, persamaan linear, pola bilangan, pecahan, dan perbandingan.

Pemahaman Bacaan dan Menulis

Dalam tiap soal yang terdapat informasi berupa teks atau paragraf, kamu tidak boleh hanya asal membaca saja. Kamu juga perlu untuk memahami inti dari tiap paragraf, kesimpulan, dan pesan tersirat di dalam soal tersebut.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Di UTBK-SBMPTN 2020 nanti, soal-soal tentang Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris akan sering ditanyakan. Jika kamu menyukai pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, kamu akan cukup menyukainya. Tipsnya adalah kamu perlu untuk menyempatkan diri membaca buku atau koran. Gunanya adalah untuk memperluas wawasan kamu karena akan muncul beberapa soal seperti sinonim, antonim, idiom, dan penggunaan EYD yang tepat.

Pengetahuan Kuantitatif

Di materi ini, kamu akan diberikan pertanyaan tentang pelajaran matematika seperti geometri, statistika, peluang, logika, dan aljabar.

Kelompok Ujian UTBK-SBMPTN 2020

Untuk kelompok ujian, LTMPT mengelompokkan kelompok ujian UTBK-SBMPTN 2020 ke dalam dua jenis. Berikut penjelasannya.

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

Kamu mungkin memiliki beberapa pilihan program studi di beberapa PTN berbeda. Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa kamu tidak boleh asal memilih. Ada ketentuan pemilihan yang harus kamu ikuti. Berikut adalah ketentuan pemilihan PTN dan program studi UTBK-SBMPTN 2020.

  1. Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  2. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Jadwal Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020

Pada awalnya, pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 sempat ditunda. Hal tersebut menyangkut keamanan calon peserta karena pandemi Covid-19. LTMPT kemudian merilis jadwal resmi pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 setelah perubahan. Berikut jadwal terbaru UTBK-SBMPTN 2020.

  • Pendaftaran Akun LTMPT: 17 Februari – 05 April 2020
  • Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020: 02 Juni – 20 Juni 2020
  • Pelaksanaan UTBK: 05 – 12 Juli 2020 (Setiap hari terdapat 4 sesi, kecuali Jum’at 2 sesi)
  • Pengumuman Hasil UTBK-SBMPTN: 25 Juli 2020

Nah, itu tadi yang bisa Mamikos jelaskan seputar cara resmi pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Selain mengetahui cara resmi pendaftaran UTBK-SBMPTN, pastikan juga kamu tahu segala syarat dan ketentuan yang berlaku. Jangan lupa juga untuk giat berlatih agar tes UTBK-SBMPTN yang akan kamu jalani nanti menjadi lebih lancar. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman setelah lolos SBMPTN 2020, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: