Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi Liburan Singkat dan Mengesankan serta Strukturnya – Cerpen merupakan salah satu materi yang biasa dipelajari di sekolah.

Ketika materi ini muncul, biasanya guru akan memberikan tugas kepada kamu untuk menulis sebuah cerpen yang menarik dari berbagai topik salah satunya adalah pengalaman pribadi ketika melakukan liburan.

Nah, jika kamu saat ini mendapatkan tugas serupa untuk membuat cerpen pengalaman pribadi namun tidak tahu bagaimana cara untuk membuatnya, berikut Mamikos jabarkan contohnya.

Bagaimana Cara Membuat Cerpen Pengalaman Pribadi Liburan Singkat?

dodotone from dodotone

Sebelum melihat lebih lanjut bagaimana contoh cerpen pengalaman pribadi liburan singkat.

Agar kamu dapat membuat cerpen pengalaman pribadi dengan lebih baik, Mamikos akan berikan beberapa tips cara membuat cerpen pengalaman pribadi terlebih dahulu.

Adapun beberapa cara membuat cerpen pengalaman pribadi agar lebih menarik yang dapat kamu ikuti adalah sebagai berikut:

• Ingat dan pilihlah moment liburan paling menarik untuk diceritakan.
  • Buatlah turning point atau hal-hal yang penting dalam cerita liburanmu atau kamu dapat menuliskannya secara kronologis.
  • Buatlah outline cerita untuk menentukan plot yang menarik.

Apa Saja Struktur Cerpen Pengalaman Pribadi?

Penulisan cerpen tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena memiliki beberapa struktur yang harus diikuti. Adapun beberapa struktur tersebut adalah sebagai berikut:

• Abstrak: Bagian ini memaparkan mengenai cerita awal mengenai kisah tokoh. Abstrak bersifat opsional sehingga pengarang boleh menggunakannya ataupun tidak pada cerpen mereka.
  • Orientasi: Bagian ini memaparkan latar yang digunakan dalam penggambaran cerita yang ditulis oleh pengarang seperti latar waktu, tempat, hingga suasana.
  • Komplikasi: Bagian ini memaparkan mengenai problem atau urutan kejadian berdasarkan sebab akibat yang berkaitan dengan cerita awal yang dialami oleh tokoh dalam cerpen. Selain itu, dalam bagian ini pengarang akan menjelaskan watak tokoh.
  • Evaluasi: Bagian ini memaparkan konflik yang dialami oleh tokoh semakin memuncak, di mana dalam bagian ini biasnaya akan disajikan sebuah pertentangan atau ketegangan.
  • Resolusi: Bagian ini memaparkan tentang bagian akhir dari masalah yang dialami oleh tokoh, di mana akan dijelaskan mengenai solusi dari permasalahan tersebut.
  • Koda: Bagian ini memaparkan pesan moral dari cerita.

Bagaimana Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi Liburan Singkat?

Untuk lebih memahami cara membuat cerpen, dikutip dari Rankingkelas.met dan Pandaibesi.com berikut ini Mamikos berikan deretan contoh cerpen pengalaman pribadi liburan singkat yang dapat kamu baca.

Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi Liburan Singkat 1

Judul: Berlibur Ke Rumah Nenek

Liburan kali ini sangat berkesan bagiku. Aku diajak ayah berlibur ke rumah nenek di sebuah desa di Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Sebenarnya, sudah lama aku tidak berkunjung ke desa nenek maka kesempatan berlibur ke rumah nenek sangat menggembirakan hatiku.

Pukul delapan pagi aku berangkat bersama ayah. Ayah mengendarai motor dan aku membonceng di belakang. Setelah menempuh sekian puluh kilometer, akhirnya kami sampai di rumah nenek.

Keesokan harinya, aku diajak keponakan ayah untuk pergi ke sawah nenek. Kebetulan hari itu nenek lagi panen padi. Sawah nenek tidak jauh dari rumah.

Beberapa menit saja aku sudah sampai di lokasi sawah nenek. Banyak orang sedang memanen padi di sawah nenek. Ada yang menyabit padi. Ada pula yang merontokkan butir padi dengan alat perontok padi.

Hari ketiga, aku diajak ayah ke rumah teman lamanya di pinggiran Danau Singkarak.

Rumah teman ayah berada di pinggiran danau sehingga dengan leluasa dapat menyaksikan keindahan danau Singkarak. Danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

Hari-hari berikutnya aku lalui dengan menyenangkan. Ikut bergabung bermain bersama teman di desa itu.

Ternyata, mereka sangat ramah dan suka bergaul. Aku merasa seakan-akan sudah lama bergaul dengan mereka.

Hari terakhir, aku merasa enggan meninggalkan desa nenek. Desa yang subur, penduduknya yang ramah dan suka bergotong-royong.

Rasanya, aku ingin terus berada di desa nenek tetapi itu tidak mungkin. Sore hari aku pulang kembali ke rumah bersama ayah.

Jika ada kesempatan liburan sekolah pada masa berikutnya, aku meminta pada ayah agar kembali berlibur di rumah nenek.

Seminggu penuh aku berada di rumah nenek menjalani masa libur. Pengalaman yang sangat menyenangkan.

Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi Liburan Singkat 2

Judul: Wisata Ke Pantai Bajul Mati Dikala Libur Sekolah

Sudah sejak seminggu lalu orang tuaku berencana untuk tamasya ke pantai, mengingat saya dan adik sedang tamasya sekolah, sekaligus sebagai hadiah sebab kemarin lusa adikku merayakan ulang tahun.

Jam masih menampakkan pukul 04.56 pagi, tetapi saya dan keluarga sudah bersiap pergi ke Pantai Bajul Mati.

Kami berangkat sepagi ini sebab jarak dari rumah ke pantai sekitar 3 jam perjalanan. Untuk mengganjal perut kami, ibu sudah menyiapkan roti isi telur favoritku.

Perjalanan kami tempuh menerapkan kendaraan beroda empat. Dalam kendaraan beroda empat ada saya, adik perempuanku, ayah dan ibu.

Aku dan adik dilarang membawa handphone oleh ayah dan ibu supaya lebih menikmati perjalanan dan tamasya itu sendiri.

Untuk menghabiskan waktu saya bermain “tebak nama berdasarkan huruf” bersama adikku yang hanya terpaut 2 tahun dariku.

Langkah pertama dalam permainan ini kami menetapkan temanya dahulu, kali itu tema yang kami pilih merupakan hewan.

Berikutnya kami minta bantuan ibu untuk menyebutkan huruf depan nama hewan yang akan kami tebak. Kalau ibu bilang huruf “M”

Maka saya dan adikku adu kencang dan adu banyak dalam menyebutkan nama hewan yang mempunyai awalan “M”, seperti simpanse, merak, merpati dan lainnya.

Setelah tema hewan kami mulai berganti tema menjadi nama buah, nama karakter komik, nama negara, dan lainnya.

Tak jarang ayah tiba-tiba ikut menjawab meski ia bukan peserta resmi permainan.

Tak ku sangka apabila permainan sesederhana ini rupanya semacam itu menyenangkan dan menghibur.

Tak terasa dua jam sudah berlalu. Kami mulai menjelang tempat perbukitan.

Aku dan adik mulai memperhatikan panorama dengan seksama.

Kami terpikat sebab memperhatikan hamparan sawah di bawah yang semacam itu cantik.

Sayangnya saya hanya dapat menikmati panorama tersebut sebentar saja, sebab setelah itu saya pusing dan mual dampak jalan yang berkelok-liku, naik dan turun.

Ibu memberikanku minyak kayu putih. Bebatuannya benar-benar dapat mengurangi mual yang saya natural.

Sampai di Pantai Bajul Mati

Akhirnya kami sekeluarga tiba di Pantai Bajul Mati. Pantai ini berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kami langsung menuju ke gazebo kecil yang ada di beberapa lokasi pantai. Sambil menikmati angin laut, kami makan bersama dahulu.

Menu kami kala itu merupakan ayam goreng dan sosis. Memang masakan ibuku rasanya enak sekali.

Aku tidak dapat stop takjub memperhatikan menawannya pantai ini. Pantai Bajul Mati memang belum terlalu familiar.

Sehingga belum banyak pengunjung yang datang. Tetapi pantainya masih sungguh-sungguh bersih yang membikin kami sekeluarga nyaman.

Aku dan adikku tidak sabar untuk bermain, jadi kami langsung berlari ke arah tepi pantai.

Kami tidak mengindahkan perkataan ibu yang memerintah kami menerapkan sunblock secara khusus dahulu. Rasanya segar dikala air laut mengenai kaki kami.

Di tepi pantai saya menemukan ranting kayu yang panjang. Akhirnya saya ambil dan menyeretnya sepanjang perjalan.

Setelah berjalan beberapa dikala kami hingga di muara, merupakan tempat pertemuan air sungai dan air laut.

Kami stop dan memperhatikan ke belakang, kelihatan garis panjang di pasir hasil ranting kayu yang saya seret daritadi.

Entah mengapa saya dan adikku merasa garis tersebut sungguh-sungguh keren.

Berikutnya kami menetapkan untuk berenang dahulu di muara. Karena arusnya hening tidak seperti di laut.

Kami berenang sekitar 15 menitan, sebelum ayah dan ibu kami memanggil, memerintah kami ke tepi laut. Kami sekeluarga pun bermain air.

Saat mengajak kami duduk bersila membelakangi laut. Setelah ombak datang kami terseret ke pantai.

Rasanya sungguh-sungguh mengasyikan, sebab kita tidak memperhatikan kapan ombak datang.

Sementara ibu hanya bermain air di tepi pantai dan memfoto kami via kameranya.

Setelah puas bermain air, ayah mengajak kami menulis di pasir. Saat yang kami buat dikala itu merupakan “Happy Family”. Tak memperhatikan hasil potretan ibu di kameranya, rupanya bagus juga.

Akhir dari Liburan

Tak terasa sudah jam 12 siang, sang surya sudah sungguh-sungguh terik. Saat dan ibu mengajak kami untuk membersihkan diri.

Setelah bersih, kami shalat dhuhur berjamaah di mushola dekat tempat kami mandi. Acara dilanjutkan dengan menikmati bakso hangat di warung di pinggir pantai.

Rasanya enak sekali makan sambil memperhatikan keindahan pantai.

Setelah perjalanan pulang saya dan adik tertidur pulas. Setelah kami bangun, tahu-tahu kami sudah berada di rumah.

Sungguh menyenangkan tamasya kali ini. Aku tidak sabar ke pantai lagi bersama ayah, ibu dan adik. Aku bahkan kembali tertidur hingga pagi sebab masih kecapekan.

Nah, itulah dia beberapa contoh cerpen pengalaman pribadi liburan singkat dan mengesankan beserta strukturnya.

Bagaimana, apakah kamu sudah dapat memahami bagaimana cara membuat cerpen pengalaman pribadi dengan baik dan benar?

Demikian informasi tentang contoh cerpen pengalaman pribadi liburan singkat dan mengesankan beserta strukturnya.

Semoga semua informasi yang telah Mamikos berikan di atas dapat bermanfaat untuk kamu, ya.

Jika kamu ingin mengetahui informasi menarik seputar contoh-contoh tugas sekolah yang lainnya, jangan lupa untuk kunjungi blog kami, Mamikos Info.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: